Dari Hobi Jadi Bisnis? Berikut Kiat Bisnis Tanaman Hias Keladi

Anda bisa membuat hobi menjadi bisnis yang menguntungkan dengan memperhatikan kiat bisnis tanaman hias keladi dalam artikel ini

Segala jenis hobi yang Anda lakukan sebenarnya bisa menjadi mata pencaharian yang menjanjikan suatu saat nanti. Termasuk salah satunya adalah bisnis tanaman hias keladi. Keladi hias tentu menjadi salah satu tanaman hias yang digandrungi oleh banyak orang.

Namun, tahukah Anda kalau bisnis tanaman keladi hias ini bisa menghasilkan untung yang menjanjikan? Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanaman hias keladi ini, mungkin Anda perlu membaca artikel ini. Pada artikel ini, kami akan memberikan kiat bisnis tanaman hias keladi yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Perbanyak Pengetahuan soal Tanaman Keladi Hias

Seperti halnya bisnis lainnya, Anda perlu memiliki pengetahuan mengenai produk yang Anda jual. Akan tetapi, khusus untuk bisnis tanaman hias, Anda perlu sedikit memperluas wawasan menganai seluk beluk tanaman hias, khususnya keladi.

Ada beberapa pengetahuan yang bahkan wajib Anda ketahui, seperti cara pembibitan, cara perawatan, cara penyiraman, cara pemupukan, cara perawatan, dan cara perbanyakan tanaman hias keladi yang akan Anda jual.

Selain itu, Anda juga harus mengenali berbagai gejala penyakit dan gangguan yang terjadi pada tanaman hias keladi Anda. Anda juga harus peka dengan kondisi lingkungan seperti apa yang harus dihindari agar tidak muncul hama yang merusak tanaman keladi hias milik Anda.

Bahkan kalau perlu, Anda juga harus tahu mengenai harga pasaran, mulai dari bibit hingga harga tanaman hias keladi, agar Anda bisa membuat strategi penjualan kepada pelanggan yang akan Anda bidik nanti.

2. Tentukan Jenis Keladi yang Akan Dijual

Poin selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah menentukan jenis keladi hias yang akan Anda jual. Tanaman keladi hias sebenarnya memiliki berbagai jenis dengan harga jual di pasaran yang berbeda-beda. Ada yang memiliki nilai jual hanya puluhan ribu, tetapi ada juga yang memiliki nilai jual mencapai jutaan.

Sampai saat ini, setidaknya ada tujuh jenis tanaman hias keladi yang sering dijadikan komodits bisnis. Ketujuh jenis keladi hias tersebut, yaitu Amazon, Gingerland, Carolyn Whorton, Freida Hemple, Miss Muffet, Spring Fling, dan White Queen.

Berikut gambaran harga jual dari masing-masing jenis yang bisa Anda jadikan referensi untuk menentukan jenis keladi mana yang akan Anda jual nantinya:


Jenis Keladi Hias

Harga

Amazon

Rp25.000– Rp100.000

Gingerland

Rp15.000– Rp60.000

CarolynWhorton

Rp30.000– Rp80.000

FreidaHemple

Rp25.000– Rp175.000

MissMuffet

Rp100.000– Rp850.000

SpringFling

Rp350.000– Rp1.200.000

WhiteQueen

Rp50.000– Rp1.000.000

Anda perlu mempertimbangkan jenis keladi hias mana yang akan Anda jual dengan kapasitas modal yang Anda miliki. Kalau memang Anda memiliki modal banyak, Anda bisa mengembangkan keladi hias dengan harga yang mahal, seperti Spring Fling atau White Queen.

Namun, kalau Anda memiliki budget terbatas, mungkin Anda bisa memiliki jenis tanaman keladi hias yang harganya lebih terjangku, seperti Gingerland atau Carolyn White.

3. Atur Cara dan Strategi Penjualan

Dengan kemajuan teknologi saat ini, tentunya cara dan strategi penjualan yang kamu lakukan bisa lebih banyak. Kamu bisa memasarkan tanaman hias keladi yang Anda miliki, baik lewat offline maupun online.

Jika Anda memilih untuk memasarkannya secara online, Anda bisa menjualnya lewat marketplace pada umumnya, seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak, Blibli, Lazada, dan selainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan marketplace yang khusus menjual produk tanaman (jika ada).

Jangan lupa untuk melakukan survei kompetitor untuk mengetahui harga jual yang mereka tetapkan di pasar. Anda bisa menentukan titik unggul produk tanaman keladi hias Anda agar bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan Twitter untuk menjual produk tanaman keladi hias Anda. Dengan memanfaatkan seluruh media sosial yang ada, Anda bisa memperluas jangkauan pasar yang Anda targetkan.

Sementara itu, kalau Anda menjual secara offline, tentu Anda harus mempertimbangkan lokasi mana yang bagus untuk tempat jualan Anda. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan biaya tambahan, seperti biaya sewa toko.

4. Pilih Lokasi yang Strategis untuk Pengembangan Tanaman Keladi

Untuk melakukan bisnis tanaman hias keladi, Anda perlu mempertimbangkan juga lokasi mana yang strategis untuk mengembangkan tanaman keladi milik Anda. Bagaimanapun, Anda tidak mungkin hanya terus-terusan mengambil atau menjadi distributor tanaman hias keladi.

Anda juga perlu mengembangkan bisnis Anda dengan memproduksi tanaman keladi hias milik Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki lahan sendiri untuk mengembangkan tanaman keladi yang akan Anda jual.

Anda bisa menyiapkan lahan luas sendiri yang sudah diubah menjadi sebuah rumah tanaman untuk mengembangkan tanaman keladi hias. Kalau untuk skala lebih kecil, mungkin Anda bisa memanfaatkan halaman depan atau halaman belakang menjadi tempat untuk mengembangkan tanaman keladi hias.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan apakah tempat tersebut layak dijadikan tempat budidaya. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain jarak dengan sumber air, intensitas cahaya matahari, potensi munculnya hama, dan lain sebagainya.

5. Rawat Tanaman Keladi Hias dengan Baik

Kiat bisnis tanaman hias keladi selanjutnya adalah melakukan perawatan sebaik mungkin terhadap keladi hias yang Anda miliki. Kalau Anda memutuskan untuk terjun di bisnis ini, setidaknya Anda perlu memberikan perawatan terbaik.

Hal itu dikarenakan tanaman keladi hias merupakan makhluk hidup yang bahkan bisa mati jika tidak dirawat dengan baik. Selain itu, potensi munculnya hama dan penyakit juga akan lebih kecil kalau Anda merawat tanaman keladi hias dengan sebaik mungkin.

Penting untuk pembisnis tanaman hias harus selalu memperhatikan kualitas perawatannya, salah satunya cara merawat bunga keladi yang tepat.

Keladi hias yang berkualitas dihasilkan dari proses perawatan terbaik. Dengan demikian, pelanggan pasti akan puas dengan tanaman keladi hias milik Anda. Bahkan, mungkin mereka akan kembali untuk membeli tanaman keladi hias milik Anda.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan, seperti pemberian pupuk dan suplemen berkualitas, pemantauan terhadap hama dan penyakit tanaman keladi hias, penyiraman secara rutin, dan pembasmian tanaman liar yang mungkin tumbuh dan mengganggu di sekitar tanaman keladi hias.

6. Jangan Lengah dengan Keamanan Tanaman Keladi Hias

Karena tanaman keladi hias merupakan aset yang bisa menghasilkan uang, bukan tidak mungkin muncul potensi pencurian yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan aspek ini.

Jangan sampai Anda mengalami kerugian besar hanya karena Anda lengah dengan aspek keamanan tanaman keladi hias milik Anda. Anda bisa membuat ruangan khusus seperti rumah tanaman yang bisa dikunci dengan gembok aman.

Selain itu, kalau Anda memiliki dana berlebih, Anda bisa mempekerjakan pegawai yang khusus untuk menjaga tanaman di tiap waktu. Anda bisa membuat sistem shift sehingga tanaman keladi hias Anda ada yang menjaga selama 24 jam. Namun, pegawai yang Anda pekerjakan harus benar-benar yang Anda percaya. Jangan sampai malah pelaku pencuriannya adalah pegawai Anda sendiri.

7. Berikan Layanan Terbaik kepada Pelanggan

Kiat bisnis tanaman hias keladi yang terakhir dan penting adalah memberikan layanan terbaik kepada pelanggan yang membeli produk Anda. Bagaimanapun pelanggan merupakan pihak yang sangat berpengaruh dalam proses bisnis keladi hias milik Anda.

Anda bisa memberikan service terbaik kepada pelanggan dengan memberikan berbagai promo, diskon, dan penawaran-penawaran menarik lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu sabar dan ramah dalam menanggapi komplain yang datang dari pelanggan.

Selain itu, Anda juga perlu menjalin kedekatan dengan pelanggan-pelanggan potensial yang mungkin bisa menjadi mitra bisnis jangka panjang Anda suatu saat nanti.

Demikian sekilas kiat bisnis tanaman hias keladi yang bisa Anda jadikan referensi untuk ke depannya nanti. Anda perlu memiliki pengetahuan, mempertimbangkan jenis yang akan Anda jual, mempertimbangkan lokasi dan strategi penjualan, melakukan perawatan tanaman hias keladi, dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk memulai bisnis tanaman keladi hias dan mengubah hobi Anda menjadi penghasil uang besar di masa depan. Selamat mencoba dan semoga sukses ya.

Seorang Ayah, Blogger, Guru, dan Juga Temen yang asyik untuk diajakin ngopi

Posting Komentar