25+ Contoh Surat Penawaran Barang, Jasa dan Kerjasama (Terbaru 2022)

Memberikan kumpulan contoh surat penawaran barang, jasa, dan kerjasama yang dapat anda jadikan sebagai refrensi dalam membuat surat penawaran

Contoh Surat Penawaran - Dalam dunia bisnis, terdapat pihak - pihak atau para pelaku usaha yang menawarkan barang jasanya kepada para calon konsumen. Tidak hanya terbatas pada produsen dan konsumen saja, bahkan sesama pelaku usaha (produsen) pun juga saling memberikan penawaran seperti penawaran kerja sama.

Kegiatan penawaran barang, jasa, atau kerjasama sudah sering dan mafhum dilakukan dalam dunia bisnis. Namun, itu perlu dilakukan dengan baik, sopan, dan administratif tentunya. Untuk mewujudkan hal - hal yang demikian, diperlukan adanya surat pengantar yang menawarkan barang dan jasa kepada pihak lain, atau umum disebut dengan surat penawaran.

Untuk memahami secara terperinci terkait dengar apa itu surat penawaran, sengaja kami tulis secara detail dalam artikel ini semua hal tentang surat penawaran untuk menjawab semua pertanyaan dan membantu kamu dalam membuat surat penawaran. Untuk lebih jelaskan, lanjut membaca bagian - bagian di bawah ini. 

Pengertian Surat Penawaran

Surat penawaran adalah surat administratif yang bertujuan untuk menawarkan barang, jasa, ataupun kerja sama kepada pihak lain yang dimaksud oleh penulis surat. Dan surat ini bersifat formal sehingga dalam membuatnya harus sesuai dengan struktur surat formal yang sah.

Dalam surat penawaran berisi keterangan lengkap terkait dengan apa saja produk (barang), jasa, atau kerja sama yang akan ditawarkan kepada pihak lain (yang dituju). Keterangan - keterangan tersebut tentunya meliputi volume barang atau jasa, waktu, tempat, jenis-jenis, material, harga, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan. 

Pada dasarnya, surat penawaran adalah balasan dari surat permintaan yang diterima dari pihak lain. Sehingga isi surat penawaran adalah berupa keterangan lengkap (barang, jasa, atau kerjasama) dengan ragam variasi yang disesuaikan dengan permintakan pihak lain yang dimaksud. Dan dikeluakannya surat penawaran itu sebagai bukti bahwa akan ada kerjasama antara kedua belah pihak.

Struktur Surat Penawaran

Selayaknya surat administrasi formal pada umumnya, surat penawaran harus memenuhi lima komponen surat wajib dan resmi pada umumnya. Adapun lima komponen surat resmi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kop Surat

Kop surat adalah identitas resmi lembaga, istansi, atau perusahaan si pengirim surat. Dalam kop surat itu sendiri harus menyertakan nama perusahaan, logo, alamat lengkap serta kontak person yang dapat dihubungi (biasanya nomer perusahaan). Oleh karena itu penulisannya harus jelas dan rinci. dan dalam surat penawaran ini, penulisan kop surat hukumnya adalah wajib dilakukan. 

2. Kepala Surat

Sama persis halnya surat formal dan resmi pada umumnya, kepala surat pada surat penawaran ini berisikan tanggal pembuatan, nomor surat, perihal, tujuan surat hingga lampiran yang disertakan pada surat. Dengan begitu surat penawaran ini pun akan mudah untuk diterima oleh penerima dan mudah untuk diarsipkan. Karena itu adalah salah satu keuntungan penggunaan surat yang formal dan resmi.

3. Pembuka Surat

Dalam bagian pembuka ini kamu dapat menyapa dan mendoakan pihak terkai dan menyampaikan maksud serta tujuanmu mengirim surat ini yang tentunya untuk memberikan penawaran. Alangkah lebih baik jika bagian ini ditulis secara singkat pada dan jelas. 

4. Isi Surat

Bagian ini adalah bagian yang membedakan dengan jenis surat yang lain. dalam bagian isi surat ini, kamu harus memberikan keterangan secara jelas terkait dengan barang, jasa, atau kerjasama sesuai dengan permintaan pihak terkait. 

Jelaskan secara detail spesfikiasi barang atau jasa yang akan di tawarkan dengan mendeskripsikan variasi barang, volume, jenis material, harga yang ditawarkan, cara pemesanan, dan pembayaran serta pengiriman.

Jika penulisan bagian ini terlalu panjang, maka dapat dibuat sebagai lampiran untuk mempermudah dalam memahami jenis barang dan jasa.

5. Penutup Surat

Pada umumnya, pada bagian penutup akhir surat penawaran ini berisikan kalimat persuasif agar pihak terkait mau membeli/menggunakan/menjalis kerjasama. Ucapan permohonan dan terima kasih pun tidak pernah lepas pada bagian ini. 

Baca juga:

Kumpulan Contoh Surat Penawaran Barang

Agar kamu lebih mudah dalam membuat surat penawaran, saya akan memberikan beberapa contoh surat penawaran yang telah dibuat dan digunakan diberbagai instansi perusahaan umum. Adapun contoh surat penawaran adalah sebagai berikut:

1. Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

2. Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

3. Contoh Surat Penawaran Barang Atk

4. Contoh Surat Penawaran Barang Dalam Bahasa Inggris

5. Contoh Surat Penawaran Barang Semi Block Style

6. Contoh Surat Penawaran Barang Singkat

7. Contoh Surat Penawaran Barang Tekstil

Kumpulan Contoh Surat Penawaran Jasa


1. Contoh Surat Penawaran Jasa Service Kendaraan



2. Contoh Surat Penawaran Jasa Konstruksi Baja


3. Contoh Surat Penawaran Jasa Cleaning Service


4. Contoh Surat Penawaran Jasa Pengiriman Barang


5. Contoh Surat Penawaran Jasa Keagenan Kapal


6. Contoh Surat Penawaran Jasa Transportasi


7. Contoh Surat Penawaran Jasa Service Ac


8. Contoh Surat Penawaran Jasa Hukum


9. Contoh Surat Penawaran Jasa Ekspedisi



Kumpulan Contoh Surat Penawaran Kerjasama


1. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Dalam Bahasa Inggris


2. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Ekspor Impor


3. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Jasa


4. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Dibidang Retail


5. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Antar Perusahaan


6. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Dengan Instansi Pemerintah


7. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Pengamanan


8. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Laboratorium Klinik


9. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Service Kendaraan


Demikian ulasan artikel kami semoga beberapa contoh surat penawaran barang, jasa dan kerjasama diatas bermanfaat untuk anda.

Posting Komentar