Tips Memilih Mobil Keluarga Yang Bagus dari Suzuki

Memilih mobil keluarga bukan hanya soal model atau harga, melainkan ada hal-hal di bawah ini yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan

Memilih mobil keluarga bukan perkara yang mudah. Selain disesuaikan dengan jumlah penumpang, mobil keluarga juga harus keren. Belum lagi jika dalam keluarga ada yang memiliki bayi, kenyamanan adalah yang utama. 

Ternyata, dalam memilih mobil keluarga bukan hanya soal model atau harga, melainkan ada hal-hal di bawah ini yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan.

Apalagi mobil keluarga dari Suzuki tidak hanya digunakan dalam sehari atau dua hari, tapi jangka panjang. Jadi, pastikan Anda memiliki pertimbangan ini. 

Pastikan Jumlah Anggota

Sebelum Anda membuka internet untuk menemukan rekomendasi mobil keluarga, sebaiknya pastikan jumlah anggota yang akan turut dalam mobil. Hitung ada berapa orang dewasa, anak-anak, dan bayi. Setelah itu, buat skema bagaimana nantinya keluarga akan duduk. 

Jangan menganggap bahwa anak-anak selalu bisa duduk dipangku oleh yang lebih tua karena mereka terus tumbuh dan pasti semakin lama mereka pun merasa tidak nyaman. Anak-anak, pun bayi, berhak mendapatkan tempat di mobil yang cukup untuk mereka.

Keamanan untuk Anak-anak 

Keamanan bukan hanya soal apakah di mobil terdapat air bag, sensor kamera, dan alarm. Namun, yang juga perlu dipertimbangkan adalah keamanan pintu. Apalagi jika Anda memiliki anak yang sedang super aktif. Keamanan harus diutamakan pada bagian pintu. 

Pintu mobil harus yang kuat supaya anak-anak tidak dengan mudah bisa membukanya kapanpun mereka mau. Pertimbangkan juga bagian ketebalan pintu, sebab jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, keluarga akan aman di dalamnya.  

Mobil yang Mudah Dibersihkan

Memilih mobil keluarga yang bagus juga perlu mempertimbangkan kemudahannya saat dibersihkan. Mobil keluarga akan dipakai oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Mereka bisa saja tidak sengaja menumpahkan makanan atau minuman, bahkan muntah di dalam mobil. 

Untuk bagian jok mobil, Anda bisa memilih yang berbahan kulit karena mudah dibersihkan dan tetap nyaman untuk anak-anak. Anda sebaiknya juga memasang karpet pada bagian bawah sehingga saat ingin membersihkan mobil, hanya perlu mencopot dan mencucinya di luar. 

Sediakan juga beberapa ‘alat’ tambahan untuk mobil Anda nantinya. Misalnya alat seperti tempat sampah kecil, vacum cleaner mini, sampai lap untuk menghadapi berbagai kejadian tidak terduga saat berkendara bersama keluarga. 

Kapasitas Bagasi 

Nah, yang tidak kalah penting untuk diperhitungkan, yaitu kapasitas bagasi dalam mobil. Seperti yang sudah diketahui, mobi keluarga umumnya akan banyak digunakan untuk perjalanan jauh dengan anggota keluarga yang masing-masing harus membawa barang kebutuhannya. 

Karena itu, pikirkan apakah bagasinya cukup meski kursi paling belakang tidak dilipat atau apakah bagasi cukup untuk menyimpan kursi roda atau dorongan bayi. 

Beberapa orang bahkan sengaja mencari mobil dengan bagasi luas supaya bisa menempatkan kasur untuk anak-anak istirahat.  Jika Anda juga tertarik dengan mobil yang bagasinya besar, maka sebaiknya pilih mobil jenis SUV alih-alih sedan.

Pilih yang Sesuai Anggaran Rumah Tangga Anda

Anda pasti sudah memiliki anggaran tersendiri untuk membeli mobil yang pas untuk keluarga. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada banyak jenis mobil SUV dan MPV yang kini bisa dibeli dengan harga murah sekalipun itu bukan mobil bekas. 

Selain itu, jangan hanya pikirkan biaya belinya saja, tapi juga termasuk biaya pemeliharaan mobil tiap bulannya. Jika beli bekas, pertimbangkan apakah ada bagian yang perlu diperbaiki atau tidak.

Disini, pertimbangan Anda juga harus termasuk bagaimana cara membayarnya, apakah cash atau kredit, dan bagaimana bunganya. Bicara perihal budget lebih jauh, ini akan sangat panjang dan sebaiknya Anda bicarakan dengan keluarga karena ini mengenai perencanaan jangka panjang. 

Kenyamanan Pengemudi 

Jangan sampai lupa, memilih mobil juga tidak lepas dari aspek kenyamanan pengemudi. Ada dua jenis mobil saat ini, yaitu matic dan manual. Jika anggota keluarga yang akan jadi sopir lebih menyukai mobil matic, maka pilihan mobil matic akan lebih baik. 

Apalagi jika Anda dan keluarga sering merencanakan perjalanan jauh seperti mudik, pengemudi perlu menguasai jenis mobilnya. Pilih juga jenis bahan bakar yang digunakan, dan pastikan sesuai dengan ketersediaan maupun selera. 

Itulah beberapa cara memilih mobil keluarga dari Suzuki yang bisa jadi pertimbangan Anda. Kuncinya, mobil keluarga tidak bisa egois atau hanya mementingkan kebutuhan salah satu. Meski sulit, Anda pasti akan menemukan yang terbaik. 

Seorang Ayah, Blogger, Guru, dan Juga Temen yang asyik untuk diajakin ngopi

Posting Komentar