Fakta Blogger Adalah Salah Satu Milik Pribadi yang Bisa Jadi Aset

Blogger adalah salah satu milik semua orang jika orang itu mau terjun ke dalam dunia digital dalam menulis

Blogger adalah salah satu milik?

  • A. Facebook
  • B. Twitter
  • C. Google
  • D. Instagram
  • E. Yahoo
Jawabannya adalah C.Google. Pembahasan lebih jauh tentang Blogger bisa anda baca melalui postingan artikel yang ada dibawah ini!

Berbicara tentang Blogger rasanya bukan sesuatu yang baru. Faktanya di lapangan, bisa dikatakan jika Blogger adalah salah satu milik pribadi orang yang suka menulis, membaca atau berbagi cerita dalam bentuk bahkan menuliskan kajian yang informatif.

Saat dunia digital melaju dengan pesat perkembangannya melalui teknologi internet, kini penggunaan blog bisa menjadi wadah untuk berbisnis dan berorganisasi. Jika semakin banyak pengunjung atau pembaca tulisan di laman blog Anda maka blog bisa memiliki reputasi bagus.

Fungsi blog yang dipakai sebagai media promosi dan penyampaian informasi inilah yang akhirnya mendorong lahirnya profesi penulis semakin meluas. Bahkan mendapatkan uang dari blog di era digital ini sudah sangat mungkin untuk dilakukan.
Baca juga: Apa itu Blogger?

Apa Keuntungannya jika Blogger Adalah Salah Satu Milik Pribadi


Mengelola blog sendiri memang awalnya banyak yang hanya untuk mengisi waktu luang atau mencurahkan hobi. Tapi jangan salah karena menjadi Blogger ternyata bisa memberi keuntungan secara pribadi yang tak terduga seperti di bawah ini:

1. Bisa Mendatangkan Uang

Saat ini menjadi Blogger bisa mendatangkan uang jutaan rupiah jika ditekuni dan terus mau belajar. Algoritma mesin pencarian khususnya Google cepat berubah sehingga para penggiat tulisan di Blog harus terus mencari tahu algoritma yang tepat supaya tulisannya bisa naik di halaman pertama mesin pencarian.

2. Latihan  Menulis dengan Rapi dan Bagus

Keahlian menulis bukanlah keahlian yang datang dan lahir begitu saja melainkan perlu latihan berulang kali supaya lebih terasah. Ada yang memang suka menulis dan membaca sejak kecil, namun bakat dari lahir tersebut bisa hilang jika tidak diasah, dan sekalipun seseorang tidak memiliki bakat bisa saja menjadi ahli jika tekun mempelajari, latihan dan melakukan evaluasi.

3. Terhubung dengan Banyak Orang

Jika Anda menuliskan satu niche di blog biasanya ada saja yang menawari kerja sama sehingga dari sini Anda bisa terhubung dengan lebih banyak orang. Bukan hanya bicara soal kerja sama dan bisnis namun bisa juga bertukar ilmu supaya pengetahuan tentang blog bisa semakin mendalam.

4. Jadi Portofolio Sekaligus Personal Branding

Memiliki blog sendiri bisa menjadi portofolio yang bisa dibawa sekaligus menjadi wadah untuk personal branding diri sendiri. Usahakan konsisten dalam merintis blog meski awalnya tidak ada pembaca sekalipun karena seiring berjalannya waktu bisa bertambah pembaca dan semakin usia blog tua maka tulisannya semakin dipercaya.
Baca juga: Template Blogger

Sejarah Blogger dan Blogger.com Lengkap Sejak Awal Lahirnya


Jika ada yang mengatakan Blogger adalah salah satu milik Justin Hall itu tidak salah. Lalu jika ada pendapat lain mengatakan Blogger adalah milik Google itu tidak salah juga. Profesi Blogger dimiliki secara pribadi yang menggeluti dunia blog.

Namun, Justin Hall sebagai mahasiswa Swathmore College adalah orang pertama yang membuat blog pribadi di internet. Dialah yang akhirnya terkenal menjadi inspirator pertama dan bisa dikatakan jika seluruh blog yang ada saat ini hasil inspirasi dari Justin.

Situs yang dibuat oleh Justin dinamakan dengan Links.net yang isinya adalah sekumpulan postingan singkat dan juga tautan ke web lain yang ia sukai. Tak lupa juga ia menulis karyanya sendiri disana mulai dari kehidupan pribadi, bahkan dengan teman mahasiswanya.

Postingan tersebut membuat banyak orang sukses mengikuti jejaknya dalam pembuatan website pribadi meskipun istilah blog belum ditemukan kala itu. Baru satu dekade kemudian Justin dinobatkan sebagai Founding Father of Personal Bloggers oleh The New York Times Magazine.

Barulah istilah Weblog muncul pada tahun 1997 oleh Jorn Barger sebagai pendiri situs Robot Wisdom. Weblog sendiri terdiri dari dua kata yakni Web dan log yang artinya adalah catatan.

Lanjut ke tahun 1998 istilah baru kembali muncul dalam dunia Blog yaitu saat hadirnya platform Blogging Open Diary. Disini para pengguna bisa menuliskan komentar satu sama lain yang akhirnya memberikan dampak positif dan negatif.

Dampak positifnya adalah para pengguna bisa langsung mendapat kritikan yang membangun. Sayang dampak buruknya jika tidak semua kritikan disampaikan dengan bahasa yang baik sehingga membuat mental penulis jatuh dan tidak mau melanjutkan untuk menulis lagi.

Dari tahun 1998-2002 inilah blog pertama kalinya bisa diakses oleh umum meskipun tidak memiliki ahli dalam bidang pemrograman sekalipun.

Lalu pada tahun 2003 Blogger diakuisisi oleh Google dan lahirlah WordPress yang akhirnya bisa diakses oleh semua pengguna secara gratisan. Sejak saat itulah perkembangan Blogger semakin melejit karena sifatnya yang terbuka untuk aplikasi pengembang para Blogger mengembangkan blog mereka.

Wajar jika akhirnya banyak yang mengenal Blogger adalah salah satu milik Google dari sekian banyak produknya yang saat ini semakin meluas. Meluncurnya WordPress di tahun yang sama mendapatkan sambutan hangat dari para Blogger yang sampai saat ini menjadi Content Management System yang paling populer di Indonesia.
Baca juga: Cara Mudah Membuat Blog Yang SEO Friendly

Popularitas Blog Meningkat Pesat


Pada tahun 2003 popularitas Blogger dan WordPress meningkat pesat karena aksesnya yang gratis dan layanan yang mudah untuk dijalankan. Orang awam sekalipun sudah bisa menggunakan blog dan melakukan interaksi disana secara gampang.

Mulai tahun 2003 akhirnya Google merilis fitur memberikan iklan atau AdSense dari AdWords yang memberikan izin penggunanya untuk memberi ruang dengan iklan atau produk yang sesuai.

Para jurnalis seiring perkembangan zaman juga ikut menulis di blog apalagi setelah media cetak sudah tidak lagi banyak peminatnya. Blogger memiliki keunggulan hemat biaya bagi para pembacanya.

Perkembangan pesat Blogger sangat terlihat kala merilis Tumblr lalu Medium yang fungsinya tetap bisa dipakai seluruh kalangan. Bahkan kini tidak ada lagi yang melakukan aktivitasnya secara manual termasuk pemasaran digital dimana salah satu medianya adalah Blog.

Blog sendiri terbagi menjadi tiga jenis. Salah satunya sebagai blog pribadi itulah kenapa ada yang mengatakan jika salah satu pemilik Blogger adalah diri kita sendiri yang mengelola konten di dalamnya akan ditulis seperti apa.

Lalu ada juga jenis Blog Niche dan Blog Profesional bahkan milik perusahaan yang dikelola dengan baik. Bahkan kehadiran Blog bisa mengoptimalkan keuntungan bagi perusahaan jika dipergunakan dengan baik karena bisa meningkatkan citra perusahaan tersebut.

Popularitas Blogger sempat dipertanyakan awal kehadiran creator Youtube yang akan jadi pesaing dari Blog. Namun ternyata seiring berjalannya waktu meski Youtube memang mencapai popularitasnya, Blogger tetap mendapatkan tempat.

Karena Blogger adalah salah satu milik pribadi para pencipta konten di dalamnya jadi buatlah kreasi apapun yang ingin ditunjukkan kepada dunia dengan catatan sesuai aturan. Bahkan saat ini ada pekerjaan di bidang Blogger untuk orang lain baik sebagai penulis kontennya atau mengoptimalkan konten blog yang ada.

Posting Komentar