21+ Contoh TEKS NEGOSIASI Singkat, Jual Beli, Lingkungan Keluarga, Beserta Strukturnya - Kudupinter

Sabtu, 26 Oktober 2019

21+ Contoh TEKS NEGOSIASI Singkat, Jual Beli, Lingkungan Keluarga, Beserta Strukturnya

Daftar Isi Artikel [Tampilkan]
Dalam sebuah definisi dikatakan bahwa negosiasi diartikan sebagai interaksi sosial antara satu pihak dengan pihak lainnya yang terslibat, dan mereka berusaha untuk saling menyelesaikan konflik terkait dengan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Negosiasi atau yang lebih dikenal dengan proses tawar menawar. Dan proses negosiasi ini sering di jumpai dalam berbagai macam aktifitas dan berbagai macam tempat.
Dalam ilmu bahasa indonesia, negosiasi ini menjadi suatu topik bahan ajar untuk dapat dipelajari oleh para siswanya. Umumnya, negosiasi dalam ilmu bahasa indonesia diwujudkan berupa teks yang kemudian disebut dengan tek negosiasi. Oleh karena itu, penting bagi kita seorang pelajar untuk memahami secara komprehensif materi terkait dengan teks negosiasi.

Kemudian, apa yang dimaksud dengan teks negosiasi ? bagaimana ciri - ciri teks negosiasi ? Bagaimana struktur dari teks negosiasia ? Bagaimana kaidah bahasa teks negosiasi ? dan bagaimana contoh teks negosiasi tersebut ? dan lain sebagainya. Pada kesempatan kami ini, saya akan mencoba untuk menjawab seluruh pertanyaan dengan merangkum materi dari berbagai macam sumber bacaan seperti blog, buku bahasa indonesia, jurnal, web berita dan lain sebagainya dengan harapan akan bermanfaat untuk saya dan untuk kamu semua.

Pengertian Teks Negosiasi Adalah



Ilustrasi contoh teks negosiasi : sumber :law practice today

Teks negosiasi adalah jenis karangan atau pengembangan paragaf yang digunakan untuk menjelaskan alur dari sebuah negosiasi atau interaksi sosial ketika terdapat pihak - pihak yang terlibat dalam negosiasi yang berusaha untuk saling tawar menawar atau bahkan saling menyelesaikan tujuan yang bertentangan dan berbeda. Istilah lainnya yaitu teks yang digunakan untuk menjelaskan proses perundingan antara dua pihak atau lebih.

Ciri -  Ciri Teks Negosisasi

Jika kita ingin membedakan teks negosiasi dengan teks yang lainnya, maka kita dapat meninjau teks negosiasi berdasarkan ciri khasnya. Karena hal tersebut dapat memberikan gambaran yang jelas tentang perbedaan teks negosiasi dengan teks yang lainnya. berikut adalah cirikhas dari teks negosiasi.:
  • Menggunakan bahasa atau kata - kata yang bermakna santun atau sopan.
  • Sering menggunakan ungkapan yang bersifat persuasif (membujuk)
  • Menghasilkan sebuah kesepakatan yang didasari oleh kepentingan dan keuntungan bermsama.
  • Persetujuan atau kesepakan yang telah di setujui, umumnya tidak merugikan salah satu atau kedua belah pihak. 
  • Terdapat konflik yang di cari solusi penyelsaiannya bersama - sama.
  • Memiliki arah dan tujuan yang praktis.

Struktur Teks Negosiasi

Layaknya teks karangan lainnya seperti teks prosedur, eksplanasi, eksposisi, dan lain sebagainya, teks negosiasi ini juga memiliki struktur kepenulisan teks yang jelas, dan menjadi cirihas utama dalam teks negosiasi ini. Berikut adalah struktur lengkapnya :

Orientasi
Tahap awal pada teks ini adalah pembukaan dengan menunjukkan awalan dari adanya proses percakapan atau interaksi yang dilakukan oleh dua orang  atau lebih. Pada umumnya di bagian awal percakapan di isi dengan bahasa sapaan, kelimat salam, panggilan, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk mengawali sebuah percakapan.

Permintaan
Setelah terjadi proses percapakan pada tahap awal, selanjutnya salah satu pihak (konsumen) tersebut mulai mememberikan pertanyaan - pertanyaan akan suatu barang yang diinginkannya atau bahkan suatu permasalah yang sedang di hadapi oleh pihak yang bertanya tersebut. tahap ini merupakan awal atau dasar dari adanya proses negosiasi. untuk lebih jelasnya silahkan anda pelajari Teori Permintaan Lengkap Menurut Pendapat Para Ahli Ekonomi

Penawaran
Pihak yang lain selain dari pihak yang bertanya, memberikan informasi mengenai barang , objek atau suatu hal yang ingin diketahui oleh pihak yang bertanya. Informasi tersebut dapat berupa jenis barang, harga barang, spesifikasi barang, kelebihan, kekurangan, dan lain sebagainya, sesuai dengan informasi yang dibutuhkan oleh pihak terkait. untuk lebih jelasnya silahkan anda pelajar Teori Penawaran Lengkap menurut Pendapat Para Ahli Ekonomi

Negosiasi atau Tawar Menawar atau Negosiasi
Setelah terjadinya permintaan dan penawaran oleh kedua belah pihak, kemudian pihak peminta dan pihak penawar melakukan proses negosiasi. Terdapat berbagai macam hal yang dapat di negosiasikan, yaitu dapat berupa harga barang, jumlah barang, spesifikasi barang, kualitas barang, sifat barang, dan hal - hal yang lainnya yang dapat dinegosiasikan.

Persetujuan
Dan akhir dari proses tawar menawar atau negosiasi antara pihak pertama dan pihak kedua adalah persetujuan atau kesepakatan bersama. Kesepakatan yang di hasilkan merupakan kesepakatan yang didasarkan pada kepentingan, kebutuhan, keinginan, dan kemauan bersama. dan umumnya juga, dalam kesepakatan tidak ada yang dirugikan, artinya kedua belah pihak sama sama untung.

Transaksi
Puncak dari proses negosiasi adalah transaksi. Transaksi adalah proses yang dapat mempengaruhi kondiri finansial salah satu pihak dalam negosiasi. Transaksi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu dapat dilakukan secara langsung tunai, berkala, atau bahkan dapat dilakukan dengan kredit.

Penutup atau Closing
Dalam Mengakhiri dari sebuah percakapan yang dilakukan antara kedua pihak untuk menyelesaikan suatu proses interaksi dalam teks negosiasi, biasanya penulis dapat memberikan kesimpulan atas percakapan. dan bagian ini juga terkadang di selipkan informasi yang bersifat mendidik kepada para pembaca.

Note: Tidak seluruh struktur diatas harus digunakan secara bersama - sama dalam satu karang teks negosiasi. Penggunaannya di sesuaikan dengan kebutuhan.

Kaidah Teks Negosiasi

kaidah teks negosiasi adalah patokan atau ukuran yang digunakan sebagai strandar penulisan teks negosiasi. Jika melihat refrensi satu dengan refrensi yang lain, tentunya terdapat perbedaan tersendiri dalam penentuan standar penulisan teks negosiasi itu sendiri. disini penulis hanya meringkas standar - standar teks negosiasi tersebut menjadi 6, yaitu:
  1. Melibatkan seminimal - minimalnya dua orang (Boleh lebih)
  2. Komunikasi yang terjadi adalah secara langsung (Bentuk komunikasi langsung)
  3. Adanya kepentingan yang berbeda antara pihak satu dengan yang lainnya.
  4. Penyelesaian permasalah melalui proses negosiasi (tawar - menawar)
  5. Merupakan planning yang akan terjadi (tapi belum)
  6. Dapat dihasilkan suatu kesepakatan, atau bahkan sebaliknya.

Contoh Negosiasi di Sekolah

Contoh Negosiasi di Sekolah
Sumber : korankaltara

Ketua kelas  : Selamat siang bu novi
Wali Kelas    : Iya malik ada apa ?

Ketua kelas  : Begini bu, saya dan teman sekelas menginginkan kegiatan akhir semester ini di adakan di agrokusuma malang bu, sekalian jalan - jalan di kebun apel bu.
Wali Kelas    : rencananya kapan itu akan di laksanakan malik ?

Ketua kelas : rencananya setalah uas, tepatnya hari sabtu 15 juni 2016, oleh karena itu kami konsultasikan ke bu novi dulu ini.
Wali Kelas   : loo, tanggl 15, 16, 17 kalian kan udah harus persiapan untuk pentas seni perpisahan kakak kelas kelian. Kegiatan kalian dilakukan bulan depan saja, mumpung bulan depan tidak ada kegiatan sama sekali.

Ketua kelas : Tapi bu, itu kan terlalu lama bu, sedangkan bulan depan juga sudah mendekati bulan ramadhan bu. kalo setelah acara pentas seni perpisahan kakak kelas boleh ya bu ? iya dah bu, agar tidak terlalu lama menunggu, kita juga udah siap banget kok bu.
Wali Kelas   : Iya sudah kalau itu mau kalian, tapi ada satu syarat yang harus kalian lakukan !

Ketua kelas : looh,, apa itu syaratnya bu novi ?
Wali Kelas   : Kerjakan soal pada lembar kerja siswa (LKS) matematika bab 2 No 1 - 20.

Ketua kelas : Waduh bu, kok banyak banget bu, 5 saja bu ya ?
Wali Kelas   : iya dah 10 saja, Stuju ?

Ketua kelas : iya dah stuju deh bu. Makasih banyak bu, tapi kegiatannya tetep berjalan setelah pentas seni kan bu ?
Wali Kelas   : iya malik. Tapi tugase dikerjakan dulu !
Ketua kelas : Siap bu novi

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli



Pipit   : Selamat datang di lidiya Phone, ada yang bisa saya bantu
Malik  : ada gadget yang spechnya bagus dan lumayan murah mb ?

Pipit   : ada mas, tinggal pilih aja mas. ada samsung galaxy j2 harganya Rp.1.700.000
asus zenfone 2 laser Rp.1.900.000,-  Xperia M harga Rp. 2.000.000,-

Malik  : Bagusan mana xperia M ama samsung j2 mb pit ?
Pipit   : Kalo lihat spesifikasinya yang lebih besar Xperia M dengan ram 2 gb, anti air, kamera lebih jernih dari pada samsung j2.

Malik  : owh gitu ya, masak cek mahalnya harga xperia M mb, turunin donk mb 1.700.000 gitu aja dah, langsung tak bayar sekrang.
Pipit   :Ndak boleh mas malik, itu mah hrgasanya samsung j2. Kalo xperia M yang emang segitu harganya.

Malik  : Masak dak boleh turun gitu harganya mb pit ?
Pipit   : Maaf mas, pasarannya sudah segitu mas malik. Coba anda cek saja di web catalog online, harganya emang segitu.

Malik  : Ok dah mb pit, saya beli asalkan saya dapet bonus flip covernya juga, gmn ?
Pipit   : Hmmmbbb.. Iya sudah, tak kasih flip cover yang bagus ni mas malik.
Malik  : Ok sip makasih mb pipit

Contoh Teks Negosiasi Singkat


Sumber : bandungcitytoday

Malik  : Hay mb pit, aku boleh pinjem penggaris gak ?
Pipit   : buat apa ? kan kamu udah punya sendiri ?

Malik  : Punyaku patah, aku belum buat garis tepi untuk laporan besok mb pit. Boleh ya ?
Pipit    : Iya wes, tapi jam 8 kembalikan ya ?

Malik  : Waduh, belum kelar jam segitu mb pit, Jam 10 wes tak kembalikan langsung ke mejae mb pipit.
Pipit    :  Iya wes mas maslik. jangan telat, aku juga mau buat flowchart soale.
Malik  :  Oke siap mb pit

Contoh Negosiasi dalam Kehidupan Sehari-hari


Sumber : wongjember

Penumpang  : Kang, Kepasar tanjung berpa ?
Tukang Ojek : 15 ribu pak sekarang, soale harus muter

Penumpang  : Waduh, mahal amat kang, kan deket mall situ kan kang. 700 dah kang ayo, biasanya segitu juga.
Tukang Ojek : Sekarang harus muter dulu pak. Soale ada car free day, jadi akses kota ditutup, jadi terpaksa harus muter pak. 12 ribu kalo ga mau ya dah gapapa.

Penumpang  : eh iya deh mang, ayo dah anterin mang. cepet ya mang.
Tukang Ojek : Ok pak

Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya


Ilustrasi Contoh negosiasi pajero ditilang polisi | sumber : CNN Indonesia

Pada senin pagi, polisi berusaha menilang pengendara mobil pajero yang menggunakan lampu rotator dan sirine secara ilegal.

Pembukaan
Polisi   : (meniup pluit ) Priiittt ... priii .. Menepi pak, Menepi ke kiri pak. .
Driver  : (Setelah menepi kemudia bertanya) ada apa pak ? saya salah apa pak ?

Konflik
Polisi   : Selamat siang pak, kami dari kepolisian sedang melaksanakan tugas, silahkan matikan mesin dan tolong keluar sebentar
Driver  : Siap pak. sebentar, Bagaimana pak ?

Polisi   : Boleh periksan surat - surat kendaraan beserta surat izin mengemudi bapak ?
Driver  : Siap pak ada, tunggu sebentar saya ambilkan, tapi cepat pak ya saya agak terburu - buru pak.

Polisi   : Kami mohon maaf yang sebesar besarnya karna ini sudah menjadi kewajiban kami.
Driver  : Duh ini SIM dan KTP nya pak, cepat pak ya.

Polisi   : Siap pak sudah selesai, surat - surat sudah lengkap namun bapak tetap kami tilang karna bapak sudah melakukan dua pelanggaran lalu lintas. Pertama bapak tidak memperpanjang surat izin mengemudi bapak dan yang kedua bapak menggunakan lampu rotator dan sirine yang tidak dibenarkan menurut undang - undang lalu lintas.

Negosiasi
Driver  : Waah, bapak ini ada ada aja sih. Cuma telat berapa hari doang coba, terus lampu rotatornya juga tidak terlalu terang sehingga membuat orang lain silau pak. Ayo lah paak , wong tidak merugikan orang lain juga. 
Polisi   : Iyaaa mohon maaf bapak, namun itu memang tidak dibenarkan menurut undang - undang lalu lintas, dan mohon maaf bapak tetap kami tilang.

Driver  : Ya aammpun pak, . . saya ini lagi terburu - buru paak, ya udah kalau gitu damai aja pak ya ? oke ?
Polisi   : Damai gimana maksudnya mas?

Driver  : Ya saya bayar disini aja pak, gak usah ditulis dalam kartu tilang sudah, buat ngopi aja pak ini saya kasi lebih.
Polisi   : Wah, Mmhon maaf mas, sekarang ini untuk pembayaran tilang cuma bisa lewat ATM, gampang dan lebih cepat kok mas, mas tinggal transfer ke no rekening ini, terus bukti transer langsung diserahkan ke saya, saya tugas di pos sampai jam 12 mas. Semisal saya nanti sedang tidak ada di pos, bisa lewat rekan saya juga boleh. Sementara itu SIM masnya saya tahan dulu, ngambilnya tetap di pos jaga.

Driver  : Masak nggak bisa sih pak, bayar langsung ke bapak saya nggak keberatan kok.
Polisi   : Maaf sekali mas, saya tidak bisa menerima untuk itu.

Persetujuan
Pengendara: Ya sudah, saya pasrah aja pak.
Polisi: Ini surat tilang buat mas, nanti setelah transfer, silahkan ke pos jaga lagi buat ambil SIM punya masnya.

Pengendara: Tapi nanti tiba-tiba saya ketilang lagi gimana dong pak?
Polisi: Ya makanya jangan lupa pakai helm.

Penutup
Pengendara: Ya udah deh pak, saya pergi ke kampus dulu, lalu saya ke pos polisi nemui bapak.
Polisi: Siap Mas, sekali lagi maaf, dan saya akan tunggu di pos jaga.
Pengendara: Permisi ya pak.

Polisi: Hati-hati di jalan ya mas, di sebrang ada toko helm silahkan beli aja nanti malah di tilang polisi yang ada di pos selanjutnya…
Pengendara: Iya pak, terimakasih pak.

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi


Ilustrsi contoh teks negosiasi narasi | sumber : blogkarir.com

Bagian ini menunjukkan contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi yang menggambarkan proses negosiasi antara fahru dan sang penjual handphone.

Suatu hari fahru memperoleh banyak rizky yang cukup banyak dan ia merasa senang.  Kemudian rizky itu ia akan gunakan untuk membeli smartphone sebagian dan sebagian lainnya di sedekahkan sebagai rasa sukurnya kepada allah atas rizky yang ia peroleh. Setelah sepulangnya dari kantor, ia mampir ke sebuah toko smartphone yang dianggapnya merupakan sebuah toko smartphone yang murah dikotanya dan bisa ditawar. Sebut saja toko tersebut sebagai "SmartCell".

Masuklah fahru kedalam toko "SmartCell" untuk mencari gadget terbaru dan sesuai dengan kantongnya. Fahruh mulai di sapa oleh para pelayan toko yang cantik dan sexy mengenakan kaos seragam biru ketat bertuliskan SmartCell. Dalam langkahnya tidak jarang fahru terpesona kepada para pelayan yang sexy - sexy tersebut. Salah seorang pelayan menanyakan kepada fahru gadget seperti apa yang sedang fahru cari. Namun, fahru serentak menjadi gemetar dan keluar kringat dingin dari tubuhnya. Dalam hatinya, prasaan takjub atas kecantikan dan penampilan sexy pelayan toko tersebut.

Selang waktu kemudian, fahru mulai kembali fokus melihat beberapa smartphone yang dipajangnya ditemani pelayan toko yang cantik tersebut. setelah melihat dan mempertimbangkan semua hal tentang spesifikasi, tampilan, merek, dan badgetnya, dia memutuskan untuk membeli samsung galaxy fold dengan harga 34 juta rupiah. Namun, fahru mengajukan penawaran untuk turun harga kepada pelayan toko yang cantik tersebut dengan sikap genit kepadanya.

Fahru dengan sikap genit berkata kepada pelayan tokok yang cantik tersebut untuk menurunkan harganya menjadi 28 juta. Namun, pelayan toko tersebut menolaknya dengan penuh manja kepada fahru. Hal tersebut membuat fahru semakin bergairah untuk semakin menawar galaxy fold tersebut. Fahru terus berusaha agar harga smartphone idamanya dapat diturunkan. Lagi, lagi, dan lagi, pelayan toko tersebut menolaknya dan ia berkata bahwa harga tersebut sudah harga yang berlaku diapasaran.

Tidak berhenti di harga 28 juta, fahru terus bersikeras agar harga samsung galaxy fold tersebut diturunkan. Fahru menaikkan tawarannya menjad 30 juta untuk membeli produk tersebut dengan alasan  tidak ada garansi kerusakan yang ditawarkan. Memahami hal tersebut, pelayan toko mulai berdiskusi dengan owner toko tersebut. Setelah bernegosiasi lama antara fahru dengan pelayan toko dengan penuh canda gurau. Akhirnya Pelayan toko memberikan potongan harga 3juta atas pembeliannya sehingga mengharuskan faharu membayar 32 juta atas smartphone yang diinginkannya. dan akhirnya pun fahru memperoleh gadget yang di inginkannya dengan harga 32 juta.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Buku


Ilustrasi negosiasi beli buku

Seorang mahasiswa universitas jember bernama rizal ingin membli sebuah buku ekonometrika dasar di toko buku kaki lima yang berlokasi di belakang mall matahari zohar plaza jember. Ia datang ketoko tersebut dan bertanya.

Rizal : Selamat siang pak,
Pak wardi  : Iya dek, cari buku apa dek ?

Rizal : Saya cari buku adasar dasar ekonometrika karya bapak gujarati tahun terbit 1998, ada pak ? kalau ada juga yang bekas gak papa pak, biar murah.
Pak wardi  : Oh buku itu, iya dek, ada kok dek, bapak carikan. Adek minta yang asli atau yang KW ?

Rizal : Loh emang ada yang KW ya pak ?
Pak wardi  : Bapak bunya beberapa kok, coba tak liat stok nya dek ya, tunggu.

Rizal : Ok pak silahkan
Pak wardi  : Nah ini dek bukunya pak gujarati ada 3 koleksi ini bapak punya. Ini pertama yang asli tapi bekas, agak rusak, tak kasih harga 220K, yang kedua ini, baru tapi KW dek, masih bungkusan belum pernah dibuka, bapak kasih harga 160K dah. da yang ketiga ini KW tapi kondisi second, bapak kasih harga 145K. Pilih yang mana ?

Rizal : Saya pengen yang asli pak (yang pertama), tapi uang saya gak cukup, saya beli 175 aja pak ya , Boleh ya pak.
Pak wardi  : Wah jangan dek, dulu bapak dapatnya juga gak boleh segitu. Bapak ambil untunya aja sedikit dek, dan buku itu sudah langka. Dimana - mana udah gak ada. Itu seri original dek, berwarna. Beli yang KW baru aja kalau uangnya segitu dek.

Rizal : Yang KW kertasnya agak buram bapak, dan lebih kecil bukunya, ga enak untuk dibaca. Yang asli aja pak ya. 180 dah. Butuh banget buat tugas kuliah pak.
Pak wardi  : Waaah, ya g dapet apa apa nanti bapak dek. jangan kalau segitu dek. 210 kamu bawa sudah, semoga barokah.

Rizal : Tawaran terakhir deh pak. 190 pak, uang saya cuma 200, yang 10rb ni buat naik angkot balik ke kost pak. Please pak bantu saya.
Pak wardi  : Iya iya iya sudah mana uangnya, kok kasihan banget sih kamu dek .sebentar saya bungkus.

Rizal : Hehehe, makasi bapak, hehehe baik banget se pak.
Pak wardi  : Aku juga pernah kayak kamu gitu dulu soalnya. Ini bukunya , wes sana, harus semangat belajar kamu dek. Semoga berkah

Rizal : Alhamdulilllahh, Enggeh paak terima kasih banyak pak. Wassalamualaikum
Pak wardi  : Waalaikum salam dek.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Rumah


Sumber :maxmanroe

Bagian ini merupakan contoh teks negosiasi terkait dengan jual beli rumah di Jl. Kalimantan X no 12 Kabupaten jember yang dilakukan oleh pak Wanto (#A) dan pak Usman (#B) di rumah pak usman. 

#A : Assalamualaikum
#B : Waaalaikum Salam, Oh pak wanto, Monggo silahkan masuk.

#A : Enggeh terima kasih. 
#B : Bagaimana kabarnya pak wanto, bagai mana , bagaimana, ada perlu apa ini tujuan bapak datang kemari ?

#A : Alhamdulillaaah sehat bapak. Haha. Saya kesini pertama untuk silaturahmi, kedua saya kemari karna dapat info dari pak budi katanya rumah bapak yang di Jl. Kalimantan X No12 itu Ingin di jual pak. Benarkah itu pak?
#B : Owh hahaha . . Enggeh bapak benar . Saya kebetulan kebanyakan rumah sampai bingung ngurusi nya dan kebetulan istri saya tidak suka rumah yang itu. Bapak tau sendiri to kondisi dan lokasinya ?

#A : enggeh pak, saya sering lewat kok. Kenapa pak kok dijual, kalau dijual, harganya berapa pak ?
#B : Hahah . . Karna istri saya takut rumah itu saya jadikan sarang istri simpanan saya (berbisik bisik) . Huahahaha . Rumah itu saya jual dengan harga 3,5 milyar saja. Harga itu sesuai dengan kondisi harga lahan dan bangunan wilayah situ. Selain itu, harga tersebut juga sudah termasuk biaya administrasi pengurusan ganti nama dan pajaknya. 

#A : Wah kebetulan pak, saya sedang nyari rumah untuk anak saya si istina itu lo dengab suaminya. Biar gak ribet terus dengan adeknya dirumah saya. Huahaha . . Kalau boleh saya akan beli rumah itu dengan harga 2.8 M dan akan segera saya lunasi minggu ini. 
#B : Loh loh loh . . Bapak ini bercanda apa serius pak . . Benar bapak punya uang untuk membeli rumah saya . . ?

#A : loh hahahah . . Enggeh pak . Alhamdulillah saya baru dapat rizky, proyek saya tembuh 1T, makanya saya ingin belikan rumah anak saya . 
#B : Alhamdulillaaah ikut seneng pak . Tapi mohon maaf pak kalau 2.8 M saya belum bisa melasnya. 3.2 M saya lepas dan segera kita proses .bagaimana pak ?

#A : Iya sudah tidak apa apa, saya juga terburu - buru bapak. Besok saya akan kirimkan check giro senilai 3.2 M kepada bapak.
#B : Ok siap pak . Senang berbisnis dengan bapak.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Tanah


Sumber : Smart Legal ID

Bagian ini merupakan contoh teks negosiasi terkait dengan jual beli tanah di Jl. Sumatra XI Kabupaten jember yang dilakukan oleh pak Sigit (#A) dan pak Wagiman (#B) Melalui telfon. 

Trriiiinggggg (Smartphone pak Wagiman Berbunyi)
#B : Hallo assalamualaikum , Siapa ya ?
#A : Walaikum salam, saya pak wagiman teman dari pak budi sadara anda pak sigit. 

#B : Owh iya iya, bagaimana ? Ada yang bisa saya bantu pak?
#A : Kemaren pak budi ngasih info bahwa tanag yang di jl Sumatra gang XI luas 1 hektar persegi milik bapak dijual. Kebetulan saya sekarang membutuhkan lahan untuk usaha. Kelihatannya lokasinya strategis. Saya berminat untuk membeli nya . Kalau boleh tau berapa pak ? 

#B : Owh alhamdulillah iya iya benar pak saya pengen menjualnya. Tanah itu saya jual dengan harga 1.5 M pak soalnya di lokasi skitar memang harga tanah sudah mahal. Harga itu sudah termasuk biaya admin ganti nama dan perpanjang pajaknya pak. Bagaimana pak?
#A : Wauuwww mahal banget pak ya . Hahaha . . Boleh kan saya tawar pak . . ?

#B : Owh iya pak monggo saja, namanya juga bisnis pak . Hahaha
#A : 1 Milyar saya beli pak, pembayaran di awal 50% . Bagaimana ? 

#B : Harga itu sudah paling murah bapak . Tanah sampingnya dengan luasan sama malah harganya tembus 1.75 M pak.
#A : Hahaha iya ya pak . Tapi budgetnya low pak . Belum sampai segitu lo pak . . Ya udah sekali lagi saya tawar dan ini adalah tawaran terkhir yang menurut kemampuan saya. Saya tawar 1.3 Milyar pak. Bagaimana ?

#B : Kalau segitu saya tidak perlu pertimbangkan kembali. Silahkan kirim check gironya langsung keistri saya pak . Hahaha . Saya cocok dengan harga itu.
#A : hahaha okeee oke . Siap pak . Nanti malam saya kerumah bapak
#B :  Enggeh siap siap pak. Saya tunggu

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli HP


Sumber : Elppas Story

Bagian ini merupakan contoh teks negosiasi tentang transaksi jual beli hp yang dilakukan oleh Anggrek (#A) dan lusinta (#L) di kampus universitas jember.

Jam 3 sore di depan perustakaan, Lusinta jalan keluar perpus sendirian dan Anggrek menghampirinya.

#A : Heeeee lusinntaaaa tunggu aku, kita bareng.
#L : Woh nggreeek, iya aku tunggu . . 

#A : Kenapa wajahmu keliatan susah begitu ? 
#L : Huuuuu gimana ni grek hapeku udah rusak tadi kecempluk di kamar mandi, trus  tadi juga jatuh dari lantai 3 ke lantai 1 . Sekarang pecah deh . 😭

#A : Waduh parag banget sih kamu lus. Udah jatuh masih ketimpa tangga pula. 
#L : Sial banget aku hari ini emang nggrek. Mana lama banget kalau ngeberinnya. Aku sekarang butuh handfone buat tugas, mana tugas lagi banyak juga. Kampret bener.

#A : Huahaha kasihan banget se kamu . Ni beli aja hpku lus. Aku punya dua. Aku pake iphone aja . Ni masih bagus kok .
#L : Dasar lu otak dagang kamu ya nggrek . Tau aja kalo orang lagi butuh . Pinter banget kamu manfaatin . Hahaha . Hape apa tuh ?

#A : Ni Redmi 6, lebih tinggi speknya dibanding punya kamu . Ram gede, memori lega, layar lumayan, batre awet yang penting kece boooo' wkwkwkwkw🤣 
#L : Hahaha kampret kamu nggrek . Berapa emang ?

#A : Dulu aku dapetnya 1.5 juta, dan karna kamu shohib aku, dan kamu adalah my best friend, jadi aku jual hp ini ke kamu dengan harga 1.4 juta aja. Murah banget luss.
#L : Murah palalu peang . Gila, masak cuma turunya 100 rb. Gak gak . Aku beli 1 juta , kalo boleh aku bayar sekarang. 

#A : Eh jangan segitu dong lus. Tambahin lagi.  Ntar aku makan apa coba ?
#L : Makan batako tuh wkwkwwk . Anjir ama temen ndiri juga. 1.25 juta udah aku g nawar lagi, aku bayar sekarang , mana hape, dosbuk, chargernya sekarang, cepet gak pake lama. G pake banyak bacot . 😡

#A : Wkwkwkwkwkw ok ok deh . . Gapape deh nih bawa dulu . Uange gampang di kos aja. Hahaha aku lupa no rekeningku soalnya . Wkwkwkwk🤣
#L : Sssipp gitu donk . Itu baru namanya brroo . . Thnks ya udah dibantuin . Kamu datang di saat yang tepat. Dasar otak dagang . Wkwkwkwkw

Contoh Teks Negosiasi Pengusaha dengan Bank


Sumber ; Saham Pemula

Berikut adalah contoh teks negosiasi secara formal yang diwakili oleh oleh para negosiator yaitu pak agung (#A) perwakilan dari perusahaan ABC dengan Mas Anis (#B) dari Bank Rakyat Indonesia sebagai lembaga pemodalan. 

Pada senin pagi, di kantor bri, pak agung masuk dan menuju ke bagian kreditur dan menemuan pimpinan yang bernama mas anis. 
#B : Selamat pagi pak, silahkan duduk, dengan saya anis, ada yang bisa saya bantu ?
#A : Siap terima kasih pak, Perkenalkan saya agung dari perusahaan ABC ingin mengajukan proposal pinjaman uang untuk usaha pengolahan limbah sampah plastik menjadi paving blok. 
#B : Ok silahkan, boleh saya cek proposal perusahaan dulu dan beri kami waktu sebentar untuk membacanya.

#A : Oh iya, ini silahkan mas . 
#B : Sebenarnya, proposal bapak ini sangat bagus, Gagasan usaha yang keren, tidak ada masalah. Namun, Mohon maaf sebelumnya, kami dari pihak bank tidak bisa memenuhi permintaan dana sebesar  1 Milyar seperti yang tertulis didalam proposal ini. 

#A : Kemudian dari pihak bank bri kira -kira dapat memberikan pinjaman berapa kepada perusahaan kami ?
#B : Setelah kami kalkulasi sesuai kemampuan perusahaan bapak, kami hanya menyanggupi jumlah pinjaman sebesar 500 juta saja dengan bunga 3%.

#A : Apakah jumlah tersebut tidak bisa ditambah lagi mas ? Usaha yang kami geluti memiliki progres yang bagus dalam bisnis. Saat ini kami juga sudah merambah ke pasar international. Kami membutuhkan modal tambahan untuk infrastruktur, rekrutmen tenaga kerja dan modal memperlebar jangkauan pemasaran produk kami. Kami menjamin bahwa tingkat resiko kegagalan pasar dapat mendekati angka 0 berdasarkan analisis pasar kami.
#B : Iya bapak, saya hitung ulang dulu dan beri waktu saya sebentar untuk kordinasi dengan team management. 

#A : Siap pak . Silahkan.
#B : Setelah kami kordinasi dan menghitung ulang, kami hanya dapat memberikan pinjaman kepada perusahaan bapak sebesar 750 juta saja. Selebihnya kami tidak berani ambil resiko dan itu semua berdasarkan analisi team kami. Namun jumlah itu sewaktu dapat berubah setelah kami survey lapang.

#A : Waah, apakah tidak bisa di up lagi pak menjadi 800 atau 900 juta seperti itu pak. Kami akan jamin kami mampu dalam mengembalikan pinjaman tersebut. 
#B : Sekali lagi, dengan berat hati, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Itu adalah jumlah yang dapat kami sanggupi. Apakah bapak setuju dengan jumlah pinjaman tersebut ?

#A : Waaahhh . . Iya sudah . . Mari kita proses saja pak . . 
#B : Ok siap . . Mari kita laksanakan prosesnya dan melengkapi berkas - berkasnya . 

Contoh Teks Negosiasi di Pasar


Sumber :Line Today

Bagian ini saya akan memberikan contoh teks negosiasi tentang negosiasi di pasar yang dilakukan oleh bu Sunar dengan mbok Giyem.

Minggu pagi, bu sunar berangkat kepasar untuk membeli bahan-bahan dapur dan sayuran untuk kebutuhan rumah tangganya. Bu sunar sunar (#A) datang ke lapak mbok Giyem (#B) dan ingin membeli kelapa yang sudah di parut.
#A : Mbok giyeem, Lama aku gak kesini . Ada kelapanya mbok .?
#B : Eeeeeewwww bu sunar. Iya lama sekali kamu gak beli di lapak saya. Ada ada bu. Ini silahkan . Ini 5 rb saja.
#A : Eeee buuu .   Ada yang sudah diparut kah ? Malas sekali saya sekarang kalau disuruh untuk marut kelapa. Tangan saya berdarah karena tergores parutan kelapa kemaren.
#B : Huuuu ibu sunar ati ati bu . Sayang tangan cantik ibu. Benar ibu tidak usah marut kelapa sendiri. Ini yang sudah diparut ada bu. 1 butir kelapa yang sudah diparut harganya 8500.
#A : Abooo Mbok kok cek mahalnya mbok. Harganya hampir 2x lipat mbok. Di bu Tanti lo gak semahal itu mbok. Biasanya itu cuma 6000 satu bungkusnya.
#B : Duu ibu sunar crewet sekali ini. Ini kelapanya besar dan bagus bu, beda dengan kelapanya bu tanti kecil - kecil dan jelek - jelek. Kalau tidak mau y udah sana beli di bu tanti saja.

#A : Hehehehe . . Saya suka ini mbok . . Masak tidak boleh kurang mbok ? 6500 ya mbok ?
#B : Nih tak bungkusin 1 . 7000 gak usah kau tawar lagi . Cepat bayar bu.
#A : Wkwkwkwkwk iya ya mbok ini uangnya . Makasi ya mbok
#B : Iya, lain kali beli yang banyak kalau datang kemari
#A : hahaha iya mbok . Mari duluan mbok
#B : iyaaa silahkan

Contoh Teks Negosiasi Lucu


Sumber : Tribun Solo

Berikut merupakan contoh teks negosiasi yang lucu antara ibu fitrah dengan seorang penjual salak bernama bu anton.

Di sore hari, didepan komplek perumahan puri nirwana,  dengan wajah cemberut,B  fitrah (#A) datang untuk membeli buah salak kepada bu anton (#B).

#A : Assalamu'alaikum bu anton . .
#B : Waaalaikum Salam bu fit. Beli salak bu ?

#A : Iya bu, kebetulan anak dan suami saya pengen salak. Berapa sekilo ? (berbicara dengan wajah yang cemberut dan jutek)
#B : Owwhh ini buk, sekilo 25ribu saja buk.

#A : Huuummbbtf. Kok mahal banget buk. . Kemaren saya beli salak di sana harganya 16rb salaknya besar-besar, disini kok 25rb salaknya kecil sak upil - upil.
#B : (Bu anton sambil cemberut juga berkata) Layo to bu, Ibu ini lo cantik, tapi upile sak salak salak. Ini salak bagus yang disana salaknya busuk busuk. Ga mau beli ya sudah.

#A : Tak beli 20rb saja kalau gitu bu anton. Saya keburu BaB ini bu .
#B : Kebangetan sampean bu. Nawar salak aja sampe kebelet Bab. Sampiyan manusia jadi jadian palingan ya . ? 23 ribu ambil sana.

#A : Iya sudah bu, saya ambil sekilo bu. Ibu jualan kok galak banget kayak orang kesetanan ?
#B : Saya ini tidak galak, saya ini sabar dengan pembeli kayak sampiyan 👿

Contoh Teks Negosiasi di Lingkungan Keluarga


Sumber : Informasi Kesehatan Keluarga

Berikut adalah contoh teks negosiasi yang terjadi antara Andi sebagai seorang anak (#A) dengan bapaknya (#B) . 

Di suatu malam, didalam rumah. Datanglah andi kepada bapaknya dengan membawa secangkir kopi. 
#A : bapak,  ini kopinya. 
#B : Oh iya nak mana sini. Kamu duduk sini nggak papa, temenin bapak. 

#A : iya bapak . Andi juga pengen tanya bapak. 
#B : tanya apa nak ?

#A : Pak setelah lulus sekolah aku pengen lanjut sekolah di pondok .
#B : loh kenapa lanjut sekolah bareng dengan mondok? Padahal bapak pengennya kamu sekolah di SMKN 1. Lulusan SMKN 1 banyak yang pinter pinter dan langsung dapat kerja.

#A : Begini Pak, hidup di dunia ini haruslah seimbang antara ilmu agama dan ilmu dunia. Ilmu kimia diperoleh dari sekolah sedangkan ilmu agama diperoleh dari pondok. Selama ini, bapak jarang mengajariku ilmu agama. Makanya aku pengen sekolah dan mondok. Kalau masalah kerja itu mah gampang Pak.
#B :  Bapak terharu dengan kata-kata mu nak. Bapak akan menuruti apa yang menjadi kemauan mu itu. Bapak akan bekerja lebih giat lagi. Rencananya kamu pengen mondok di mana ?

#A : Terima kasih Pak. Aku pengen mondok di pesantren ngalah Pasuruan. karena disana banyak temen-temen dan pendidikannya bagus.
#B : Wah kok jauh sekali enak. Bapak nggak sanggup kamu tinggal jauh-jauh. Bagaimana kalau mondok nya di Al Amin saja. Dekat dan tidak kalah bagus pendidikannya. Di sana juga banyak temen-temen mu. 

#A : Oh iya sudah Pak, tidak apa-apa yang penting saya pengen mondok, dan pengen belajar ilmu agama.
#B : Ya Allah nak. Bapak bangga padamu nak. besok bapak antar ke pasar untuk belanja barang-barang kebutuhan mu untuk berangkat ke pondok.

Contoh Teks Negosiasi Larangan


Sumber : theasianparent

Bagian ini adalah contoh teks negosiasi terkait dengan negosiasi larangan yang dilakukan oleh agung sebagai seorang anak (#A) dengan bapaknya (#B)

Dimalam hari, didalam rumah, saat Andi bermain playstation. Dan bapak pulang dari kerja.
#B : (Dengan perasaan kesal dan marah) agung, kenapa kamu sekarang tidak belajar. Besok kan kamu ujian. Kenapa kamu malah bermain playstation. Pokoknya selama seminggu ini kamu tidak boleh bermain PlayStation karena kamu sedang ujian.
#A : yah bapak, aku masih malas untuk belajar. Toh juga besok pelajarannya gampang.

#B : Jangan meremehkan pelajaran seperti itu. Tidak baik. Matikan sekarang juga atau PlayStation nya ayah jual.
#A : ya jangan dong bapak. aku sudah belajar tadi siang dengan teman-teman sepulang sekolah. Aku sudah mengerjakan semua tugas. Aku juga barusan bisa menyelesaikan soal-soal ujian kelas 5 tahun lalu.

#B : jangan bohong pada bapak. belajar sekarang.
#A : jangan marah ya aku Bapak. aku takut.😖

#B : makanya sekarang kamu pergi belajar.
#A : Bapak tolong lihat ini, semua soal di LKS sudah aku kerjakan, semua materi sudah aku baca. Aku jenuh pengen refreshing bapak. Bolehin sebentar Pak ya. 1 jam saja. 

#B : mana lihat sini. kapan akan tes sebentar kamu.
#A : ya Bapak silakan. 

#B : Oh ya udah sekarang kamu istirahat jangan lama-lama main playstation nya. Besok kamu ujian
#A : enggak kok Bapak paling cuma satu jam lagi selesai, nanggung ini kurang tiga misi lagi.

#B : tidak. Pokoknya 30 menit lagi kamu harus sudah ada di kamar dan tidur. Jangan nawar lagi.
#A :  iya iya bapak sebentar lagi selesai

Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik


Sumber : otojourney

Bagian ini memberikan contoh teks negosiasi terkait dengan pemecahan konflik suatu kejadian yang dilakukan oleh Arman (#A) sebagai pengendara mobil Avanza dan Pak Anton (#B) sebagai pengendara mobil xpander. 

Di suatu hari telah terjadi kecelakaan antara Pak Anton dan Pak Arman yang diakibatkan oleh dari kendaraan Pak Anton menabrak kendaraan Pak Arman.

#A : Bapak turunu dari mobil sekarang juga.
#B : Mohon maaf pak mohon maaf. Tidak sengaja

#A : Tidak sengaja bagaimana jelas jelas bapak menabrak mobil saya . Lihat itu ! Lihat pak ! Lihat itu. 
#B : yang salah bapak juga tadi belum lampu merah sudah berhenti. Bapak juga mendadak berhentinya. Saya di blakang kaget dengan tindakan bapak yang ngerem mendadak. Bapak nanggung.

#A : Loh kok saya yang di salahkan . Itu lampu kuning pak . Makanya saya berhenti. Bapak tau artinya lampu kuning? Lihat itu bumber blakang dan pintung blakang mobil saya remuk seperti itu.
#B : Seharusnya bapak berhenti pelan pelan . Bapak sebelum lampu merah jalan cepat pas di lampu merah berhenti mendadak . Gak hanya mobil bapak yang rusak. Lihat bagian depan mobil saya . Remuk juga pak. 

#A : Saya ga mau tau pokoknya kamu harus tanggung jawab memperbaiki mobil saya . !
#B : La terus mobil saya siapa yang mau bertanggung jawab ? Tidak, saya tidak mau bertanggung jawab. Wong bapak yang tiba-tiba ngerem mendadak. 

#A : Kalau begitu bapak akan saya laporkan kepolisi sekarang l.
#B : Silahkan saja bapak laporkan kepolisi, saya siap. Wong bapak juga yang berkendara gak hati hati. Kok saya malah disuruh tanggung jawab. Tidak. Asal bapak tau saya adek akbp toni restanto kapolres . Saya siap untuk menang. Sudahlah kita damai pak. Saya gak cari ribut . Anggap ini kesalahan bersama. Mobil bapak ada asuransinya kan? 

#A : Iya ada
#B : Mobil saya juga ada. Sudahpah kita berdamai dan saling intropeksi diri dan berhati hati lagi dalam berkendara. 

#A : Ya sudah kalau begitu saya pergi dulu
#B : iya pak lain kali hati hati kalau di lampu merah

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan teks negosiasi yang kami rangkum dari berbagai macam sumber literatur. Semoga bermanfaat dalam pembuatan makalah teks negosiasimu. Mohon maaf bila ada kesalahan dan wasalam.

2 komentar:


EmoticonEmoticon