Cara Optimasi SEO Off Page Pada Website dan Blog Dengan Mudah

Tutorial Cara Optimasi SEO Off Page Pada Website dan Blog Dengan Mudah, Bisa dilakukan dengan Budget Super Murah

Sebagai seorang webmaster, anda pastinya kerap mendengar istilah SEO ketika hendak melakukan audit terhadap website. 

SEO merupakan tindakan optimasi yang bertujuan untuk mendapatkan banyak traffic melalui mesin pencari Google. 

Hal ini akan terealisasi ketika sebuah website bertengger di peringkat teratas hasil pencarian. 

SEO terbagi dua, yaitu on page dan off page. SEO on page secara sekilas merupakan tindakan optimasi pada konten sehingga mudah dibaca dan dipahami. 

Sedangkan off page merupakan tindakan optimasi diluar konten guna mengoptimalkan dan meningkatkan otoritas sebuah website. Kedua-dua teknik ini sangat diperlukan ibarat makanan dan minuman. 

Namun, pada artikel kali ini kita hanya membahas bagaimana sih cara optimasi SEO off page agar website anda memiliki otoritas yang baik? Simak selengkapnya dibawah ini. 

Cara Optimasi SEO Off Page

Dewasa ini, tindakan optimasi SEO off page juga mengalami manipulasi dari pihak yang tak bertanggungjawab. Bagaimana cara mereka melakukannya juga sudah banyak tersebar di internet. 

Hal ini harus dihindari agar website atau blog anda memiliki reputasi yang baik di mata google. Oleh karena itu, anda mestinya harus mempraktikkan beberapa cara optimasi SEO off page di bawah ini.

1. Perbaiki Tautan Rusak

Broken link merupakan tautan rusak yang mengarah ke halaman 404. Umumnya hal ini terjadi karena halaman yang telah dihapus atau url salah ketik. 

Ketika anda memiliki tautan atau link rusak, link ini tidak mengarah kemanapun kecuali mengarah ke halaman 404 di website anda. Hal ini tentunya dapat membuat reputasi website menurun dan sebagai tanda bahaya bagi mesin perayap. 

Anda bisa memanfaatkan tool broken link checker yang tersebar di internet guna mengidentifikasi tautan-tautan yang rusak di website anda. 

Biasanya, beberapa tool ini memerlukan akses premium jika url yang akan diperiksa terlalu banyak. Namun tenang saja, juga terdapat banyak tool yang menyediakan akses full gratis untuk anda gunakan. 

2. Link Building

Link building merupakan aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain, atau yang sering kita dengar sebagai backlink. Link building menjadi salah satu cara ampuh untuk optimasi SEO off page. 

Google akan menilai sebuah website bagus karena terdapat banyak link yang menunjukkan bahwa website tersebut relevan. Namun, jangan asal-asalan dalam memilih website sebagai target backlink, karena Google nantinya akan menilai sebagai spam dan berakibat fatal. 

Terdapat banyak cara untuk melakukan link building, salah satunya ialah dengan membuat konten berkualitas. Hal ini akan menjadikan website anda sebagai rujukan bagi website lainnya, dan biasanya anda akan mendapatkan sebuah link sebagai penyedia referensi. 

Selain itu, anda juga bisa bekerja sama dengan website lain untuk menggunakan konten anda sebagai pengganti tautan yang rusak. 

3. Tingkatkan Domain Authority dan Page Authority

Langkah mengoptimasi SEO off page selanjutnya ialah dengan meningkatkan kualitas domain authority dan page authority website. Salah satu langkah nya ialah menanam backlink pada situs yang memiliki nilai da dan pa lebih tinggi dari website anda. 

Jika memungkinkan, anda bisa menggunakan tool untuk memeriksa nilai da dan pa secara otomatis seperti Moz atau Ahrefs. Tool ini akan secara otomatis memperlihatkan nilai da dan pa sebuah website di hasil pencarian. 

Dengan ini, anda bisa lebih selektif dalam memilih website sebagai target untuk backlink. 

Perlu anda ketahui, domain authority merupakan skor yang digunakan untuk memprediksi ranking sebuah website di hasil pencarian. 

Sementara page authority menunjukkan peluang halaman website untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian. 

4. Local SEO

Jika anda mempunyai sebuah bisnis online, local SEO menjadi salah satu cara optimasi SEO off page yang sangat bermanfaat. Mengapa? Strategi ini akan membuat bisnis anda mudah ditemukan dan dijangkau oleh pengguna internet. 

Selain itu, local SEO juga memberikan sedikit kebebasan terhadap pengaksesnya untuk memberikan ulasan dan rating terhadap produk dan layanan yang anda sediakan. 

Hal ini akan menjadi sebuah indikator bagi google untuk yakin dalam merekomendasikan bisnis anda ke lebih banyak orang.

Anda bisa memulai teknik ini dengan mendaftar di Google Bisnisku dan melengkapi profil seperti alamat lengkap, nomor telepon, hingga jam operasional. 

Selain itu, tambahkan url website guna mengarahkan pengguna ke website anda sehingga memperoleh traffic tambahan dan sebuah backlink nofollow. 

Hal ini secara tidak langsung akan membuat reputasi website anda bertambah baik di mata google. 

5. Share ke Media Sosial

Banyaknya penduduk dunia yang menggunakan media sosial kini bisa dimanfaatkan oleh webmaster untuk membagikan konten-konten mereka. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan pinterest untuk membagikan konten anda disana. 

Taktik ini mampu membangun pengikut online anda yang kemudian dapat menghasilkan lebih banyak share dan backlink. Hal ini semakin mudah mengingat membangun pengikut online bagi perusahaan semakin susah karena algoritma media sosial.

Sebagian besar algoritma media sosial saat ini lebih memprioritaskan konten dari teman yang telah diikuti mereka. 

Jika anda mempunyai banyak pengikut online atau followers, anda bisa membagikan konten anda disana.

Artikel ini ditulis oleh admin banghabibi.com. situs ini menyediakan berbagai informasi menarik seputar teknologi, tutorial, blogging, dan islami.

Seorang Ayah, Blogger, Guru, dan Juga Temen yang asyik untuk diajakin ngopi

Posting Komentar