Komunikasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Prosesnya (Menurut Para Ahli)

Daftar Isi [Tutup]

    Pengertian Komunikasi bisnis adalah kegiatan pertukaran informasi atau gagasan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan tertentu khususnya dalam kegiatan bisnis. 

    Komunikasi bisnis pada umumnya digunakan dalam membangun dan mengembangkan sebuah usaha (Bisnis). Oleh karena itu komunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan adanya untuk menunjang keberhasilan atas suatu tujuan bisnis. 

    Keberhasilan atas suatu tujuan bisnis ditentukan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah komunikasi yang efektif yang baik. dengan adanya komunikasi yang efektif dan baik, komunikator dapat menyampaikan informasi atau pesan yang ingin di sampaikan dengan jelas dan mudah.

    Sedangkan komunikan dapat menerima pesan atau informasi sesuai dengan apa yang di harapkan oleh komunikator. Hal tersebut akan memperlancar kegiatan percapaian suatu tujuan. 

    Dalam komunikasi bisnis terdapat dua bentuk komunikasi yang digunakan, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung seperti komunikasi menggunakan surat, simbol dan lainyya.

    Komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung, Dalam komunikasi bisnis yang baik, di dalamnya tidak hanya mengandung satu bentuk komunikasi. Akan tetapi, dalam komunikasi bisnis tersebut terdapat kedua bentuk komunikasi yang saling mendukung satu sama lain. 


    Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

    Terkait dengan pengertian komunikasi bisnis, terdapat beberapa perbedaan pendapat (Intinya sama) yang di sampaikan oleh para ahli yang bisa kita jadikan acuan dalam memahami apa yang dimaksud dengan Komunikasi bisnis. Berikut adalah beberapa pendapat para ahlim terkait dengan pengertian komunikasi bisnis :

    Rosenbalt (1982)

    Komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, pesan, gagasan, dan hal lain yang sejenisnya yang dilakukan secara pribadi atau umum malalui media baik berupa simbol atau tanda-tanda untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.

    Katz (1994)

    Komunikasi bisnis adalah pertukaran ide, konsep, informasi, atau pesan yang berkaitan dengan suatu tindakan untuk mencapai suatu tujuan komersial.

    Persing (1981)

    Komunikasi bisnis adalah sebuah proses yang meliputi penyampaian pesan dengan menggunakan media seperti lambang atau secara langsung dengan suatu tujuan untuk memperoleh keuntungan.

    Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi atau sejenisnya yang dilakukan secara langsung atau tidak langsung dengan menggunakan media komunikasi demi tercapainya suatu tujuan bisnis. 


    Tujuan Komunikasi Bisnis

    Dalam kegiatan komunikasi bisnis yang di lakukan antara perusahaan terkait dengan pihak luar (eksternal), tentunya terdapat beberapa tujuan khusus yang mendasari terjadinya proses kegiatan komunikasi bisnis itu sendiri. Berikut adalah 3 tujuan komunikas bisnis secara umum:

    1. Meningkatkan Nama Baik (Goodwill ) Perusahaan

    Dengan adanya komunikasi bisnis yang efektif (lancar) antara komunikan dan komunikator, akan berdampak baik bagi suatu perusahaan, khususnya untuk meningkatkan goodwill. 

    Komunikasi bisnis yang efektif, akan memberikan kesan yang baik dan akan berdamapak baik bagi nama baik sebuah perusahaan.

    2. Meningkatkan Relasi Positif dengan Perusahaan Lain

    Dalam bersosialisasi dengan pihak lain di luar perusahaan, sangat dibutuhkan adanya kegiatan komunikasi. 

    Dengan dengan adanya komunikasi bisnis, selain untuk mempromosikan produk, juga untuk mempererat hubungan antara perusahaan dengan pihak luar seperti konsumen, investor, stakeholder, dan lain sebagainya yang memiliki pengaruh terhadap proses jalannya perusahaan terkait

    3. Meningkatkan Leadership dalam Perusahaan

    Komunikasi bisnis memiliki elegansi yang cukup tinggi di banding dengan komunikasi biasa pada umumnya. Komunikasi bisnis, memiliki persiapan, susunan pembahasan atau bahan, penyajian, dan gaya komunikasi yang baik. 

    Dalam perusahaan, semakin baik proses komunikasi bisnisnya, maka dapat di katakan bahwa perusahaan tersebut memiliki integritas yang baik juga.


    Fungsi Komunikasi Bisnis

    Pelu anda ketahui dan anda pahami juga, bahwa komunikasi bisnis itu sendiri juga memiliki fungsi - fungsi penting dalam kelancaran aktifitas dalam sebuah perusahaan. Berikut adalah 4 fungsi penting dari komunikasi bisnis yang perlu anda ketahui:

    1. Fungsi Informative

    Fungsi ini diperlukan dalam mewujudkan kelancaran aktiftas perusahaan, baik itu pimpinan ataupun karyawan. 

    Fungsi informatif umumnya bersifat global, artinya fungsi informatif dalam komunikasi bisnis dapat dilakukan dan di dapatkan oleh siapa saja yang ada dalam perusahaan, seperti informasi penjualan, pemasaran, produksi, tenaga kerja, keuangan, dan lain sebagainya.

    2. Fungsi Regulatory

    Komunikasi bisnis dalam perusahaan juga berfungsi sebagai regulatori (pengendali dan pengatur) keberlangsungan aktifitas perusahaan, baik itu produksi, penjualan, dan lainya. 

    Wujud dari fungsi regulatori ini umumnya berupa laporan dari bawahan keatasan dan perintah dari atasan ke bawahan

    3. Fungsi Persuasive

    Komunikasi bisnis yang persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator atau pihak lain yang di luar perusahaan ( eksternal). 

    Dalam hal ini win win solution selalu di perhatikan. 

    4. Fungsi Integrative

    Fungsi integratif dalam komunikasi bisnis adalah untuk menciptakan situasi kerja yang kondusif, efektif, dan efisien dalam sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut dapat beroperasi secara utuh dan terpadu. 

    Dalam hal ini, termasuk juga fungsi koordinasi dan penjadwalan aktivitas, penetapan saluran informasi dan otoritas, serta untuk menarik dan melatih karyawan. Fungsi integratif ini juga merupakan salah satu fungsi penting dari komunikasi bisnis.


    Proses Komunikasi Bisnis

    Semua fungsi komunikasi bisnis seperti yang telah di sebutkan dan di jelaskan di atas, tentunya melibatkan adanya sebuah proses yang terintegrasi. Proses komunikasi bisnis, dapat anda amati pada gambar di bawah ini :

    1. Pengiriman Pesan Informasi

    Sama halnya dengan proses komunikasi pada umumnya. Proses komunikasi bisnis juga di awali dengan pengiman pesan oleh seseorang yang memiliki ide/ gagasan/ informasi untuk disampaikan kepada seseorang, dengan harapan dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya. 

    2. Simbol atau Isyarat 

    Tahap yang kedua, seseorang yang memiliki ide/ gagasan/ informasi  tersebut, kemudian di tuangkan kedalam sebuah simbol atau isyarat yang dapat berupa bahasa, tulisan, kode, gerakan anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya), dan lain sebagainya untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku atau menunjukkan arah tertentu.

    3. Media Penghubung

    Media merupakan Adalah sarana yang diguanakan untuk pesan kepada penerima pesan. Media komunikasi yang digunakan dapat berupa media elektronik seperti TV, radio surat kabar,  papan pengumuman, telepon dan lainnya. 

    Dalam memilih media yang akan digunakan  untuk menyampaikan pesan, haruslah memperhatikan isi pesan  yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dsb. Hal tersebut perlu diperhatikan karena efektifitas dalam komunikasi bisnis sangat di perhitungkan.

    4. Mengartikan Kode Isyarat

    Tahap ke 4 adalah tahap dimana penerima pesan untuk mengartikan kode isyarat yang telah di terima melalui panca indera (telinga, mata dan seterusnya). 

    Dengan mengartikan kode / isyarat tersebut, penerima pesan akan mudah untuk memahami isi pesan yang di kirim oleh pengrim pesan.

    5. Penerima Pesan

    Setalah kode/isyarat di terima oleh penerima pesan. tahap selanjutnya adalah penerima pesan, artinya pesan tersebut di adopsi / dilakukan sesuai dengan maksud pengirim pesan tanpa mengurangi arti pesan  yang dimaksud oleh pengirim. 

    6. Timbal Balik (Feedback)

    Tahap ke 6 ini adalah tahap di mana penerima pesan memberikan balasan atas pesan yang telah di terimanya dari pengrim pesan. 

    Dengan adanya balikan (feedback) ini, pengirim pesan akan dapat mengetahui bagaimana tanggapan dari penerima pesan. Balikan dapat berupa kesan, kritikan, informasi, dan lain sebagainya.

    7. Gangguan

    Ganggungan  bukanlah salah satu tahap dalam proses komunikasi bisnis. namun gangguan memiliki pengaruh yang negatif terhadap efektifitas dalam komunikasi bisnis. 

    Gangguan dalam komunikasi bisnis akan dapat menghambat bahkan memutus proses komunikasi bisnis. Oleh karena itu, gangguan ini perlu untuk di kurangi atau di minimalisir.

    Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli Lengkap yang kami rangkum dari berbagai macam literatur online. semoga bermanfaat dalam pembuatan tugas makalah komunikasi bisnis anda dan terima kasih telah berkunjung.