25+ Contoh TEKS EKSPLANASI Singkat Beserta Struktur Teks Eksplanasi (Sosial, Budaya, Bencana) - Kudupinter

Jumat, 15 November 2019

25+ Contoh TEKS EKSPLANASI Singkat Beserta Struktur Teks Eksplanasi (Sosial, Budaya, Bencana)

Daftar Isi Artikel [Tampilkan]
Contoh Teks Eksplanasi - Berdasarkan klasifikasi ilmu pengetahuan, terdapat dua konsep ilmu yang mengelompokkan materi ilmu pengetahuan secara global. Konsep tersebut meliputi ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial. Kedua konsep ilmu tersebut memiliki perbedaan dan persamaan yang mendasar. Perbedaannya ilmu pengetahuan alam berkosentrasi pada kajian alam semesta termasuk makhluk hidup dan benda yang ada di dalamnya. Sedangkan ilmu pengetahuan sosial berkosentrasi pada pola - pola yang mempengaruhi hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang meliputi antropologi, ekonomi dan lain sebagainya.

Persamaan yang mendasar antara ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial adalah sama - sama mempelajari suatu fenomena dan menjadikan fenomena tersebut sebagai konsentrasi kajian ilmu. dan persamaan yang lain adalah fenomena - fenomena tersebut  disajikan menggunakan teks eksplanasi (pandangan ilmu bahasa).

Kemudian apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi ? bagaimana struktur teks eksplanasi ? bagaimana ciri - ciri teks eksplanasi ? dan bagaimana contoh teks eksplanasi ? Pada kesempatan kali ini penulis akan berusaha untuk menjawab seluruh pertanyaan yang berkaitan dengan teks eksplanasi tersebut dengan merangkum materi dari berbabai macam sumber bacaan. Semoga bermanfaat.

Pengertian Teks Eksplanasi Adalah

Pengertian Teks Eksplanasi Adalah
Ilustrasi pengertan teks eksplanasi

Pengertian Teks eksplanasi adalah naskah atau teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya fenomena alam atau fenomena sosial. Suatu fenomena yang terjadi disekitar kita akan dapat dengan mudah apabila disajikan dengan menggunakan teks ekspkanasi. teks eksplanasi ini bertujuan untuk menjelaskan dengan sejelas - jelasnya suatu kejadian atau fenomena yang terjadi ataupun yang sudah terjadi dimasa lampau, baik fenomena tersebut adalah fenomena alam ataupun fenomena sosial.

Dalam teks eksplanasi, pada umumnya penulis akan memberikan penjelasan "apa", "mengapa" dan "bagaimana" fenomena tersebut dapat terjadi. Penjelasan tersebut di jelaskan secara jelas. Perlu diingat, dalam pemberian penjelasan suatu fenomena, haruslah sesuai dengan fakta yang ada, tidak di ada - ada. Kejujuran merupakan modal utama yang harus ada dalam memberikan penjelasan tentang suatu fenomena.

Selain kejujuran, Teks eksplanasi yang kita buat haruslah dapat dengan mudah di pahami oleh para pembaca dari seluruh kalangan, baik kalangan atas atau kalangan bawah. Teks eksplanasi yang mudah dipahami oleh pembaca, maka akan mewujudkan proses trasfer informasi yang kita miliki kepada para pembaca akan semakin efektif. yang perlu diperhatikan dalam pembuatan teks eksplanasi yang mudah dipamahi adalah diksi atau pemilihan kata yang tepat, membuat kalimat yang efektif, menggunakan paragraf yang baik dan sesuai, dan masih banyak lagi faktor-faktor yang perlu di perhatikan dan tidak saya jelaskan pada kesempatan kali ini.

Struktur Teks Eksplanasi Adalah

Struktur teks eksplanasi adalah komponen atau kerangka yang digunakan dalam menyusun teks eksplanasi. Dalam sebuah kepenulisan tentunya kita akan terlebih dahulu mengetahui struktur dari karya tulis yang akan kita tulis. dalam teks eksplanasi terdapat 3 bagian yang perlu dipahami sebelumnya. Berikut adalah uraian singkat dari ketiga struktur teks eksplanasi tersebut :

1. Penyataan Umum (General Statement)

General statement adalah bagian utama dari teks eksplanasi yang juga disebut dengan penyataan umum. penyataan umum hendaknya dibuat dengan semenarik mungkin,untuk menarik perhatian para pembaca dan meningkatkan rasa keingin tahuan pembaca, sehingga pembaca akan terus membaca teks eksplanasi yang kita buat sampai akhir. Permasalahan atau topik yang dibahas pada bagian awal ini adalah penjelasan mengenai "apa","mengapa" fenomena tersebut bisa terjadi.

2. Urutan Penjelasan (Sequence of Explanation)

Pada bagian kedua ini memuat penjelasan yang lebih mendalam tentang topik atau fenomena yang dijelaskan baik fenomena sosial atau fenomena alam. Urutan Penjelasan atau Sequence of Explanation  ini digunakan untuk menjawab pertanyaan "bagaiamana" terjadinya fenomena dan urutan sebab - akibat terjadinya fenomena tersebut. Pada umumnya, bagian kedua ini biasanya ditulis antara 2 - 4 parargraf, namun hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penulis.

3. Interpretasi dan Penutup (Interpretation and Closing)

Bagian ketiga ini merupkan bagian penutup dan interpratasi dari teks eksplanasi yang menjelaskan suatu fenomena yang terjadi. interpretasi berisi intisari atau kesimpulan dari fenomena yang telah kita bahas pada bagian-bagian sebelumnnya. dan pada closing terdapat saran dan tanggapan dari seorang penulis terhadap fenomena yang telah dijelaskannya tersebut.

Ciri - Ciri Teks Eksplanasi

Setiap sebuah karya tulis tentunya memiliki ciri tersendiri yang dapat membedakan antara jenis karya tulis satu dengan jenis karya tulis lainnya. Suatu karya tulis akan dapat dikatakan sebagai karya tulis teks eksplanasi apabila didalamnya terdapat ciri-ciri seperti dibawah ini:

1. Bersifat Informatif

Teks eksplanasi berifat informatif bukan persuasif atau yang lainnya. Penulis menggunakan teks eksplanasi untuk menginfomasikan suatu fenomena alam atau sosial yang terjadi kepada pembaca, bukan untuk menarik perhatian atau mengajak-ngaja para pembaca atau dengan tujuan yang lainnya yang selain dari informatif.

2. Tersetruktur

Teks eksplanasi memiliki struktur yang jelas dan harus di gunakan dalam pembuatan teks eksplanasi. strukturnya terdiri dari tiga bagian yaitu pernyataan umum, urutan penjelasan, dan closing seperti yang telah di jelaskan diatas.

3. Informasi Faktual

Informasi yang dimuat dalam teks eksplanasi adalah informasi yang di dasarkan pada fakta yang ada dan tidak di ada - adakan. Oleh karena itu, diperlukan adanya faktor kejujuran dalam membuat teks eksplanasi agar tidak terjadi konflik yang ditimbulkan akibat dari adanya infromasi yang tidak benar dalam teks eksplanasi tersebut.

4. Ilmiah dan Keilmuan

Informasi yang dimuat dalam teks eksplanasi adalah informasi yang ilmiah dan keilmuan. Maksudnya tidak lepas dari ranah teori ilmiah yang ada pada bidang keilmuan baik dibidang sains maupun sosial.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Teks eksplanasi singkat merupakan teks eksplanasi yang digunakan dalam menjelaskan suatu proses kejadian fenomena sosial atau fenomena alam secara singkat. Umunya, teks ini digunakan dalam media yang hanya memiliki space posting sedikit. Oleh karena itu, konten yang di tulis pun bersifat singkat, padat, dan berisi informasi secukupnya. Teks ini cenderung memiliki struktur yang bebas.

1.  Contoh Teks Eksplanasi Blue Fire Kawah Ijen

Blue fire atau dapat diartikan sebagai si api biru merupakan fenomena langka yang hanya ada dua di dunia. Satunya hanya bisa disaksikan di Islandia (Iceland), Eropa. Dan satunya berada di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Fenomena Blue Fire yang ada di Kawah Ijen ini mungkin sudah ada sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu.

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan dengan kedalaman danau 200 meter. Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang menjadi keunikan di tempat ini.

2. Contoh Teks Eksplanasi Tawuran

Tawuran (atau tubir) adalah salah satu bentuk fenomena sosial yang terbentuk dari kekerasan antar geng sekolah dalam masyarakat urban di Indonesia. Tindakan tersebut sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stress selama ujian. Tindakan tersebut terjadi bukan akibat dari faktor pribadi, melainkan berasal dari pengaruh lingkungan di sekitar serta prasangka dari masyarakat.

Seringkali, tawuran disebabkan oleh adanya masalah antar individu pelajar yang di bawa ke ranah kelompok yang merupakan teman dari mereka.Tawuran dapat menyebabkan korban luka hingga kematian.

3. Contoh Teks Eksplanasi Hujan

Hujan merupakan fenomena adalah yang umum terjadi diberbagai belahan dunia. Hujan sendiri merupakan sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi.

Umumnya, fenoma ini terjadi selama semusim dan umum disebut dengan musim hujan. Musim ini dicirikan dengan meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan hanya dikenal di wilayah dengan iklim tropis.

4. Contoh Teks Eksplanasi Mudik Lebaran

Mudik sendiri merupakan fenomena sosial berupa kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.

Mudik lebaran sudah terjadi puluhan tahun lamanya. Dan setiap mudik lebaran selalu dicirikan dengan kondisi jalan yang ramai, kemacetan, dan mulai terjadinya inflasi harga bahan - bahan pokok masyarakat.

5. Contoh Teks Eksplanasi Angin

Salah satu jenis fenomena alam yang sering kita jumpai setiap hari adalah angin. Angin sendiri merupakan proses aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.

Jika dalam kondisi panas maka udara akan memuai. Udara yang telah memuai mengakibatkan masa udara lebih ringan sehingga naik ke atas. Hal tersebut juga mengakibatkan tekanan udara turun kerena udaranya berkurang. Udara dingin di sekitarnya mengalir ke tempat yang bertekanan rendah tadi. Udara menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. Di atas tanah udara menjadi panas kembali dan udara tersebut pun memuai kembali. Itulah proses terjadinya hembusan angin dan yang menyebabkan terjadi musim hujan dan musim panas di indonesia.


Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Teks eksplanasi fenomena alam adalah teks eksplanasi yang khusus digunakan dalam menyampaikan proses terjadinya fenomena alam. Dalam sebuah definisi dikatakan bahwa fenomena alam adalah peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika, dan kemudian tak diciptakan oleh manusia, meskipun dapat memengaruhi manusia (mis. bakteri, penuaan, bencana alam). Contoh umum dari fenomena alam termasuk letusan gunung berapi, cuaca, dan pembusukan.

1.  Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Proses Terjadinya Pelangi


Ilustrasi Fenomena Pelangi

Pernyataan Umum (Pembuka)
Pelangi merupakan fenomena alam yang berupa busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Para ilmuan menganggap pelangi sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak indah di langit atau medium lainnya. Umumnya, pelangi akan muncul bagaikan busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan gerimis. Selain itu, pelangi juga sering tampak di sekitar air terjun yang jelas pada waktu siang hari.

Deretan Penjelas (Isi)
Pelangi merupakan salah satu efek cahaya matahari. Pelangi dan efek cahaya lain yang ada di langit di sebabkan karena adanya sinar cahaya matari yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Pada sore hari saat matahari mulai terbenam, warna langit dibagian barat akan menjadi merah. Hal tersebut dikarenakan cahaya sinar matahari melewati melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada tinggi di langit pada siang hari.

Fenomena pelangi tidak akan tampak dilangit pada sataa petang, malam hari, dan ketika cuaca mendung. Hal tersebut dikarenakan tidak ada cahaya matari yang dapat di biaskan sehingga munculnya warna pelangi dilangit. Oleh karena itu, penting adanya sinar matahari yang menjadi bakal terjadinya fenomena pelangi dilangit. Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan, kemudian di belokkan atau dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum.

Penutup (Interpretasi)
Pelangi tidak muncul saat petang, malam, dan waktu mendung. Namun pelangi hanya dapat muncul saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan terkesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Sinar matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus agar dapat menyaksikan terjadinya fenomena pelangi. Cahaya dengan panjang gelombang terpendek seperti ungu, terdapat di bagian kurva dan yang memiliki panjang gelombang terpanjang seperti merah terdapat pada bagian luar. Sering kita menganggap warna pelangi adalah mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, nila, ungu)

2. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

Proses Terjadinya Gerhana Matahari 


Ilustrasi gerhana matahari

Pernyataan Umum
Gerhana matahari adalah salah satu jenis fenomena alam yang ada di dunia ini yang hanya terjadi selama25 tahun sekali. Gerhana adalah suatu fenomena alam terhalangnya sinar matahari ke bumi oleh bulan. Hal tersebut di yang disebabkan bayangan yang dibentuk oleh bumi atau bulan terletak dalam satu garis. Terbentuknya gerhana sebagai akibat dari cahaya matahari yang terhalangi oleh bulan atau bumi. Akibatnya, disiang hari suatu daerah yang terkena gerhana matahari akan gelap sementara.

Deretan Penjelas
Proses terjadinya gerhana matahari diawali dengan bergeraknya bayangan bulan menutupi bumi dari cahaya sinar matahari. Pada saat itulah cahaya matahari tidak dapat secara langsung mengenai bumi karna terhalang oleh bulan.

Walaupun ukuran bulan lebih kecil dibandingkan dengan ukuran matahari, bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya. Hal tersebut di karenakan jarak bulan lebih dekat ke arah bumi dari pada ke arah matahari. Berdasarkan hasil penelitian, bulan yang berjarak rata-rata 384.400 kilometer dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang berjarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Penyebab terjadinya gerhana matahari adalah posisi bulan berada diantara matahari dan bumi pada saat fase bulan baru. Gerhana matahari sebagian terjadi saat penubra bulan menutupi suatu daerah di permukaan bumi sehingga hanya sebagian cahaya matahari yang sampai ke daerah tersebut. Hal tersebut juga mengakibatkan hanya tidak seluruh permukaan bumi terkena dampak dari gerhana matahari, namun hanya beberapa daerah saja.

Pada saat lintasan bulan yang tidak bulat, menyebabkan bayangan bulan tidak dapat mencapai permukaan bumi. Kondisi tersebut dapat dinamakan dengan gerhana matahari cincin. Saat umbra bulan menutupi suatu daerah dibagian bumi, maka akan terjadi gerhana matahari total di daerah bagian bumi tersebut, yang mengakibatkan kondisinya menjadi gelap di waktu siang. Waktu terjadinya gerhana matahari total adalah selama enam menit.

Interpretasi (Penutup)
Saat kita inging mengatami proses terjadinya gerhana matahari diperlukan adalanya pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tak langsung. Kaca mata sun glasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.

3. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Bulan


Ilustrasi proses gerhana bulan

Pernyataan Umum
Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang ada di bumi. Gerhana bulan sendiri merupakan proses hilangnya cahaya bulan karna sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hilangnya cahaya bulan tersebut diakibatkan oleh bumi yang berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Akibatnya, bulan tidak dapat memantulkan sinar matahai.

Deretan Penjelas
Fenoma tersebut diawali dengan berpindahnya bulan kebelakang bumi yang menutupinya dari sinar matahari. Namun karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5 derajat, maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node, yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika.

Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi yang lain. Maka seharusnya, jika terjadi gerhana bulan, akan diikuti dengan gerhana matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari dan bumi.

Interpretasi
Sebenarnya, pada peristiwa gerhana bulan ini, seringkali bulan masih dapat terlihat. Ini disebabkan masih adanya sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Itulah sebabnya pada saat terjadi gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa juga berwarna merah tempaga, jingga, ataupun coklat.

4. Contoh Teks Eksplanasi Petir

Proses Terjadinya Petir


Ilustrasi proses terjadinya petir

Pernyataan Umum

Petir atau juga yang disebut sebagai halilintar adalah fenomena alam yang sering terjadi pada saat musim penghujan. Petir berupa sambaran kilat berwarna putih menyilaukan yang tampak dilangit. Selain kilatan silau, petir juga diikuti dengan suara gemruh atau ledakan yang terdengar dahsyat dari langit dan sering membuat seluruh makhluk yang ada di bumi terkaget.

Deretan Penjelasan
Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada wan karena dia bergerak terus menerus secara teratur,dan selama pergerakannya dia aka berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada sisi sebaliknya.

Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar,maka akan terjadi pembuangan negatif dari awan ke bumi atau sebaliknya. Oleh karena itu, Petir juga sering dianalogikan dengan sebuah kapasitor raksasa,dimana lempeng pertama adalah awan dan lempeng kedua adalah bumi.

Munculnya sambaran kilat seringnya tidak bersamaan dengan suara ledakan petirnya. Hal tersebut dikarenakan adanya perbadaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya. Kecepatan cahaya petir akan lebih cepat sampai dibumi dari pada kecepatan suara petir

Interpretasi dan Penutup
Petir merukana salah satu fenomena alam yang sering kita jumpai di musim kemarau. hal tersebut dikarenakan pada saat udara ngandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasi turun dan arus lebih muda mengalir karen ada awan bermuatan negati dan awan bermuatan positif.

5. Contoh Teks Eksplanasi Hujan Es

Proses Terjadinya Hujan Es


Ilustrasi hujan es

Pernyataan Umu
Hujan es, dalam ilmu meteorologi disebut juga hail, adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat dingin di atmosfer pada lapisan di atas freezing level. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. Karena ukurannya, walaupun telah turun ke aras yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat tidak semuanya mencair.

Deretan Penjelas
Hujan es disertai puting beliung berasal dari jenis awan bersel tunggal berlapis-lapis (CB) dekat dengan permukaan bumi, dapat juga berasal dari multi sel awan , dan pertumbuhannya secara vertical dengan luasan area horizontalnya sekitar 3 – 5 km dan kejadiannya singkat berkisar antara 3 - 5 menit atau bisa juga 10 menit tapi jarang, jadi wajar kalau peristiwa ini hanya bersifat local dan tidak merata, jenis awan berlapis lapis ini menjulang kearah vertical sampai dengan ketinggian 30.000 feet lebih, Jenis awan berlapis-lapis ini biasa berbentuk bunga kol dan disebut Awan Cumulo Nimbus (CB).

Karena ikatan antar molekul es selaku benda padat jauh lebih kuat dari ikatan antar molekul air, maka es tersebut lalu jatuh dalam bentuk yg tidak beraturan, bisa sebesar kepalan tangan. Inilah fenomena terjadinya hujan es. Hujan es hanya terjadi di wilayah iklim dingin atau subtropics.

Interpretasi & Penutup
Oleh sebab itu hujan es jarang terjadi di daerah tropis seperti di Indonesia, sebab, angin thermis yg bertiup naik vertikal, adanya terutama didaerah tropis, dan subtropis (Filipina). Ini di karenakan Indonesia berada di daerah tropis, maka dari itu jarang bahkan jarang sekali di tempat kita, mengalami hujan es ini.


Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Teks eksplanasi bencana alam adalah teks eksplanasi yang digunakan untuk menjelaskan proses tenjadinya bencana alam. Dalam sebuah definisi dijelaskan bahwa bencana alam merupakan bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor. dan Pada umumnya bencana alam dapat merugikan kehidupan manusia baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

1.  Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Bencana Banjir di Musim Hujan

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir
Ilustrasi bencana banjir

Pernyataan umum (Pembuka)
Banjir adalah Banjir merupakan salah satu jenis bencana alam yang kerap terjadi di musim hujan. Banjir menimbulkan dampak negatif dalam keberlangsungan hidup manusia seperti kerusakan, gangguan kesehatan dan lain sebagainya. Lagi merupakan proses terjadinya luapan air akibat sungai yang tidak mampu lagi menampung volume air yang terlalu tinggi. Peristiwa meluapnya air tersebut kemudian  memasuki kawasan Pemukiman yang dihuni oleh manusia yang berada di dekat sungai.  Akibat dari luapan air tersebut adalah merusak harta benda, ternak, tanaman, serta kondisi pemukiman manusia yang ada di sekitar sungai.

Deretan penjelasan (Isi)
Penyebab terjadinya banjir yang utama adalah berasal dari curah hujan yang tinggi yang kemudian menjadi luapan air atau banjir.  Curah hujan yang tinggi mengakibatkan saluran penampungan air tidak mampu menampung volume air yang terlalu tinggi dan berlebihan. Kemudian kelebihan air yang tidak mampu di tampung oleh sungai, meluap ke permukaan - permukaan yang berada di sekitar sungai termasuk pemukiman - pemukiman manusia. Hal tersebut diperparah dengan semakin memburuknya kondisi saluran air ( Rusak atau tidak lancar). Semakin rusak saluran air, menyebabkan semakin sedikit volume air yang di tampung, kemudian menjadi sumber terjadinya banjir di musim hujan.

Penyebab kedua yaitu penebangan hutan secara liar tanpa memikirkan dampak yang akan ditimbulkan seperti banjir. Hutan memiliki fungsi sebagai daerah resapan air, menyimpan cadangan air yang berasal dari air hujan yang kemudian di salurkan ke pumikiman warga untuk lebih di manfaatkan. Apabila hutan terus di tebangi tanpa adanya penanaman kembali, maka hutan akan kehilangan fungsinya dan kemudian berubah menjadi penyebab terjadinya banjir. Tidak hanya banjir yang ditimbulkan akibat penebangan liar, namun juga tanah longsor.

Interpretasi (Penutup)
Sudah seharusnya manusia sadar akan lingkungan dan bersama - sama untuk menjaga kelestarian lingkuangan dalam rangka mencegah terjadinya bencana yang berdampak negatif bagi orang banyak. Kesadaran di mulai dari hal - hal yang kecil dan sederhana seperti tidak mengotori sungai dengan sampah, membersihkan lingkungan tempat tinggal dan sungai di sekitarnya, tidak mengeksploitasi hutan, dan lain sebagainya. Dengan melekuakan hal - hal tersebut sudah cukup memeberikan kontribusi dalam mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir.

2. Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Penyebab Terjadinya Gempa Bumi


Ilustrasi gempa bumi

Pernyataan umum (Pembuka)
Bencana alam berupa goncangan atau getaran permukaan bumi yang disebabkan adanya pelepasan energi secara tiba - tiba. Pelepasan energi tersebut akan menciptakan Gelombang seismik atau rambatan energi yang disebabkan karena adanya gangguan di dalam kerak bumi. Peristiwa alam tersebut sering terjadi di daerah yang dikelilingi lautan luas dan juga daerah yang berada di sekita gurung berapi.

Deretan penjelasan (Isi)
Penyebab terjadinya gempa bumi biasanya adalah adanya pergeseran kerak bumi dan letusan gurung berapi yang dahsyat. Gempa bumi umumnya terjadi dalam waktu yang singkat namun memiliki dampak yang begitu hebat. Semakin besar getaran gempa yang ditimbulkan, maka semakin luas rambatan dari getaran gempa tersebut. Gempa dengan sekala yang besar mampu menimbulkan getaran yang dapat menuju kesegala arah yang kemudian mengakibatkan timbulnya banyak korban jiwa, kerusakan bangunan, tanah longsor, dan lain sebagainya.

Terdapat dua jenis gempa jika kita tinjau dari segi penyebab terjadinya, yaitu gempa Vulkanik. dan gempa Tektonik. Gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang dahsyat yang menimbulkan getaran atau gempa dengan sekala besar. Gempa vulkanik tidak akan terjadi jika ada gunung yang meletus. Sedangkan gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan adanya pergeseran kerak bumi, atau kerak (lapisan) bumi yang menjadi lunak sehingga menimbulkan adanya pergerakan. Hal tersebut terjadi karena bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan. Lapisan - lapisan tersebut bergerak sangat perlahan sehingga terpecah - pecah dan bertabrakan satu sama lain (Teori Tektonik Plate). Hal itulah yang menyebabkan gempa bumi terjadi.

Interpretasi (Penutup)
Gempa bumi data terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal adanya perubahan musim. Konsentrasi gempa sangat tergantung dimana lokasi gempa tersebut terjadi yang di pengaruhi oleh kondisi lapisan bumi itu sendiri seperti pada batas PLAT PASIFIK. Tempat tersebut umumnya dikenal dengan lingkaran api. Hal tersebut dikarenakan Plat Pasifik di kelilingi oleh gunung - gunung berapi yang masih aktif.

3. Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Proses Terjadinya Bencana Tsunami

Proses Terjadinya Bencana Tsunami
Ilustrasi bencana tsunami

Pernyataan umum (Pembuka)
Tsunami adalah salah satu jenis bencana alam berupa gelombang laut dengan intensitas yang tinggi dan menerjang daerah - daerah yang berada di sekitar pantai. Tsunami mengakibatkan banyak korban jiwa, kerusakan bangunan, dan lain sebagainya. Penyabab terjadinya tsunami adalah gempa atau gunung meletus yang ada di tengah laut.

Deretan penjelasan (Isi)
Adanya aktivitas gempa atau adanya letusan gunung merapi di bawah laut mengakibatkan gelombang laut besar yang melesat dengan cepat menyapu wilayah pantai secara tiba - tiba. Gelombang tsunami terbentuk pada saat dasar laut permukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa. Pada saat itu juga keseimbangan air laut tergangu. Sesaat setelah terjadinya gempa di dasar laut, air laut akan mulai menyurut, kemudian kembali lagi menuju arah daratan dengan membentuk gelombang laut dengan intensitas tinggi (Gelombang Besar). Penyebab lain terjadinya tsunami adalah gunung berapi yang meletus di dasar laut. Semakin besar intensitas gelombang laut (ombak), maka akan semakin besar pula tingkat kerusakan yang ditimbulkannya.

Interpretasi (Penutup)
Bencana alam seperti tsunami memiliki dampak yang bergitu besar bagi keberlangsungan hidup manusia. Dampak terbesar tsunami terjadi saat gelombang laut menghantam pemukiman warga sehingga menghancurkan, menenggelamkan, merobohkan, membunuh, dsb apa - apa saja yang di lewatinya. Oleh karena itu, Kita semua harus tetap waspada akan terjadinya bencana tsunami.

4. Contoh Teks Eksplanasi Angin Puting Beliung

Proses Terjadinya Angin Puting Beliung

Contoh Teks Eksplanasi Angin Puting Beliung
ilustrasi angin putih beliung

Pernyataan umum (Pembuka)
Angin puting beliung merupakan salah satu kejadian fenomena alam yang terjadi karena adanya hubungan angin cumulus dengan gesekan tanah. Fenomena ini kerap kali terjadi di Indonesia. Kejadian angin puting beliung yang terakhir kali di Indonesia adalah di Situbondo, Jawa Timur baru-baru ini yang juga disertai hujan es.

Deretan penjelasan (Isi)
Angin puting beliung sendiri biasanya terjadi ketika musim pancaroba dan keluar saat siang ataupun sore hari. Karena angin ini memiliki kecepatan 63km perjam, angin ini dapat merusak berbagai macam bangunan, pohon, alat transportasi dan lain-lain. Sehingga, biasanya setelah terjadi angin puting beliung, kerugian yang dicapai tidaklah sedikit.

Proses terjadinya angin puting beliung adalah mulai dari fase tumbuh, yakni proses terjadinya hujan belum ada karena tertahan arus udara. Kemudian, ada fase dewasa dimana pada arus udara yang naik ataupun turun ini dapat timbul arus yang membentuk pusaran yang disebut juga angin puting beliung.

Interpretasi (Penutup)
Kemudian, akan terjadi fase punah dimana proses terjadinya awan juga akan membuat udara turun melemah dan berakhirlah proses angin puting beliung tersebut. Banyak ciri angin puting beliung yang dapat dirasakan sebelumnya, salah satunya yakni adanya udara yang panas, kemudian awan yang berlapis-lapis, serta munculnya awan hitam seperti cumolonimbus.

5. Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Proses Terjadinya Tanah Longsor


Ilustrasi tanah longsor

Pernyataan umum (Pembuka)
Tanah longsor adalah suatu peristiwa bencana alam yang terjadi dikarenakan pergerakan tanah atau masa batuan. Tanah longsor juga bisa dikatakan sebagai fenomena amblasnya tanah atau bebatuan dari suatu ketinggian. Adanya tanah longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pemicu dan faktor pendorong. Faktor pemicu adalah penyebab material bergerak sedangkan faktor pendorong merupakan penyebab kondisi material.

Deretan penjelasan (Isi)
Di Indonesia, ada beberapa daerah yang sering terjadinya tanah longsor terutama daerah-daerah yang sedikit adanya pepohonan. Selain faktor alam seperti gempa bumi atau curah yang tinggi yang menyebabkan terjadinya gempa bumi di Indonesia, ulah tangan manusia juga bisa termasuk penyebab terjadinya tanah longsor.

Biasanya yang paling sering terjadinya tanah longsor yaitu pada saat berlangsungnya musim hujan. Ketika hujan sudah reda, air yang berada dalam tanah akan mengalami penguapan. Adanya proses penguapan tersebut membuat struktur dalam tanah berongga yang mana ketika hujan turun kembali, air akan masuk ke dasar lereng dan membuat gerakan lateral yang menjadi penyebab tanah longsor. Dengan demikian, alangkah baiknya masyarakat selalu waspada di saat musim hujan. Ada beberapa cara penanggulan atau pencegahan tanah longsor yang bisa kita lakukan diantaranya yaitu dengan melakukan penanaman pohon supaya akar-akar pohon bisa menahan air yang masuk ke dalam tanah.

Sama seperti bencana besar lainnya, tanah longsor juga dianggap bencana yang bisa menimbulkan banyak kerugian. Beberapa kerugian tersebut yaitu menghilangkan nyawa para korban dan menyebabkan luka-luka bagi korban yang terkena dampak. Selain menimbulkan banyak korban, tanah longsor juga membawa kerugian materiil bagi penduduk sekitar diantaranya rumah dan persawahan yang pada akhirnya tertimbun oleh reruntuhan tanah.

Interpretasi (Penutup)
Oleh karena itu, ketika masa-masa musim hujan, hendaknya selalu waspada dan menjauhi tempat atau daerah yang rawan akan longsor, dan juga lebih baik mengungsi ke tempat yang lebih aman apabila curah hujan cukup tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Teks eksplanasi fenomena sosial adalah teks eksplanasi yang digunakan dalam menjelaskan proses terjadinya fenomenas sosial di masyakat secara umum. dana sebuah definisi, fenomena sosial diartikan sebagai gejala sosial atau peristiwa sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Contoh fenomena sosial seperti Kegiatan mudik lebaran, Angka kriminalitas yang tinggi, Prostitusi, Korupsi. Terdapat anak jalanan, Pencemaran air, Tawuran, Kepadatan penduduk dan lain sebagainya.

1. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pengangguran

Masalah Pengangguran di Indonesia

Masalah Pengangguran di Indonesia
Ilustrasi pengangguran di indonesia

Pernyataan Umum
Fenomena sosial yang berkaitan erat dengan masalah ketenagakerjaan adalah pengangguran. Pengangguran terjadi tidak hanya di negara indonesia saja, namun juga mencakup seluruh dunia. Setiap negara menjadikan masalah pengangguran sebagai permasalah yang utama untuk ditumpas.

Masalah pengangguran bagaikan penyakit kronik yang menyerang kehidupan masyarakat negara. Banyak kebijakan, tindakan, formula penangan yang diambil oleh seluruh kalangan pemerintahan, namun belum memunculkan hasil seperti yang diharapkan.

Urutan Penjelasan
Permasalahan yang kronis tentang pengangguran, disebabkan oleh adanya beberapa faktor. Pertaman, Pengangguran biasanya disebabkan oleh adanya struktural dalam perekonomian yang akan berdampak pada tenaga kerja yang memiliki tingkat keterampilan yang berbeda pula. Sehingga, kualifikasi yang dimiliki oleh pencari kerja tidak memenuhi tuntutan yang ada.

Kedua, angka pengangguran akan dapat meningkat apabila terjadi antara pencari kerja dan ketersediaan kesempatan kerja atau lapangan pekerjaan. Ketiga, Pengangguran dapat disebabkan oleh adanya pemutusan hubungan kerja terhadap para karyawan dan para buruh.

Pengangguran yang terjadi dalam sebuah wilayah masyarakat akan menimbulkan akibat buruk. Angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan tetap maka tidak memiliki bayaran sebagai penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya.

Jika terjadi jumlah pengangguran yang terus meningkat mengakibatkan kekacauan sosial, inflasi dengan intensitas tinggi, dan akan meningkatkan jumlah gelandangan secara pesat. Hal tersebut akan memicu pertumbuhan para pelaku kriminal dalam wilayah masayarakat.

Penarikan Kesimpulan
Berdasarkan uraian tentang pengangguran diatas, dapat kita simpulkan bahwa pengangguran merupakan permasalahan yang kronis yang harus dicarikan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Langkah nyata yang dapat diambil adalah memperbaikan kualitas lulusan sarjana sebagai angkatan kerja yang harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.

Selain itu yang paling penting adalah memperbaiki komposisi kesempatan kerja atau lapangan pekerjaan. Adanya kondisi kesempatan kerja atau lapangan kerja yang baik dan layak, akan meminimalisir angka kekerasan sosial.

2. Contoh Teks Eksplanasi Kemiskinan

Dinamika Kemiskinan

Contoh Teks Eksplanasi Kemiskinan
Ilustrasi kemiskinan

Pernyataan Umum
Salah satu fenomena sosial yang paling sering kita temu ada kemiskian. Kemiskinan itu sendiri merupakan kondisi mayasarakat dengan atau tanpa pendapatan perkapita yang rendah hingga mendekati nol. Hal tersebut mengakibatkan mereka  tidak dapat memenuhi kebutuhan sandang, papan, pangan dalam kehidupan sehari - harinya. Kondisi yang lebih buruk, sering dijumpai kalangan masyarakat miskin yang demikian memiliki tempat tinggal yang tidak layak seperti gubuk, kolong jembatan, bantaran kali. Sering juga mereka membangun tempat tinggal di atas tanah milik negara dan kemudian tergusur oleh kebijakan - kebijakan daerah.

Urutan Penjelasan
Kemiskinan merupakan fenomena sosial yang terjadi tidak hanya di indonesia, hampir diseluruh penjuru dunia dan seringnya banyak negara-negara berkembang yang mempunyai masalah ini. Fenomena kemiskinan disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu keterbatasan akses pendidikan dan akses lapangan kerja yang ada dalam suatu daerah tersebut. Peningkatan angka kesimkinan di indonesia umumnya disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

  • Penyebab individual, atau patologis, aspek ini melihat kemiskina merupakan sebagai akibat dari adanya perilaku, pilihan, atau kemampuan dari si miskin. Contoh dari perilaku dan pilihan adalah golongan masyarakat yang membelanjakan uangnya dan  tidak mengukur pemasukan.
  • Penyebab agensi, aspek ini meninjau kemiskinan merupakan sebagai akibat dari adanya aksi orang lain seperti perang, pemerintahan, dan ekonomi. beberapa contoh terkait dengan aspek ini seperti upah tenaga kerja yang dikendalikan oleh orang lain, perbudakan, dan lain sebagainya.
  • Penyebab sub-budaya (subcultural), Aspek ini mengkorelasikan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari seperti meniru, tergoda dengan temannya, iri, dan lain sebagainya. Contoh dari aspek ini seperti masyarakat yang mudah tergoda dengan keadaan tetangganya.
  • Penyebab struktural, Aspek struktural memandang bahwa kemiskinan merupakan produk hasil dari struktur sosial. 
  • Penyebab keluarga, Jumlah keluarga yang melebihi kemampuan keluarga dalam memberikan akses kebutuhan sandang, papan, pangan, serta pendidikan layak kepada seluruh anggota keluarganya Aspek keluarga memandang kemiskinan berkolasi dengan jumlah dan tingkat pendidikan. 

Kemiskinan mengakibatkan berbagai persoalan ekonomi dan sosial. Sehingga apabila jumlah kemiskinan banyak, pasti akan timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkatkan dan potensi kriminal semakin tinggi.

Interpretasi
Oleh karena itu, pemerintah penting untuk mengeluarkan kebijakan dalam meminimalisir tingkat kemiskian yang berdampak negatif terhadap suatu negara. hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan perhatian terhadap faktor - faktor penyebab terjadinya kemiskinan yang sudha dijelaskan diatas.

Jika kita bisa dan mau menerima serta bersyukur terhadap apa yang dimiliki. Sifat-sifat buruk seperti yang disebut diatas harus kita hilangkan, dan kerjasama pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam menghilangkan kemiskinan di Indonesia.

3. Contoh Teks Eksplanasi Gotong Royong

Pentingnya Gotong Royong

Contoh Teks Eksplanasi Gotong Royong
Ilustrasi gotong royong

Pernyataan umum
Gotong royong merupakan fenomena sosial yang berkembang dimasyarakat sejak dahulu. Gotong royong itu sendiri merupakan aktivitas sosial yang berasaskan kekeluargaan, kebersamaan dan saling tolong menolong dalam segala keperluan. Dari fenomena tersebut kita sebagai anggota masyarakat memperoleh suatu pelajaran yang menarik dalam bersosial, bahwa  segala sesuatu permasalahan akan dapat mudah diselesaikan apabila dikerjakan bersama secara gotong royong. Baik itu, mengatasi banjir, mengatasi tanah longsor, dan lain sebagainya.

Deretan penjelas
Gotong royong diawali oleh kepentingan bersama. dimana dalam aktifitas tersebut terdapat tujuan yang akan bermanfaat kepada orang lain. Tidak hanya terbatas pada kepentingan bersama, kepentingan pribadipun dapat dikerjakan secara gotong royong dengan bantuan para tetangga, kerbat dekat, dan mayasarakat lain dengan asas kekeluargaan.

Akktifitas yang dikerjakan bersama secara gotong royong akan memberikan kemudahan dan lebih cepat selesai. Selain itu, gotong royong juga akan lebih mempererat tali persaudaraan antar anggota masyarakat karna mereka sadar, sebagai makhluk sosial mereka tidak dapat untuk hidup sendiri.

Contoh gotong royong seperti kerja bakti mendirikan pos ronda. Gotong royong juga dilaksanakan untuk kepentingan individu setiap masyarakat. Contohnya, jik ada seorang warga yang mengadakan hajatan, maka warga yang lain ikut membantu. Aktiftas tersebut akan terus bergantian dalam berbagai macam kebutuhan.

Interpretasi
Oleh karena itu, marilah budayakan bergotong royong dalam bermasyarakat, karena dalam budaya gotong royong dapat diambil pelajaran bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan manusia merupakan makhluk sosial. dengan begitu urusan akan lebih cepat selesai dengan mudah.

4. Contoh Teks Eksplanasi Kenakalan Remaja

Faktor yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja

Contoh Teks Eksplanasi Kenakalan Remaja
Ilustrasi Kenakalan Remaja

Pernyataan Umum
Kenakalan remaja adalah salah satu fenomena sosial yang berkembang saat ini dimana kenakalan remaja merupakan suatu perilaku menyimpang (dalam artian negatif) yang dilakukan oleh remaja yang itu diangkap nakal oleh beberapa kalangan dewasa karena dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Dan mirisnya para remaja tidak merasa iba akan perbuatannya malah mereka bangga atas apa yang dia telah lakukan

Urutan Penjelasan
Terdapat banyak banyak hal yang berkaitan dengan kasus yang dilakukan oleh para remaja remaja, baik itu perorangan atau berkelompok, hal yang kecil sampai yang besar dan berakibat pidana. Kenakalan remaja bisa berwujud pergaulan bebas, vandalisme, pelecehan,aksi bullying, sampai dengan kasus yang melibatkan korban tewas, seperti pembunuhan. 

Menurut beberpa pengamat, Kenakalan remaja yang berkembang saat ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, Faktor internaln. Pada umumnya kenakalan remaja berasal dari perilaku keluarga yang kurang baik, perekonomian keluarga, perceraian, perselingkuan, broken home, merasa tidak diperhatikan, mau pun gangguan jiwa orang tersebut. Kedua, faktor eksternal. Kenakalan remaja umumnya terjadi diakibatkan oleh perngaruh sosial dari luar seperti pergaulan remaja yang salah, masyarakat yang acuh, pengaruh teman yang kurang baik dan lain sebagainya.

Faktor internal dan eksternal yang kurang baik dapat memberikan dampak buruk terhadap orang lain dan remaja itu sendiri. Seorang remaja yang nakal akan lebih mudahmarah, sakit keras yang disebabkan dari pola hidup tidak sehat, dibenci orang lain, anti sosial, suka mengganggu orang lain, bertindak kriminal,  susah mendapat pekerjaan. Sedangkan dampak buruk pada orang lain yang ditimbulkan oleh kenakalan remaja dapat berupa kehilangan harta benda bahkan mengancam jiwa orang lain, ketakutan pada diri korban, dan kerusakan.

Interpretasi
Oleh karena itu, penting bagi keluarga dan pihak sekolah untuk memproteksi para remaja dari hal - hal yang ditimbulkan oleh pengaruh sosial yang negatif. Proteksi tersebut dapat berupa memberikan aktifitas positif terhadap ara remaja seperti penanaman budaya gotong royong, menanamkan nilai - nilai pesantren, care terhadap lingkungan, safety riding dan lain sebagainya.

5. Contoh Teks Eksplanasi Sampah

Bahaya Sampah dalam Kehidupan

Contoh Teks Eksplanasi Sampah
Ilustrasi Sampah

Sampah merupakan barang atau benda yang sudah rusak atau tidak digunakan lagi oleh masyarakat. Keberadaanya yang semakin banyak dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Berdasarkan jenisna, sampah di bagi menjad dua yaitu organik dan anorganik.

Sampah organik merupakan jenis sampah yang mudah terurai dengan cepat oleh alam seperti sisa makanan, sayuran, dan daun-daun yang kering. Sedangkan sampah anorganik merupakan jenis sampah yang tidak mudah terurai dalam waktu yang pendek. Yang termasuk dalam kategori sampah anorganik adalah plastik, botol, kaleng, dan sebagainya.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat : 
Sampah memiliki pengaruh negatif yang besar terhadap lingkungan dan juga terhadap kesehatan masyarakat. Populasi sampah yang terus meningkat dapat mengancam bagi kehidupan. Saat ini telah banyak penyakit baru yang bermunculan akibat dari adanya sampah yang kurang dikelola dengan baik. Hal tersebut sangat merugikan kita semua

Sampah organik yang berupa sayuran, sisa makanik, dan lain, yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan bau busuk yang membahayakan pernafasan manusia. Selain itu, sampah - sampah tersebut akan menimbulkan banyak penyakit yang membahayakan kesehatan manusia. Begitu juga sampah organik jika tidak diekelola dengan baik akan mengakibatkan tumbulnya penyakit dan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Sampah yang dibuang ke sungai secara terus-menerus, akan membuat air sungai menjadi sulit mengalir, dan lama-kelamaan air sungai meluap.

Interpretasi :
Banyak sekali dampak yang dapat dirasakan jika kita selalu membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, penting adanya pengelolaan sampah yang baik untuk menghindarkan lingkungan dan masyarakat dari berbagai macam penyakit den bencana alam.

Pengelolaan tersebut dapat dimulai dari hal yang paling kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk atau kompos untuk tanaman dan sampah anorganik dapat diolah kembali untuk menjadi barang yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Teks eksplanasi budaya adalah teks eksplanasi yang digunakan untuk menjelaskan proses budaya dalam suatu daerah dengan jelas. Dalam sebuah definisi, budaya diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Contoh budaya yang berkembang di masyarakat indonesia seperti tari daerah, musik daerah, acara adat, yamko rambe yamo, pesta bakar baru, upacara potong jari, dan lain sebagainya.

1.  Contoh Teks Eksplanasi Wayang

Budaya Wayang Jawa

2. Contoh Teks Eksplanasi Batik

Keunikan Batik Jogja

3. Contoh Teks Eksplanasi Bali

Budaya Bali

4. Contoh Teks Eksplanasi Banyuwangi

Budaya Banyuwangi

5. Contoh Teks Eksplanasi Kuda Lumping

Budaya Kuda Lumping

Comments


EmoticonEmoticon