Tang Krus Laboratorium: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Pengertian Tang Krus Laboratorium, Anda bisa juga menyebutnya sebagai penjepit krus atau tang krusibel, karena fungsi tang laboratorium

Adakah alat laboratorium yang punya fungsi untuk mengangkat cawan porselen yang tengah berisi larutan kimia? Jawabannya adalah tang krus laboratorium. Selain menggunakan sarung tangan, Anda dapat memahami cara menggunakan tang krus untuk menjaga jarak aman dengan cawan kimia yang panas.

Pengertian Tang Krus Laboratorium

Anda bisa juga menyebutnya sebagai penjepit krus atau tang krusibel, karena fungsi tang laboratorium berkaitan dengan cawan uap atau porselen. Tang krus terbuat dari logam seperti baja atau besi sebagai bahan dasarnya.

Itulah sebabnya benda ini cukup kokoh untuk mengangkat cawan berbahan porselen. Seperti namanya, ciri-ciri alat ini hampir serupa tang yang lainnya dengan dua bilah penjepit. Hanya saja lebih khusus. Tang krus punya rahang atau bagian penjepit seperti busur yang bergerigi.

Setelah melalui penempaan, tang krus melewati pengecatan. Ukuran krus tang umumnya mulai dari 200 mm-25 cm. Pun sebagaimana peralatan lainnya, tang krus biasa tersimpan dalam lemari atau rak laboratorium.

Fungsi Tang Krus Laboratorium

Tidak banyak variasi kegunaan tang untuk krus porselen ini selain sebagai penjepit. Namun, kendati demikian alat ini tetap saja harus ada dalam kelengkapan laboratorium yang ideal.

Fungsi yang paling sering tentu penggunaannya dapat membantu Anda membawa cawan krus atau uap berbahan porselen. Sebuah wadah yang keadaannya bisa berubah panas karena reaksi dari praktikum kimia yang sedang atau telah berlangsung.

Selain untuk membawa cawan, fungsi tang krusibel juga sebagai penjepit atau pemegang gelas arloji maupun botol timbang. Ketika Anda perlu melakukan penimbangan menggunakan alat-alat tersebut atau memindahkan keduanya dari dalam oven ke desikator maupun sebaliknya. Anda dapat menggunakan tang krus.

Bisa juga Anda pakai untuk menjepit wadah-wadah lain seperti labu ukur atau erlenmeyer. Terutama ketika wadah-wadah tersebut berisi larutan kimia yang berbahaya, Anda harus memegangnya dengan alat.

Memegang atau mengambil wadah dengan kondisi panas-panasnya dari dalam oven biasanya berlangsung dalam rangkaian analisa kadar air. Wadahnya sendiri umumnya menggunakan botol timbang.

Pemanfaatan sebuah alat seperti tang krus tidak dapat dipungkiri memudahkan Anda bisa tetap aman dari panas. Kulit Anda pun terhindar dari kontak langsung dengan bahan pengujian.

Baca juga:

Cara Menggunakan Tang Krus

Lantas, bagaimana langkah yang tepat dalam pemakaian tang krus agar keamanan Anda tetap terjaga? Sederhana, yaitu:

  • Seperti sedang memegang bagian pegangan tangan pada gunting atau tang, lakukan hal yang sama dengan tang krus.
  • Arahkan sisi yang akan bertugas untuk menjepit atau membawa benda ke arah benda tersebut. Tergantung wadah yang sedang Anda gunakan. Termasuk bila itu cawan uap.
  • Jepit bagian tepian atas cawan dan tekan dengan benar. Jangan sampai bendanya lepas dari jepitan.
  • Baru kemudian Anda bisa memegang, mengangkat, membawa, maupun memindahkannya ke tempat lain.

Harga Tang Krus Laboratorium

Ada harga yang harus Anda bayarkan untuk bisa memiliki alat serbaguna macam tang krus. Berdasarkan ukuran panjangnya, terdapat variasi harga yang tak terlalu berselisih jauh satu sama lain, seperti berikut:

Jenis Produk dan Ragam Ukuran Perkiraan Harga
Tang krus 20 cm Rp84.000-an
Alat penjepit krus 25 cm Rp97.000-an
Alat penjepit krusibel 30 cm Rp80-100.000-an
Tang krus 40 cm Rp96.800-an
Tang krus 50 cm Rp225-240.000-an
Tang krus 60 cm Rp140.000-an
Penjepit krusibel terbatas Rp53.500-an

Adanya perbedaan tersebut bergantung pula pada tempat jualnya. Tidak terkecuali antara pembelian dari toko offline dengan online. Tang krus laboratorium adalah alat lab berbahan logam dengan ukuran kecil yang krusial. Bentuk dan fungsi tang krusibel sudah dibuat secara khusus hanya untuk kegiatan-kegiatan dalam laboratorium. Begitu pula dengan ukuran krus tang yang menyesuaikan ukuran peralatan lab lainnya.

Posting Komentar