Hukum Tajwid Lam Ta’rif: Alif Lam Syamsiah dan Qomariyah

Apa itu hamzah washal pada hukum tajwid lam ta’rif? Huruf alif yang terdapat pada alif lam qomariyah maupun syamsiah mempunyai fungsi.

Salah satu hukum membaca Al-Quran adalah mengetahui ilmu tajwid. Ilmu ini perlu dikuasi terlebih dahulu oleh umat muslim yang ingin membaca Al-Quran. Seperti hukum tajwid lam ta’rif, lantas seperti apa hukumnya.

Lam ta’rif adalah gabungan huruf alif dan lam, yang mana selalu diawali dengan kalimat isim (kata benda). Sehingga dalam perkataannya menjadi makrifat, yaitu ada yang dibaca terang/ jelas ada juga yang tidak diucapkan. 

Dapat disebut dengan ta’rif, karena fungsinya untuk membuat isim yang umum menjadi khusus. Seperti misalnya najm (bintang) yang merupakan isim bersifat umum. Digandeng dengan alif lam maka akan menjadi an-najm (bintang itu).

Hamzah Washal Pada Hukum Alif Lam

Apa itu hamzah washal pada hukum tajwid lam ta’rif? Huruf alif yang terdapat pada alif lam qomariyah maupun syamsiah mempunyai fungsi. Fungsinya yaitu adalah sebagai penyambung kata yang biasa dikenal dengan hamzah washal.

Hamzah washal ini merupakan huruf hamzah yang jika dilihat pada pengucapannya. Atau bisa berupa huruf alif jika dilihat dari tulisannya. Perlu juga diperhatikan dalam hamzah washal pada alif lam qomariyah dan alif lam syamsiah adalah selalu mempunyai harakat fathah.

Perlu diketahui bahwa hukum tajwid lam ta’rif qomariyah dan syamsiah baik yang terdapat diawal atau di samping tanda waqaf. Maka sering terjadi ketidakkonsistenan, sering kali huruf hijaiyah alif dibantu dengan harakat fathah.

Dalam penambahan harakat fathah bertujuan dalam mushaf tersebut, agar memberikan kemudahan bagi pembaca. Namun, konsekuensi dari penambahan harakat fathah ini dapat menjadi kesalahan pagi pembaca Al-Quran yang masih awam ketika mewashal.

Oleh karena itu apabila belum terlalu paham dengan hukum hamzah washal hendaknya berhati-hati. Dalam mewashal itu ada baiknya untuk menghindari mewashalkan ayat satu ke ayat berikutnya.

Dalam hukum dari lam ta’rif terbagi menjadi 2 macam. Yaitu ada alif lam tar’rif qamariyah dan lam ta’rif syamsiah. Lalu seperti apa hukum bacaannya?

Baca juga: Idgham Mutaqaribain: Pengertian, Cara Membaca, Huruf, Contoh dan Artinya

Lam Ta’rif Syamsiah

Seperti apa definisi, huruf lam ta’rif syamsiah hingga contoh bacaan lam ta’rif syamsiah?

Definisi Lam Ta’rif Syamsiah

Syamsiah berasal dari kata syamsun yang berarti matahari. Hal ini dikarenakan huruf syamsiah diibaratkan sebagai matahari. Karena matahari itu memiliki wujud namun tak terlihat jelas bentuknya karena silau.

Sedangkan lam dapat diibaratkan dengan bintang-bintang di siang hari. Karena tidak dapat terlihat saat adanya matahari di siang hari. Lam ta’rif syamsiah adalah alif lam yang telah dirangkai dengan kata benda dan diawali dengan adanya salah satu huruf-huruf syamsiah.

Inilah mengapa dinamakan dengan syamsiah, karena tulisannya dalam hukum tajwid lam ta’rif itu ada namun tidak ada dalam pengucapannya. Khususnya apabila lam alif menghadapi nun maka akan disertai dengan ghunnah atau dengung.

Huruf-Huruf Syamsiah

Huruf lam ta’rif syamsiah berjumlah 14 huruf. Diantaranya adalah:

  1. Tha (ط)
  2. Tsa (ث)    
  3. Shad (ص)
  4. Ra (ر)
  5. Ta (ت)
  6. Dha (ض)
  7. Dzal (ذ)
  8. Nun (ن)
  9. Dal (د)
  10. Zai (ز)
  11. Sin (س)
  12. Zha (ظ)
  13. Syin (ش)
  14. Lam (ل)

Cara Membaca Huruf Lam Ta’rif Syamsiah

Dalam hukum tajwid lam ta’rif ini biasa juga disebut dengan idgam syamsiah. Hal ini dikarenakan bacaan alif lam dibaca idgham (memasukkan) ke dalam huruf syamsiah yang ada di depannya. 

Akibatnya huruf alim lam menjadi lebur dan tertukar dengan huruf syamsiah yang telah mengikutinya. Maka seolah-olah dengan membuang lam sukun dan mentasydidkan huruf-huruf syamsiah.

Contoh Bacaan Dari Lam Ta’rif Syamsiah

Berikut ini ada beberapa bacaan lam ta’rif dan contohnya dari syamsiah. Sebenarnya ada banyak di Al-Quran.

1. Ada dalam QS. An-Naziat: 34 ( ءَتِ ٱلطَّآمَّةُ ٱلۡكُبۡرَىٰ) alasannya karena adanya alif lam yang bertemu dengan huruf tha (ط).

2. Ada dalam QS. At-Thariq: 3 (ٱلنَّجۡمُ ٱلثَّاقِبُ  ) alasannya karena adanya alif lam yang bertemu dengan huruf tsa (ث).

3. Ada dalam QS. At-Taubah:104 (هُوَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ  ) alasannya karena adanya alif lam yang bertemu dengan huruf ta (ت).

4. Ada dalam QS. Al-Fatihah: 3 (ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ  ) alasannya karena adanya alif lam yang bertemu dengan huruf ra (ر).

Baca juga: Idgham Mutajanisain: Pengertian, Hukum Bacaan, Contoh dan Artinya

Lam Ta’rif Qomariyah

Berikut ini ada definisi, huruf lam ta’rif qomariyah beserta contoh bacaannya.

Definisi Lam Ta’rif Qomariyah

Apa yang dimaksud dengan hukum lam ta’rif qomariyah ialah artinya bulan. Maksud dari lam ta’rif ini diumpamakan dengan bintang. Lalu huruf-hurufnya dapat diumpamakan dengan bulan. 

Hal inilah yang menyebabkan lam ta’rif ketika bertemu dengan huruf-huruf qomariyah. Lalu dibaca jelas atau terang, sedangkan huruf-hurufnya berkumpul dalam sebuah kalimat.

Dalam lam ta’rif bila dihadapkan dengan huruf hijaiyah maka hukumnya ada adalah alif lam qomariyah. Karena bintang akan tetap terlihat ketika terkena sinar bulan. Itulah sebabnya mengapa  alif lam qomariyah dibaca dengan jelas sesuai dengan pelafalannya.

Huruf-Huruf Lam Ta’rif Qomariyah

Dalam tajwid lam ta’rif qomariyah ada huruf-huruf seperti layaknya hukum izhar, berjumlah 14.

  • Kha (خ)
  • Ha (ح)
  • Jim (ج)
  • Ba (ب)
  • Alif (أ)
  • Ya (ي)
  • Ha (ھ)
  • Wawu (و)
  • Kaf (ك)
  • Qaf (ق)
  • Fa (ف)
  • Ghain (غ)
  • Ain (ع)

Ciri-Ciri Dari Alif Lam Qomariyah

Pertama, dalam cirinya terdapat huruf alim lam yang harakatnya terdapat sukun. Kemudian huruf setelah Al tidak terdapat harakat tasydid. Kemudian bacaannya jelas tidak samar atau didengungkan.

Maka dalam hukum tajwid lam ta’rif qomariyah ini biasa disebut dengan istilah idzhar qomariyah. Hal ini dikarenakan sesuai dengan hukum bacaa idhzar, yaitu terbaca dengan jelas. Dengan kata lain huruf alif lam dibaca sesuai dengan lafalnya.

Ada banyak sekali contoh lam ta’rif qomariyah dalam Al-Quran. Namun hal ini perlu diperhatikan agar bisa membaca Al-Quran dengan baik yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Berikut ini beberapa contoh alif lam qomariyah dalam Al-Quran.

Membaca Al-Quran memang harus memiliki ilmu tajwid. Tidak hanya itu saja, makhrorijul hurufnya termasuk mengetahui membaca alif lam qomariyah. Maka dari itu mengetahui hukum tajwid lam ta’rif sangat penting sekali.

Contoh Bacaan Alif Lam Qomariyah

1. Ada dalam QS. Al Baqarah: 4 (وَبِٱلۡأٓخِرَةِ هُمۡ يُوقِنُونَ) alasannya karena adanya alif lam qomariyah bertemu dengan huruf alif (أ).

2. Ada dalam QS. Al Bayyinah: 1 (حَتَّىٰ تَأۡتِيَهُمُ ٱلۡبَيِّنَةُ) alasannya karena adanya alif lam qomariyah bertemu dengan huruf ba (ب).

3. Ada dalam QS. An Naas: 6 (مِنَ ٱلۡجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ) alasannya karena adanya alif lam qomariyah bertemu dengan huruf jim (ج).

4. Ada dalam QS. Al Baqarah: 27 (أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡخَٰسِرُونَ) alasannya karena adanya alif lam qomariyah bertemu dengan huruf kha (خ).

5. Ada dalam QS. Al Baqarah: 2 (ذَٰلِكَ ٱلۡكِتَٰبُ لَا رَيۡبَۛ فِيهِۛ هُدٗى لِّلۡمُتَّقِينَ) alasannya karena adanya alif lam qomariyah bertemu dengan huruf kaf (ك).

Itulah tadi ilmu  hukum tajwid lam ta’rif syamsiah dan lam ta’rif qomariyah. Ilmu ini diperlukan ketika harus membaca Al-Quran yang baik dan juga benar.

Posting Komentar