Berikut ini yang Bukan Ciri Ciri Teks Anekdot Adalah

Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah? Ketahui juga urutan struktur teks anekdot yang benar sesuai kaidah penulisannya.

Jika ada pertanyaan tentang berikut ini yang bukan ciri ciri teks anekdot adalah? Maka jawaban dari pertanyaan ini bisa kamu ketahui melalui penjelasan detailnya di bawah ini. Yuk, simak hingga akhir!

Perlu diketahui, teks anekdot memiliki ciri khusus yang bisa menyampaikan pesan dengan cara yang unik. Tulisannya berisi karangan lucu dan singkat dengan struktur yang sangat berbeda dengan teks lainnya.

Berikut ini yang Bukan Ciri Ciri Teks Anekdot Adalah

Adapun contoh pertanyaan dan jawaban yang bukan termasuk ciri-ciri teks anekdot bisa kamu pelajari dari penjelasan di bawah ini.

Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri teks anekdot adalah?

  • A. Struktur teks berupa orientasi-krisis-reaksi
  • B. Mempunyai pesan moral
  • C. Mempunyai unsur lucu
  • D. Teks berbentuk cerita
  • E. Menggelitik

Jawaban:

Dari pertanyaan soal di atas, jawaban yang paling tepat adalah A. Struktur Teks Berupa Orientasi- Krisis- Reaksi. Mengapa pilihan jawaban A bukan termasuk ciri-ciri dari teks anekdot?

Teks anekdot memiliki ciri khusus dan tidak sama dengan teks lainnya. Sedangkan, jawaban A adalah struktur teks anekdot, bukan ciri-ciri dari teks anekdot.

Jika ingin memahami lebih jelas tentang ciri-ciri dan jenis struktur teks anekdot, mari simak penjelasan selengkapnya melalui uraian berikut.

Apa Pengertian dari Teks Anekdot?

Teks anekdot adalah tulisan yang mengisahkan suatu cerita atau karangan yang terinspirasi dari peristiwa sebenarnya. Teks ini ditulis secara sederhana, padat dan singkat. Anekdot memiliki unsur jenaka yang menggelitik.

Biasanya, teks anekdot menggambarkan suatu cerita yang ada kaitannya dengan isu sosial, politik, lingkungan, maupun layanan umum. Cerita sebagai bentuk kritik dan sindiran yang dikemas dengan lelucon satir.

Anekdot tidak harus memiliki berbagai kalimat panjang dan kompleks, tetapi bisa berupa dialog dari tokoh-tokohnya. Selain itu, teks ini juga tidak hanya untuk menghibur tapi juga menyimpan pesan moral yang bagus untuk pembaca.

Ciri-Ciri Teks Anekdot yang Wajib Diketahui

Teks anekdot punya ciri-ciri yang sebenarnya mudah dikenal, salah satunya adalah isi cerita lucu dan menggelitik. Hal ini tentu sesuai fungsinya sebagai tulisan untuk menghibur. Lalu, apa saja ciri-ciri teks anekdot?.

1. Kata Kiasan

Karakteristik dari teks anekdot adalah penggunaan kata kiasan atau perumpamaan. Tulisan yang tersaji biasanya berupa cerita imajinatif seperti cerita dongen, meski kadang terselipkan kisah nyata yang terjadi.

2. Lucu dan Kritis

Ciri khusus selanjutnya adalah cerita punya unsur lucu dan kritis, serta terselip sindiran yang cukup menggelitik. Dalam penulisan teks ini, penulis harus membuat cerita secara kritis dengan ciri yang khas dan menarik.

3. Terselip Pesan Moral

Tidak hanya sekedar lucu dan menghibur saja, tetapi jenis teks ini harus memuat kritikan dan sindiran terhadap pemerintah atau masyarakat luas. Dengan kata lain, cerita terdapat pesan moral yang bisa membangun.

4. Objek Orang Penting

Teks anekdot biasanya mengisahkan atau mengangkat cerita dari tokoh penting dan populer dalam kehidupan masyarakat. Isi dari cerita teks bisa mengenai pemerintah, keluarga, publik figur, dan orang di sekitar kita.

Jika dari pertanyaan soal berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri teks anekdot adalah A, jawabannya benar. Sebab, A (Struktur teks berupa orientasi-krisis-reaksi) merupakan struktur teks anekdot. Berikut informasinya.

Baca juga:

Urutan Struktur Teks Anekdot yang Tepat

Adapun struktur yang harus terpenuhi pada pembuatan cerita teks anekdot adalah struktur teks orientasi-krisis-reaksi. Struktur lainnya sebagai berikut:

1. Abstraksi

Abstraksi merupakan struktur pembukaan yang mengawali teks anekdot, fungsinya memberi gambaran tentang isi teks. Dengan begitu, pembaca bisa tahu jalan cerita pada teks secara menyeluruh.

2. Orientasi

Orientasi teks anekdot berisikan penjelasan umum tentang latar belakang kejadian atau peristiwa di dalam cerita. Bagian ini jadi struktur penting pada teks anekdot.

3. Krisis

Krisis yang tertuang pada cerita anekdot menyajikan kisah yang menarik dan unik. Kisah seperti ini memang cenderung disukai oleh pembaca. Penulis juga terkadang menyelipkan sekelumit kisah atau pengalaman hidupnya.

4. Reaksi

Reaksi adalah struktur yang punya fungsi mengurai penyelesaian masalah. Cara penyelesaiannya cukup tidak biasa bahkan terkadang tak terduga, sehingga bisa menarik atensi pembaca.

5. Koda

Koda merupakan bagian akhir yang menjadi penutup dari struktur teks anekdot yang berfungsi menutup cerita. Pada bagian ini berisi pesan membangun dari penulis yang sengaja diperuntukkan untuk pembaca 

Demikian penjelasan tentang pertanyaan soal berikut ini yang bukan ciri ciri teks anekdot adalah. Kamu juga bisa paham tentang ciri-ciri dan strukturnya dari penjelasan di atas sehingga jangan sampai tertukar.

Posting Komentar