7+ Resep Sambal Matah Paling Enak, Mantap, dan Sederhana

Daftar Isi [Tutup]
    Resep Sambel Matah - Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan selera makan. Dari sekian orang, beberapa memanfaatkan sambal untuk meningkatkan selera makan. Dan itu sudah menjadi salah satu trik yang seringkali digunakan dan terbukti worth it.

    Ada banyak macam jenis sambal yang dapat kamu sajikan bersama dengan makanan favoritmu. Namun, saat kamu sudah mulai bosan dengan menu sambal biasanya seperti sambal bawang, mungkin kamu perlu mencoba sambal matah yang satu ini.

    Apaan sih sambal matah itu ? Sambal matah merupakan salah satu sambal tradisional khas Bali. Matah sendiri artinya adalah mentah. Jadi sambal matah memang jenis sambal yang diolah dengan bahan mentah tanpa digerus.

    Aroma khas dengan rasa bawang merah, dikreasikan dengan irisan cabai segar, memberikan sensasi berbeda dan lebih menggugah selera saat menyantap hidangan favoritmu. Selain itu, bahan-bahan yang cukup mudah untuk di peroleh, membuatnya di rumah menjadi suatu hal sangat mungkin dilakukan.

    Kumpulan Resep Sambal Matah Enak dan Sederhana

    Existensi sambal matah menjadi salah satu menu tambahan favorit, telah dikenal sampai berbagai penjuru, khususnya bagi kamu kamu yang doyan banget makan sambel. Karena cocok untu di santab dengan hidangan apapun, sambal matah memiliki banyak variasi resep yang telah di kreasikan.

    Memang terdapat beberapa variasi dari pembuatan sambal matah itu sendiri. Namun, dari sebegitu banyaknya, kamu bisa memilih dan mencontoh salah satu resep yang sudah saya pilih di bawah ini.

    1. Sambal Matah Bali


    Kita tahu bahwa sambal matah memang memiliki cita rasa yang khas yang lahir dari kreasi tangan masyarakat bali. Menggunakan bahan sambal yang tak jauh berbeda dengan jenis sambal lainnya, dengan sedikit sentuhan tangan kreatif, sambal matah menjadi lebih enak dan menarik untuk di sajikan bersama makanan favorit anda.

    Sudah banyak para pencinta sambal yang terbuai akan kelezatannya. Pembuatan sambal yang mudah untuk dilakukan, menyajikan sambal matah ini bisa kamu lakukan dirumah. Berikut adalah resep dan cara membuat sambal matah khas bali ini.

    Resep Sambal Matah Bali

    Dibawah ini adalah bebapa bahan dan alat yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat sambal matah. Tidak susah untuk memperolehnya, cukup datang saja ke toko - toko kelontong dekat rumah kamu atau memanfaatkan bahan - bahan dapur yang sudah ada.

    Bahan - Bahan
    • 15 Buah cabe rawit merah (Sesuai selera)
    • 8 Butir bawang merah
    • 2 Batang sereh (gunakan bagian dalam yang berwarna putih saja)
    • 1 Helai Daun jeruk purut
    • 3 Sdm minyak goreng
    • 1 Sdm air jeruk nipis
    • 1 Pucuk Sdm Garam (Sedikit saja)
    • 1 Pucuk Sdm Gula (Sedikit saja)
    Alat - Alat
    • 1 Sendok untuk Mengaduk
    • 1 Pisau
    • 1 Mangkuk Kecil Saji
    • Teflon

    Cara Membuat Sambal Matah Bali

    1. Cuci semua bahan sambal matah seperti bawang, cabe, bagian sereh, dan daun jeruk purut hingga bersih, kemudian tiriskan.
    2. Gunakan pisau untuk mengiris halus semua bahan yang telah dibersihkan tadi, lalu masukkan kedalam mangkuk
    3. Tambahkan sedikit garam, gula, air jeruk nipis yang telah di persiapkan. Aduk rata semua bahan menggunakan tangan hingga tercampur sempurna. Remas dan tekan secara perlahan. Boleh menggunakan sarung tangan plastik agar tidak kepedesan.
    4. Panaskan minyak goreng menggunakan teflon. Kemudian siramkan minyak panas tersebut ke dalam campuran mangkuk berisi bahan - bahan sambal matah tadi. Kemudian aduk rata menggunakan sendok. 
    5. Sambal matah pun siap untuk di santab bersama hidangan utama. Tidak susah untuk membuatnya bukan? 😄

    2. Sambal Matah KFC


    Ayam KFC merupakan salah satu jenis olahan ayam yang di balut dengan tepung khusus. Memiliki tekstur yang cruncy dan rasa yang lezat, menjadikan salah satu alasan mengapa ayam ini banyak di minati oleh banyak kalangan.

    Pada umumnya, kita menikmati ayam KFC menggunakan sambal saus, namun belakangan ini ayam KFC juga bisa di santab dengan menggunakan sambal matah loo. Rasanya sedap, pedas, gurih, dan segar tentunya. Karena memanfaatkan bahan dan bumbu yang segar. Kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah resep sambal matah ala KFC:

    Resep Sambal Matah KFC

    Dibawah ini merupakan bebapa bahan dan alat yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat sambal matah. Kamu dapat menggunakan bahan dan alat yang sudah ada di rumah.

    Bahan - Bahan
    • 1 Potong Ayam Goreng KFC (Enak bagian dada)
    • 5 Buah Cabai Rawit Merah
    • 5 Buah Cabai Rawit Hijau
    • 8 Siung Bawang Merah
    • 1 Batang Sereh (ambil bagian dalam yang warna putih)
    • 1/2 Buah Jeruk Limau
    • 2 Lembar Daun Jeruk purut
    • 1/2 Sdt Garam
    • 1/4 Sdt Gula Pasir
    • Terasi Scukupnya
    • 3 Sdm Minyak Goreng
    Alat - Alat
    • 1 Set Cobek dan Uleg - Uleg
    • 1 Sendok untuk Mengaduk
    • 1 Mangkuk Kecil Saji
    • 1 Pisau

    Cara Membuat Sambal Matah KFC

    1. Cuci semua bahan sambal matah seperti bawang, cabe, bagian sereh, dan daun jeruk purut hingga bersih, kemudian tiriskan.
    2. Iris tipis semua bahan yang telah dibersihkan tadi dengan menggunakan pisau dapur. Kemudian masukkan kedalam Cobek.
    3. Bubuhi dengan garam, gula, air jeruk nipis yang sudah siap. Kemudian Aduk rata semua bahan menggunakan dengan cara meremas dan menkan secara perlahan agar semua bahan tercampur dengan sempurna. Kamu dapat menggunakan sarung tangan plastik agar tidak kepedesan.
    4. Panaskan minyak goreng menggunakan teflon. Kemudian siramkan minyak panas tersebut ke dalam campuran mangkuk berisi bahan - bahan sambal matah tadi. Lalu aduk rata rata kembali. 
    5. Letakkan minimal 1 potong Ayam KFC diatas sambal matah yang sudah siap tadi. Bebas bagian apa saja, boleh paha atau dada ayam. Kemudian gunakan Uleg - uleg untuk menhancurkan ayam KFC.
    6. Sajikan bersama Nasi Hangat bersama suami tercinta.

    3. Sambal Matah Ayam Geprek


    Ayam gprek merupakan salah satu jenis olahan ayam yang dibalut dengan tepung khusus dan kemudian dilumat bersama dengan sambel. Jenis makanan yang berasal dari jogja ini telah menjadi hidangan populer yang dapat ditemukan di hampir semua kota besar di Indonesia.

    Sambal yang umum digunakan adalah sambal bajak dan sambal bawang. Namun, ada juga para koki kreatif yang mengkreasikan ayam geprek bersama dengan sambal matah khas bali. Kamu penasaran dengan rasanya ? Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dan rasakan sensasinya. berikut adalah resepnya.

    Resep Sambal Matah Ayam Geprek

    Jangan dikira bahan dan alat untuk membuat sambal matah ayam geprek itu susah. Karena memang memperoleh bahan - bahan tersebut itu mudah banget. Bahkan mungkin kamu sudah mempunyainya dirumah. berikut adalah bahan - dan alat yang perlu kamu persiapkan.

    Bahan - Bahan
    • 1 Potong Ayam Goreng 
    • 1 Siung Bawang Putih.
    • 10 Siung Bawang Merah.
    • 6 Buah Cabe Rawit.
    • 3 Batang Serai (Ambil bagian dalam yang warna putih)
    • 2 Lembar Daun Jeruk.
    • 1 Buah Jeruk limau.
    • 1 Sdt Terasi
    • Garam secukupnya.
    • Gula secukupnya
    • 2 Sdm minyak goreng
    Alat - Alat
    • 1 Set Cobek dan Uleg - Uleg
    • 1 Sendok untuk Mengaduk
    • 1 Mangkuk Kecil Saji
    • 1 Pisau

    Cara Membuat Sambal Matah Ayam Geprek

    1. Pertama kamu harus mencuci bersih semua bahan sambal matah seperti bawang, cabe, bagian sereh, dan daun jeruk purut, kemudian tiriskan.
    2. Gunakan pisau untuk mengiris tipis semua bahan yang telah dibersihkan tadi dengan menggunakan pisau dapur. Kemudian tuangkan kedalam Cobek.
    3. Taburkan garam, gula, air jeruk nipis yang sudah siap. Kemudian Aduk rata semua bahan menggunakan dengan cara meremas dan menkan secara perlahan agar semua bahan tercampur dengan sempurna. Kamu dapat menggunakan sarung tangan plastik agar tidak kepedesan.
    4. Panaskan 2 sdm minyak goreng menggunakan teflon, lalu tumis trasi sejenak hingga harum. Hancurkan trasi dan campur dengan minyak goreng. Kemudian cairan campuran minyak dan trasi tadi kedalam cobek berisi sambal matah. Aduk rata kembali.
    5. Letakkan minimal 1 potong Ayam goreng (Boleh Ayam Krispi, atau Ayam Goreng Bumbu Biasah) diatas sambal matah yang sudah siap. Bebas bagian apa saja, boleh paha atau dada ayam. Kemudian gunakan Uleg - uleg untuk melumat ayam goreng tersebut atau bahasa lainnya Meng-Geprek ayam. hehe
    6. Segera sajikam ayam geprek sambal matah yang telah kamu buat selagi panas. dan rasakan sensasi pedas Hotnya.

    4. Sambal Matah Kecombrang


    Salah satu jenis tumbuhan rempah yang juga dapat memberikan cira rasa gurih pada berbagai macam masakan adalah kecombrang. Kecombrang sendiri adalah tumbuhan rempah berbentuk terna yang bunga, buah, dan bijinya yang dimanfaatkan sebagai bumbu bahan sayuran. Saat rempah kecombrang ini digunakan sebagai bumbu masak, maka akan menghasilkan aroma segar dan gurih pada hidangan masakan tumis, berkuah bahkan olahan sambal sambal

    Saat sambal matah di kreasikan dengan rempah kecombrang ini, maka jelas di sebut dengan sambal matah keconbrang, hehe. Namun, masak kamu gak penasaran sih dengan rasa gurih segarnya ? kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah lo. Berikut adalah resep sederhananya:

    Resep Sambal Matah Kecombrang

    Susah gak ya memperoleh bahan dan cara membuatnya ? jawabannya adalah enggak sama sekali. Karena semua bahan sudah ada di dapur. Tinggal kamu berdiri, berangkat ke dapur, dan lalu action. Semoga sukses,

    Bahan - Bahan
    • 10 Cabe merah kecil
    • 2 Cabe merah kriting
    • 1 Cabe merah besar
    • 7 Siung bawang merah
    • 2 Batang serai
    • 2 Helai daun jeruk
    • 2 Batang batang kecombrang
    • 2 Buah Jeruk Limau
    • 1/2 Sdt Terasi
    • 1/2 Sdt Garam
    • 1/2 Sdt Gula
    • 4 Sdm Minyak goreng
    Alat - Alat
    • 1 Set Cobek dan Uleg - Uleg
    • 1 Sendok untuk Mengaduk
    • 1 Mangkuk Kecil Saji
    • 1 Pisau

    Cara Membuat Sambal Matah Kecombrang

    1. Langkah awal kamu harus mencuci bersih batang kecombrang, kupas kulit hijaunya, iris tipis bagian tengah yg putih, kemudian rendam dalam air sejenak.
    2. Cuci bersih semua bahan sambal matah seperti bawang merah, cabe rawit, cabe kriting, cabe merah besar, daun jeruk, barang serai. Kemudian iris tipis semuanya menggunakan pisau. Lalu masukkan dalam wadah terpisah (dengan kecombrang).
    3. Silahkan ambil dan remat-remat batang kecombrang yang telah direndam tadi. Lalu bilas menggunakan air dan sedikitgaram, untuk menjadikannya bertekstur lembut.
    4. Masukkan kecombramg kedalam irisan semua bahan tadi. Kemudian campur dan remat menggunakan tangan. Jangan lupa gunakan sarung tangan plastik agar tidak kepedesan tangan kamu.
    5. Bubuhi campuran sambal matah kecombrang tadi dengan garampenyedap, gula, dan perasan jeruk limau. 
    6. Panaskan minyak goreng, tumis terasi dan hancurkan bersama minyak goreng. Siram saat panas kedalam sambal matah
    7. Lebih baik segera kamu sajikan saat suamimu sedang lapir. dan dijamin kamu akan semakin disayang. heheh


    5. Sambal Matah Tomat


    Salah satu jenis sambal legendaris yang sangat dicintai oleh masyarakat indonesia dari kalangan desa sampai kota, dari yang tua sampai yang muda, dari yang punya duit sampai yang gak punya duit adalah sambal tomat. Hehe. Benar, sambal tomat memang sambal legendaris yang tidak dapat dipungkiri lagi existensinya. Dimanapun tempatnya, entah itu dirumah, di restoran, di warteg, pasti ada yang namanya sambel tomat.

    Namun, mungkin karena keseringan makan sambal tomat kamu menjadi bosan dan ingin merasakan sambal - sambal lainnya. Tapi kamu masih tetap suka sambal tomat, terus gimana dong ? Mungkin kamu bisa mencoba kreasi sambal matah tomat yang satu ini. Seger, gurih, pedas, kecut, sedap. Pengen kan ? kamu bisa membuatnya sendiri dirumah kok. Nah berikut adalah resepnya

    Resep Sambal Matah Tomat

    Cara ngebuatnya susah apa enggak ? jawabannya adalah enggak. Sama kayak kamu membuat sambal tomat pada umumnya. yang beda hanyalah takaran dan metode membuatnya.

    Bahan - Bahan
    • 2 Biji Tomat merah
    • 10 Cabe merah kecil
    • 2 Cabe merah kriting
    • 1 Cabe merah besar
    • 4 Bawang merah 
    • 2 Bawang putih
    • 3 Sdm Minyak goreng
    • 1 Buah Jeruk nipis
    • 1/2 Sdt Gula pasir
    • 1/2 Sdt Garam
    • 1/2 Sdm Kaldu Bubuk
    • 1/2 Sdt Kemiri Bubuk
    Alat - Alat
    • 1 Sendok untuk Mengaduk
    • 1 Mangkuk Kecil Saji
    • 1 Set Cobek dan Uleg - Uleg
    • 1 Pisau

    Cara Membuat Sambal Matah Tomat

    1. Silahkan cuci bersih semua bahan sambal matah tomat seperti bawang, cabe, bagian sereh, dan daun jeruk purut, tomat, kemudian tiriskan.
    2. Iris tipis semua bahan (kecuali tomat) yang telah dibersihkan tadi dengan menggunakan pisau dapur. tuangkan kedalam Cobek. 
    3. Iris-iris tomat pada wadah terpisah. Masukka kedalam cobak. Cukup diaduk sampai rata.
    4. Bubuhi campuran sambal matah tomat dengan garam, gula, dan perasan jeruk. 
    5. Panaskan minyak menggunakan teflon, tuangkan pada pada wadah yang berisi campuran sambal matah tomat. Aduk rata hingga semua tercampur sempurna
    6. Hidangkan sambal matah tomat ini saat menyantap hidangan favorit bersama pasanga tercinta.

    6. Sambal Matah Manado


    Sambal matah yang dikenal berasal dari bali ini, juga di kenal sebagai sambal dabu - dabu di manado. Atau dengan kata lain sambal matah juga disebut dengan sambal dabu - dabu. Dengan alasan beda lokasi. Namun, menurut beberapa pencinta sambal, itu sih sama aja. Namun, merunurut saya pribadi sih bedanya terletak pada penggunaan tomatnya.

    Kalau sambal matah asli khas bali tidak menggunakan tomat dalam penyajiannya. Namun, untuk sambal matah khas manado atau disebut juga sambal dabu - dabu, menggunakan tomat dalam penyajiannya. Seperti apa rasanya sambal matah manado itu? penasaran bukan? silahkan membuatnya di rumah dengan mengikuti resep dibawah ini.

    Resep Sambal Matah Manado

    Pertama kamu harus mempersiapkan bahan - bahan untuk membua sambal matah manadonya. Hampir mirip dengan bahan - bahan sambal pada umumnya kok. Jadi, gak ada alasan untuk bilang bahwa membuat sambal ini susah. hehe.

    Bahan - Bahan
    • 5 biji cabe rawit hijau 
    • 7 Biji cabe rawit merah
    • 1 Biji tomat hijau 
    • 1 Biji tomat merah
    • 5 Siung bawang merah
    • 1 Buah jeruk nipis
    • 1/2 sdm garam
    • 1/2 sdm gula pasir
    • 2 sdm minyak goreng 
    Alat - Alat
    • 1 Sendok untuk Mengaduk
    • 1 Mangkuk Kecil Saji
    • 1 Pisau
    • 1 Teflon 

    Cara Membuat Sambal Matah Manado

    1. Awal bersihkan dengan mencuci cabe rawit, tomat, dan bawang merah. Kemudian cabe rawit diiris agak serong, tomat diiris dadu, bawang merah diiris memanjang. 
    2. Masukkan semua bahan yang telah diris kedalam mangkuk kecil.
    3. Bubuhi dengan bumbu lainnya seperti garam gulan, dan perasan air jeruk limau.
    4. Panaskan minyak goreng dan campurkan pada sambal matah atau disebut juga dabu dabu.
    5. Sambal matah manado pun siap untuk diimakan dengan ikan goreng, ikan bakar dan lain - lain bersama dengan kekasih tercintamu.

    7. Sambal Matah Pete


    Biji pete banyak dikonsumsi dan digemari oleh masyarkat indonesia saat masih muda, baik segar (mentahan) maupun direbus. Pete sendiri memiliki aroma khas, bukan bau dan saya suka sekalini makan pete ini. Umumnya, pete sendiri digunakan sebagai pelengkap hidangan bersama dengan sambal. Wuiihh rasanya manteb gila pokoknya dah. 

    Ada beberapa koki kreatif yang demen banget makan pete kemudian dia mengkreasikan sambal matah ini dengan pete. Malah tambah gila itu rasanya. Penasaran ? ikuti resep di bawah ini untuk membuatnya di rumah kamu sendiri.

    Resep Sambal Matah Pete

    Susah apa kagak ya memperoleh bahan dan cara membuatnya ? jawabannya adalah enggak sama sekali. Karena semua bahan sudah ada di dapur, mungkin yang agak susah cuma nyari petenya sih. namun ga usah dipikirkan berlarut, Tinggal kamu berdiri, berangkat ke dapur, dan lalu action. Semoga berhasil.

    Bahan- Bahan
    • 1 Papan Pete
    • 10 Buah Cabe rawit
    • 8 Siung Bawang merah
    • 2 Siung Bawang putih
    • 1 Batang Serai, ambil putihnya
    • 3 Lembar Daun jeruk
    • 1/4 Bagian Terasi udang
    • 1/2 Sdt Gula 
    • 1/2 SdtGaram
    • 2 Sdm Minyak
    Alat - Alat
    • 1 Sendok untuk Mengaduk
    • 1 Mangkuk Kecil Saji
    • 1 Pisau
    • 1 Teflon 

    Cara Membuat Sambal Matah Pete

    1. Tahap awal cuci bersih semua bahan lalu Iris-iris tipis bawang merah, bawang putih, serai, cabe rawit, daun jeruk. Tiriskan, masukkan kedalam mangkuk
    2. Panaskan minyak. Masukan pete, Tumis kurang lebih 5 menit.
    3. Msukan dan campurkan semua bahan, aduk rata. Kemudian bubuhi dengan gula, garam, dan terasi.
    4. Terakhir kucuri dengan air perasan lemon. Matikan kompor,
    5. Segera sajikan sambah matah pete kreasi kamu saat menyantap hidangan favorit bersama dengan orang tersayang.

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan kumpulan resep sambal matah yang kami sajikan berdasarkan pengalaman beberapa teman saya dan pengalaman pribadi. Silahkan pilih salah satu resepnya dan rasakan sensasinya. Bagaimana rasanya ? komen di bawah ya. hehe

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    1. belum pernah coba bikin sendiri, kayaknya kalo dimasakin orang kok lebih enak ya hehe
      • Hahaha . . Apalagi gratisan . . Malah tambah manteb itu . . Pedas mantab kenyang tanpa beban . . Haha