Bacaan Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal Arab, Latin dan Artinya

Berikut adalah doa untuk ayah yang sudah meninggal Arab dan artinya. Anda bisa membaca doa tersebut setelah sholat di rumah sekalipun.

Sebagai anak berbakti, tentu saja Anda harus mengirimkan doa untuk ayah yang sudah meninggal. Sebab, doa dari anak soleh akan membawa ayah ataupun ibu tenang di alam kubur. Bukan hanya itu, doa dari anak dapat menuntun kedua orang tua agar bisa masuk ke dalam surga.

Jika orang tua sudah meninggal, maka tidak ada lagi yang dapat anak lakukan selain memanjatkan doa untuk mendiang. Memang tak ada lagi yang dapat orang tua harapkan setelah meninggal kecuali untaian doa dari anaknya yang masih hidup di dunia.

Berbakti dengan Memanjatkan Doa Untuk Ayah yang Sudah Meninggal

Karena sudah tak ada lagi yang dapat Anda lakukan setelah orang tua meninggal, maka mendoakannya menjadi keharusan bagi Anda selaku anak. Selain itu dengan mendoakan orang tua yang sudah meninggal, menjadikan Anda sebagai salah satu anak berbakti terhadap orang tua.

Mendoakan orang tua baik ayah maupun ibu yang sudah meninggal bisa Anda lakukan sambil berziarah ke pusara kuburnya. Selain itu, anak dapat memanjatkan doa untuk orang tua yang sudah meninggal setelah melaksanakan salat di rumah.

Berikut adalah doa yang dapat anak ucapkan agar orang tua mendapat pengampunan serta perlindungan di surga kelak.

Bacaan Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Hubungan antara orang tua dan anaknya akan terputus di dunia saat salah satunya meninggal. Karena itulah, Anda tidak dapat melayani atau berbakti kepada mereka secara langsung. Meskipun demikian, Anda tetap bisa berbakti dengan mengirimkan doa ini untuk orang tua.

Berikut adalah doa untuk ayah yang sudah meninggal Arab dan artinya. Anda bisa membaca doa tersebut setelah sholat di rumah sekalipun.

Arab:

وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Latin: 

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: 

Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Jika yang meninggal dunia adalah ibu atau perempuan, Anda dapat mengganti lafadz HU menjadi HA. Akan tetapi kalau keduanya yang sudah meninggal dunia, silahkan ganti lafadz HU menjadi HUMA.

Cara Memanjatkan Doa untuk Ayah dan Ibu yang Sudah Meninggal Dunia

Selain mengetahui doa untuk ayah yang telah meninggal, Anda juga wajib mengetahui cara mengirimkan doa bagi orang yang sudah meninggal dunia. Dengan demikian, doa tersebut berpeluang besar Allah kabulkan dan bermanfaat bagi mendiang.

Berikut adalah cara yang bisa Anda terapkan saat hendak mengirimkan doa untuk orang yang telah meninggal dunia.

1. Berdoa Ketika Mendengar Kabar Duka

Cara mengirimkan doa untuk orang atau ayah yang sudah meninggal dunia pertama yaitu segera berdoa. Apabila Anda mendengar kabar buruk bahwa seseorang telah meninggal dunia terlebih ayah sendiri, segera mengucap doa satu ini:

innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un

2. Menyebut Nama Almarhum atau Almarhumah Saat Berdoa

Ketika Anda memanjatkan doa untuk ayah dan ibu yang sudah meninggal, silakan sebutkan nama almarhum. Hal ini penting sehingga dapat memperjelas peruntukkan doa untuk siapa. Perilaku seperti ini sudah Imam Nawawi ajarkan dalam Al-Majmu.

Bukan itu saja, Ibnu Sholah mengatakan pula wajib seseorang memperjelas kepada siapa doa yang sedang mereka panjatkan.

3. Membaca Surat Al-Fatihah

Cara untuk mengirimkan doa ke orang yang sudah meninggal terakhir yaitu dengan membacakan surat Al Fatihah. Bukan hanya itu, surat Al Fatihah bisa Anda lafalkan sesudah mendengar kabar seseorang yang meninggal dunia apalagi ayah sendiri.

Bukan hanya itu, bacaan surat Al-Fatihah tersebut juga dapat Anda panjatkan saat tengah melayat seseorang.

Cara Berbakti kepada Ayah yang Sudah Meninggal

Tak hanya memanjatkan doa, ada banyak cara berbakti kepada ayah dan ibu yang sudah meninggal dunia. Sebab ketika orang tua sudah tak ada di dunia lagi, bukan berarti anak tidak bisa berbakti kepada ayah ataupun orang tuanya.

Adapun cara untuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Selalu Mendoakan

Seperti yang sudah Anda ketahui, cara pertama untuk berbakti kepada almarhum adalah dengan memanjatkan doa. Terdapat doa untuk ayah dalam Islam yang sudah meninggal dan bisa anak doakan setiap harinya.

Dengan doa yang anak berikan, tentu saja ayah ataupun orang tua akan merasa lebih senang. Bahkan doa yang anak panjatkan akan langsung diterima oleh ayah maupun orang tua yang sudah meninggal dunia.

Panjatkan doa tersebut kepada Allah untuk meminta ampunan atas kesalahan yang sudah orang tua lakukan.

2. Bersedekah Atas Nama Ayah

Bersedekah dapat menjadi salah satu cara untuk berbakti kepada ayah yang sudah meninggal dunia. Sedekah berarti memberikan sejumlah dana ataupun harta benda kepada orang yang lebih membutuhkan.

Dengan bersedekah atas nama ayah, maka anak dapat berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia. Pasalnya pahala dari bersedekah bisa sampai ke orang yang sudah tiada di dunia ini termasuk ayah ataupun ibu.

Bukan hanya itu, bersedekah atas nama ayah juga dapat melancarkan rezeki Anda sebagai anak. Dengan rezeki yang lancar, maka Anda pun dapat lebih mudah menerapkan cara untuk berbakti kepada mendiang orang tua.

3. Menjalin Silaturahmi dengan Teman Ayah

Tak hanya memanjatkan doa untuk ayah yang telah meninggal, menjalin silaturahmi juga termasuk bentuk berbakti kepada almarhum. Anda dapat menjalin silaturahmi dengan kerabat serta teman dari ayah semasa ia hidup.

Walaupun orang tua sudah tiada, sebagai anak Anda harus tetap menjaga tali silaturahmi dengan kerabat atau teman dari ayah. Dengan demikian teman dan kerabat dari ayah masih tetap mengingat almarhumah dengan sangat baik.

Bukan hanya itu, ayah yang sudah meninggal juga akan merasa senang apabila melihat anaknya masih berhubungan baik dengan orang terdekat.

4. Menyebarkan Ilmu Bermanfaat

Salah satu tata cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dunia lainnya yakni menyebarkan ilmu bermanfaat. Anda bisa mengamalkan ilmu yang dimiliki untuk orang banyak. Dengan begitu anak bisa mendapat pahala dan amalan yang menjadi cara berbakti kepada ayah.

Cara untuk memulainya bisa dengan mengajarkan hal-hal yang sudah ayah ajarkan kepada buah hati. Selain itu, Anda juga dapat mengajarkan ilmu untuk orang lain.

5. Selalu Menjaga Nama Baik Ayah Selama Hidup

Berbakti dengan mengirimkan doa untuk ayah yang telah meninggal tentu belum cukup. Anda juga dapat menjaga nama baik ayah semasa mendiang masih hidup. Memang, nama baik orang tua harus anak jaga dan terus dipertahankan.

Jangan sampai anak mencoreng nama baik ayah yang sudah meninggal dunia dengan melakukan hal tidak terpuji.

6. Meneladani Sifat Baik Mendiang Ayah

Cara berbakti untuk ayah yang sudah meninggal dunia berikutnya bisa dengan meneladani sifat baik mendiang. Pasalnya setiap ayah pasti mempunyai sifat yang baik dan dapat anaknya contoh untuk kehidupannya baik sekarang atau di masa mendatang.

Sesudah orang tua, Anda harus tetap meneladani serta meniru sifat baiknya meskipun sudah meninggal dunia. Dengan begitu, Anda dapat menjaga nama baik orang tua. Bukan hanya itu, almarhum ayah yang sudah berada di alam kubur pun akan merasa senang.

Itulah bentuk bakti dari anak kepada mendiang orang tua, salah satunya yaitu mengirim doa untuk ayah yang sudah meninggal.

Posting Komentar