Cara Mudah Membuat Blog yang Seo Friendly (Untuk Pemula)

Panduan singkat dan jelas untuk membuat blog seor friendly yang mudah bagi pemula

Semua blogger pasti menginginkan blog yang Seo Friendly. Selain enak dipandang, blog yang bersifat SEO juga akan lebih mudah dalam hal Index mesin pencari. Tidaklah salah jika semua orang ingin mengetahui Cara membuat blog seo friendly.

Definisi SEO Apa itu?

Mungkin kata SEO sudah tak asing lagi di telinga kamu. Bahkan para pakar SEO Indonesia saat sedang berebut untuk mendapat gelar Master SEO. Para pakar SEO pun berbondong-bondong untuk menjual Ebook SEO mereka.

Tak segan-segan mereka berani membandrol Ebook mereka dengan harga mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Momen tersebut memberikan celah untuk para Spammer menjajakan Ebook SEO palsu nya. Dan tak sedikit pula orang yang sedang menangis darah saat ini karena ikut tertipu spammer tersebut. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kita lebih mengenal sedikit tentang SEO.

Apa itu SEO?

Definisi SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization, merupakan sebuah teknik dan seni yang bertujuan membuat website atau blog berada tempat teratas di search engine (mesin pencari), khususnya Google.

Mengapa harus SEO?

Search engine merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet atau bahasa gaulnya Browsing. Menurut survey, hampir 90% pengguna internet (netter) memakai search engine untuk mencari sesuatu di internet.

Diantara search engine yang ada, Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan. Hampir 70% netter Amerika dan Eropa menggunakan Google untuk browsing. Jadi, menempatkan website atau blog kamu di Google, memungkinkan website atau blog kamu untuk mendapatkan pengunjung.

Apa manfaat SEO?

Saat ini transaksi bisnis dan jual beli secara online sangat meningkat, karena itu jika kamu seorang blogger atau ingin menjalankan bisnis online, maka kamu wajib mengenal SEO karena tidak sedikit para pebisnis online sukses karena teknik SEO yang mereka pakai.

Dalam lingkungan blogging, Seo memang sangat diperlukan agar blog kita menjadi lebih ramah dengan pengunjung dan juga Mesin pencari. Jika anda berminat mengikuti tehnik ini,berikut paparannya.

Cara Membuat Blog yang Seo Friendly

1. Tujuan Blogging

Dalam hal seo friendly,tujuan anda dalam bergelut di dunia blogging memang tidak begitu diperhatikan. 

Tapi harus anda ingat bahwa yang paling penting dalam membangun blog adalah sebuah Konsistensi dalam mengembangkan Tema yang anda angkat dari awal, dengan menciptakan sebuah karya dalam bentuk apapun yang mempunyai kualitas tinggi.

2. Tema Blog

Jika anda mempunyai beberapa tema yang ingin anda kembangkan,saya sarankan untuk membuat blog berbeda dari masing-masing tema tersebut.

Hal ini bertujuan agar artikel yang anda buat menjadi lebih Spesifik di mata search engine.

3. Kualitas Konten

Blog merupakan sebuah tempat untuk berbagi ilmu dan juga saling berkomunikasi dengan pengunjung serta sesama lingkungan blogging.

Semua proses sosialisasi tersebut akan berjalan dengan lancar apabila anda pandai dalam menulis konten yang unik dan berkualitas.

Karena hal seperti inilah yang membuat pengunjung ingin mengenal lebih dalam seluk beluk dari blog tersebut. Hasilkanlah sebuah karya yang bersifat Fress dan belum pernah di dulang oleh blog lain pada sebelumnya.

4. Desain Template

Jika anda bukan seorang yang mengerti dunia CSS,dan masih menggunakan template gratisan dari situs penyedianya.

Saya sarankan agar anda pandai dalam memilih themes yang memiliki desain dan rancangan yang seo friendly.

5. Belajar Tehnik SEO Dasar

Tehnik seo memang tidak mudah untuk dipelajari dalam waktu yang singkat.Banyak blog yang saya baca bahwa sebelum anda bergelut di dunia blogging,maka anda harus mengerti terlebih dahulu tentang tehnik SEO.

Namun menurut saya,membangun sebuah blog sambil belajar merancang tehnik seo sendiri akan lebih bagus daripada belajar lama yang tidak akan ada habisnya.

Jadi intinya adalah anda harus belajar menemukan sebuah tehnik seo sendiri baik itu dari pembelajaran orang lain maupun hasil pengalaman diri sendiri.

6. Nama Domain

Jika anda ingin membuat sebuah blog yang hanya memuat khusu tentang tutorial atau tips lainnnya. Maka buatlah nama domain semirip mungkin dengan temanya.

Misalnya kita ambil contoh domain yang membahas tentang gerakan anti narkoba,maka domain yang bagus adalah "www.antinarkoba.blogspot.com".

Itu merupakan contoh nama domain yang seo friendly dan akan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung melalui Search Engine.

7. Penempatan Widget blog

Pilihlah widget yang sesuai dengan tema dan juga kebutuhan blog.Jangan sampai anda memasang widget yang berserakan tanpa ada satupun yang diperlukan. 

Hal ini selain dapat menggangu pengunjung juga membuat Loading blog menjadi lemot.

Penutup

Cara membuat blog yang seo friendly memang banyak macamnya, namun pada umumnya dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu Blog yang seo friendly dan Template yang seo friendly. Selamat berjuang dan semoga berhasil.

Artikel ini ditulis oleh Kang Mujib Maulana yang merupakan owner dari blog Paansii yang merupakan blog yang fokus membahas tentang panduan dan tutorial tentang blogger. Kunjungi situs tersebut dan dapatkan beberapa tips blogging yang menarik. Enjooyyy

Seorang Ayah, Blogger, Guru, dan Juga Temen yang asyik untuk diajakin ngopi

2 komentar

  1. siap, makasih mas sudah menerima nya heheh
    1. Sama sama