Doa Perjalanan dan Bepergian (Darat, Udara, & Laut) Arab, Latin, dan Artinya

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Perjalanan dan Bepergian adalah "Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl". Namun, ada beberapa doa lain yang perlu kamu baca saat bepergian. Silahkan lanjutkan bacanya disini.


    Manusia sebagai makhluk sosial memiliki ragam kebutuhan dan keperluan yang mengharuskan mereka untuk berpindah dari satu tempat ketempat yang lain. Baik itu dalam rangka bekerja, silaturrahmi, menuntut ilmu, dan sering pula untuk rekreasi (traveling). 

    Perpindahan tempat yang dilakukan oleh manusia tersebut seringkali menghabiskan waktu berjam - jam atau bahkan berhari - hari dalam perjalanan, karena jarak yang ditempuh sangat jauh, antar kota, antara provinsi, bahkan antara negara. Dan dewasa ini, perpindahan (bisa juga disebut bepergian atau perjalanan) tersebut merupakan hal yang sudah biasa.

    Kita dalam bermigrasi, bepergian, perjalanan, dan berpindah tempat seringkali menggunakan beragam jenis transportasi, baik itu transportasi darat, transportasi udara, maupun transportasi lau. Semua itu tergantung tempat tujuan, dan rute yang dapat dipilih. 

    Alat transportasi atau kendaraan apapun tidak mungkin terlepas dari yang namanya resiko, dan resiko pun dapat menghampiri kapan saja. Resiko tersebut dapat berupa macet, kecelakaan, kehilangan, keterlambatan, hambatan, dan lain sebagainya. 

    Namun semua itu dapat diminimalisir dengan cara berhati - hati, waspada, dan usahakan untuk terus selalu berdoa kepada allah untuk memohon perlindungan, keamanan, dan kelancaran sampai tempat tujuan. Oleh karenae itu bacalah doa keselamatan secara terus menerus.

    Kumpulan Doa yang Perlu di Baca Saat Bepergian dan Perjalanan


    Memohon agar di beri kelesamatan, perlindungan, kelancaran, dan keberkahan sudah sepatutnya kita lakukan pada saat bepergian atau perjalanan dengan jarak yang jauh. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan.

    Dengan senantiasa memohon kepada allah melalui doa - doa yang diajarkan oleh rosulullah, dan atas ridha allah, insyallah perjalanan kita akan aman dan selamat sampai tempat tujuan.

    Dalam beberapa hadist rosulullah nabi muhammad saw telah mengajarkan kepada kita umat mulim untuk senantiasa berdoa. Beliau mengajarkan doa - doa saat akan berangka perjalanan, dalam perjalanan, saat singgah, memasuki suatu wilayah baru, hingga pada saat sampai tempat tujuan. Adapun doa doanya adalah sebagai berikut:

    1. Doa Keluar Rumah


    Bepergian tentunya diawali dari keluarnya kita dari rumah (tempat kita pergi dan kembali). Bertawakal kepada allah menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar keragu-raguan tidak membayangi kita pada saat perjalanan. 

    Yakinlah bahwa tujuan perjalanmu adalah baik lillahita'ala. Kemudian pasrahkan semua kepada allah yang maha berkehendak atas segala - galanya. Insyallah perjalananmu akan berkah. Adapun doa keluar rumah adalah sebagai berikut:

    بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَ حَولَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِا للهِ

    Doa Keluar Rumah Latin

    Bismillaahi, tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah

    Arti Doa Keluar Rumah

    "Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah"


    2. Doa Naik Kendaraan


    Kendaraan darat, kendaraan udara, maupun kendaraan laut, tidak akan pernah lepas dari yang namanya resiko dan bahaya yang tidak akan pernah kita ketahui kapan itu akan datang kepada kita. 

    Oleh karena itu penting untuk memohon perlindungan kepada allah dengan cara membaca doa naik kendaraan seperti di bawah ini. 

    سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

    Doa Naik Kendaraan Latin

    Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqolibuun.”

    Arti Doa Naik Kendaraan

    “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).”


    3. Doa Naik Kendaraan Laut atau Udara


    Resiko kendaraan paling tinggi adalah kendaraan laut dan kendaraan udara. Kendaraan udara seperti pesawat saat mendapati resiko tidak lain adalah jatuh dari langit dengan ketinggian yang cukup tinggi dan nyaris merusaknya dan merenggut nyawa para penumpangnya. 

    Begitu juga kendaraan laut seperti kapal, saat terkena ombak besar dan kapal pun tak kuasa untuk bertahan, maka kapal pun akan tenggelam bersama seluruh awak kapan dan penumpangnya.

    Para ulama mengajarkan kepada kita untuk berdoa saat menaiki kendaraan khusussnya kendaraan laut dan udara. Doa tersebut dikutip dari ayat al-quran yang berbunyi:

    بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

    Doa Naik Kendaraan Laut atau Udara Latin

    Bismillaahi  majreehaa wa mursaahaa inna rabbi laghafuurur rahiim

    Arti Doa Naik Kendaraan Laut atau Udara

    “Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”


    4. Doa Perjalanan atau Bepergian Jauh


    Berikut adalah doa inti yang harus kamu hafalkan dan penting untuk di baca pada saat kamu bepergian atu melakukan perjalanan jauh menghabiskan banyak waktu dengan jarak yang jauh. Baik tujuannya adalah bekerja, belajar, silaturahmi, atau hanya sekedar traveling.

    اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

    Doa Perjalanan atau Bepergian Jauh Latin

    Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl

    Arti Doa Perjalanan atau Bepergian Jauh

    “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.


    5. Doa Memasuki Suatu Wilayah


    Saat melakukan perjalanan yang jauh yang melewati kota - kota atau bahkan wilayah - wilayah provinsi, kita juga diajarkan untuk berdoa dengan harapan kehadiran kita (walaupun hanya lewat) tidak memberikan dampak negatif terhadap mereka seluruh penduduk wilayah tersebut.

    Bahkan harapannya adalah sebaliknya, kehadiran kita membawa dampak positif terhadapa mereka semua dan walaupun itu hanya sedikit. Memang tidak kuasa atas hal tersebut, namun allah lah yang maha kuasa dan maha berkehendak. Oleh karena itu mintalah kepada allah, doa nya adalah seperti di bawah ini.

    اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ وَرَبَّ الأَرَضِينِ السَّبْعِ وَمَا أَقْلَلْنَ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضْلَلْنَ وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ فَإِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الْقَرْيَةِ وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا

    Doa Memasuki Suatu Wilayah Latin

    Allahumma Rabbissamawati assab'i wamaa adhlalna wa Rabbal aradhina assab'i wamaa aqlalna wa Rabbassayathini wamaa adhlalna wa Rabbarriyaakhi wamaa daraina fainna nas'aluka Khaira hadzihil qaryah wakhaira ahliha wana'udzubika min syarriha wa syarri ahliha wa syarri maa fiiha

    Arti Doa Memasuki Suatu Wilayah

    “Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.” (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi; shahih).


    6. Doa Saat Singgah Di Suatu Tempat


    Perjalanan yang jauh dan memakan waktu yang lama akan membuat kondisi tubuh kita merasa lelah dan membutuhkan istirahat sejenak dan mengisi tenaga. Hal ini juga sering dilakukan dan bahkan menjadi suatu trend untuk singgah atau mampir disuatu tempat yang keren dengan banyak kuliner lezat. 

    Namun, tidak pernah kita tahu apakah tempat yang kita singgahi tersebut aman ataukah sebaliknya. Oleh karena itu kita dapat memohon perlindungan dari allah saat singgah untuk beristirahat. Dalam sebuah hadist, rosulullah mengajarkan sebuah doa:

    أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

    Doa Saat Singgah Di Suatu Tempat Latin

    A’uudzu bikalimaatillaahittaammaati min-syarri maa kholaq

    Arti Doa Saat Singgah Di Suatu Tempat

    “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya” (HR. Muslim).


    7. Doa Ketika Sampai Tujuan


    Sebagai bukti tanda syukur kita kepada allah atas karunia nikmat kelancaran, perlindungan, dan keselamatan yang telah allah karuniakan kepada kita saat perjalanan jauh, sudah semestinya kita mengucapkan terima kasih kepadanya. 

    Oleh karena itu, bacalah doa dibawah ini saat kamu sudah sampai tempat tujuanmu dengan selamat.

    اَلْحَمْدُللهِ الَّذِيْ سَلَّمَنِيْ وَالَّذِيْ آوَانِيْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِيْ

    Doa Ketika Sampai Tujuan Latin

    Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii

    Arti Doa Ketika Sampai Tujuan

    “Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

    Demikian adalah Doa Perjalanan dan Bepergian yang dapat saya bagikan kepada kalian semua. Semoga kalian tetap selalu dalam lindungan allah swt. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

    Anda mungkin menyukai postingan ini