Apa Itu Blog? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

simak penjelasan di bawah ini untuk mengenal apa itu blog sebagai media online dalam mengembangkan skill menulis yang menguntungkan.

Blog menjadi salah satu media yang dapat Anda gunakan untuk eksis, terutama bagi Anda yang senang dengan dunia menulis. Sayangnya tak sedikit yang tahu arti apa itu blog untuk mengembangkan skill menulisnya. 

Jika Anda tertarik dengan platform blog, Anda bisa menyimak penjelasan blog di sini untuk menambah wawasan Anda perihal blog.

Apa Itu Blog?

Dilansir dari Wikipedia, Blog adalah sebuah platform berupa aplikasi web yang berbentuk serangkaian tulisan-tulisan pada halaman web. 

Sederhananya blog merupakan website media online yang umumnya berisi berbagai konten baik itu dalam bentuk artikel, video maupun foto yang dijalankan oleh seorang blogger maupun beberapa penulis di dalamnya. 

Topik yang ditampilkan pada blog umumnya berfokus pada satu bidang tertentu saja, contohnya topik Lifestyle, kesehatan, teknologi, Finance dan lainnya. 

Umumnya bisnis sering menggunakan blog untuk mengembangkan bisnis dengan tujuan untuk meraih keuntungan, seperti digunakan untuk melakukan branding, promosi produk dan marketing lainnya.

Bahkan terdapat 55% yang memprioritaskan pembuatan blog sebagai strategi marketingnya.

Blog terdiri dari berbagai jenis mulai dari blog pribadi, blog bisnis, serta blog profesional.

Blog juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk dijadikan peluang keuntungan. Bila Anda salah satu orangnya yang ingin membuat blog maka simak penjelasan ini hingga selesai.

Baca juga: Apa itu Blogger?

Manfaat Blog

Blog sendiri memiliki berbagai manfaat dan fungsi. Di bawah ini Anda bisa tahu apa itu blog berdasarkan pada fungsinya:

1. Sarana atau Media Publikasi 

Fungsi utama dari blog adalah sebagai sarana publikasi. Jika Anda menyenangi dunia menulis, blog bisa menjadi sarana untuk kreatifitas Anda.

Dengan blog Anda bisa berbagai cerita, baik itu kisah kehidupan, pendapat Anda, atau karya tulis lainnya. Selain itu, jika Anda memiliki bisnis blog bisa menjadi tempat press release kegiatan bisnis Anda. 

2. Sebagai Portofolio Online 

Tak hanya itu Anda pun bisa memanfaatkan blog sebagai media portofolio online. portofolio menjadi hal yang penting untuk orang-orang profesional. 

Dengan menempatkan portofolio di blog, perusahaan atau klien dapat mengetahui skill dan pengalaman Anda secara mudah.

Portofolio yang bisa Anda isi di sini adalah hasil karya tulisan, desain dalam bentuk foto ataupun proyek lainnya yang pernah dikerjakan.

3. Media Branding 

Blog bisa dikatakan sarana yang cukup efektif untuk media branding. Bagi seorang profesional menulis artikel dengan topik tertentu dan diunggah di blog menjadikan Anda lebih dikenal sebagai expert.

Dengan demikian klien dan perusahaan tidak ragu untuk menggunakan jasa Anda.

4. Media Marketing atau Promosi

Fungsi lainnya dari blog adalah media marketing atau promosi. Menurutkan pada data di berbagai sumber sekitar 70% orang lebih tertarik mempelajari produknya melalui artikel dibandingkan iklan.

Anda bisa memanfaatkan blog untuk mengenalkan produk Brand atau menjelaskan tutorial produk Brand. Jika Anda bisa menuangkannya dengan konsep yang menarik, Anda bisa menarik target konsumen secara baik.

Ketiga manfaat dan fungsi ini menjadi salah satu alasan mengapa blog hingga saat ini terus berkembang.

Baca juga: Template Blogger

Poin Penting dalam Cara Membuat Blog Menarik

Sebelum Anda memulai membuat blog, pahami dulu apa saja hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan blog. Di mana hal-hal yang dimaksud ini dijelaskan sebagai berikut:

1. Menentukan Platform Blog

Langkah pertama Anda harus menentukan platform blognya. Saat ini ada banyak platform blog yang dapat Anda gunakan. Platform ini akan membantu Anda dalam pembuatan blog secara mudah. Salah satu di antaranya ialah:

1.1. Blogger

Blogger adalah platform termudah yang bisa digunakan oleh berbagai kalangan, bahkan Anda yang masih pemula pun pasti akan mudah memahami arahan pembuatan blog di sini.

Blogger atau dikenal dengan Blogspot ini adalah platform CMS yang dimiliki oleh Google. Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Blogger di antaranya dapat memanfaatkan layanan Google secara mudah, contohnya layanan Adsense, Google Analytics dan sebagainya.

Sayangnya nama domain blog Anda akan disisipkan dengan nama .blogspot.com yang membuatnya tidak cocok untuk digunakan sebagai kebutuhan profesional atau bisnis. 

1.2.WordPress.com 

Platform blog yang kedua Anda bisa menggunakan WordPress.com yang mana ini pembuatan website dengan menggunakan server hosting dari WordPress, sehingga nantinya nama domain blog Anda akan tercantum nama .wordpress.com. 

Platform ini memang bisa Anda gunakan secara gratis, sayangnya ada banyak kekurangan yang bisa Anda terima mulai dari tidak tersedianya plugin dan tema.

Jika Anda ingin mendapatkan plugin dan tema yang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda harus mengeluarkan biaya.

1.3. WordPress.org 

Terakhir Anda bisa menggunakan WordPress.org untuk membuat blog impian Anda. Apa itu blog WordPress.org?

 WordPress.org merupakan software yang bersifat open source serta bisa digunakan secara gratis.

Tercatat, 35% blog dan website menggunakan platform satu ini.

Dengan menggunakan WordPress.org Anda bisa mendapatkan berbagai keunggulan yang menarik, mulai dari penggunaannya yang mudah, tampilan website yang menarik, hingga adanya plugin yang canggih dan berlimpah.

Jika Anda ingin membuat blog dengan platform ini, Anda perlu mengocek biaya untuk membeli layanan hosting dan domain.

Dari ketiga platform yang dapat Anda gunakan dalam pembuatan blog, platform mana yang menarik untuk digunakan?

2. Tentukan Niche Blog yang Diambil 

Setelah tahu menggunakan platform mana dalam pembuatan blog, selanjutnya Anda bisa memilih niche blog.

Niche blog di sini adalah topik yang akan Anda bahasa atau diulas dalam blog yang Anda buat. Sebaiknya Anda memilih niche yang menarik dan populer untuk meningkatkan trafik web.

Salah satu niche yang populer adalah teknologi, Lifestyle, kuliner dan lainnya.

Sebetulnya, meskipun Anda memilih untuk membuat blog dengan berbagai topik dan tema yang dibahas atau campuran, sah-sah saja.

Akan tetapi, agar Anda bisa lebih fokus dalam membuat artikel hingga dikenal sebagai ahli, menerapkan niche blog chain menjadi strategi terbaik. Dengan demikian Anda pun bisa mendapatkan monetisasi dari iklan secara mudah. 

Jika Anda bingung dalam memilih niche blog, Anda bisa memulainya dari topik yang disukai, topik yang populer dan topik yang menguntungkan.

Ketiga topik ini akan membantu Anda untuk menjalankannya dengan lebih menyenangkan serta mendapatkan peluang yang lebih besar.

Apalagi jika Anda bisa mengambil satu niche dengan 3 kategori topik tersebut. Semisalnya Anda menguasai niche Lifestyle, di mana niche ini menguntungkan dan populer.

3. Membeli Layanan Hosting Sesuai Kebutuhan

Hosting adalah salah satu komponen terpenting dalam membangun sebuah website atau blog. Hosting merupakan media penyimpanan file blog sehingga dapat diakses secara online.

Agar Anda bisa memilih hosting sesuai dengan kebutuhan, maka Anda bisa mencari tahu jenis-jenis hosting. Setidaknya ada empat jenis hosting yang bisa Anda pilih di antaranya

Shared Hosting: jenis hosting yang paling terjangkau di antara jenis hosting lainnya. di mana shared hosting ini merupakan hosting bersama, singkatnya 1 hosting yang digunakan oleh beberapa blog.

Cloud Hosting: berbeda dengan shared hosting yang memiliki ruang penyimpanan kecil, cloud hosting memiliki sumber daya penyimpanannya lebih besar serta mudah digunakan

Hosting VPS: merupakan hosting yang dikelola secara mandiri dan lebih privasi serta kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Untuk menggunakan jenis hosting ini, Anda harus memiliki kemampuan secara teknis.

WordPres Hosting: sama halnya dengan shared hosting, akan tetapi hosting ini hanya dikhususkan untuk pengguna WordPress saja.

Keempat jenis hosting di atas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda mengutamakan hosting dengan kapasitas besar dan keamanan yang tinggi Hosting VPS pilihannya.

Sedangkan jika Anda memilih hosting yang murah dan mudah digunakan Shared Hosting dan WordPress Hosting bisa Anda pertimbangkan.

4. Pilih Nama Domain Terbaik

Jika hosting sudah ditangan Anda, selanjutnya Anda bisa memilih nama domain. Nama domain ini digunakan untuk alamat akses blog Anda. Semisalnya nama domain yang Anda gunakan ialah lifestyle.com atau sebagainya.

Nama domain yang disebutkan ini bisa Anda gunakan jika Anda memilih platform blog WordPress.org. jika Anda menggunakan WordPress.com maka domain Anda bisa default ekstensi domain seperti Lifestyle.wordpress.com atau Lifestyle.blogspot.com

Harap diingat dalam pemilihan nama domain, Anda tidak boleh asal memilih. Sebab, nama domain dapat menjadi branding blog yang Anda kelola.

Oleh sebab itu, gunakan nama domain yang mudah diingat dan mudah dieja, jangan menggunakan kombinasi angka maupun tanda hubung.

5. Menyiapkan Konten yang Ingin Dibuat 

Jika blog yang Anda buat sudah siap untuk digunakan dan dikelola, Anda hanya perlu mengupload konten saja. Untuk itu siapkan konten yang sesuai dengan niche blog yang Anda ambil sebelumnya.

Agar konten Anda semakin menarik dan mendapatkan kunjungan yang lebih banyak, Anda bisa memulainya dengan melakukan riset keyword. Gunakan keyword yang populer dan sering dicari oleh banyak orang.

Untuk melakukan riset keyword Anda bisa memanfaatkan tool riset keyword yang beredar contohnya Google Trend. Selain itu, Anda bisa menggunakan strategi SEO Friendly untuk mendapatkan peringkat pertama.

Baca juga: Template Blogger Bootstrap

Inilah Nominal Penghasilan Blogger

Jika Anda memiliki konsisten yang tinggi, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan Blogger. Penghasilan yang didapat oleh blogger bisa beragam hal ini tergantung pada sumber penghasilannya.

Sumber penghasilan yang dimaksud meliputi sponsor konten, iklan, lomba blog hingga penawaran jasa.

Sumber penghasilan dapat menentukan besar kecilnya penghasilan blogger, lebih rincinya berikut kami jelaskan.

1. Sponsor Content

Sumber penghasilan blogger yang pertama adalah Sponsor Content. Sponsor content atau disebut dengan konten sponsor adalah konten yang berisi review produk atau mempromosikan produk suatu brand.

Umumnya Brand ini mencari blog dengan kriteria visitor, konten tulisan, dan lainnya. konten yang diposting pun merupakan konten yang telah disediakan oleh perusahaan.

Penghasilan yang didapat dari sponsor content dipengaruhi oleh jumlah visitor dan jumlah iklan.

Contohnya jika jumlah pengunjung mencapai 20 ribu kali kunjungan harga iklan dapat mencapai Rp.200 ribu hingga 500 ribu dan jika memasang iklan sebanyak 5 iklan maka penghasilan yang didapat bisa mencapai Rp. 1 juta hingga 2,5 juta.

2. Hasil Jasa Iklan

Sumber penghasilan blogger yang kedua adalah iklan. Pemasangan iklan yang biasa dipasang dalam blog ialah Display Ads dan iklan mandiri.

3. Display Ads

Display ads merupakan iklan yang paling banyak digunakan oleh blogger Indonesia untuk mendapatkan penghasilan yang menguntungkan.

Hitungan penghasilan pendapatan dari Display Ads pun berdasarkan pada jumlah visitor. Contohnya jumlah visitor yang didapat mencapai angka 50 ribu visitor maka penghasilan yang didapat mencapai Rp.3 juta hingga 5 juta rupiah.

4. Iklan Mandiri

Iklan mandiri adalah iklan yang ditawarkan oleh blogger kepada para advertiser atau perusahaan produk. Hal inilah yang membuat penghasilan iklan mandiri lebih murah dibandingkan dengan sumber lainnya.

Contohnya 1 iklan yang dipajang dengan jumlah visitor mencapai 20 ribu penghasilan yang didapat bisa mencapai Rp. 100 ribu hingga 200 ribu, sedangkan 100 ribu visitor penghasilan yang didapat bisa mencapai Rp. 500 ribu hingga 700 ribu dan untuk 1 juta visitor bisa mencapai Rp. 2.5 juta hingga 5 juta dalam per bulan.

Biasanya para blogger bisa menawarkan 2 hingga 4 slot iklan pada setiap blognya dengan harga yang disesuaikan pada jumlah visitornya.

5. Lomba Blog

Sumber penghasilan para blogger selanjutnya adalah lomba blog. Jika Anda memenangkan perlombaan blog penghasilan jutaan rupiah bisa Anda dapatkan, bahkan tak sedikit yang menawarkan penghasilan hingga puluhan juta.

Jika Anda konsisten dengan kegiatan blogger dan membuat blog Anda menarik Anda bisa bersaing mengikuti berbagai program lomba blog.

6. Buka Jasa Mandiri

Sumber penghasilan lainnya yang bisa didapatkan oleh para blogger yakni dengan membuka jasa mandiri. Hal ini tentu saja membuat para blogger harus memiliki skill yang mumpuni dan andal.

Ada beberapa jasa yang umumnya dibuka oleh para blogger di antaranya:

7. Jasa Pembuatan Website

Jasa yang umumnya ditawarkan oleh para blogger ialah jasa pembuatan website. Para blogger yang berani membuka jasa ini umumnya memahami berbagai sintak pemrograman mulai dari CSS, HTML, PHP, hingga JavaScript.

Upah yang didapat dari jasa pembuatan website ini bervariasi tergantung pada kualitas, tipe, optimasi, desain dan lainnya. rata-rata upah yang didapat berkisar pada harga 2 hingga 10 juta rupiah dalam sekali pembuatan website.

8. Pembuatan Template Premium

Selain membuka jasa pembuatan website, para blogger pun biasanya menawarkan jasa pembuatan template premium yang kemudian dijual kepada para blogger lainnya.

Tarif pembuatan template premium sesuai dengan desain, struktur kode, fitur dan kerumitan desainnya. Rentang tarif yang didapat mulai dari Rp 50.000, Rp 100.000, bahkan hingga jutaan rupiah.

9. Jasa SEO dan Backlink

Terakhir jasa yang biasa dibuka oleh para blogger ialah jasa SEO dan Backlink. Kualitas website bersangkutan dapat ditentukan dari SEO dan backlink.

Semakin baik optimasi SEO dan backlink maka akan semakin baik peringkat website pada mesin pencarian.

Jasa ini umumnya dibuka oleh para blogger yang sudah profesional dan senior. Harga jasa SEO dan backlink ini sangatlah beragam mulai dari harga Rp. 100 ribu hingga Rp. 1 juta rupiah, bahkan ada yang sampai mematuk harga mencapai Rp. 5 juta hingga 10 juta tergantung pada kualitas SEO dan Backlinknya.

Selain dari jasa-jasa di atas, Anda sebagai blogger pun dapat membuka jasa lainnya yang mana Anda menguasai bidang tersebut, seperti membuka jasa tulis artikel SEO Friendly dan lainnya.

Nah itulah beberapa sumber penghasilan para blogger beserta gaji yang didapatnya. Singkatnya penghasilan para blogger berasal dari jumlah visitor. 

Setelah memahami penjelasan terkait apa itu blog, cara membuat blog hingga penghasilan blogger Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk berkarir sebagai blogger.

Posting Komentar