10 Keutamaan Bulan Ramadhan, Bulan Istimewa Yang Penuh Rahmat!

Terdapat banyak sekali keutamaan Bulan Ramadhan yang membuat bulan suci ini begitu istimewa bagi umat muslim.

Ada banyak sekali keutamaan Bulan Ramadhan yang membuat bulan suci ini begitu istimewa bagi umat muslim. Dengan banyaknya keutamaan dan manfaatnya, tidak heran umat muslim sangat menantikan bulan ini. 

Bulan kedelapan dalam kalender Hijriyah ini memang memiliki keistimewaan yang tidak ada pada bulan lain. Bulan Ramadhan adalah bulan ideal bagi Anda untuk memaksimalkan ibadah Anda dan memperoleh banyak pahala. 

Karena itu, penting bagi Anda untuk benar-benar memahami keistimewaan dan keutamaan dari Bulan Ramadhan ini. Jadi, Anda benar-benar memahami dan ikhlas dalam melakukan ibadah di bulan ini. 

Keutamaan Bulan Ramadhan yang Perlu Diketahui

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan. Ada baiknya Anda memahami dengan benar berbagai keutamaan ini. Dengan begitu Anda bisa memahami betapa berharganya momen Ramadhan. 

Berikut adalah berbagai keutamaan dari Bulan Ramadhan, agar Anda semakin termotivasi untuk beribadah di bulan yang berkah ini dan mendapatkan manfaat yang maksimal : 

1. Bulan Penuh dengan Pengampunan 

Namanya manusia pastinya tidak akan terlepas dari kesalahan dan dosa-dosa. Memohon ampunan Allah SWT memang bisa dilakukan kapanpun. Namun, pada Bulan Ramadhan pintu pengampunan dibuka selebar-lebarnya bagi mereka yang bertaubat. 

Ibadah-ibadah di Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dibandingkan ibadah di bulan yang lain. Bahkan, karena ibadah yang dilakukan di bulan ini sangat istimewa dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu. 

2. Bulan yang Paling Mustajab Untuk Berdoa 

Keutamaan Bulan Ramadhan yang berikutnya adalah bulan yang paling mustajab untuk berdoa. Jika Anda memiliki keinginan dan harapan, maka berdoa bisa menjadi bagian ikhtiar yang dilakukan. 

Waktu-waktu yang paling mustajab untuk berdoa di Bulan Ramadhan adalah pada waktu sahur, kemudian pada waktu berbuka. Kemudian, dilanjut juga pada waktu berbuka puasa. Doa yang dipanjatkan dengan sungguh-sungguh pasti akan mencapai Allah SWT. 

3. Meningkatkan Ibadah dan Taqwa 

Ibadah puasa di Bulan Ramadhan merupakan ibadah yang prosesnya paling lama karena harus dilakukan selama 1 bulan penuh. Selain itu, umat muslim tidak hanya melakukan ibadah puasa saja. Ibadah puasa juga diiringi dengan ibadah yang lainnya. 

Mulai dari shalat wajib, shalat sunnah seperti tarawih dan witir, membaca Al Quran, sampai dengan bersedekah. Ibadah-ibadah ini akan meningkatkan ketaqwaan para umat muslim jika dilakukan dengan baik dan konstan. 

Kebiasaan-kebiasaan ibadah yang baik di Bulan Ramadhan ini, ada baiknya tidak hanya dilakukan di Bulan Ramadhan saja. Namun juga, pada bulan-bulan lain untuk menjaga ketaqwaan pada Allah SWT. 

4. Pahala Beribadah Dilipat Gandakan 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang berlimpah pahala. Ibadah yang dilakukan di bulan-bulan biasa akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda pada bulan ini. Bahkan, ibadah sunnah pun memiliki pahala yang besar bagi umat muslim. 

Pahalanya setara dengan melakukan ibadah wajib. Apalagi, jika melakukan ibadah wajib maka pahalanya akan semakin berlipat ganda. Karena itu, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini untuk beribadah sebanyak-banyaknya. 

5. Allah Membelenggu Setan di Bulan Ramadhan 

Keutamaan Bulan Ramadhan selanjutnya adalah bulan yang sangat suci dan penuh perbuatan baik. Pada bulan ini, Allah SWT membelenggu setan-setan di Neraka agar para manusia semakin mudah untuk beribadah selama Bulan Ramadhan. 

Anda pun bisa mengisi bulan ini dengan berbagai kegiatan yang baik. Mulai dari beribadah, beramal, dan menghindari kemaksiatan. Karena Allah SWT telah mengurangi gangguan untuk umat manusia dan tujuan bulan ini memang untuk kebaikan. 

Baca juga:

6. Melatih Pengendalian Hawa Nafsu 

Berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, namun juga hawa nafsu. Berpuasa di Bulan Ramadhan memang kesempatan bagus untuk melatih agar diri menjadi lebih sabar dan hati menjadi lebih lemah lembut. 

Karena memang kadang puasa tidak bisa berjalan lancar dan ada saja cobaan yang datang. Ada baiknya, Anda menghadapinya sebagai bagian dari ujian bulan puasa dan mencoba mengatasinya dengan rasa sabar. 

Jika Anda tidak mengontrol diri dan hawa nafsu dengan baik. Anda hanya akan sekedar menahan lapar dan haus saja tanpa ada pahala dan manfaat yang baik. 

7. Beribadah di Malam Lailatul Qadar 

Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa di Bulan Ramadhan. Malam ini disebut sebagai malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan. Hal ini berarti ibadah di malam ini setara dengan ibadah selama 83 tahun 4 bulan. 

Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam kemuliaan karena memang sangat istimewa. Malam yang mulia ini biasanya hadir di 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan. Tepatnya pada malam-malam yang ganjil. 

Pada Bulan Ramadhan merupakan kesempatan satu-satunya yang Anda miliki untuk mengejar malam Lailatul Qadar. Karena itu, Anda jangan sampai melewatkan malam yang sangat istimewa ini. 

8. Bulan Diturunkannya Al Quran 

Keutamaan Bulan Ramadhan yang lain adalah sebagai bulan di mana Al Quran diturunkan. Karena itu, Bulan Ramadhan juga disebut sebagai syahrul Quran. Pada bulan inilah, Allah SWT pertama kali menurunkan Al Quran. 

Tidak heran, jika ibadah membaca Al Quran sangat dianjurkan pada bulan ini. Bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat bagi Anda memperbanyak ibadah membaca Al Quran. 

Tidak perlu khawatir walaupun Anda tidak lancar membaca Al Quran. Bahkan, bagi orang yang masih terbata-bata dalam membaca Al Quran masih akan mendapatkan pahala. Pahalanya akan lebih besar lagi bagi orang yang lancar apalagi sampai menghafal. 

9. Dibuka Pintu Surga dan Ditutup Pintu Neraka 

Janji Allah SWT bahwa Bulan Ramadhan akan menjadi bulan yang mulia. Karena itu, pada bulan ini pintu neraka akan ditutup dan pintu surga dibuka selebar-lebarnya. Hal ini dimaksudkan agar amal perbuatan manusia menjadi penghantar menuju surga. 

Pintu neraka yang tertutup juga dengan maksud agar umat muslim dapat menghindari perbuatan-perbuatan maksiat yang menuju neraka. Bulan ini merupakan bulan yang dipenuhi kebaikan dan baiknya Anda memaksimalkannya dengan hal-hal baik. 

10. Ibadah-Ibadah yang Khusus 

Pada Bulan Ramadhan, pastinya ada menemukan ibadah-ibadah khusus yang hanya dilakukan pada bulan ini saja. Ibadah-ibadah khusus ini tidak dilakukan pada bulan-bulan lainnya. Misalnya, shalat tarawih yang dilakukan setelah shalat isya. 

Hukum dari ibadah khusus ini memanglah sunnah. Namun, bukan hukum sunnah biasa melainkan sunnah muakkad. Hal ini berarti jika melakukannya, pahala yang didapatkan setara dengan melaksanakan ibadah wajib. 

Shalat tarawih dan ibadah-ibadah khusus ini bisa membersihkan diri Anda dari dosa-dosa yang telah lalu. Apalagi, jika dilakukan dengan lengkap dari awal bulan puasa sampai dengan akhir puasa. Diiringi juga dengan ibadah shalat witir dan tadarus Al Quran. 

Itulah berbagai keutamaan Bulan Ramadhan yang perlu Anda ingat dan ketahui. Mengetahui keistimewaan bulan satu ini bisa menjadi motivasi bagi Anda. Jadi, Anda semakin bersemangat melakukan ibadah dan kebaikan selama Bulan Ramadhan. 

Posting Komentar