Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel, yang Akan Memanjakanmu Kapan Saja

Hanya dengan Tanya kepada Veronika (Chatbot Telkomsel) Semua layanan akan dapat dengan mudah diperoleh oleh para pengguna

Tanya Veronika Asisten Virtual - Veronika adalah layanan asisten virtual dari telkomsel berupa chatbot yang membantu menjawab semua pertanyaan dan mempermudah pelanggan telkomsel untuk mendapatkan layanan lain seperti melakukan pengisian pulsa, membeli paket data, mengatur jadwal pertemuan dengan customer service GraPari terdekat, check pulsa serta paket data, hingga keperluan untuk belanja hadiah.

Telkomsel telah menghadirkan Veronika di berbagai aplikasi aplikasi pesan yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia khususnya indonesia seperti Line dengan nama akun @Telkomsel, Whatsapp ,Telegram @Telkomsel_official_bot, Facebook Messenger @Telkomsel, Aplikasi MyTelkomsel, dan Situs Website Resmi Telkomsel.com.

Mengenal Veronika Lebih Dekat 

Sejak diresmikannya platform ini 24 agustus 2017, Telkomsel telah menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, yang menggunakan layanan 'customer service' yang berbasis AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang berjalan di aplikasi pesan yang dapat diakses oleh seluruh pelanggan telkomsel.

Platform chatbot telkomsel ini merupakan salah satu garapan startup kata.ai yang bermarkas dijakarta yang kemudian dikembangkan oleh Accenture untuk Telkomsel Veronika. Teknologi semacam ini, dianggap akan dapat meningkatkan engagement atau ketertarikan para pelanggan terhadap telkomsel itu sendiri, kedepannya.

Dalam sebuah seminar, CEO Kata.ai, Irzan Raditya menjelaskan bahwa platform tersebut dapat untuk chatbot di multiple channels seperti Line, Facebook, BlackBerry Messenger, Telegram, Twitter. Untuk AI atau NLP training-nya bahasa Indonesia.

Telkomsel bersama dengan Startup Kata.ai memprediksikan bahwa dimasa yang akan datang, 10 tahun kedepan misalnya, teknologi asisten virtual yang demikian memiliki potensi yang sangat tinggi untuk meresap ditengah - tengah masyarakat dalam mendukung produktivitas sehari-hari.

Paltform ini sangat selaras saat dipadukan budaya masyarakat indonesia. Dimana masyarakat lebih memilih untuk mengobrol atau mengutarakan apa yang dimaksdu dengan salah satu perwakilan perusahaan jika mereka memiliki masalah atau pertanyaa tentang layanan produk terkait.

Layanan Veronika Untuk Pelanggan Setia Telkomsel

Pada dasarnya Voice Response and Info Care atau yang disingkat menjadi Veronika merupakan teknologi artificial intelligence yang dipadukan dengan customer analytics yang disediakan oleh provider telkomsel untuk memberikan pelayanan efektif serta efisien kepada seluruh pelanggannya. 

Dengan begitu, pelanggan tidak perlu jauh - jauh datang untuk konsultasi problem terkait layanan, memperoleh tambahan layanan, dan lainnya yang seringkali kurang efisien. Namun, semua itu dapat dilakukan dengan mudah melalui akses chating bot veronika. Apa saja hal yang dapat dilakukan dengan akses veronika ? berikut adalah ringkasannya:

1. Informasi Penggunaan Kartu Telkomsel Pribadi

Banyak cara yang dapat digunakan oleh para pelanggan telkomsel untuk mengetahui informasi penggunaan kartu telkomsel pribadinya. Menggunakan kode dial phone, akses aplikasi telkomsel, dan juga yang lebih friendly yaitu dengan menggunakan layanan veronika satu ini. 

Tidak hanya sebatas untuk mengetahui sisa saldo dalam kartu perdana telkomsel pelanggan, namun juga mereka dapat mengetahui sisa paket data, masa aktif, masa tenggang, dan lain sebagainya. Pengguna cukup menggukan kalimat tanya untuk mengatuhi semua hal yang ingin diketahui tentang informasi pengguaan kartu telkomsel pribadinya. 

2. Check dan Tukar Poin Telkomsel

Telkomsel poin merupakan program loyalitas yang hanya dapat diikuti oleh pelanggan setia telkomsel. Dimana para pelanggan yang memiliki poin telkomsel, dapat menukarkan poinnya dengan beragam penawaran yang menarik untuk diperoleh.

Dengan menggunakan layanan veronika, pelanggan dapat dengan mudah untuk mengetahui jumlah poin yang dimiliki dengan memperoleh tawaran untuk penukaran poin telkomsel yang dimilikinya. 

Cara lain dalam hal ini umumnya menggunakan kode dial yaitu *700# atau dengan aplikasi MyTelkomsel, namun layanan veronika telkomsel akan lebih meningkatkan interest pelanggan saat digunakan.

3. Informasi Kantor Grapari Terdekat

Layanan veronika juga memberikan kemudahan dalam memberikan informasi kantor grapari terdekat kepada para pelanggan telkomsel, baik pada saat pelanggan berada dalam wilayah asal mauapun luar wilayahnya. 

Veronika akan memberikan rekomendasi kontor grapari yang paling dekat dengan posisi pelanggan dalam realtime. Veronika akan merekomendasikan pelanggan untuk pergi ke grapari terdekat jika memang itu diperlukan, seperti upgrad sim card 4g, laporan kehilangan sim card, dan lain sebagainya. 

Tidak hanya sekedar itu, pelanggan telkomsel juga dapat menggunakan veronika untuk atur janji pertemuan dengan customer service grapri terdekat untuk memperoleh layanan lebih lanjut. Sehingga pelanggan tidak perlu lama mengantri untuk memperoleh bantuan dari para tim ahli telkomsel. 

4. Isi Pulsa dan Paket Data

Sebagai salah satu provider besar di indonesia, telkomsel telah menyediakan beragam cara yang memudahkan para pelanggannya untuk isi pulsa, dan paket data, mulai dari cara konvensional yang harus datang ke counter, transfer bank, beli di market place, melalui MyTelkomsel, hingga yang cukup friendly yaitu dengan minta tolong kepada veronika untuk mengisikan pulsa.

Layaknya seperti seorang teman yang bersedia untuk memberikan pertolongan dan bersedia menjawab apa saja pertanyaan dari pelanggan. Veronika didukung oleh tekonologi kecerdasan buatan yang lebih bersahabat dengan para pelanggannya.

5. Belanja dan Berdonasi

Tidak hanya masalah isi pulsa dan paket data saja, namun veronika dapat membantu para pelanggannya dalam menyalurkan dana pribadi untuk keperluan belanja dan juga berdonasi.

Memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan harian dan juga membantu pelanggan untuk terus senantiasa berbuat kebaikan terhadap sesama.

Penasaran dengan layanan satu ini ? silahkan langsung saja tanya veronika !

6. Informasi Promo Telkomsel

Telkomsel telah menyediakan beragam promo paket telkomsel yang dapat diperoleh oleh para pelanggannya seperti kuota internet, cashback, Halo bundling, Kuota Ketengan Unlimited, tabungan Haji dan lain sebagainya. 

Promo - promo tersebut hanya dapat dikethui oleh pelanggan, jika mereka mengikuti berita promo yang di umumkan oleh telkomsel melalui situs website resmi telkomsel, aplikas MyTelkomsel, Kode Dial, dan Sms. Namun, jika pelanggan mengetahui promo yang sedang berlaku, mereka dapat menggunakan layanan tanya veronika untuk memperoleh update promo terbaru yang dapat diikuti. 

Kelebihan Menggunakan Veronika

Asisten virtual berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) milik provider besar telkomsel ini akan lebih banyak memberikan manfaat kepada para pelanggan apabila digunakan dalam keperluan dan lifestyle sehari - hari.

Selain itu, platform ini juga terkenal dengan sebutan sebagai Grapari Virtual, karena fungsinya hampir mirip, yaitu memberikan bantuan dan pelayanan prima kepada para pelanggan setia telkomsel.

Bagaikan seorang sahabat, veronika bersedia untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh para pengguna khususnya terkait dengan produk layanan telkomsel. Tidak hanya itu, masih banyak lagi kelebihan yang tersemat dalam teknologi kecerdasan buatan tersebut. Berikut adalah ulasannya:

1. Hadir di Berbagai Macam Platform Medsos

Tidak harus terpaku satu aplikasi pesan saja. Telkomsel menggandeng beberapa startup seperti Kata.ai dan Accenture, bersama - sama telah mengembangkan teknologi chating bot yang dikenal dengan nama Veronika untuk memberikan layanan prima kepada para pengguna telkomsel. 

Tidak hanya terpaku dan terbatas pada satu jenis aplikasi pesan saja, namun asisten virtual telkomsel tersebut dapat diakses melalui aplikasi pesan lain yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia khususnya indonesia. Sehingga pengguna dapat memilih menggunakan aplikasi pesan yang dimiliki di disukainya. 

Saat ini, media sosial yang telah mendukung Veronika Asisten Virtual Telkomsel, yaitu:

  • LINE @Telkomsel
  • Facebook Messenger 'Telkomsel'
  • Telegram @Telkomsel_official_bot
  • Situs www.telkomsel.com
  • WhatsApp Telkomsel Virtual Asisten
  • Aplikasi MyTelkomsel

2. Tidak Ribet dan Lebih Mudah

Dalam halaman resminya, telkomsel berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan kemudahan layanan kepada para pelanggan setia telkomsel, salah satunya dengan cara meningkatkan penggunaan teknologi seperti Asisten virtual berbasis artificial intelligence (AI) ini.

Adanya teknologi yang demikian, pengguna layanan telkomsel tentu akan diberikan kemudahan dalam mengakses seluruh layanan telkomsel mulai dari hanya sekedar check pulsa hingga peroleh hadias atas loyalitas pelanggan.

Cukup hanya dengan chat veronika, dan tanyakan apa yang pelanggan ingin ketahui (terkait layanan produk telkomsel), kemudian veronika pun akan memberikan memberikan informasi lengkap sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

3. Kapan Saja dan Dimana Saja Dapat Diakses

Tidak terbatas oleh tempat dan waktu, itulah shortcut atau jalan pintas yang dihasilkan dan penggunaan teknologi Asisten Virtual ini. Pengguna layanan telkomsel tidak perlu jauh- jauh pergi ke grapari dan menunggu lama untuk mendapat layanan tim ahli dari telkomsel. 

Layaknya customer service pada umumnya, veronika akan memahami segala macam masalah dan keluhan pelanggannya, kemudian memberikan solusi mudah mengatasi masalah tersebut. Cukup dirumah dan akses veronika, keluhan dan masalah pelanggan akan segera teratasi.

4. Human Friendly

Veronika yang merupakan Asisten Virtual telkomsel didesain tidak hanya untuk memberikan solusi atas segala keluhan dan masalah para pengguna, namun juga layanan chating bot ini dapat di jadikan sahabat oleh para pegguna untuk membantu dalam segala macam keperluan khususnya terkait layanan telkomsel. 

Beli pulsa, paket data, cek tagihan, bayar tagihan, pembelian hadiah, dan lainnya yang semua bisa dibantu oleh veronika asisten virtual telkomsel tersebut.

5. Tidak Ada Biaya Tambahan (Gratis)

Telkomsel menyediakan layanan asisten virtual ini secara cuma - cuma aliaa gratis yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan pelanggan setia telkomsel. 

Pengguna hanya cukup memperoleh solusi atas masalah yang dihadapi terkait produk layanan telkomsel dan cukup merasa puas atas layanan tersebut. Itulah nilai sangat besar yang diharapkan oleh perusahaan provider sim card telkomsel.

Tanya Veronika Sekarang Juga

Cara mudah untuk mendapatkan info menarik seputar layanan telkomsel (misal isi pulsa, cari info promo terbaru, cek dan tukar pon, dsb) yaitu hanya dengan Tanya Veronika. 

Pengguna hanya cukup bertanya, veronika akan memberikan informasi lengkap serta akan dipandu hingga prosesnya selesai. Berikut adalah cara sederhana dalam penggunaan layanan veronika.

1. Pilih Salah Satu Aplikasi Pesan Veronika

Pertama, pelanggan dapat memilih salah satu aplikasi pesan favorit yang sudah dimiliki untuk mengawali oboran dengan veronika. 

Aplikasi pesan yang dapat pelanggan pilih yaitu LINE, Whatsapp, Telegram, Facebook Messenger atau melalui official Website. Tentunya gadget pengguna harus terhubungan dengan koneksi internet baik itu dengan koneksi wifi atau cukup dengan data seluler.

2. Tambahkan Akun Veronika Kontak Pribadi

Kemudian, pelanggan dianjurkan untuk menambahkan salah satu akun veronika (semuanya juga boleh) kedalam kontak akun media sosial pribadi. Namun, ada beberapa aplikasi pesan yang tidak memerlukan tahap dua ini. Jadi pengguna cukup langgsung melakukan tahap ketiga dibawah ini.

3. Sapa Veronika Dengan 'Hai' atau 'Hallo'

Layaknya seperti manusia pada umunya, pengguna dianjurkan untuk memulai obrolan terlebih dahulu dengan veronika. Mengawali oboral tersebut dapat dilakukan hanya dengan mengektik 'hai' atau 'hallo' dan kemudian kirim.

Selanjutnya veronika akan merespos pesanmu dengan cepat dan tanpa menunggu lama.

4. Masukan Nomor Telkomsel Pribadi

Dalam tahap ini, pengguna dimohon untuk memberikan informasi nomor selular telkomsel pribadi yang masih aktif dan terdaftar sesuai dengan identitas pribadi. Status sim car haruslah aktif dan dapat menerima pesan atau telfon. Dengan begitu, pengguna akan dapat menerima kode OTP yang dikirim oleh veronika.

5. Masukan Kode OTP 

Setelah mengirimkan nomor selular pribadi kepada veronika, selang beberapa detik, pengguna akan menerima kode OTP (One-Time Password) seringkali terdiri dari 6 digit karakter dan biasanya berupa angka unik. Kode ini berfungsi untuk memperkuat autentikasi pribadi para pengguna.

Pelanggan telkomsel dilarang memberikan atau menunjukkan Kode OTP kepada siapapun dengan tujuan kemanan dalam bertransaksi.

6. Utarakan Maksud dan Tujuan

Selanjutanya pelanggan dipersilahkan untuk mengutarakan maksud dan tujuannya dalam menghubungi veronika. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh para pelanggan dalam mengghubungi veronika.

Seperti menggunakan aplikasi MyTelkomsel, dengan tanya kepada veronika, pengguna tidak perlu scrool dan mencari informasi sendiri. Semua itu akan dibantu oleh asisten virtual veronika. Sudah seperti asisten pribadi.

7. Akhiri dengan 'Cencel' atau 'Batal'

Setelah semua informasi dan transaksi dirasa cukup, pengguna dapat dengan mudah mengakhiri program layanan chating bot tersebut dengan sangat mudah. 

Pengguna cukup menggunakan triger word berupa 'batal' atau 'cancel' untuk mengakhiri obrolan dengan veronika. Triger word tersebut juga dapat pengguna gunakan untuk mengubah topik bahasan ditengah - tengah obrolan.

Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel


Kesimpulan

Telkomsel terus berinovasi dalam memberikan layanan prima kepada seluruh pelanggan setianya, dan salah satu teknologi yang human friendly dengan para pelanggan adalah Asisten Virtual Veronika ini yang di gadang - gadang sanggung memberikan pelayanan layaknya kantor grapari pada umumnya.

Kehadiran asisten virtual telkomsel ini, menjadi metode baru yang dapat pelanggan telkomsel pilih dalam menyelesaikan masalah dan memperoleh layanan secara cepat dan mudah. Layaknya asisten pribadi, veronika siap untuk melayani pelanggan dengan penuh semangat.

Demikian ulasan artikel saya terkait dengan veronika yang merupakan asisten virtual karya startup kata.ai untuk telkomsel. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan, baik dalam segi muatan konten ataupun dalam segi penyajian kontennya. Dan terima kasih atas dukungan pihat - pihak terkait seperti telkomsel dan sosiago.

Refrensi

  • https://www.telkomsel.com/asisten-virtual-telkomsel
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Telkomsel
  • https://kumparan.com/kumparantech/chatbot-telkomsel-veronika-pakai-platform-kecerdasan-buatan-kata-ai

Seorang Ayah, Blogger, Guru, dan Juga Temen yang asyik untuk diajakin ngopi

2 komentar

  1. Wait mas, bukannya ini teknologi lama ya ? kok saya baru tahu sih. . hehehe
  2. Lumayan, bisa jadi temen chatingan . . Dari pada hp ga bunyi. . Eeuuhhhhh