Doa Awal Tahun (Latin, dan Artinya) Hijriyah dan Masehi + Keutamaanya

Daftar Isi [Tutup]

    Doa awal tahun yaitu "Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm". dan untuk ulasan lengkapnya, silahkan baca artikel ini.


    Datangnya pergantian tahun baru, baik tahun baru hijriah maupun tahun baru masehi, menjadi salah satu momen penting bagi seluruh masyarakat indonesia dan bahkan masyarakat dunia. Sebab beberapa kegiatan penting baik itu pendidikan, hari besar, dan lainnya menggunakan acuan awal tahun baru mashei dan hijriah.

    Kegiatan ibadah yang ada didalam islam khususnya, yang acuannya adalah tahun baru hijriah. Beberapa diantaranya seperti ibadah hari raya idul fitri, idul adha, ibadah haji, dan puasa ramadhan.

    Masyarakat secara umum memiliki tradisi yang berbeda - beda dalam menyambut datangnya pergantian tahun. Seperti umat islam seluruh dunia yang menyambut datangnya awal tahun, baik itu tahun baru masehi maupun hijriah dengan mengadakan acara membaca doa akhir tahun bersama. 

    Dalam acara tersebut juga  dijadikan sebagai momen muhasabah atas segala yang telah terjadi selama satu tahun sebelumnya.

    Rosulullah Muhammad Saw telah mengajarkan kepada kita umat muslim seluruh dunia untuk membaca doa awal tahun baru pada saat menyambut pergantian tahun. Melalui doa tersebut, kita dapat memohon kepada Allah SWT agar diberi ampunan atas kesalahan dan doa yang pernah terjadi dalam satu tahun yang telah berlalu.

    Doa Awal Tahun


     اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ 

    Doa Awal Tahun Latin

    Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

    Arti Doa Awal Tahun

    Artinya, "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini".


    Waktu dan Cara Doa Awal Tahun

    Dzikir dan doa awal tahun di baca pada tanggal 1 muharom pada tahun hijriah atau 1 januari pada tahun masehi, setelah sholat magrib sebelum sholat isya.

    1. Sholat Hajat

    Shalat hajat 2 rakaat, pada rakaat pertama setelah fatihah membaca S. Al Kafirun 10 kali, rakaat kedua setelah fatihah membaca S. Al Ikhlas 10 kali. Setelah salam membaca:

        - Shalawat nabi 10 kali

        - Baqiyatus Sholihat 10 kali

        - Do’a sapu jagat 10 kali (ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار)

    2. Membaca Ayat Kursi

    Baca ayat kursi sebanyak 7x / 17x / 50x / 313x /360x

    3. Membaca Surat Yasin

    S. Yasin 1 kali dengan kayfiyah (tata cara):

    -    يٰسۤ × 7

    -    ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ × 16

    -     سَلاَمٌ قَوْلاً مِنْ رَبٍّ رَحِيْمٍ × 14

    -     أًوَلَيْسَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ بِقَادِرٍ عَلَى أَنْ يَخْلُقَ مِثْلَهُمْ بَلَى ×4 وَهُوَ الْخَلاَّقُ الْعَلِيْمِ

    4. Membaca Surat Waqiah

    Baca S. Al Waqi’ah 1 kali dengan kayfiyah (tata cara):

    -    إِلاَّ قِيْلاً سَلاَمًا × 5

    -    وَفَاكِهَةٍ كَثِيْرَةٍ × 14

    -    لاَ مَقْطُوْعَةٍ وَلاَ مَمْنُوْعَةٍ × 14

    5. Membaca Shalawat

    Baca shalawat Khaliliyyah صلى الله على محمد)) 40x/1000x

    6. Membaca Doa Awal Tahun

     Baca do’a awal tahun sebanyak 3 kali

     ....اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ

    Keutamaan dan Manfaat Doa Awal Tahun

    Doa akhir tahun adalah salah satu sunnah yang diajarkan oleh rosulullah kepada kita semua umat muslim. Tentunya terdapat keutamaan dan manfaat yang tersirat dalam sunnah tersebut.

    Pada dasarnya doa tersebut berisikan tentang taubatnya seorang hamba kepada tuhan atas segala dosa - dosa dimasa lalu dan permohonan kebaikan ditahun - tahun berikutnya. Lain dari pada itu, terdapat beberapa manfaat dan keutamaan yang akan diperoleh saat melaksanakan sunnah tersebut.

    1. Meningkatkan Keimanan dan Rasa Syukur Kepada Allah

    Berdoa adalah ibadah sunnah yang telah diajarkan oleh rosulullah kepada kita semua umat islam. Rosulullah sering melakukan ibadah sunnah tersebut, termasuk berdoa pada awal tahun.

    Dengan berdoa, tanpa kita sadari, kepercayaan terhadap allah terus bertambah dan terinternalisasi dalam diri (keimanan). Dengan begitu akan terasa nikmat yang luar biasa atas tambahnya keimanan yang patut untuk kita syukuri.

    2. Meningkatkan Tawakal Kepada Allah

    Kandungan makna dalam doa tersebut salah satunya adalah seorang hamba berserah diri kepada tuhannya, sang penciptanya, allah swt. berpasarah diri dalam menghadapi atau menunggu hasil suatu pekerjaan, atau menanti akibat dari suatu keadaan ditahun yang akan datang.

    Oleh karena itu, dengan memahami kandungan makna doa awal tahun tersebut, mengahayati, dan beritiqad penuh, insyallah kita akan selalu percaya diri, tidak akan khawatir, tidak akan resah, karena rasa tawakal kita kepada allah dan insyallah allah meridhai.

    3. Meningkatkan Sifat Baik Pribadi

    Makna selanjutya yang terkandung dalam doa tersebut adalah pujian yang mengagungkkan allah yang maha terdahulu, maha kuasa, maha pencipta, dan maha segala - galanya. Dengan mengucapkan pujian - pujian kepada allah, kita akan tersadar bahwa kita tidak ada apa - apanya.

    Dengan sadar akan hal demikian, sifat buruk pun insyallah akan berkurang, seperti sombong dan sifat buruk lainnya. Dengan begitu, insyalah juga sifat baik juga akan terinternalisasi dalam diri seperti sabar, rendah hati, suka menolong dan lain sebagainya.

    Demikian adalah ulasan artikel saya terkait dengan doa awal tahun. Semoga dengan membaca doa ini kita diberikan kebaikan - kebaikan ditahun mendatang dan ampunan atas dosa - dosa di masa lalu. terima kasih atas dukungannya dan mohon maaf bila ada kesalahan.