Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli dan Jenis-jenisnya

Untuk itu, penting bagi seseorang mengetahui pengertian Hak Asasi Manusia menurut para ahli agar tidak salah persepsi.

Setiap manusia pasti mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapat, aspirasi, hingga melakukan kegiatan sesuai keinginan, asalkan tidak merugikan orang lain maupun menyalahi aturan pemerintahan. Untuk itu, penting bagi seseorang mengetahui pengertian Hak Asasi Manusia menurut para ahli agar tidak salah persepsi. 

Hak Asasi Manusia menjadi simbol utama agar manusia mendapatkan perlindungan dari perlakuan semena-mena, diskriminasi, dan penindasan lembaga tertentu. Jaminan Hak Asasi Manusia sudah ada sejak manusia itu dilahirkan ke dunia. 

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli yang Wajib Anda Ketahui

Hak Asasi Manusia dapat diartikan sebagai bentuk hadiah untuk mewujudkan kehidupan sejahtera tanpa adanya penjajahan dari orang lain. Macam-macam HAM dapat dijadikan sebagai perlindungan sesuai dengan ketentuan. 

Hak asasi berlaku pada beberapa negara untuk menciptakan kebebasan pada seluruh rakyat yang terlibat. Bahkan ada sanksi tegas yang bisa bagi orang yang melanggar Hak Asasi Manusia tersebut. Apa itu Hak Asasi Manusia menurut para ahli? Berikut beberapa pengertian HAM menurut ahli:

1. John Locke

Hak Asasi Manusia menurut John Locke adalah hak yang dibawa sejak lahir secara kodrati melekat pada setiap manusia dan bersifat mutlak atau tidak dapat diganggu gugat.

2. Koentjoro Poerbo Pranoto

Hak yang bersifat asasi atau hak-hak yang dimiliki manusia menurut kodratnya tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya sehingga bersifat suci.

3. Prof Darji Darmodiharjo

Hak Asasi Manusia adalah dasar atau hak-hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Hak-hak asasi tersebut menjadi dasar dari hak dan kewajiban lain yang dimiliki manusia tersebut.

4. Miriam Budiardjo

Hak Asasi Manusia adalah hak yang dimiliki manusia yang telah diperoleh dan di bawahnya bersamaan dengan kelahirannya dalam kehidupan masyarakat. Hak itu dimiliki tanpa perbedaan atas dasar bangsa, agama, ras, dan jenis kelamin karena hak itu bersifat universal.

Jenis-jenis Hak Asasi Manusia

HAM atau Hak Asasi Manusia mempunyai beragam jenis untuk melindungi sejumlah kehidupan dari segala bentuk ancaman. Jenis-jenis HAM meliputi beberapa aspek bidang, berikut beberapa diantaranya:

1. Hak Asasi Pribadi

Jaminan Hak Asasi Pribadi diberikan pemerintah sebagai lembaga yang mewadahi seluruh aspek kehidupan secara pribadi. Hak asasi pribadi membuat seseorang dapat mengeluarkan pendapat secara bebas tanpa perlu takut adanya tekanan dari pihak lain.

2. Hak Asasi Politik

Hak asasi politik berarti bahwa setiap warga negara berhak memilih pemimpin dan dipilih untuk pemimpin pada saat acara pemilihan berlangsung.

3. Hak Asasi Hukum

Hak asasi ini menunjukkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan perlakuan yang sama di hadapan hukum dan susunan pemerintahan. Hak asasi hukum dapat diartikan sebagai bentuk perlindungan terkait tindakan merugikan dari orang lain yang tercantum dalam UUD.

4. Hak Asasi Ekonomi

Hak asasi ini merupakan jaminan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pekerjaan layak, membeli atau menjual dagangan miliknya dan masih banyak lagi. Dengan demikian orang tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidup.

5. Hak Asasi Peradilan

Hak asasi peradilan merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah dalam memberikan jaminan bahwa setiap orang berhak mendapatkan perlindungan secara resmi dan berbadan hukum. Terdapat saksi jika ada yang melanggar Hak asasi peradilan.

6. Hak Asasi Sosial dan Budaya

Setiap warga negara berhak mengikuti pengembangan suatu kebudayaan dan ikut serta melestarikannya. Tidak hanya itu saja, setiap warga negara juga berhak mengikuti pertunjukan kebudayaan sesuai minat dan bakat.

Baca juga:

Manfaat Hak Asasi Manusia

Hak asasi manusia menyimpan beragam manfaat untuk keberlangsungan kehidupan. Berikut beberapa manfaat dari keberadaan Hak Asasi Manusia:

1.Perlindungan dari Kekerasan

Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan HAM agar terhindar dari berbagai macam bentuk kekerasan hingga perbuatan kurang menyenangkan dari orang lain.

2. Menciptakan Suasana Nyaman dalam Negara

HAM juga bisa menimbulkan rasa nyaman hingga ketentraman bagi seluruh aspek kehidupan sehingga seseorang bebas melakukan segala aktivitas asal tidak merugikan. 

3. Mewujudkan Keadilan

Setiap warga negara pasti menginginkan perlakuan adil dari pemerintah. Hal ini bisa terwujud jika HAM dijalankan sesuai dengan peraturan yang ada.

Pengertian Hak Asasi Manusia menurut para ahli sangat banyak sehingga membuat pemahaman Anda lebih variatif. Hak Asasi Manusia juga memiliki beberapa macam jenis untuk memberikan jaminan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Posting Komentar