Hand Lettering: Seni Menulis Indah dengan Pena

Ingin tahu seni menulis indah dengan pena itu apa saja? Hand lettering namanya, seni tulisan dengan kreativitas tinggi. Cek informasinya!

Kamu pastinya tahu bukan land lettering itu apa? Ya! Hand lettering merupakan salah satu seni menulis indah dengan pena. Tepatnya seni yang bertujuan untuk memberikan kesan estetik dalam sebuah tulisan atau hurufnya.

Bahasa mudahnya, seni menulis indah memakai pena yaitu seni menulis yang hanya saja terdapat sentuhan hiasan agar lebih menarik. Seni hand lettering ini juga sudah terkenal cukup lama, oleh sebab itu banyak orang yang menyukainya.

Apa itu Seni Menulis Indah dengan Pena?

Hand lettering adalah seni menulis atau menggambar huruf dan tulisan dengan menggunakan dasar-dasar menulis untuk sebuah karya seni yang indah. Biasanya setiap huruf pada hand lettering mempunyai karakter masing-masing.

Topik tersebut juga sering kali masuk dalam pembahasan permainan TTS atau tebak-tebakan. Dari permainan TTS menumbuhkan dua pendapat yang berbeda mengenai seni menulis indah dengan pena.

Ada pendapat yang menyatakan jika seni menulis indah memakai pena yaitu kaligrafi. Sementara yang lainnya menyebutkan hand lettering itu sendiri. 

Guna memperjelas jawaban yang pasti, maka pembahasannya akan lebih rinci tentang keduanya.

Sebab pada intinya, hand lettering lebih menjurus ke seni menulis indah memakai pena tersebut. Sehingga, seseorang yang membuat hand lettering akan menggabungkan setiap gaya huruf agar menjadi karya seni yang indah.

Perbedaan Hand Lettering dan Kaligrafi

Untuk memperjelas pendapat yang sudah ada, mempelajari perbedaan hand lettering dan kaligrafi menjadi kunci utama. Kaligrafi dan hand lettering sendiri merupakan sama-sama bagian dari seni menulis indah dengan pena.

1. Hand Lettering

Hand lettering merupakan istilah yang drawing letter gunakan untuk membuat karya seni tulisannya. Karya seni ini bisa dibuat dengan berbagai cara, baik manual menggunakan pena ataupun digital menggunakan pen tablet.

Selain itu, teknik penulisan yang hand lettering gunakan lebih dari satu goresan. Hal itulah yang membuat proses hand lettering digambar dengan pensil terlebih dahulu. Barulah menggunakan teknik finishing menggunakan tinta.

2. Kaligrafi

Sementara kaligrafi merupakan sebuah karya seni yang dibuat secara manual dengan alat-alat tradisional. Akan tetapi, teknik inilah yang menjadi nilai mahal dari pada menggunakan teknologi yang canggih.

Teknik penulisan dari kaligrafi menggunakan teknik sekali gores. Karenanya, pembuatan kaligrafi membutuhkan banyak latihan supaya otot terbiasa menulis dengan sekali gores.

Sumber lain juga menyebutkan bahwa kaligrafi menggunakan pena dengan berbagai jenisnya. Umumnya, ada tiga jenis yaitu pena ujung tajam, pena ujung berkuas dan pena ujung lebar.

Setiap pena tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, seseorang yang membuat kaligrafi harus paham betul mengenai kegunaan pena-pena tersebut.

Baca juga:

Teknik Utama Seni Menulis Indah Memakai Pena

Dalam hand lettering terdapat 6 teknik utama yang harus kamu kuasai. Dengan memahami teknik-teknik utama tersebut, berikutnya hanya perlu mengkreasikan dengan ide kreatif masing-masing.

1. Upstrokes

Teknik seni menulis indah memakai pena pertama yaitu upstrokes. Upstrokes adalah teknik membuat garis dari bawah ke atas. Praktekkan teknik ini beberapa kali bahkan sebanyak-banyaknya hingga terbiasa.

2. Downstrokes

Berikutnya ada teknik downstrokes, kebalikan dari upstrokes. Artinya membuat garis memanjang dari atas ke bawah. Lakukan beberapa kali hingga akhirnya terbiasa, dan berikan penekanan yang lebih kuat.

3. Garis Sambung Upstrokes dan Downstrokes

Teknik utama dalam seni menulis indah memakai pena selanjutnya membuat garis sambung antara upstrokes dan downstrokes. Kamu hanya perlu menggabungkan kedua garis agar menjadi satu kesatuan yang indah.

4. Menulis Sederhana

Teknik yang tidak bisa kamu lewati begitu saja dalam seni menulis indah dengan pena adalah menulis sederhana. Artinya, belajarlah beberapa kali menulis huruf abjad A hingga Z dengan teknik yang sudah ada, bukan huruf abjad biasa.

5. Tracing Paper

Kelima, ada teknik tracing paper untuk seni menulis indah memakai pena. Gunakan alat bantu tracing paper untuk menjiplak hurufnya. Teknik ini berguna untuk pembelajaran agar terbiasa membuat setiap karya seni hurufnya.

6. Faux Lettering

Terakhir, faux lettering. Sebuah teknik menulis dengan adanya efek brush tanpa perlu menggunakan brush pen. Caranya dengan memanfaatkan pena, spidol dan drawing pen. Ketiga alat itu akan memberikan kesan efek brush tanpa brush pen.

Demikian informasi seni menulis indah dengan pena. Apapun istilahnya,baik hand lettering atau kaligrafi merupakan karya seni tulisan yang perlu diapresiasi. Sebab, ada proses dan seni yang bergabung dalam pembuatannya.

Posting Komentar