5 Cara Mengatasi Internet Lemot Indosat 4G LTE (Sangat Ampuh)

Memberikan informasi tutorial singkat untuk Mengatasi Internet Lemot Indosat

Cara Mengatasi Internet Lemot Indosat- Indosat merupakan salah satu provider terpopuler di Indonesia, khususnya untuk anak muda. Pasalnya, harga paket data yang ditawarkan Indosat terbilang ramah kantong dan bersahabat.

Tak hanya itu, Indosat juga kerap menawarkan promo spesial untuk setiap penggunanya. Sayangnya beberapa pengguna Indosat sering mengalami masalah koneksi saat menggunakan provider yang satu ini.

Adanya gangguan koneksi ini tentunya akan membuat Anda tidak nyaman lagi mengakses internet, bukan? Untuk mengatasi internet lambat dan tidak stabil, berikut cara mempercepat jaringan Indosat yang bisa Anda terapkan.

Jaringan Internet Indosat Lambat? Coba Cara Ini

Sebenarnya ada berbagai penyebab koneksi internet lemot, salah satunya yang paling berpengaruh adalah tempat. Biasanya kecepatan internet di pedesaan berbeda dengan di kota.

Hal ini dikarenakan jangkauan sinyal dari provider berbeda-beda, karena setiap provider tidak selalu menempatkan menara di semua tempat. Biasanya, mereka yang berada di daerah terpencil akan kesulitan untuk memberi sinyal karena jangkauan sinyal yang semakin kecil.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi koneksi internet Indosat yang lambat. Saya sering menggunakan cara ini saat menggunakan provider ini.

1. Nyalakan Mode Pesawat

Mode pesawat adalah mode yang paling sering saya gunakan untuk mengatasi masalah ini. Maksud saya menggunakannya adalah menyambungkan kembali jaringan, sehingga jaringan akan dimulai ulang dengan IP baru.

Cara ini saya lakukan tidak hanya saat menggunakan Indosat, tapi semua provider. Pokoknya setiap kali koneksi internet mulai melambat atau bahkan tidak ada respon sama sekali, saya langsung mengaktifkan mode pesawat.

Setelah mode pesawat diaktifkan, jaringan internet secara otomatis terputus. Nah, setelah itu baru nonaktifkan modenya lagi. Biasanya jaringan internet akan kembali normal.

2. Gunakan Jaringan 4G

Untuk mendapatkan jaringan internet yang cepat, sebaiknya ganti jaringan yang dulu menjadi 4G atau LTE saja. Kunci dan perubahan jaringan ini akan memungkinkan Anda mengakses internet yang lebih cepat dan lebih stabil.

Sebelum melakukan perubahan jaringan ini, pastikan smartphone Anda juga mendukung koneksi jaringan yang satu ini. Jika tidak, tentu cara ini tidak akan berhasil untuk Anda. Dengan kata lain, tingkat kecepatan akses jaringan yang Anda dapatkan juga akan bergantung pada smartphone yang Anda miliki.

3. Pengaturan APN Indosat

Perlu diketahui, APN untuk tiap provider berbeda-beda. APN Indosat sudah pasti tidak sama dengan Telkomsel. Jadi, Anda harus menyesuaikannya untuk mendapatkan koneksi yang bagus.

Secara default Indosat akan memberikan APN default di HP kamu yaitu indosatgprs. Namun, saya pribadi tidak pernah menggunakan APN ini karena menurut saya kurang bagus, maka saya memilih APN lain.

APN yang saya gunakan untuk hampir semua provider adalah penyedia internet. APN ini bisa digunakan untuk semua operator, termasuk Indosat, Telkomsel, Three, Axis, dan lainnya.

Pengaturan APN adalah sebagai berikut:

  • Name: internet
  • APN: internet
  • Username: (kosongkan saja)
  • Password: (kosongkan saja)

Itu APN yang menurut saya paling stabil untuk Indosat. Jika Anda penasaran dengan daftar APN lainnya.

4. Gunakan Malam

Banyak orang mengira saat malam, kecepatan internet akan meningkat. Ini benar, kecepatan internet baik unduh maupun uploud akan lebih cepat dari pada siang hari.

Mungkin, ini karena beberapa pengguna internet tidur di malam hari. Jadi tidak banyak penggunanya sehingga trafik internet menjadi longgar. Karena jika penggunanya lebih banyak, kecepatannya cenderung menurun.

Tapi, jika pola pikir ini digunakan oleh semua orang, bagaimana menurut Anda? Hmm, tapi menurutku tidak. Tidak mungkin semua orang menggunakan internet pada malam hari hanya untuk mendapatkan koneksi yang lebih cepat.

5. Hidupkan Mode Pesawat

Jika Anda mengalami koneksi Indosat yang lambat saat browsing, bahkan tidak ada respon sama sekali, maka Anda dapat mencoba menghubungkan kembali jaringan tersebut terlebih dahulu.

Saat kami menghubungkan ponsel, laptop, atau perangkat lain ke internet, kami akan menggunakan IP yang dibuat secara otomatis oleh penyedia.

Setiap IP berbeda. Sekarang, dengan menghubungkan kembali, IP akan berubah menjadi yang baru. Dan biasanya, pada IP baru, internet yang lambat dapat menjadi lancar kembali.

Berikut ini cara melakukannya:

  1. Aktifkan Airplane Mode terlebih dahulu.
  2. Tunggu beberapa saat.
  3. Nonaktifkan kembali modenya.

Ini adalah beberapa cara untuk mengatasi internet Indosat yang lambat. Tips ini mungkin hanya tips umum, dan saya hanya bisa mengatasinya untuk orang yang masih awam dengan smartphone.

Jika Anda memiliki tips lain, atau memiliki cara mengatur Indosat agar lebih cepat, saya harap Anda dengan senang hati membagikannya di kotak komentar yang tersedia. Jika direkomendasikan, saya akan menambahkannya ke artikel ini.

Artikel ini ditulis oleh Nuzulur Rahman yang merupakan owner dari situs aulaku.com media informasi terupdate tentang apapun. Silahkan kunjungi dan dapatkan informasi terbarunya. Semoga bermanfaat

Seorang Ayah, Blogger, Guru, dan Juga Temen yang asyik untuk diajakin ngopi

Posting Komentar