Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli dan Manfaatnya Yang Harus Diketahui

Pengertian bahasa menurut para ahli dapat Anda gunakan sebagai referensi saat mengerjakan tugas. Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi

Pengertian bahasa menurut para ahli dapat Anda gunakan sebagai referensi saat mengerjakan tugas. Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi agar berjalan dengan lancar. Di dunia terdapat beragam bahasa yang berbeda-beda, bahkan Indonesia sendiri memiliki perbedaan dalam segi penggunaan bahasa. 

Keberadaan bahasa mampu berguna sebagai penggerak manusia dalam menjalankan perannya sebagai makhluk sosial. Tidak heran lagi jika hampir semua orang dituntut untuk menguasai bahasa tertentu. Bahkan, bagi seseorang yang mengalami gangguan bicara bisa memanfaatkan keberadaan bahasa isyarat. 

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli yang Wajib Anda Ketahui

Pengertian bahasa menurut para ahli dan sumbernya kerap orang buru untuk mendapatkan hasil pencarian maksimal. Bahasa merupakan alternatif untuk memudahkan proses komunikasi, interaksi, dan kegiatan sosial lainnya dengan tujuan tertentu.

Pengertian bahasa menurut deretan para ahli meliputi hal berikut ini:

1. Finocchiaro

Bahasa adalah satu sistem simbol vokal yang manasuka yang memungkinkan semua orang dalam satu kebudayaan tertentu atau orang lain yang telah mempelajari sistem kebudayaan tersebut untuk berkomunikasi atau berinteraksi (Finocchiaro, 1974:3)

2. Sukirman Nurdjan dan Firman

Bahasa merupakan sarana berpikir, baik untuk menyampaikan pesan kepada orang lain ataupun menerima pesan dari orang lain.

3. Nababan

Bahasa adalah satu ciri yang paling khas manusiawi yang membedakannya dari makhluk-makhluk lain.

Manfaat Bahasa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengetahui definisi bahasa menurut ahli, pasti sebagian orang bertanya apa fungsi dan manfaat bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat keberadaan bahasa meliputi beberapa hal seperti berikut ini:

1. Identitas Bangsa

Setiap bangsa pasti mempunyai satuan bahasa nasional yang berbeda. Hal ini bisa ditarik kesimpulan bahwa bahasa dapat dijadikan sebagai salah satu identitas bangsa atau bahkan ciri dari negara tertentu. 

Bahasa Inggris umumnya menjadi bahasa internasional atau hampir digunakan oleh semua negara sebagai sarana komunikasi paling efektif.

Setiap negara juga memiliki pembagian bahasa berbeda-beda menurut daerah atau pembagian wilayah. Salah satu negara yang memiliki beragam bahasa yakni Indonesia. 

2. Alat Komunikasi

Secara umum fungsi bahasa memang memudahkan komunikasi antara orang satu dengan orang lainnya. Terlepas dari hal itu, bahasa dapat berguna sebagai alternatif untuk memperlancar manusia dalam menjalankan peran sebagai makhluk sosial.

Tanpa bahasa, komunikasi antara manusia satu dengan lainnya tidak bisa berjalan secara efektif. Bahkan Anda bisa kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain jika tidak memahami suatu bahasa. 

Baca juga:

3. Sarana Berekspresi

Dengan memanfaatkan bahasa seseorang dapat mengekspor diri. Bahkan bahasa menjadi salah satu sarana efektif dalam mengungkapkan keinginan dan menggambarkan segala sesuatu baik secara lisan maupun memakai tulisan. 

Menariknya, keberadaan bahasa kerap orang gunakan untuk memudahkan interaksi antar sesama. Keberagaman bahasa di suatu negara juga berguna sebagai bentuk kekayaan kebudayaan.

4. Mempererat Hubungan Sesama

Bahasa menjadi indikator penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan bahasa, manusia bisa memenuhi kebutuhan sebagai makhluk sosial. 

Bahkan banyak juga orang yang mengatakan bahwa bahasa merupakan sarana untuk mempererat hubungan sesama. Komunikasi juga dapat berjalan dengan efektif jika seseorang menguasai bahasa tertentu. 

5. Alat Pemersatu 

Dalam suatu negara pasti memiliki beraneka ragam bahasa. Hal ini menjadikan bahasa nasional dapat berfungsi sebagai suatu alat pemersatu. 

Meskipun suatu daerah dalam negara punya bahasa berbeda, namun bahasa nasionalnya tetap sama. Hal ini bisa berguna sebagai bentuk cinta terhadap suatu negara. 

Sejak usia dini, anak-anak sudah pasti mendapatkan edukasi terkait penggunaan bahasa oleh orang tua. Bahasa sejak dini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri. 

Bahasa merupakan sarana komunikasi yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Setelah memahami pengertian bahasa menurut para ahli penting juga bagi seseorang untuk menerapkan penggunaan bahasa yang baik dan benar. 

Posting Komentar