Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara Menurut Para Ahli! Berikut Jawabannya

Pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli sering menjadi pertanyaan banyak pihak. Hal ini bertujuan agar masyarakat

Setiap warga negara berhak turut serta dalam menjalankan peran sebagai unsur terbentuknya suatu bangsa. Pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli sering menjadi pertanyaan banyak pihak. Hal ini bertujuan agar masyarakat menjalankan peran penuh sebagai warga negara.

Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara Menurut Para Ahli yang Wajib Diketahui

Banyak ahli yang mengutarakan definisi singkat mengenai hak dan kewajiban seorang warga negara. Hal ini berdasarkan pengamatan, penelitian, dan pedoman dari Undang-undang Dasar. Pengertian hak dan kewajiban berdasarkan pendapat pakar ahli meliputi:

1. Prof Notonegoro

Hak adalah sebuah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu hal yang memang semestinya diterima atau dilakukan. 

2. Prof R.M.T Sukamto Notonagoro

Hak yaitu kuasa menerima atau melakukan suatu hal yang memang semestinya diterima atau dilakukan.

3. Prof Soerjono Soekanto

Menurut Prof Soerjono Soekanto, hak dibagi menjadi dua jenis, yakni hak searah (relatif) dan hak jamak (absolut). 

Contoh Hak dan Kewajiban Warga Negara 

Banyak hal yang menjadi contoh nyata dari penerapan hak dan kewajiban warga negara. Hal ini sebenarnya juga telah diatur dalam Undang-undang Dasar. Anda wajib menerapkan hak dan kewajiban warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penerapan hak dan kewajiban warga negara meliputi:

1. Hak Hidup

Setiap warga negara berhak untuk hidup. Artinya, seseorang boleh melakukan beberapa cara yang tidak merugikan orang lain untuk bertahan hidup. Hak ini diberikan kepada seluruh warga negara yang menduduki wilayah Indonesia bagian tertentu.

Tanpa hak untuk hidup seorang warga tidak bisa bertahan dan menjalankan peran sebagai unsur terbentuknya negara. Setiap orang juga berkewajiban menjunjung tinggi hak hidup orang lain dengan cara tidak merugikan atau berbuat sesuatu yang bisa menghilangkan nyawa.

2. Hak Mengeluarkan Pendapat

Pendapat merupakan salah satu gagasan yang dikeluarkan seseorang dalam menanggapi hal tertentu. Setiap warga negara yang tinggal di wilayah Indonesia berhak untuk mengeluarkan pendapat dan memberikan saran terkait masalah tertentu.

Hak untuk berpendapat juga telah diatur dalam undang-undang. Selain berpendapat, setiap warga negara juga bebas menyalurkan aspirasi asalkan dengan cara yang baik. Beberapa kegiatan yang kerap dilakukan masyarakat dalam menjalankan hak berpendapat yakni dengan unjuk rasa.

Baca juga:

3. Memeluk Agama

Pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli juga kerap menyoroti unsur kepercayaan. Setiap warga negara berhak memilih dan memeluk agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing. 

Segala hal yang berkaitan dengan kepercayaan, dipercayakan sepenuhnya terhadap pemeluknya. Setiap warga negara juga berhak mengikuti serangkaian ibadah tertentu dan merayakan hari besar sesuai kepercayaan masing-masing umat.

4. Taat Terhadap Hukum

Warga negara berkewajiban untuk memenuhi seluruh peraturan hukum yang berlaku di Indonesia. Seluruh hukum yang dianut Indonesia sebenarnya sudah tertera dalam UUD 1945. Warga negara yang melanggar hukum, akan dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Hukum yang diberatkan kepada masyarakat meliputi pidana, denda dan sebagainya. Masyarakat juga berhak mendapatkan penyuluhan terkait hukum yang tengah berlaku di Indonesia. Kewajiban menaati hukum sebenarnya masih berkaitan erat dengan beberapa hak yang diberikan kepada warga negara.

5. Menghormati Hak Orang Lain

Setiap orang dibekali dengan hak paten atau lebih dikenal dengan HAM. Warga negara berkewajiban untuk menghormati hak orang lain dengan cara tidak bertindak semena-mena. HAM memang sangat dijunjung tinggi oleh pemerintah Indonesia . 

Selain berhak menghormati hak orang lain, warga negara berkewajiban tinggi untuk menjunjung tinggi HAM. Menghormati orang lain, membuat seseorang bisa mendapatkan ketenangan lantaran tidak bertentangan dengan segala aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Nah itulah sejumlah pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli. Kewajiban di atas juga harus diterapkan oleh setiap warga negara sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan kehidupan negara.

Posting Komentar