Apa Itu Blogger? Temukan Jawabannya Di sini!

Ingin cari tahu informasi berkaitan dengan blogger dari pengertian hingga penghasilan? Simak apa itu blogger di sini!

Sudah ada banyak hal yang orang lakukan dengan menggunakan ponsel. Salah satunya adalah mendapatkan keuntungan. Anda juga dapat berbagi berbagai macam kegiatan yang ada sebagai pilihan untuk menarik perhatian orang lain. Dengan begitu, uang akan masuk ke dalam akun Anda. Begitu juga yang dilakukan oleh seorang blogger. Anda dapat mencari informasi apa itu blogger?

Sebenarnya, mempunyai kemampuan untuk menggunakan perangkat online dalam mencari keuntungan adalah hal yang penting. Bahkan, dapat dibanggakan karena tidak semua orang dapat memutar otak untuk mendapatkan uang. Anda harus memperhatikan banyak hal juga. Untuk Anda yang masih asing dengan istilah dari blogger, langsung saja simak informasi lebih lanjutnya!

Apa Itu Blogger?


Apa yang dimaksud dengan blogger? Arti dan contohnya!

Di era serba modern seperti sekarang tentu ada banyak pekerjaan yang menarik perhatian dalam dunia online. Misalnya dengan membuka situs / blog pribadi, Dengan begitu anda akan memperoleh banyak uang. Banyak yang mengatakan hal tersebut dan memang merupakan pernyataan fakta. Karena itu, Anda dapat simak lebih lanjut terkait dengan blog dan memulai langkah untuk mendapatkan keuntungan. Jauh lebih baik jika mengerti definisinya dulu. 

Sesuai dengan namanya, istilah blogger mempunyai kaitan erat dengan blog kemudian platform sosial media. Dikutip dari halaman wikipedia ada dua rujukan yang mengarah pada arti sebenarnya dari istilah Blogger, Yakni Blogger.com (blogger, blogspot) yang merupakan situs penerbitan atau situs untuk membuat blog yang dimiliki Google serta Narablog.

Narablog merujuk pada arti bahwa,

Blogger adalah seseorang yang menjalankan sebuah blog dengan menulis berbagai macam konten dan topik berbeda untuk dibagikan. Setelahnya, akan mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang berbeda tergantung pada pengikutnya juga. Bahkan, ada yang puluhan juta.

Namun, tidak usah khawatir kalau Anda tidak akan mendapatkan keuntungan. Ada banyak pengguna sosial media sekarang ini, termasuk juga blog. Dengan begitu, banyak pelanggan yang akan mengunjungi situs atau blog Anda juga. Jadi, Anda pasti akan kedatangan pengunjung jika mengoptimasi blog dengan baik dan membagikan banyak konten yang menarik perhatian.

Biasanya, orang yang bekerja dalam blogger ini mempunyai hobi untuk menulis. Jika Anda memang tidak tahu harus menulis di mana, menjadikan blog sebagai pilihan adalah hal yang tepat. Anda dapat membuat postingan dalam berbagai macam topik. Hal ini berkaitan dengan seni kemudian desain, olahraga atau juga politik. Anda juga dapat menceritakan aktivitas atau pengalaman.

Ada juga orang yang memasukkan konten resep ke dalam situs yang dimiliki sendiri. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh kemudahan karena blogger bersifat mobile.  Jadi, dapat dimanfaatkan dengan baik menggunakan berbagai macam perangkat dan juga tempat. Anda dapat membuat konten selama 24 jam sesuai dengan keinginan sendiri. Banyak orang fokus akan hobi ini juga.

Anda dapat membuat blog dengan menggunakan beberapa langkah sederhana. Bahkan, hanya dengan rajin membuat konten dan mendapatkan banyak orang yang tertarik akan konten. Maka, Anda dapat memperoleh keuntungan yang besar hingga mencapai 66 juta rupiah. Cukup pahami mengenai blog jauh lebih dalam untuk membuat konten yang menarik perhatian juga.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Blog Yang Seo Frienly

Cara Membuat Blog Mudah dan Menarik


Tentunya, tidak hanya pengertian dari blogger saja yang harus diketahui. Anda juga harus mencari informasi lainnya yang dapat memberikan keuntungan. Hal ini berkaitan dengan langkah yang tepat untuk digunakan dalam proses pembuatan blog.  Dengan begitu, Anda baru dapat memperoleh penghasilan dalam jumlah yang besar. Berikut ini berbagai cara untuk bersaing dengan orang lain: 

1. Memilih Template 

Langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan template untuk blog. Ada berbagai macam pilihan yang mudah untuk dimanfaatkan dan menjadi komponen utama dalam membuat konten. Biasanya, ada banyak orang yang akan membeli template sehingga konten akan menjadi lebih menarik lagi. Template adalah halaman pertama yang dilihat oleh para pengunjung. 

Karena kehadiran template yang sangat penting, Anda harus melakukan pemulihan dengan baik juga. Cari yang memang nyaman dipandang dengan menggunakan beberapa cara. Anda perlu memilih yang clean sehingga tetap tampak jernih. Anda juga dapat memilih yang responsive sehingga dapat memudahkan dalam pencarian informasi bagi para pengguna. 

Tidak hanya itu saja, penting halnya untuk memastikan kalau Anda menggunakan template yang sistemnya SEO friendly.  Dengan begitu, pihak Google akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi Anda. Lalu, hal ini akan memberikan banyak tawaran job juga. Jangan lupakan menu navigasi yang harus ada dalam template agar pengunjung tidak merasa bingung.

2. Pilih Warna Sesuai 

Setelah selesai memilih jenis template yang ingin digunakan dalam cara membuat blog, Anda dapat melakukan hal lainnya. Cukup sesuaikan pengaturan template agar dapat bersaing dengan orang lainnya. Anda dapat menggunakan warna yang sesuai dengan tema atau konsep yang ada. Jangan memilih warna ramai dengan konsep rainbow, hal ini memenuhi blog Anda. 

Walaupun warna lengkap seperti ini seiring menarik perhatian jika di dunia nyata, tidak cocok halnya menggunakan warna campur aduk ini dalam dunia digital. Pastikan kalau Anda menggunakan warna yang sesuai dan tidak membuat pengunjung merasa bosan atau malas. Lebih baik jika Anda memakai warna yang tenang sehingga dapat digunakan untuk desain dengan baik juga. 

Secara umum, orang akan menggunakan warna putih karena tingkat kecerahan yang lebih mudah diatur. Namun, banyak yang menggunakan warna lain karena berpikir putih terlalu polos. Padahal, akan jauh lebih baik jika menggunakan warna yang membuat mata orang lebih nyaman. Mata dapat beristirahat lebih banyak dengan membaca dari layar yang tampilannya juga menyenangkan. 

3. Pasang Menu 

Dalam proses mengenal apa itu blogger, Anda harus tahu cara untuk memasang menu navigasi juga. Ada banyak orang yang biasanya kehilangan pengunjung karena tidak memberikan hal terbaik dari segi pelayanan. Dalam blog, kehadiran navigasi adalah hal yang penting. Menu ini dapat menjadi peta untuk para pembaca pada topik artikel yang ada. Hal ini juga menarik perhatian pengunjung. 

Anda juga dapat menggunakan bantuan menu ini untuk membuat kelompok dari berbagai topik postingan yang ada. Dengan begitu, blog yang Anda punya akan menjadi lebih rapi dan juga dapat diorganisir dengan baik. Anda juga akan mendapatkan posisi yang jauh lebih tinggi lagi dalam pencarian di internet. Tidak mudah halnya mendapatkan banyak pengunjung dalam blog. 

4. Gunakan Widget 

Langkah mudah lainnya yang dapat Anda gunakan adalah memasang widget.  Cara yang satu ini penting untuk dilakukan sehingga dapat memberikan ruang informasi tambahan. Anda dapat menambahkan search bar untuk mencari artikel dengan memanfaatkan kata kunci. Jadi, ketika ada pengunjung yang lupa dengan judul tulisan, ia dapat langsung menggunakan keyword saja. 

Jangan lupa untuk menggunakan widget lain yang mempunyai manfaat dalam blog.  Anda dapat menggunakan popular post atau juga recent post.  Hal ini akan membuat pengunjung membuka blog yang dikunjungi oleh banyak orang juga. Gunakan widget untuk informasi yang berkaitan dengan follower juga. Hal ini dapat memudahkan orang yang ingin bekerjasama dengan Anda juga. 

5. Perhatikan Konten Blog

Dalam apa itu blogger, Anda juga tahu bahwa blogger merupakan orang yang mengendalikan berbagai macam konten dalam sebuah blog.  Dengan begitu, Anda juga harus memperhatikan konten yang banyak dicari oleh orang lain. Hal ini merupakan unsur utama dalam kepentingan blog.  Anda dapat menaikkan ranking blog dengan menggunakan konten yang menarik perhatian. 

Tentunya, tampilan dan juga konten merupakan 2 hal yang sangat penting. Tampilan mempunyai peran untuk menarik minat para pembaca sehingga akan datang dan menjelajah untuk informasi. Sementara itu, konten merupakan bagian penting dalam menarik perhatian SERP.  Konten harus merupakan informasi yang penting untuk banyak orang. 

Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam blog jika memperhatikan konten dan juga tampilan. Kedua komponen penting tersebut harus disusun dengan baik. Dengan optimasi yang tepat dalam blog, Anda akan memperoleh lebih banyak orang lagi. Trafik akan berdatangan tanpa perlu sibuk melakukan promosi juga. Jangan lupa untuk rajin membuat konten menarik. 

6. Tambahkan Sosial Media Share 

Langkah lainnya yang dapat Anda manfaatkan adalah menambahkan sosial media share. Anda harus memberikan tombol di bagian bawah atau tempat yang tidak akan mengganggu pengunjung ketika membaca. Biasanya, orang akan memberikan button kecil di bagian bawah yang berfungsi untuk membagikan konten. Anda dapat menyisipkan link dalam bagian ini sehingga lebih mudah. 

Sebenarnya, untuk membagikan konten atau artikel kepada orang lain, pengunjung dapat langsung salin link yang ada saja. Namun, akan lebih mudah untuk pengunjung menekan tombol bagikan dan akan langsung masuk ke akun sosial media yang sesuai. Dengan langkah ini, pengunjung akan merasa jauh lebih nyaman. Jadi, siap membagikan konten Anda ke banyak tempat jika menarik. 

Baca juga: 7+ Tips Sukses Membangun Blog Untuk Dijadikan Aset Digital

Cara Membuat Akun Blog 

Tentunya, Anda juga harus tahu langkah yang dapat digunakan untuk membuat akun blog. Hal ini akan membantu Anda dalam mengetahui apa itu blogger? Untuk Anda yang benar-benar ingin menulis dan mendapatkan berbagai tawaran job. Maka, Anda juga harus tahu langkah yang diperlukan untuk membuat akun jauh lebih dulu. Berikut ini cara mudah membuat akun blog: 

1. Masuk ke Browser 

Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan masuk ke dalam browser jauh lebih dulu. Gunakan perangkat yang tepat dalam keperluan membuat akun. Anda dapat menyambungkan koneksi yang lancar seperti wifi atau juga data seluler. Langsung saja masuk ke dalam browser yang biasanya Anda gunakan juga. Cari yang tersambung dengan cepat dan mudah untuk dilakukan juga.

2. Unduh Aplikasi 

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi. Anda dapat memilih aplikasi dengan mudah dalam Google Play Store. Ada banyak pilihan aplikasi atau situs gratis yang dapat Anda gunakan sebagai conton anda bisa manfaatkan Blogger.com untuk membuat blog pribadi anda, gratis lagi. Anda hanya perlu mencari dalam internet. Pilih yang terjamin dan digunakan oleh banyak orang juga. Untuk aplikasi, Anda dapat membaca ulasannya dahulu. 

3. Daftar Akun 

Anda dapat melakukan pendaftaran akun untuk membuat blog sesuai dengan keinginan. Langsung saja gunakan alamat email Anda dalam membuat akun. Anda dapat menggunakan email apa saja selama dalam kondisi yang aktif. Langsung masukkan password yang Anda punya untuk melakukan pendaftaran akan akun blog. Anda perlu menunggu beberapa saat untuk notifikasi email. 

4. Edit Profil 

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengedit foto profil yang ada. Pastikan kalau Anda sudah berhasil masuk ke dalam aplikasi atau situsnya. Langsung mulai untuk isi profil yang ada menyesuaikan dengan keinginan. Anda juga dapat mengikuti arahan pada halaman edit profil yang ada. Jika sudah, Anda baru dapat mulai membuat blog dan melakukan pengaturan sesuai juga. 

Keuntungan Jadi Blogger


Dalam mengetahui apa itu blogger, tidak akan lengkap jika tidak tahu daftar keuntungan yang didapatkan. Ada banyak alasan untuk menjadi seorang blogger yang dilakukan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan penawaran akan keuntungan yang diberikan. Jadi, Anda tidak usah khawatir akan mengalami kerugian dalam berbagai macam segi juga. Berikut ini daftar keuntungan yang ada: 

1. Peningkatan Skill Menulis 

Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan sebagai blogger.  Salah satunya adalah peningkatan dalam skill menulis. Anda dapat menulis dengan mudah setiap harinya. Hal ini akan membuat Anda terbiasa menulis dan dapat membuat berbagai macam tulisan. Tentunya, dengan banyak topik yang berbeda dan mempunyai kualitas tinggi karena sudah terbiasa. 

2. Menghasilkan Uang 

Dengan menjadi blogger, Anda dapat memperoleh keuntungan di luar skill. Hal ini berkaitan dengan penghasilan blogger yang jumlahnya cukup besar. Hal ini juga berbeda antara setiap orang karena jumlahnya fleksibel. Uang yang akan Anda dapatkan juga bergantung pada banyaknya pengunjung situs Anda. Anda dapat memperoleh 1 dolar dari setiap 1000 visitor yang datang. 

Tentunya, visitor dapat datang dengan mudah setiap harinya. Bahkan, ada yang memperoleh ratusan ribu setiap hari. Jadi, ketika dijumlahkan, jumlah keuntungan yang didapatkan juga melebihi 3 juta rupiah. Hal ini berlaku untuk para pemula dalam dunia blogger juga. Untuk orang yang sudah lama membuat blog, penghasilan dapat mencapai 30 juta rupiah atau lebih. 

3. Ada Tempat Dokumentasi 

Dengan membuat blog, Anda mempunyai tempat dokumentasi sendiri. Jadi, ketika sudah melupakan pengalaman atau kejadian tertentu, Anda dapat langsung membuka blog.  Hal ini menjadi alasan ada banyak orang yang membuat blog dan menceritakan kehidupan pribadinya. Beberapa juga meletakkan foto dalam setiap tulisan yang ada. Jadi, tidak harus repot mencari lagi nanti. 

4. Membangun Relasi 

Keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan adalah membangun relasi yang lebih luas. Ketika masuk ke dunia blog, Anda pasti akan bertemu dengan banyak orang baru. Mulai dari pengunjung yang setia hingga mendapatkan teman blogger yang lain. Ada banyak orang yang akan mencari blogger lainnya sehingga dapat berteman dan memperoleh lebih banyak relasi lagi. 

5. Belajar Disiplin 

Anda juga dapat memperoleh keuntungan lainnya dengan menjadi blogger. Untung yang akan Anda dapatkan adalah belajar disiplin. Bukan hal yang mudah untuk konsisten dalam menulis konten. Anda perlu memperhatikan berbagai macam hal sehingga dapat membuat konten setiap hari. Penting halnya untuk manajemen waktu juga. Menggunakan cara ini membuat Anda disiplin. 

6. Membangun Portofolio 

Dengan adanya blog ini, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya. Hal ini berkaitan dengan portofolio dalam penulisan. Anda dapat melampirkan portofolio ini ketika melakukan pendaftaran akan berbagai macam pekerjaan. 

Itulah hal yang harus Anda ketahui dalam apa itu blogger. Beberapa informasi tersebut jelas membantu jika Anda mempertimbangkan pembuatan blog. Langsung saja buat blog Anda untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya!  

Posting Komentar