Pengertian Konstitusi Secara Sempit dan Menurut Ahli! Berikut Jawabannya

Pengertian konstitusi dalam arti sempit sama dengan piagam dasar atau undang undang dasar pada suatu negara yang berisi dokumen lengkap

Konstitusi adalah hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari bagi negara hukum seperti Indonesia. Pengertian konstitusi dalam arti sempit sama dengan piagam dasar atau undang undang dasar pada suatu negara yang berisi dokumen lengkap tentang aturan dasar suatu negara. 

Jika ada konstitusi dalam arti sempit, tentu pengertian konstitusi dalam arti luas juga ada. Konstitusi dalam arti luas ada keseluruhan dari semua ketentuan dasar atau hukum suatu negara. Konstitusi menjadi hal yang penting untuk Anda pelajari karena sangat erat sekali ditemui dalam masyarakat. 

Pengertian Konstitusi Dalam Arti Sempit Sama dengan Menurut Beberapa Ahli

Selain pengertian konstitusi dalam arti sempit, ada juga pengertian konstitusi berdasarkan beberapa tokoh penting dunia yang pendapatnya seringkali menjadi dasar dalam pembahasan pengertian konstitusi. Setiap pendapat ini juga memberikan inspirasi pengertian konstitusi di Indonesia.

Dengan adanya banyak pendapat tentang pengertian konstitusi, hal ini juga akan memperkaya kosakata dan bahasa tentang apa itu konstitusi. Pengertian konstitusi berikut ini secara sempit dan luas telah banyak diutarakan untuk bisa dianalisis lebih lagi. Berikut beberapa pendapat terpopuler:

1. 2CF Strong

CF Strong menambahkan untuk pengertian konstitusi dalam arti sempit dan luas sama dengan sebuah kumpulan dari asas-asas yang mengatur pelaksanaan kekuasaan pemerintah, hak-hak pemerintah, serta hubungan antara pemerintah dengan yang diperintah.

2. EC Wade

EC Wade memberikan definisi konstitusi sebagai sebuah tulisan yang memberikan aturan terkait rangka dan tugas bagi badan pemerintahan suatu negara, 

3. Herman Heller 

Herman Heller memberikan definisi konstitusi dengan lebih detail yakni dengan menjadikannya 3 tingkatan. Konstitusi sebagai pengertian politik berarti mencerminkan keadaan sosial dan politik pada suatu negara.

Sedangkan konstitusi sebagai pengertian hukum artinya apa yang telah diputuskan lewat hukum maka harus ditaati. Dan tingkat yang ketiga adalah konstitusi sebagai peraturan hukum yakni bahwa konstitusi adalah peraturan hukum yang ada secara tertulis dan harus dipatuhi.

4. K.C Wheare

Pengertian konstitusi dalam arti sempit sama dengan sebagai keseluruhan sistem tata negara pada suatu negara, system ini berupa kumpulan peraturan yang membentuk, mengatur, serta memerintah, dalam pelaksanaan pemerintahan suatu negara di kesehariannya,

5. Profesor Prayudi Atmosurodirdjo

Sedikit lebih kompleks, Professor Prayudi mendefinisikan konstitusi sebagai hasil atau produk sejarah dan sebagai proses dari perjuangan bangsa tersebut. Konstitusi juga rumusan filsafat, cita-cita, kehendak, dan perjuangan suatu negara. Konstitusi sebagai cermin suatu negara. 

Baca juga:

6. CF. Solid

Konstitusi adalah kumpulan dasar yang memiliki dasar pada dampak pemerintah, hak yang diperintah, serta adanya hubungan antara keduanya yang diatur. 

7. Sri Soemantri

Konstitusi merupakan naskah yang berisi sesuatu bangunan untuk suatu negara yang dalamnya juga ada sendi-sendi pelaksanaan sistem pemerintahan suatu negara.

8. Lasalle

Lasalle mengartikan konstitusi sebagai hubungan antara kekuatan yang ada dalam sekelompok jamaah dengan yang memiliki posisi nyata pada masyarakat seperti kepala desa dan juga kepala partai.

9. Richard S. Kay

Konstitusi memiliki arti sebagai pelaksanaan dari aturan hukum dalam hubungan masyarakat dengan pemerintah. Konstitualisme ini akan mengakibatkan terciptanya situasi yang memupuk rasa aman sebab ada batasan untuk wewenang pemerintahan yang ditetapkan sejak awal.

10. Koernimanto Soetopawiro

Berdasar dari bahasa latin, konstitusi atau cisme memiliki arti bersamaan dengan undang-undang sebagai tanda yang membuat sesuatu bisa berdiri. Konstitusi dapat menetapkan sesuatu secara bersamaan. 

Dari sekian pengertian konstitusi dalam arti sempit sama dengan arti luas, ternyata kesemuanya begitu mirip bukan? Konstitusi ada untuk menjadi aturan yang sah dan dipatuhi demi tercapainya kesejahteraan bersama. 

Posting Komentar