17+ Contoh TEKS EKSPOSISI Singkat Beserta Struktur Teks Eksposisi (Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan) - Kudupinter

Sabtu, 02 November 2019

17+ Contoh TEKS EKSPOSISI Singkat Beserta Struktur Teks Eksposisi (Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan)

Daftar Isi Artikel [Tampilkan]
Contoh Teks Eksposisi - Menggambarkan suatu hal dalam dunia dapat menggunakan berbagai macam jenis teks tulisan yang sesuai dengan kebutuhan. Ada yang menggambarkan perubahan fenomena alam dengan menggunakan teks deskripsi, ada yang menggambarkan proses pelaksanaan suatu pekerjaan dengan menggunakan teks prosedur, dan ada juga yang menggambarkan suatu hal dengan konteks yang singkat, padat, dan jelas dengan menggunakan teks eksposisi.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis teks lain dalam konteks ilmu bahasa indonesia. Namun pada kesempatan kali ini, penulis ingin fokus pada apa yang dimaksud dengan teks eksposisi ? bagaimana ciri - ciri teks eksposisi ? bagaimana struktur teks eksposisi ? apa saja jenis dari teks eksposisi ? bagaimana contoh teks eksposisi ?. Saya akan berusaha menjawab seluruh pertanyaan itu dengan merangkum semua materi dari berbabgi sumber bacaan favorit saya. Berikut adalah ulasan lengkap terkait dengan pertanyaan - pertanyaan diatas.

Pengertian Teks Eksposisi Adalah

Pengertian Teks Eksposisi Adalah
Ilustrasi menulis teks eksposisi

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah karangan dengan satu pokok pikiran atau paragaf yang dikembangankan dengan tujuan untuk penjelasan atau pemberian pemahaman tentang suatu hal dengan menggunakan bahasan yang singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi ini umumnya sering digunakan dalam karya tulis berupa koran berita, petunjuk penggunaan, dan karya tulis lainn yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca.

Ciri - Ciri Teks Eksposisi

Terdapat beberapa cirikhas pentinga yang membedakan teks eksposisi ini dengan teks yang lain seperti teks prosedur, teks eksplanasi, teks editorial, dan lain sebagainya. Ciri ciri teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut :
  • Memberikan dan menjelaskan informasi dalam bentuk pengetahuan.
  • Menggunakan bahasa yang lugas, jelas, dan mengguanakan kalimat - kalimat baku.
  • Memiliki struktur teks yang jelas.
  • Fakta yang ada di dalamnya berfungsi sebagai dasar suatu ide (Tidak selalu). 
  • Tidak memaksakan kehendak penulis kepada para pembaca (Berisfat informatif)
  • Jenis dari teks eksposisi jelas dan mudah di pahami oleh para pembaca. 

Struktur Teks Eksposisi

Dalam Teks Eksposi, terdapat struktur / unsur yang digunakan di dalam penulisan karya tulis yang singkat, pada dan akurat. Struktur teks tersebut meliputi pembukaan, isi yang berupa pendapat, dan penegasan ulang. Berikut adalah struktur teks eksposisi yang umumnya digunakan:

1. Pembukaan dengan Tesis

Pada awal teks ini, penulis sering memberikan permasalahan, fakta, realita, gambaran, atau sudut pandang terhadap suatu topic menarik yang diangkat oleh penulis. Topik yang menarik perhatian dari penulis tersebut, kemudian dikemas kedalam suatu bentuk pernyataan yang digunakan sebagai dasar sebuah teori yang kemudian akan di perkuat dan di dukung oleh argumentasi atau pendapat pribadi penulis yang di dasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.

2. Argumentasi Penulis

Argumenatasi penulis adalah suatu bentuk pernyataan yang berupa alasan yang di sertai bukti logis yang akan digunakan dalam mendukung pendapat penulis. Namun, argumen tasi tidak selalu mendukung tesis pada bagian pertama, argumentasi juga dapat menolak atau tidak setuju dengan tesis, dengan bukti logis yang dimiliki oleh penulis. Argumentasi yang digunakan oleh penulis dapat berupa argumentasi yang bersifat umum, penelitian ilmiah, bahkan pendapat para ilmuan yang di dasari oleh refrensi yang dapat di pertanggung jawabkan.

3. Penegasan Ulang

Bagian yang akhir dalam teks eksposisi adalah penegasan ulang argumentasi. Penegasan ulang ini umumnya berupa kesimpulan dan saran. Pada bagian akhir ini, penulis memberikan penegasan terhadap topic yang ada pada bagian pertama, kemudian penegasan argumen penulis pada bagian kedua, dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan akurat (umumnya hanya memberikan pernyataan berdasarkan poin - poin).

Jenis - Jenis Teks Eksposisi

Terdapat beberpa jenis teks eksposisi itu sendiri, perbedaan dari setiap masing jenis - jenis dari teks eksposisi tersebut di dasarkan pada penggunaannya. untuk lebih jelasnya adalahs sebagai berikut:

1. Teks Eksposisi definisi

Teks Eksposisi definisi adalag teks yang digunakan untuk memberikan penjelasan dengan batasannya hanya pengertian tentang sesuatu objek, fenomena, dan lain sebagainya dengan cara memfokuskan pada karakteristik tertentu. Teks ini sering digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang asing, baru, atau bahkan yang sudah umum namun dengan bahasa yang berbeda.

2. Teks Eksposisi ilustrasi

Teks Eksposisi ilustrasi adalah teks yang menjelaskan suatu hal dengan cara membrikan gambara yang sederhana atau analogi dari suatu ide.  Mengilustrasikan atau menganalogikan berarti memberikan persamaan yang mirip atau hampir mirip (baik itu sifat, karakteristik, dan lain sebagainya) dengan suatu ide yang akan di jelaskan. Umumnya, dalam mengilustrasikan, penulis menguunakan kata - kata atau frase penghubung “seperti ilustrasi berikut ini, dapat diilustrasikan seperti, seperti, bagaikan.”

3. Teks Eksposisi proses

Teks Eksposisi proses adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu proses dalam melakukan sesuatu. Teks ini umumnya berupa tahapan- tahapan, petunjung pelaksanaan dan lain sebagainya. Teks ini juga hampir sama fungsinya dengan teks prosedur. hanya saja perbedaanya terletak pada struktur dari masing - masing jenis teks itu sendiri.

4. Teks Eksposisi Berita

Teks Eksposisi berita adalah teks eksposisi yang menjelaskan tentang suatu pemberitaan mengenai suatu, fenomena, kejadian, dan lain sebagainya. Jenis dari teks ini, dapat dengan mudah kita temukan pada berbagai macam surat kabar, portal berita online, dan artikel - artikel ilmiah.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks Eksposisi perbandingan adalah teks eksposisi yang digunakan untuk menjelaskan ide seorang penulis ke dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal - hal yang lain. Dengan cara membandingkan ide dan hal - hal yang lain, akan semakin mempermudah penulis untuk menjelaskan dan akan semakin mudah pembaca untuk memahaminya.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi pertentangan adalah teks yang menjelaskan tentang suatu pertentangan antara sesuatu hal dengan suatu hal yang lainya. Sering kali teks ini di gunakan dalam menjelaskaan adanya perseteruan antara kelompok satu dengan kelompok lain yang disebabkan oleh suatu hal. Dan juga teks ini sering digunakan menjelaskan penentangan suatu pendapat yang di tentang oleh pendapat yang lain.

7. Teks Eksposisi Analisis

Teks Eksposisi analisis adalah teks yang digunakan untuk mengidentifikasi atau membagi - bagi  suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub bagian permasalah, dan kemudian masing-masing dari bagian tersebut di analisis dan dikembangkan secara berurutan. Teks ini sering digunakan oleh para peneliti dalam membuat artikel ilmiahnya.

8. Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks Eksposisi klasifikasi adalah teks yang memberikan penjelasan tentang suatu ide dengan cara membagi sesuatu dan mengelompokkan ke dalam kategori-kategori tertentu yang telah di tentukan oleh penulis. Jenis teks yang terakhir ini sering digunakan dalam menjelaskan pembagian - pembagian tentang suatu obyek seperti wilayah dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Teks eksposisi singkat adalah  teks eksposisi yang disusun secara singkat dengan hanya menggunakan beberapa paragraf dalam teks tersebut. Teks ini sering digunakan dalam menyampaikan sebuah berikat melalui media cetak maupun media online. Teks eksposisi pendek sering ditandai dengan penggunaan jumlah paragraf dalam teks yang sedikit.

Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa jumlah paragraf teks eksposisi singkat tidak lebih dari 10. Namun juga ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa jumlah paragraf dalam teks eksposisi singkat tidak lebih dari 15. Hal inilah yang membedakan jenis teks eksposisi singkat dengan jenis teks eksposisi lainnya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Beserta Strukturnya

Menjaga Lingkungan Hidup 


Ilustrasi menjaga lingkungan

Tesis :
Kebersihan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan berimbas kepada kenyamanan dan kesehatan masyarakat dalam kehidupan sehari - hari. Pemerintah dan lembaga kesehatan sering menggalakkan kegiatan - kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan untuk menghindari terjadinya hal - hal yang tidak diingnkan terjadi, seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamatan masyarakat. Kegiatan penanggulangan tersebut diantaranya membuang sampah pada tempatnya, pendauran ulang sampah organik dan non-organik, dan lain sebagainya.

Argumentasi :
Gotong royong dalam dalam membersihkan dan menjaga lingkungan secara rutin dengan cara menjadwal setiap kelompok kepala keluarga merupakan salah satu alternatif dalam menanggulangi pencemaran lingkungan. Dalam satu RT yang terdiri dari beberapa kepala keluarga, di bagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah hari yang ada dan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Selain itu, Hari minggu juga digunakan sebagai kegiatan kerja bakti rutin seluruh masyarakat desa yang di mulai pada pagi hari. Terdapat banyak manfaat yang di dapat dalam kegiatan tersebut, selain kebersihan dan kesehatan yang di dapat, juga akan terjalin hubungan solidaritas antar warga yang kuat di antara mereka.

Penegasan Ulang :
Kebersihan lingkungan hidup merupakan hal yang tidak bisa di pisahkan dari masyarakat dan merupakan faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan dalam bermasyarakat. Kebersihan lingkungan masyarakat akan menjamin kesehatan dan kenyamanan bagi setiap individu dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan tercapai jika dilakukan secara gotong royong melalui kerjakbakti yang terorganisir, terjadwal, dan terpadu.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik Beserta Strukturnya

Penetapan Standar Caleg dalam Meminimalisir Tindakan Korupsi

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Politik Beserta Struktur
Ilustrasi standarisasi caleg

Tesis:
Dalam pemilihan umum, Seharusnya setiap partai politik memiliki standar yang ketat dan tegas dalam perekrutan calon anggoya legislatif. Standar kriteria setiap calon wakil rakyat haruslah bisa menjadi kualifikasi tegas bagi para calon anggota wakil rakyat yang bermasalah, khususnya korupsi.

Sperti contoh, Para calon legislatif yang pernah tercantun dalam permasalahan pelanggaran HAM atau permasalahan korupsi, tidak diperkenankan untuk menjadi dan diterima sebagai anggota legislatif. Hal tersebut perlu diperhatikan dengan tegas, karena anggota dewas diharapkan adalah benar - benar orang yang bermasalah dan memiliki integritas tinggi terhadap negeri.

Argumentasi:
Penetapan standar dalam pemilihan calon anggota legislatif adalah salah satu tindakan yang sangat penting untuk di galakkan. Berdasarkan fakta dan hasil survei, menunjukkan bahwa lemabaga parlemen dalam sistem pemerintahan parlementer, baik itu lembaga tingkat pusat maupun lembaga yang ada ditingkat daerah, dianggap sebagai lembaga-lemabaga dengan tingkat pelanggaran korupsi tertinggi. Hal tersebut di jelaskan oleh jojo rohi yang menjabat sebagai sekertaris jendral komite indpenden pemantau pemilu (KIPP).

Penegasan Ulang:
Penetapan standar caleg merupakan tindakan yang perlu dan penting untuk digalakkan. Hal tersebut dikarenakan anti korupsi menjadi hal prinsip yang harus di cantumkan dalam kriteria pencalonan anggota legislatif.

Setiap caleg yang memiliki track record yang buruk seperti pelanggaran HAM (poligami, selingkuh, dsb) dan korupsi, seharusnya tidak diperkenankan menjadi anggota dewas legislatif. harapan dari tindakan tersebut adalah berkurangnya angka korupsi di tingkat lembaga legislatif.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Beserta Strukturnya

Peranan WTO

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi Beserta Struktur
Ilustrasi Word Trade Organisation

Tesis:
Saat ini dampak dari adanya globalisasi telah di rasakan oleh seluruh negara yang ikut serta dalam pasar internasional. Dampak tersebut berupa perubahan pasa internasional yang tidak tentu. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya liberasisasi dalam perdagangan yang dianggap dapat meningkatkan daya saing ekonomi dalam perdanganan internasional.

Argumentasi:
Negara indonesia merupakan negara yang menganut sistem perekonomian terbuka. Sistem perekonomian terbuka merupakan sistem yang tidak bisa atau sulit untuk berpaling dari dinamika ekonomi global internasional.

Dampaknya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia. Oleh karena itu negara indonesia perlu mengikuti Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO)

Penegasan Ulang:
Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) adalah satu-satunya lemabaga atau badan internasional yang  memiliki fungsi secara khusus mengatur permasalahan perdagangan antar negara.

Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara-negara anggota. Dengan adanya negara indonesia dalam WTO, maka permasalahan perdagangan indonesia yang berkaitan dengan perdagangan internasional akan dapat diminimalisir.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya

Manfaat Makanan Sehat Bergizi Bagi Tubuh


Ilustrasi Makanan Sehat dan Bergizi

Tesis:
Secara umum dapat kita fahami bahwa fungsi makanan adalah sebagai fungsi energi tubuh makhluk hidup khususnya manusia. Makanan yang yang tidak baik akan menghasilkan energi yang buruk dan makanan yang baik akan menghasilkan energi yang baik. Disini makanan baik diartikan sebagai makanan yang bergizi.

Banyak definisi terkait dengan apa itu makanan yang bergizi yang sering membuat kita bingung. Namun ada satu hal yang pasti dalam definisi makanan bergizi yaitu ketersediaan dan kebutuhan akan makanan sehat memiliki peran yang sangat krusial bagi kesehatan manusia. Pasalnya, salah dalam mengkonsumsi makanan akan berdampak buruk dalam kesehatan tubuh karna makanan tersebut mengganggu proses metabolisme tubuh. Hal tersebut sering disebuat sebagai penyakit.

Argumentasi:
Dalam beberapa literatur dijelaskan bahwa salah satu indikato kondisi tubuh yang sehat adalah tubuh yang ideal yang ditinjau dari aspek bobot tubuh. Makanan sehat bergizi meliputi bahan pangan yang bisa membuat kita terhindar dari kondisi kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Makanan yang sehat dan higienis akan bisa membuat bobot tubuh anda tetap berada di angka normal atau berat badan ideal.

Selain itu, makanan bergizi dan sehat untuk tubuh manusia adalaha makanan yang tidak memicu penambahan kadar kolesterol di dalam tubuh, atau kadar gula darah. Lebih dari itu, makanan sehat membuat kadar asam urat, gula, lemak, dan asam urat, dalam kondisi stabil dan baik.

Para ahli dalam bidang kesehatan juga sering berpendapat bahwa makanan sehat bergizi adalah jenis makanan yang sama sekali tidak akan mengganggu fungsi organ-organ tubuh, bahkan mengondisikan tekanan darah selalu dalam posisi stabil. Sedangkan dalam definisi lain, makanan sehat merupakan bahan pangan yang menyehatkan dalam arti sebenarnya, dimana lidah kita juga mampu menikmati rasa makanan tersebut secara maksimal, serta tubuh kita mampu menerima dan memprosesnya menjadi energi positif yang akan menopang setiap kelancaran aktifitas haria kita.

Penegasan Ulang:
Indikator tubuh ideal yang dipengaruhi oleh bobot dan tingi tubuh akan berdampak positif terhadap kondisi keseatan tubuh. Tubuh yang ideal dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat bergizi dalam tataran ideal atau seimbang, wajib terdiri dari bahan pangan utama dan bahan pangan penunjang. Komposisi makanan seimbang ini sangat populer dengan sebutan makanan empat sehat, lima sempurna. Namun, karena berbagai hal, popularitas istilah empat sehat lima sempurna kian hari kian surut.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum Beserta Strukturnya

Diskriminalisasi Terhadap Kaum Wanita

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum Beserta Struktur
Ilustrasi diskriminalisasi wanita

Tesis
Dalam kehidupan sosial, kalangan wa\nita sering dijadikan sebagai sasaran objek kejahatan. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kepolisian Republik Indonesia, Angka kejahatan yang melibatkan kaum wanita sebagai objek kejahatan lebih banyak dibanding kaum laki - lakinya. Dalam laporan tersebut, hampir setiap hari ada aktifitas kejahatan yang melibatkan kaum wanita sebagai korban.

Beberapa kasus yang mainstream dan perlu disoroti lebih dalam yaitu kasus terkait dengan kekerasan dalam keluarga atau yang dalam undang - undang sering disebut KDRT. Kasus-kasus tersebut mengundang masukan dan pendapat dari pakar sosial terkait kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

Argumentasi
Negara hukum republik indonesia telah secara tegas menerapkan undang-undang yang menjerat para pelaku tindakan kriminal, namun tindakan kriminal tersebut dianggap belum dapat membuat efek jera kepada para pelu kriminal khususnya yang melibatkan kaum wanita sebagai korban. Beberapa ahli dalam bidang sosiologi memberikan argumen kritis terhadap adanya streotype yang terjadi dimasyarakat yang menimbulkan meningkatnya tindakan kriminal pada wanita.

Secara konstruksi sosial, negara indonesia menganut konsep patriaki. Patriaki adalah suatu konsep sosial dimana kedudukan lelaki dinilai lebih tinggi dibandingkan wanita. Pemerintah sebenarnya sudah menerapkan beberapa upaya dan pencegahan tindak kriminal seperti sosialisai pemberdayaan wanita, menyediakan gerbong kereta khusus wanita, mengutamakan kebutuhan wanita di tempat umum dan lainnya. Akan tetapi masih saja beberapa oknum yang melanggar peraturan tersebut.

Penegasan ulang
Konsep sosial pratiaki merupakan konsep sosial yang sudah lama berlangsung diindonesia secara turun temurun. Dalam prakteknya, kaum wanita  diharuskan mentaati seluruh aturan sosial yang mana condong terjadinya diskriminasi gender (drajat wanita lebih rendah dibanding pria). Selain itu sistem tersebut juga mengarahkan wanita supaya selalu patuh dan takut kepada pria.

Tidak dibenarkan jika seorang wanita berani membantah kepada seorang laki - laki. Apabila ada wanita yang melawan, tetap saja masyarakat menganggap perlawanan tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh wanita yang sudah dinilai memiliki watak lemah lembut dan taat.

Contoh Teks Eksposisi Berita Beserta Strukturnya

Polri Hadapi Maraknya Hoaks

Contoh Teks Eksposisi Berita Beserta Strukturnya
Ilustrasi polri lawan hoaks

Tesis
Menjelang tahun politik, terdapat banyak sekali kabar berita hoaks yang bertebaran di berbagai media. Hal tersebut menarik perhatian Irjen Pol Gatot Pramono sebagai Ketua Satgas Nusantara. Dia berpesan dan mengajak seluruh elemen yang ada didalam masyarakat untuk lebih bijak dalam mongkumsi kabar berita yang bersumber dari sosial media.

Menurut seorang pakar poliyik, Edi dalam sebuah diskusi “Refleksi Akhir Tahun : Memperteguh Komitmen Kebangsaan di Tahun Politik”, media konvensional lebih terpercaya dibandingkan dengan media sosial.

Edi juga kembali menjelaskan bahwa media sosial hanya dipegang oleh pemilik akun yang terkadang hanya memiliki tujuan tertentu termasuk menyebar hoaks. Sering akun - akun media sosial yang digunakan untuk menyebar hoaks adalah akun yang anonimus (menggunakan identitas palsu). Hal tersebut menjadi membahayakan kondusifitas tatanan negara dan menjadi tantangan tersendiri bagi polri untuk mencegah beredarnya hoaks yang masih banyak di media sosial.

Argumen
Bursah Zanubi, yang merupakan Ketua Umum  dari Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), berkomentar dalam sebuah diskusi politik terkait dengan isu saat ini. Ia sangat menyesalkan kalau belakangan tahun politik ini menjadi tempat pemecah belah masyarakat dan menjadikan negara ini tidak kondusif.

Dia juga menjelaskan bahwa sebagian besar energi masyarakat Indonesia selama tahun 2018 terserap masuk hanya ke dalam atmosfer kampanye pemilihan presiden 2019 esok. Faktanya, kita hanya menyaksikan narasi kampanye dipenuhi dengan ujaran kebencian, hoaks, fitnah, kampanye hitam, dan perdebatan minim data sepanjang tahun politik ini.

Penegasan Ulang
Kita semua dapat mengakui bahwa fokus seluruh masyarakat indonesia saat ini dalam pilkada serentak dan persiapan pilpres 2019, jargon dan kampanye politik lebih menonjolkan politik identitas dan SARA yang dianggap subyektif dan membahayakan keutuhan masyarakat yang harmonis.

Kapolri bersama jajarannya, dalam sebuah jumpa pers, berharap kepada seluruh masyarakat supaya bisa menjalankan pemilu 2019 tanpa adanya unsur memecah belah bangsa serta selalu menjunjung tinggi nilai - nilai pancasila.

Contoh Teks Eksposisi Laporan Beserta Strukturnya

Parahnya Masalah Sampai di Indonesia

Contoh Teks Eksposisi Laporan Beserta Strukturnya
Ilustrast masalah sampah indonesia

Tesis
Indonesia kembali menjadi sorotan dunia terkait dengan masalah sampah yang terus berkembang dan belum dapat teratasi. Melihat perkembangan masalah sampah plastik, agaknya pemerintah memang sudah harus mempercepat perbaikan sistem pengelolaannya.

Indonesia memiliki populasi pesisir sebesar 187,2 juta yang setiap tahunnya menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. Sekitar 0,48-1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut diduga mencemari lautan.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa negara Indonesia merupakan negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia. China memimpin dengan tingkat pencemaran sampah plastik ke laut sekitar 1,23-3,53 juta ton/tahun.

Argumentasi
Dampak untuk Indonesia, tentu saja polusi akan semakin meningkat. Kualitas lingkungan hidup sudah tentu akan terancam.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah salah satu pusat dari ekosistem laut dunia. Perairan Indonesia merupakan rumah dari 76% spesies karang, hutan bakau, dan padang lamun. Berbagai spesies perikanan, tentu akan terganggu dengan adanya sampah plastik.

Selain dampak lingkungan, sampah plastik juga berisiko menekan kegiatan perekonomian Indonesia. Sebab, berdasarkan buku saku Kementerian Pariwisata, sektor pariwisata RI menyumbang 9% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2014.

Adanya polusi perairan tentu saja akan berdampak pada penurunan kinerja pariwisata RI. Apalagi dunia internasional menilai daya tarik utama pariwisata Indonesia adalah di wilayah pesisir. Hal itu dibuktikan dari jumlah wisatawan asing yang mendarat di Bali mencapai 2,29 juta sepanjang Januari-Mei 2019 atau 62% dari total wisatawan yang datang melalui pintu udara.

Kala potensi pariwisata tidak bisa digarap akibat hambatan faktor polusi, laju pertumbuhan ekonomi semakin sulit untuk diangkat dari kisaran 5% seperti sekarang ini.

Penegasan Ulang
Masalah sampah plastik di Indonesia tidak bisa dibiarkan untuk terus bertumbuh. Pemerintah diharapkan untuk lebih tegas dalam membuat kebijakan untuk mengatasi masalah sampah plastik yang tersebut bekembang di indonesia. Selain itu, diperlukan adanya kerja cerdas dan kerja keras yang tersinergi antara pemerintah dalam mengatasi masalah sampah ini.

Contoh Teks Eksposisi Analisis Beserta Strukturnya

Analisis Dukungan Penyuluh Terhadap Kelompok Tani Hutan Bandung


Ilustrasi data hasil analisis

Tesis
Berdasarkan analisis data tersebut dapat dikatakan bahwa Penyuluh kehutanan dalam melakukan kegiatan penyuluhan untuk mendukung keberhasilan dan keberlanjutan kelompok memiliki tingkatan peran penyuluh sebagai edukator, motivator, fasilitator, dinamisator, konselor, mediator dan advokator. dan dapat dikatakan bahwa dukungan penyuluh terhadap kelompok tani hutan bandung dapat dikatakan rendah.

Argumentasi
Dari hasil penelitian, bahwa tingkatan peran penyuluh tergolong kategori rendah 78,21%. Peran penyuluh sebagai advokator yaitu penyuluh aktif  membantu menyelesaikan masalah sengketa atau konflik kawasan sangat jarang terjadi sehingga penyuluh tidak terlibat didalamnya, biasanya bisa diselesaikan secara kekeluargaan tanpa melibatkan penyuluh.  Juga peran penyuluh sebagai mediator yaitu dalam membantu kelompok bermitra dengan pihak lain dirasakan kurang, penyuluh aktif dalam membantu kelompok tentang cara-cara bermitra, tetapi anggota kadang sibuk dengan urusan masingmasing sehingga belum terlaksana.

Dukungan penyuluhan pada aspek ketepatan metode penyuluhan termasuk dalam kategori tepat 78,21%. Ini mengindikasikan bahwa penyuluh kehutanan telah menggunakan metode penyuluhan kehutanan yang tepat sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah petani hutan agroforestry.

Metode penyuluhan yang banyak digunakan adalah ceramah dan paling sedikit adalah menggunakan selebaran (leaflet, poster, brosur). Selebaran (leaflet, poster, brosur) sangat sedikit digunakan karena hanya dengan gambar maupun tulisan sulit dimengerti dan dipahami oleh responden.

Kesesuaian materi penyuluhan termasuk dalam kategori kurang sesuai 83,33%. Materi yang diberikan oleh penyuluh kurang sesuai dengan diri responden dan kebiasaan masyarakat, juga dari bahasa (istilah) yang digunakan penyuluh sulit dimengerti oleh anggota kelompok. Sehingga sebaiknya materi yang diberikan sesuai dengan kearifan lokal masyarakat.

Penegasan Ulang
Rendahnya dukungan para penyuluh terhadap kelompok tani hutan diharapkan menjadi perhatian pihak dinas penyuluhan bandung untuk membuat suatu kebijakan terkait dengan hal tersebut. Mengingat bahwa potensi hasil hutan kabupaten bandung merupakan potensi daerah yang perlu dikembangkan.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan Beserta Strukturnya

Perbandingan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan Beserta Strukturnya
Ilustrasi perbandingan ilmu alam dan sosial

Tesis
Ilmu pengetahuan alam merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang berbagai macam objek empiris yang ada di alam semesta dan seisinya. Tidak hanya mempelajari makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, hewan, dan sebagainya,  namun juga komponen alam beserta peristiwa - peristiwa yang terkait dengannya seperti hujan, proses terjadinya siang dan malam, perubahan musin, dan lain lain yang memiliki kaitan dengan kehidupan manusia.

Berbeda dengan ilmu pengetahuan sosial yang merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari pola, hubungan, dan kehidupan manusia. Ilmu sosial mempelajari semua hal yang langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan hubungan antara manusia yang didefinisikan sebagai makhlak sosial (yang hidup membutuhkan orang lain).

Argumentasi
Kedua cabang ilmu pengetahuan tersebut memilik perbedaan secara empiris dan sulit untuk disatukan. Hal tersebut, dikarenakan objek ilmu sosial dengan objek ilmu alam tidaklah sama. Material objek dalam ilmu sosial adalah berupa tingkah laku dengan tindakan yang khas manusia, bebas, dan tidak deterministik.

Sedangkan ilmu alam material objek dalam ilmu alam merupakan seluruh makhluk hidup yang ada di alam semesta beserta proses- proses pertumbuhan dan perkembangan yang ada didalamnya.

Penegasan Ulang
Perbedaan antara ilmu alam dan ilmu sosial berada di bagian penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu alam mempelajari hal yang objektif, tidak hidup dan dunia fisik, sehingga tidak mengalami perubahan jangka waktu tertentu.

Sedangkan ilmu sosial adalah proses hasil akal manusia, subjektif dan emotif, yaitu adalah tingkah laku khas manusia. Namun dari keduanya mempunyai manfaat yang sama penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Contoh Teks Eksposisi Definisi Beserta Strukturnya

Definisis Buah Pepaya

Contoh Teks Eksposisi Definisi Beserta Strukturnya
Ilustrasi definisi buah pepaya

Tesis
Buah Pepaya adalah buah besar berbentuk lonjong dengan kulit berwarna hijau, daging buah yang matang berwarna orange, serta memiliki butiran biji kecil warna hitam dan banyak didalamnya. Memiliki tekstur yang empuk berseat tipis dan memiliki rasa segar manis.

Selain bentuknya yang besar, dan rasanya yang segar dan manis, buah pepaya memiliki banyak kandungan manfaat untuk tubuh kita seperti vitamin c, vitamin a, vitamin e, vitamin k, mineral serta karbohidrat. jadi, buah ini selain nikmat juga bermanfaat bagi kesahatan tubuh kita.

Argumentasi
Karna memiliki kandungan banyak viatmin, minera, dan karbohidrat, Setidaknya ada 14 manfaat buah pepaya yang memang sudah terbukti secara ilmiah, yaitu:
  1. Menurunkan kolesterol
  2. Menurunkan berat badan
  3. Mendongkrak sistem kekebalan tubuh
  4. Baik untuk penderita diabetes
  5. Menjaga kesehatan mata
  6. Mencegah radang sendi
  7. Membantu sistem pencernaan
  8. Meredakan sakit saat haid
  9. Mencegah penuaan dini
  10. Merangsang pertumbuhan rambut
  11. Mengurangi stres
  12. Mempercepat penyembuhan luka
  13. Menunjang kesehatan kulit
  14. Membantu mencegah dan mengatasi jerawat.

Selain untuk kesehatan, kita juga bisa memanfaatkan buah pepaya ini untuk menyajikan hidangan nikmat untuk keluarga kita. Di pedesaan umumnya menggunakan buah pepaya yang setengah matang untuk di olah menjadi sayur masak di rumah.

Penegasan Ulang
Banyak kandungan manfaat yang ada dalam buah pepaya yang dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsinya langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi hidangan masakan yang lebih nikmat. Buah pepaya ini memiliki kandungan yang bernilai positif dan baik untuk kesehatan.

Dengan mengetahui banyak manfaat tersebut, anda dapat menjadikannya sebagai objek usaha yang potensial dimasyarakat.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Beserta Strukturnya 

Konsep Islam, Iman, dan Ihsan

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Beserta Strukturnya
Ilustrasi konsep islam, iman, dan ihsan

Tesis
Dalam beragama islam, terdapat tiga konsep penting yang harus kita pejarai untuk menjadi seorang hamba allah yang sejati. Tigas konsep tersebut adalah islam, iman, dan ihsan, dimana konsep islam kita dapat mempelajarinya melalui ilmu fiqih, konsep iman kita dapat mempelajarinya melalui ilmu tauhid, dan konsep ihsan kita dapat mempelajarinya dari ilmu thoriqah. Dengan mempelajari tiga konsep dalam beragam islma tersebut, kita sebagai umat muslim sudah berusaha untuk menjadi seorang hamba allah yang sejati.

Argumentasi
Jika dapat kita ilustrasikan didalam sebuah nyata, untuk dapat berkomunikasi jarak jauh, kita membutuhkan handphone sebagai perangkat, pulsa sebagai modal untuk komunikasi, dan sinyal sebagai media telekomunikasi jarak jauh.

Ketiga komponen tersebut harus tersedia dan saling mendukung satu sama lain. Jika salah satu dari ketiga komponen tersebut, pulsa misalnya, tentu saja kita tidak bisa berkomunikasi jarak jauh.

Penegasan Ulang
Oleh karena itu, pentingnya penerapan islam, iman, dan ihsan secara bersama - sama itu penting untuk meningkatkan kualitas ibadah kita kepada allah. Dengan demikian usaha kita sebagai seorang hamba dalam memohon setiap doa kepada allah akan lebih intensif dan mantab.

Contoh Teks Eksposisi Proses Beserta Strukturnya

Proses Mudah Membuat Teh Manis

Contoh Teks Eksposisi Proses Beserta Strukturnya
Ilustrasi proses membuat teh

Tesis
Teh manis adalah minuman yang terbuat dari rempah - rempah yang diseduh dengan teh panas dan di beri gula. Rasanya yang khas rempah daun teh yang disajikan saat hangat akan merubah prasaan kita saat meminumnya. Jika kamu lagi bete berat, butlah teh manis hangat sekarang dengan cara :
  • Siapkan sejumlah bahan seperti 1 buah teh celup, 2 sendok teh gula, dan air panas secukupnya. Tidak lupa, sediakan juga beberapa alat seperti sendok teh dan juga cangkir.
  • Masukkanlah air panas secukupnya ke dalam cangkir, dan setelah itu masukkan teh celup ke dalamnya. Tunggulah hingga air panas berwarna cokelat kemerahan.
  • Setelah air berwarna cokelat kemerahan, barulah masukkan dua sendok makan gula putih ke dalam air tersebut. Aduk hingga gula bercampur dengan air dan air teh pun menjadi terasa lebih manis.
  • Teh manis panas pun siap untuk disajikan. Jika tidak menyukai gula pasir, pemanis teh bisa diganti dengan pemanis lain seperti madu ataupun gula merah yang telah dibubukkan.
Argumentasi
Tidak salah jika kamu memilih untuk meminum teh hangat disaat kamu sedih, capek, pusing, dan sakit. Karna dengan meminumnya perasaanmu akan berubah menjadi lebih membaik. Saya sering merasakan yang demikian.

Tidak heran jika minuman teh disuka banyak orang dari kalangan tua sampai yang muda, jari jaman dahulu sampai sekarang. Karna memang kombinasi rasa, aroma, dan manisnya juga yang disajikan saat hangat atau dingin pun akan memberikan kesan tersendiri bagi yang meminumnya. Selain itu, cara membuatnya pun mudah dan hal itu juga yang menjadikan minuman teh menjadi minuman yang merakyat diseluruh kalangan. 

Penegasan Ulang
Kita telah memahami secara mendasar kemudahan proses membuat teh yang cukup singkat yang dapat kita lakukan dengan waktu yang cepat. Oleh karena itu, jika ada teman, saudara, keluarga, yang sedang sedih, cukup berikan teh hangat manis agar prasaannya menjadi lebih baik dan kamu akan mendapat pahala.

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi Beserta Strukturnya

Karakteristik Internal Anggota KTH


Ilustrasi karakteristik internal anggota

Tesis
Kondisi karakteristik internal anggota KTH umumnya pada tingkat yang rendah, salah satu indikator yang digunakan adalah terkait dengan pendidikan formal. Menurut Havighurst (1974), kelompok periode yang didasarkan pada umur manusia dewasa, yaitu: (1) umur 18–30 tahun adalah masa awal kedewasaan (early adulthood), (2) umur 30–60 tahun adalah masa pertengahan kedewasaan (middle age), (3) umur lebih dari 60 tahun adalah masa kematangan akhir/sangat dewasa (later maturity).

Argumen
Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa umur responden sebagian besar (60,26%) berada pada rentang umur pertengahan kedewasaan (middle age). Sebagian besar responden sampai dengan umur 64 tahun masih berada pada rentang umur produktif yaitu menjadikan responden untuk dapat terlibat secara aktif dalam melakukan kegiatan usaha tani kehutanan seperti pemilihan jenis tanaman, penyediaan bibit, penyediaan lahan, penanaman dan pemeliharaan.

Hal ini sesuai dengan penelitian Putra et al., (2006) bahwa responden tergolong usia produktif berarti petani memiliki kemampuan fisik yang baik. Dengan kondisi fisik yang baik, mereka dapat melakukan kegiatan secara optimal dan masih dapat mengembangkan kemampuan diri dalam hal berusahatani salak.

Pendidikan formal adalah lamanya tahun pendidikan formal yang pernah diikuti responden. Rataan pendidikan formal responden rendah 7,6 tahun yaitu hanya lulusan Sekolah Dasar. Pendidikan sebagian besar responden 78,21% dapat dikatakan dalam kategori rendah karena mengenyam pendidikan selama dua sampai dengan sembilan tahun dalam arti responden tidak lulus pendidikan dasar dan atau lulus pendidikan pada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal ini menunjukkan bahwa rendahnya tingkat pendidikan dikarenakan oleh tidak adanya biaya untuk melanjutkan sekolah dan sarana prasarana yang kurang memadai serta sekolah hanya tersedia di kota yang jaraknya jauh, sehingga pendidikan hanya sebatas SD saja.

Seperti hasil penelitian Riana et al., (2015) bahwa jarak tempuh yang cukup jauh dan infrastruktur yang kurang memadai di desa tempat petani tinggal dengan fasilitas pendidikan tidak mendukung untuk mereka menempuh pendidikan yang lebih tinggi serta keinginan yang lemah dan biaya pendidikan juga menjadi faktor lain sehingga mereka tidak mengencam pendidikan hingga perguruan tinggi.

Penegasan Ulang
Ditinjau dari tingkat pendidikan, karakteristik aanggota kelompok tani hutan tergolong rendah. Pendidikan sebagian besar responden 78,21% dapat dikatakan dalam kategori rendah karena mengenyam pendidikan selama dua sampai dengan sembilan tahun dalam arti responden tidak lulus pendidikan dasar dan atau lulus pendidikan pada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan Beserta Strukturnya

Orang Gemar bersepeda dan Tidak Gemar Bersepeda


Ilustrasi orang gemar bersepda

Tesis
Orang gemar bersepeda, pada umumnya ialah orang orang yang mencintai lingkungan dan alam sekitar. Ciri - ciri umum karakteristik yang demikian  dia adalah orang yang suka untuk tidak membuang sampah sembarangan, suka bersih-bersih, dan suka untuk berkebun. Terkadang juga orang yang demikian aktif dalam aktifitas pelestarian lingkungan.

Argumentasi
Sebaliknya, orang yang tak pernah dan tidak suka bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman jalan di jalan raya berbalut aspal tebal dan halus, namun panas saat siang hari matahari terik. Sering kali, orang yang demikian akan complain apabila bertemu jalan yang sempit, kasar, berbatu, di lorong lorong khususnya di desa desa.

Bertentangan dengan orang yang gemar bersepda, orang yang tidak gemar bersepeda umumnya tidak suka untuk keluar dari ruangan yang penuh dengan fasilitas. Itu menjadikannya acuh terhadap lingkungan dan tidak perduli. Namun, orang yang demikian adalah orang yang paling heboh jika ada suatu problem terkait dengan lingkungan.

Penegasan Ulang 
Perbedaan orang yang gemar bersepeda dengan orang yang tidak gemar bersepeda cukup jelas bagaikan surga dan negara. Oleh karena itu, marilah kita jadi orang yang gemar untuk bersepeda dan peduli terhadap lingkungan saat kit melewatinya.

2 komentar:

  1. Asssssiaapppp . . Tugasku kelar udah kak . Makasi banyak tulisanye . Manteb banget dah

    BalasHapus


EmoticonEmoticon