Apa Perbedaan Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading?

Anda ingin membeli mesin cuci? Tetapi bingung memilih jenis mesin cuci apa? Ada dua jenis mesin cuci yang banyak diminati untuk  memenuhi kebutuhan rumah tangga. Jenis mesin cuci tersebut adalah mesin cuci top loading dan front loading. 

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai perbedaan mesin cuci keduanya. Baca artikel berikut hingga selesai untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Simak Perbedaan Mesin Cuci

Memilih antara mesin cuci top loading dengan front loading menjadi hal yang membingungkan. Banyak orang yang belum paham apa perbedaan mesin cuci keduanya ataupun kelebihan dan kekurangan dari jenis tersebut.

Terkadang saat salah memilih bisa menimbulkan masalah seperti kapasitas yang terlalu besar sedangkan pakaian yang dicuci hanya sedikit, ukuran terlalu besar, dan tidak mempertimbangkan efisien atau penghematan air saat membelinya. 

Saat ini pengguna mesin cuci semakin banyak digunakan karena bisa meringankan pekerjaan mencuci bahkan mesin cuci dilengkapi dengan fitur yang bisa memaksimalkan proses hasil cucian.

Fitur Utama

Mesin cuci top loading lebih mudah membuat pakaian sebab bukan hanya setinggi pinggang dari sebagian pengguna Anda bisa memasukkan dengan cara berdiri. Bahkan pakaian bisa ditambahkan selama siklus pencucian masih memuat.

Sedangkan front loading pintunya berada di depan, hal ini membuat pengguna harus membungkuk atau duduk untuk memasukkan pakaian ke dalam mesin. Mesin cuci muatan depan sangat mudah digunakan untuk mereka yang menggunakan kursi roda.

Sebagian besar mesin cuci depan mengunci saat digunakan bertujuan untuk mencegah air meluap. Hal ini membuat anda tidak bisa menambahkan pakaian saat proses pencucian sedang berlangsung. Tetapi belum lama ini produsen mulai menambah pintu kecil yang bisa digunakan untuk pengguna penambah cucian setelah siklus dimulai.

Ukuran

Perbedaan mesin cuci selanjutnya adalah ukuran. Ukuran mesin cuci dengan volume yang sama, mesin top loading cenderung lebih tinggi sekitar 5 atau 6 inci daripada front loading. Sedangkan untuk lebar dari kedua mesin memiliki ukuran yang serupa.

Musim cuci front loading sekitar 4 inci dalam daripada mesin cuci top loading untuk memperhitungkan pintu serta mekanisme yang terkait. Kedua jenis pusing cuci ini cenderung mempunyai tampilan yang sama kuat.

Penggunaan Energi dan Air

Mesin cuci top loading dengan efisien dan kualitas tinggi membutuhkan 12 hingga 17 galon. Standar rata-rata untuk mesin cuci top loading menggunakan sekitar 40 galon.

Sedangkan kebanyakan merk mesin cuci front loading membutuhkan sekitar 13 galon air. Karena mesin cuci efisien tinggi top loading dan menggunakan lebih sedikit air.

Instalasi

Perbedaan mesin cuci selanjutnya instalasi. Mesin cuci top loading wajib diletakkan berdampingan dengan pengering. Kecuali jika Anda membeli kombinasi mesin cuci dengan pengering. Mesin cuci top loading sebagian besar mempunyai fitur pengering sendiri baik itu pada 1 tabung atau 2 tabung. 

Pada mesin cuci top loading Anda harus memindahkan pakaian ke mesin pengering. Sedangkan mesin cuci front loading, pengeringan bisa dilakukan langsung dalam satu tabung. Nantinya semua instalasi air gas dan sambungan listrik akan sama seperti mesin cuci top loading dan front loading.

Tampilan

Karena mesin cuci top loading mempunyai pintu besar pada bagian atas, maka mesin ini mempunyai tampilan lebih ramping dan halus daripada mesin cuci front loading. 

Sedangkan pintu depan mesin cuci front loading mempunyai kaca tebal yang memungkinkan pengguna untuk melihat pakaian. Mungkin beberapa pengguna merasa hal ini mengganggu sementara pengguna lain beranggapan menghibur dan mengetahui siklus pencucian. 

Perawatan dan Perbaikan

Perbedaan mesin cuci  berikutnya adalah perawatan dan perbaikan. Mesin cuci stop lewati mudah untuk diakses, bahkan bisa melakukan perbaikan pada mesin cuci top loading mereka.

Sejauh ini mesin cuci top loading mudah dan murah untuk diperbaiki serta perawatan daripada mesin cuci front loading. Sementara itu perbaikan dan perawatan mesin cuci front loading cenderung lebih rumit. Perbaikan mesin cuci paling baik diperbaiki oleh teknisi yang sudah terlatih.

Jangka Waktu dan Harga

Mesin cuci top loading lebih terjangkau daripada front loading. Hal ini dikarenakan mesin cuci top loading mempunyai pilihan tabung seperti 1 atau 2 tabung.

Mesin cuci front wedding lebih mahal karena menggunakan lebih sedikit air serta membutuhkan sedikit deterjen. Untuk keawetan atau jangka waktu mesin cuci top loading bisa bertahan hingga 14 tahun. Sedangkan keawetan atau jangka waktu dari mesin cuci front loading efisiensi tinggi 11 tahun.

Untuk Anda yang bingung dalam memilih mesin cuci, sebaiknya memahami perbedaan mesin cuci di atas. Dengan demikian, Anda bisa menentukan untuk memilih top loading atau front loading.

Seorang Ayah, Blogger, Guru, dan Juga Temen yang asyik untuk diajakin ngopi

Posting Komentar