Kumpulan dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian dari? Berikut Jawabannya

Pertanyaan kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian seringkali dianggap sebagai pertanyaan sulit. Namun, sebenarnya jawaban yang dimaksud

Pertanyaan kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian seringkali dianggap sebagai pertanyaan sulit. Namun, sebenarnya jawaban yang dimaksud oleh pernyataan tersebut adalah data. Benar, data merupakan kumpulan dari fakta atau juga simbol. 

Data dibutuhkan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, merupakan dasar untuk memecahkan masalah atau mencari jawaban dengan metode ilmiah. Dalam prosesnya, terdapat banyak sekali jenis dan proses yang bisa dilalui untuk mengolah sebuah data. 

Kumpulan dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian dari?

Seperti yang disebutkan sebelumnya jawaban dari pertanyaan kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian adalah data. Dalam memecahkan masalah atau soal ilmiah berbeda tentu saja dibutuhkan jenis data yang berbeda pula. Karena itu, ada berbagai tipe data di dunia 

Data adalah kumpulan fakta dan simbol yang dihasilkan dari berbagai proses, mulai dari pengamatan sampai dengan pengukuran pada satu variabel yang akan diuji. Bentuk dari data bisa berupa angka, deskripsi, bahkan simbol dan warna-warna. 

Data bisa dibedakan dari berbagai aspek, mulai dari cara memperolehnya sampai dengan bentuk dari data itu sendiri. Jika dari cara memperolehnya, data bisa dibedakan menjadi data primer dan sekunder. Sedangkan dari bentuknya, bisa dibedakan menjadi data kualitatif dan kuantitatif.

Jenis Data Dilihat dari Cara Memperolehnya 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, data bisa dibedakan dari cara memperolehnya. Cara memperoleh data bisa dari berbagai cara. Namun, umumnya dibedakan dalam metode secara langsung dan tidak langsung. Untuk pembahasan lebih lengkap ada di bawah ini : 

1. Data Bersifat Primer

Data primer merupakan data yang didapatkan melalui metode secara langsung. Metode yang termasuk menghasilkan data primer misalnya adalah pengamatan secara langsung, penelitian, wawancara, sampai dengan hasil percobaan. Jadi, para peneliti berperan aktif dalam mendapatkan data. 

2. Data Bersifat Sekunder 

Berkebalikan dari data primer, data sekunder tidak didapatkan langsung oleh para peneliti. Melainkan, hasil dari pengamatan dan penelitian dari orang lain. Karena itu, data ini biasanya bersumber dari riset pustaka. Seperti membaca buku, jurnal, hasil penelitian orang lain, dan sebagainya. 

Baca juga:

Jenis Data Dilihat dari Bentuknya

Selain dari cara memperolehnya data juga bisa dibedakan dari bentuknya. Seperti yang diketahui, bahwa data bisa dihadirkan dalam berbagai simbol dan bentuk selama bersifat faktual. Namun, secara garis besar data dibedakan menjadi dua berdasarkan bentuknya sebagai berikut:

1. Data Bentuk Kualitatif 

Data ini merupakan data yang sebagian besar bentuknya adalah kata-kata atau deskripsi. Data dalam bentuk kualitatif menyajikan data dengan deskripsi atau penjelasan. Walaupun bentuknya kualitatif, bukan berarti data ini hanya digunakan untuk penelitian kualitatif saja, kuantitatif bisa menggunakannya.

2. Bentuk Data Kuantitatif 

Bentuk data ini sebagian besar disajikan dalam bentuk angka, diagram, dan semua data yang bersifat hitungan. Sama seperti jenis data kualitatif, bukan berarti data ini hanya digunakan untuk penelitian kuantitatif. Penelitian yang berbentuk kualitatif juga bisa menggunakan jenis data ini.

Fungsi dari Sebuah Data 

Data sangat penting dalam menjawab pertanyaan ilmiah dan melakukan penelitian. Namun, fungsinya tidak hanya sebatas pada itu saja. Berikut adalah fungsi data secara lengkap :

  • Bahan evaluasi penelitian. 
  • Acuan implementasi suatu kegiatan atau hasil penelitian. 
  • Dasar penelitian dan karya ilmiah. 
  • Dasar untuk membuat keputusan selanjutnya.

Itulah jawaban dari pertanyaan kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian. Berikut dengan pembahasannya yang lebih lengkap. Sekarang Anda tidak kebingungan lagi menemukan pengertian dari data. 

Posting Komentar