Dalam Penggunaannya yang Luas Pengertian Sejarah yang Tepat Adalah? Berikut Jawabannya

Namun, jarang orang memahami tentang dalam penggunaannya yang luas pengertian sejarah yang tepat adalah apa.

Sejarah lebih sering dipahami sebagai serangkaian peristiwa yang terjadi di masa lalu. Namun, jarang orang memahami tentang dalam penggunaannya yang luas pengertian sejarah yang tepat adalah apa. Sehingga, sejarah lebih sering dipahami dalam konteks yang lebih sempit. 

Banyak orang yang menganggap dalam mempelajari sejarah, hafalan adalah aspek yang harus diutamakan. Padahal, hafalan bukanlah aspek satu-satunya dari pelajaran sejarah. Ada hal yang lebih penting yaitu dengan memahami sejarah secara luas dan memahami sampai ke latar belakangnya. 

Dalam Penggunaannya yang Luas Pengertian Sejarah yang Tepat Adalah?

Untuk mengetahui jawaban dari dalam penggunaannya yang luas pengertian sejarah yang tepat adalah apa? Maka perlu diketahui dan pengertian dari sejarah itu sendiri. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sejarah seringkali dipahami dalam penggunaan dan pengertian yang lebih sempit. 

Sejarah seringkali dilihat sebagai serangkaian kejadian yang terjadi di masa lalu dan memberi dampak pada masa kini. Jika dilihat dalam pengertian dan penggunaan yang sempit ini, maka bisa dikatakan bahwa kemarin, dua hari yang lalu, dan satu minggu yang lalu termasuk sejarah. 

Padahal, tidak semua kejadian bisa termasuk dalam sejarah hanya karena sudah terjadi. Karena peristiwa yang menjadi bagian sejarah. Harus memiliki dampak tersendiri dan spesifik pada masa kini yang besar sehingga dipelajari dan dikenang banyak orang. 

Jika dilihat dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Sejarah adalah kejadian atau rangkaian peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan benar-benar terjadi. Dalam kata lain, sejarah merupakan fakta yang hadir di masa lalu dan dapat dipastikan keasliannya. 

Dalam pengertiannya dan penggunaannya yang lebih luas, sejarah tidak hanya berfokus pada masa lalu atau peristiwanya saja. Namun, bagaimana waktu dan peristiwa itu bisa mempengaruhi hingga masa sekarang.

Jadi, bisa dikatakan, bahwa sejarah secara luas tidak hanya rangkaian kejadian di masa lalu. Namun, tahap perkembangan manusia dan kebudayaan sehingga bisa mencapai masa sekarang. 

Baca juga:

Tahap Perkembangan Kebudayaan Manusia Dalam Penggunaan Sejarah yang Luas 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa sejarah tidak hanya menjadi rangkaian peristiwa saja. Melainkan, tahapan perkembangan kebudayaan manusia sehingga bisa mencapai masa kini. Jika dilihat secara luas, maka tahap perkembangannya bisa dibedakan seperti di bawah ini:

1. Masa Berburu dan Meramu 

Fase ini adalah fase paling awal dalam peradaban manusia. Di mana manusia hanya tahu berburu dan meramu hasil buruannya dengan peralatan yang diciptakan. Semuanya aktivitasnya, sangat bergantung pada alam dan elemen-elemennya. Kehidupanpun lebih sering berpindah-pindah mengikuti buruan. 

2. Bercocok Tanam 

Pada fase ini, manusia sudah mengenal konsep untuk hidup menetap dan mengembangkan lingkungan. Karena tidak harus mengikuti buruan dengan berpindah tempat. Manusia memiliki kemampuan untuk menumbuhkan makanannya sendiri. 

Manusia mulai merawat lahan, menumbuhkan hasil pertanian, sampai dengan berternak hewan. Kehidupan masih bergantung pada alam. Namun, sudah lebih mandiri dan terbilang canggih pada masa itu. 

3. Membangun Peradaban 

Semakin banyak manusia yang menetap pada satu area maka terbentuknya lingkungan dan masyarakat. Pada masa ini, terciptalah peradaban dan munculnya kebudayaan. Dimulai dengan manusia yang mengenal tulisan, menciptakan sistem lingkungan, masyarakat, dan sebagainya. 

Sekarang Anda sudah mengetahui jawaban dari dalam penggunaannya yang luas pengertian sejarah yang tepat adalah apa. Anda sekarang pasti sudah memahami bahwa sejarah bukanlah istilah yang bisa dilihat dari pengertian yang sempit. Ada aspek yang lebih luas dibandingkan peristiwa masa lalu.

Posting Komentar