Penjepit Tabung Reaksi, Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakannya

Ingin mempunyai penjepit tabung reaksi yang bagus? Cek dulu informasinya di sini!

Ada berbagai macam kegiatan yang tentunya menarik bagi setiap orang.  Salah satu bagian dari kegiatan tersebut ada pada kegiatan laboratorium.  Banyak mahasiswa yang melakukan kegiatan di laboratorium dan membutuhkan berbagai macam peralatan. Salah satu peralatan penting dalam kegiatan adalah penjepit tabung reaksi.  Dengan alat ini, Anda bisa melakukan praktek yang aman. 

Percuma halnya jika mempunyai tabung reaksi tanpa penjepitnya.  Ada banyak cairan yang berbahaya dan tidak boleh terkontaminasi dengan tangan. Karena itu, untuk memastikan pekerjaan dalam laboratorium berjalan dengan baik, diperlukan penjepit dengan tabung reaksinya. Karena selalu disandingkan dengan tabung reaksi, banyak yang merasa penasaran dengan penjepitnya. 

Pengertian dari Penjepit Tabung Reaksi

Sebelum melakukan pembelian pada penjepit tabung yang bagus, Anda juga harus tahu mengenai pengertiannya jauh lebih dulu.  Jadi, alat ini merupakan sebuah penjepit yang difungsikan untuk memindahkan tabung reaksi dari satu tempat ke lainnya. Penjepit tabung ini merupakan penjepit biasa yang bekerja seperti penjepit untuk gorengan dan lainnya agar tidak ada kontak fisik. 

Penjepit yang berfungsi untuk memberikan keamanan kepada para ilmuwan atau penggunanya ini berbentuk seperti tang.  Selain itu, alat ini mempunyai pegangan yang panjang.  Dengan begitu, ada jarak antara tangan dengan tabung reaksi. Hal ini berguna untuk menghindari adanya potensi berbahaya yang dihasilkan dari zat. Selain dengan tabung reaksi, bisa menjepit yang lain juga. 

Jenis dari Penjepit 

Di luar mengetahui pengertian dan sedikit informasi mengenai penjepit tabung reaksi fungsi sederhananya, Anda juga harus mengetahui beberapa jenis dari penjepitnya.  Setiap alat dalam laboratorium mempunyai jenisnya sendiri. Begitu juga halnya dengan penjepit yang banyak digunakan dalam kepentingan praktikum. Berikut ini jenis yang banyak digunakan: 

1. Penjepit tabung kayu

Penjepit tabung reaksi yang banyak digunakan adalah jenis kayu. Penjepit ini merupakan jenis yang tersedia dalam berbagai macam ukuran juga.  Walaupun begitu, ukuran penjepit tabung reaksi kecil dan besar ini tetap mempunyai fungsi yang sama. 

Biasanya, sekolah atau juga universitas menggunakan penjepit jenis kayu. Fungsinya general dan dapat digunakan dalam semua keadaan. Hal ini dikarenakan prinsip kerja penjepit tabung reaksi hampir sama juga. 

Jenis kayu juga mempunyai kelebihannya karena tidak mudah menghantarkan panas. Selain itu, bahan material kayu ini lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis lainnya.  Jadi, tidak terlalu sulit untuk menjepit menggunakan satu tangan. Hampir semua zat kimia yang bereaksi akan mengeluarkan panas. Karena itu, jenis kayu menjadi pilihan utama untuk digunakan. 

Walaupun begitu, penjepit yang satu ini juga mempunyai kekurangan karena mudah rusak.  Seperti yang sudah Anda baca, bahannya jauh lebih ringan sehingga mudah diangkat. Tapi, mudah rusak jika digunakan terus menerus. Kayu juga bisa lapuk jika terus terkena zat kimia. Karena itu, jika Anda melihat dari laboratorium, ada banyak cadangan penjepit kayu.  

2. Penjepit tabung logam

Tentunya, tidak hanya penjepit tabung reaksi jenis kayu atau penjepit tabung reaksi besi saja yang tersedia. Orang juga mengenal penjepit lainnya berupa penjepit dengan bahan logam. Penjepit ini dapat memudahkan Anda untuk pemandangan tabung reaksi. Khususnya untuk bahan kimia yang lebih berbahaya. Walaupun begitu, harganya jauh lebih mahal dibandingkan jenis biasa. 

Anda mungkin jarang melihat penjepit ini jika tidak berada di laboratorium profesional.  Bahan logam yang mempunyai ketahanan baik ini dapat membuat penjepit menjadi tahan lama.  Selain itu, tidak mudah lapuk. Jadi, Anda dapat lebih menghemat uang.  Anda juga tidak usah khawatir karena material logam mempunyai ketahanan terhadap zat kimia yang berbahaya. 

Tentu saja, sama seperti jenis kayu yang mempunyai kelemahan dalam pemakaian. Penjepit ini mempunyai sifat konduktor yang dapat menghantarkan panas. Karena itu, untuk beberapa jenis praktikum, sebaiknya menggunakan jenis kayu saja. Contohnya ketika melakukan formulasi reaksi eksotermis atau juga pendidikan larutan dalam bunsen. 

Ukuran 

Penjepit yang satu ini juga mempunyai perbedaan lainnya jika dilihat dari banyaknya  gambar penjepit tabung reaksi kecil dan besar.  Secara umum, panjang antara setiap penjepit memang sama.  Jarang halnya ada penjepit yang mempunyai ukuran panjang melebihi 18 cm untuk pemakaian di laboratorium.  Penjepit yang terlalu panjang juga sulit digunakan. 

Penjepit untuk tabung reaksi mempunyai pembeda dari segi diameternya.  Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menjepit tabung reaksi apa saja. Ada diameter 10 mm untuk penjepit. Ada juga pilihan lainnya dengan ukuran mencapai 25 mm.  Banyaknya diameter ini juga disesuaikan dengan tabung reaksi yang berbeda satu dengan lainnya.

Baca juga:

Cara Menggunakan Penjepit Tabung Reaksi

Tentunya, sebelum melakukan pembelian dalam jumlah banyak sekaligus, Anda harus tahu cara menggunakan penjepit tabung reaksi. Anda dapat memastikan kalau semua alat yang dimiliki sudah bersih. Lanjutkan dengan menyiapkan tabung reaksi yang akan dijepit. Untuk mengecek kekuatan dari penjepit, tidak usah meletakkan apapun di dalam tabung. Setelah itu, langsung jepit tabung. 

Namun, jika tabung reaksi Anda sudah berisi campuran zat, pastikan untuk menggunakan alat penjepit dengan hati-hati. Coba pegang penjepit dengan satu tangan dan langsung buka sedikit pada bagian tengahnya. Dengan begitu, penjepit dapat menjepit sisi atas tabung reaksi. Langsung pindahkan ke tempat yang Anda mau. 

Harga Penjepit Tabung Reaksi

Untuk menghitung anggaran yang diperlukan dalam membeli penjepit, Anda juga harus mencari informasi mengenai harga penjepit tabung reaksi. Setiap bahan yang ada mempunyai harga yang berbeda juga. Perbedaan harga juga bisa terjadi jika Anda memilih tempat yang salah dalam melakukan pembelian.  Bahkan, banyak tempat yang memberikan harga berbeda sesuai ukuran. 

Jika Anda membeli jenis kayu, harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan melakukan pembelian pada produk logam atau stainless steel.  Untuk penjepit kayu, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 5000 setiap pcs-nya.  Kemudian, untuk bahan lainnya, harganya lebih mahal.  Anda perlu menyiapkan uang sekitar 25.000 rupiah setiap penjepitnya. 

Tips Perawatan

Dalam merawat penjepit tabung reaksi, Anda dapat menggunakan langkah perawatan yang ada.  Tidak menjadi hal yang sulit untuk memberikan perawatan pada alat. Dengan begitu, penjepit bisa tahan lama dalam pemakaian.  Cukup pastikan untuk selalu membersihkan alat setelah pemakaian.  Walaupun tidak ada noda, Anda tetap harus membersihkan alat penjepit menggunakan air biasa.  

Selanjutnya, pastikan untuk menyimpan penjepit di tempat yang aman.  Jangan meletakkan alat di ruangan yang lembab. Anda harus meletakkan penjepit bersama dengan tabung reaksinya. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam penggunaannya. Hindari sembarangan meletakkan alat penjepit karena bisa hilang kapan saja. 

Demikian informasi yang berkaitan dengan penjepit tabung reaksi dan merupakan hal yang penting untuk memiliki penjepit yang berkualitas. Langsung lakukan pembelian pada penjepit yang bagus agar tidak mengganggu praktikum. Anda juga bisa membeli rak tabung reaksi sekaligus. 

Posting Komentar