Doa dan Harapan di Hari Ulang Tahun Pernikahan Arab, Latin dan Artinya

Doa dan Harapan di Hari Ulang Tahun Pernikahan. Pernikahan menyempurnakan ibadah. Namun, tak selamanya kehidupan pernikahan berjalan mulus

Ulang tahun pernikahan atau biasa disebut anniversary bisa jadi hal penting untuk mengingat momen pernikahan sekali seumur hidup. Doa dan harapan di hari ulang tahun pernikahan patut selalu dipanjatkan, agar tahun demi tahun selalu menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warohmah.

Menjalani bahtera rumah tangga tidak untuk satu atau dua tahun, tapi lebih lama dari itu. Bahkan, berharap hingga dipisahkan oleh kematian. Karena itu, hendaknya selalu memanjatkan doa pada Allah untuk kebahagiaan hidup berkeluarga.

Doa dan Harapan di Hari Ulang Tahun Pernikahan

Pernikahan menyempurnakan ibadah. Namun, tak selamanya kehidupan pernikahan berjalan mulus, ada kalanya mengalami kesulitan atau kesedihan. Hal tersebut menjadi pelajaran hidup serta ujian dari Allah yang insyaallah menjadi pahala jika Anda bisa menghadapinya dengan sabar.

Usaha saja tidak cukup, membutuhkan doa, dan harapan yang terbaik, serta keyakinan tentang kuasa Allah atas segala hal yang terjadi dalam kehidupan pernikahan. Doa ulang tahun pernikahan islami tidak hanya pada kebahagiaan dunia, tapi juga terselip doa atas rahmat dan berkah Allah.

1. Doa dan Harapan Keluarga Sakinah

Keluarga sakinah adalah hal yang pasti diharapkan oleh semua orang. Sakinah artinya tenang, jadi setelah adanya ujian ada ketenangan.

Laki-laki dan perempuan sebelum menikah mungkin risau dan gelisah, lalu ketika sudah menikah diharapkan hubungan suami istri menjadi lebih erat karena sudah tak gelisah lagi.

اللَّهُمَّإِنِّي أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِيْ يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أََحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَفْسِيْ وَأَهْلِيْ 

Allahummainni as`aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wal amalal ladzi yuballighuni hubbaka. Allahumaj ‘al hubbaka ahabba ilayya min nafsi wa ahli wa minal ma’il barid

Meskipun usia pernikahan tak lagi muda, keluarga harus tetap sakinah. Pernikahan pasti punya masalah, tetapi hal itu bukan untuk menggoyahkan kehidupan rumah tangga, tetapi untuk menguatkan atau sebagai ketahanan dalam berkeluarga.

Dalam keluarga memang harusnya diliputi dengan ketenangan, ketentraman, dan rasa aman, baik anak-anak, maupun suami istri. Hidup yang tenang dan aman akan membuat bahagia. Menciptakan ketenangan, selain berdoa juga butuh disertai tindakan saling membantu, mendukung dan sabar.

2. Doa dan Harapan Melembutkan Hati Pasangan Agar Selalu Harmonis

Keharmonisan keluarga terjaga dengan kelembutan dan rasa saling kasih sayang. Keluarga harmonis akan menciptakan mental yang sehat sehingga memberikan energi positif untuk melakukan kegiatan lainnya. 

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbis rohlii Shadrii wa yassirlii amrii wahlul ‘uqdatam mil lisani yafqahu qaulli

Artinya: "Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, hilangkanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti ucapanku" (Surah At-Taha ayat 25-28)

Tak jarang dalam keluarga ada istri atau suami yang keras prinsip, sikap atau perkataannya, sehingga bisa mengarah pada pertengkaran, dan lebih buruk menjurus pada perceraian. Selain ucapan anniversary islami, baca dan yakinlah agar Allah melembutkan hati pasangan.

3. Doa untuk Rumah Tangga yang Sering Bertengkar

Jika sebelumnya telah dijelaskan doa keluarga harmonis, ada pula doa untuk rumah tangga yang sering bertengkar. Jangan sampai pertengkaran dalam rumah tangga terjadi terus-menerus, selain tidak baik untuk kehidupan keluarga, juga dilarang keras dalam Islam. Coba amalkan doa berikut ini.

اللَّهُمَّ لَا تُشْمِتْ بِي عَدُوِّي ، وَلَا تَسُؤْ بِي صَدِيْقِي ، وَلَا تَجْعَلْ مُصِيْبَتِي فِي دِيْنِي ، وَلَا تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّي ، وَلَا تُسَلِّطْ عَلَيَّ مَنْ لَا يَرْحَمُنِي ، يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ.

Allohumma la tusymit bi ‘aduwwi wala tasu’ bi shodiqi wala taj’al mushibati fi dini wala taj’alid dunya akbaro hammi wala tusalith ‘alayya man la yarhamuni ya hayyu ya qoyyum.

Artinya: “Ya Allah, jangan jadikan musuhku gembira karena kesusahanku, dan jangan jadikan temanku membuat kejahatan terhadapku dan jangan jadikan kemalanganku dalam urusan agamaku dan jangan jadikan kepentingan dunia menjadi pusat perhatianku dan jangan jadikan orang yang tidak berbelas kasihan merajalela atasku, wahai Tuhan yang hidup berdiri sendiri.”

Dalam Al-Qur’an diterangkan hal-hal untuk menghindari pertengkaran, seperti menjauhi prasangka, dan mencari-cari kesalahan orang lain. Misalnya cemburu disertai prasangka buruk hingga mengarah pada fitnah. Menundukkan pandangan, baik istri ataupun suami untuk menghindari mudharat.

4. Doa dan Harapan Supaya Terhindar dari Perpisahan dan Perceraian

Perceraian merupakan hal yang dibolehkan, tetapi juga dibenci Allah SWT. Puji syukur atas pernikahan yang langgeng. Oleh karena itu, ketika hari ulang tahun pernikahan, hendaknya doa ini juga dibaca agar terhindar dari perceraian.

وَعَدُوٌّ لَّهٗ ۗوَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

wa ‘aduwwu llahu. wa alqoitu alaika mahabbatan minni walitusnaa aini

Artinya: “Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku”.

Surat tersebut merupakan penggalan dari surah At-Taha ayat 39. Mengacu pada tafsir, Allah melimpahkan kasih sayang pada Nabi Musa, sehingga siapapun yang memandang beliau akan tertarik dan sayang,juga melimpah kebaikan agar diasuh dengan terhormat.

5. Doa Ketika Keluarga Terbengkalai

Allah memberikan cobaan kesulitan pada manusia untuk meninggikan derajat. Tak jarang suatu keluarga terbengkalai, dalam artian banyak masalah, sehingga sulit menjalani kehidupan sehari-hari. Baca penggalan surah Al-Qashas ayat 16 berikut ini.

قَالَ رَبِّ اِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَغَفَرَ لَهٗ ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Qola robbi inni dholamtu nafsii fagfir lhii fagofaro lahu. Innahu huwal gofhurur rohim

Artinya: Dia (Musa) berdoa, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku.” Maka Dia (Allah) mengampuninya. Sungguh, Allah, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Ketika membaca doa ini, istri dan suami harus tetap melaksanakan tanggung jawab yang semestinya. Istri bertanggung jawab untuk selalu menaati suami, amanah sebagai istri dan ibu, menjaga kehormatan dan harta suami, sebagai manajer dalam rumah tangga, serta izin pada suami.

Seorang lelaki yang menikahi perempuan, maka ia memiliki tanggung jawab sebagai suami, yaitu memberikan nafkah lahir dan batin pada istri secukupnya, menyediakan tempat tinggal yang layak, mendidik agama dan akhlak. Melindungi kehormatan, keselamatan, serta mengayomi istri.

6. Doa dan Harapan Mendapat Keturunan yang Baik

Mendapat keturunan adalah dambaan dalam kehidupan pernikahan. Anak-anak yang sholeh dan sholihah diharapkan mampu mewarnai dan melengkapi kehidupan berkeluarga. Dari anak-anak itu pula bisa menjadi ladang pahala bagi orang tua.

Oleh karena itu, baca doa dan harapan di hari ulang tahun untuk mendapat keturunan yang baik. Doa ini diamalkan oleh Nabi Zakaria yang sudah tua dan menginginkan anak. Doa ini terdapat dalam kitab suci Al-Qur’an surah Ali Imran ayat 38, atau surah Al-Anbiya ayat 89 berikut lafadznya.

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ ۚ قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Hunalika da’a zakariyya robbah. Qola robbi habli milladunka dzurriyyata thoyyibata. innaka samii’ud du’a’

Artinya: “Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (Ali Imran ayat 38)

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

wa zakariyaaa idz na daa robbahuu robba la tadzarnii fardaaw wa anta khoirul waaritsin.

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.” (Al-Anbiya ayat 89)

Mendapat keturunan yang baik tentu tidak hanya dari doa saja, tetapi bisa dengan melaksanakan sunnah dalam berhubungan suami istri. Seperti melakukan hubungan pada hari kamis malam atau jumat sebelum subuh.

7. Doa dan Harapan Tentang Istri dan Anak yang Membuat Bahagia

Momen Anniversary untuk suami, hendaknya membaca doa dari Surah Al-Furqan Ayat 74.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yun, waja’alna lil muttaqina imama.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa."

Doa ini bisa dibaca untuk para suami atau diamalkan sejak lelaki belum menikah. Doa ini memohon diberikan istri dan anak yang membahagiakan hati. Dalam lafadz doa ada kalimat Qurrata a’yuun yang berarti anak yang taat dalam ibadah kepada Allah, ataupun taat pada orang tua atau suami.

Dari ketaatan itulah ada harapan mendatangkan kebahagian bagi orang tua atau suami. Selain itu, maksud penyenang hati adalah ketenangan jiwa, tidak membuat marah dan kecewa, jika menangis, maka itu adalah tangisan bahagia. Selain itu, ada doa dari Surah Al-Baqarah ayat 128.

8. Doa dan Harapan Agar Bahagia Dunia Akhirat

Doa berikut ini adalah ayat 10 Surah Al-Kahfi, agar dilimpahkan rahmat Allah, diberikan kemudahan, dan keselamatan agama. Sesungguhnya manusia berdoa dan berharap rahmat atau kasih sayang Allah, karena dari kasih sayang itu, Allah memberikan segala hal yang kita dapat di dunia dan akhirat.

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Idz awalfityatu ilalkahfi faqooluu rabbanaa aatinaa minladunka rahmatan wahayyi lanaa min amrina rasyadaa

Artinya: “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami”.

Al-Kahfi sendiri mengisahkan kisah pemuda yang berlindung ke dalam gua untuk mempertahankan keimanan dan berlindung dari musuh. Oleh karena itu, dalam ulang tahun pernikahan doa ini bisa diamalkan agar dimudahkan dalam hidup berumah tangga.

9. Doa dan Harapan Agar Berkah

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir.

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal dan mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan”.

Hadis ini diriwayatkan Abu Dawud, Ahmad, Tirmidzi. Dalam doa tersebut ada kalimat ‘Barakallahu’ yang artinya merujuk pada pemberian berkah dari Allah SWT. Hidup dalam berumah tangga alangkah baiknya dipenuhi dengan keberkahan atau kebaikan yang banyak.

Sembilan doa tersebut juga butuh usaha, misal ingin keluarga harmonis, Maka selain doa, alangkah baiknya jika melaksanakan tanggung jawab suami dan istri, sekaligus menjaga komunikasi, saling memahami dan mampu membimbing pada hal baik.

Anda bisa memberikan selamat atau ucapan untuk suami atau istri, dengan itu ada kata-kata yang lembut, dan memberikan kesenangan bagi keduanya.

Setelah itu, lantunkan bersama doa dan harapan di hari ulang tahun pernikahan agar turun rahmat Allah untuk rumah tangga bahagia dunia akhirat.


Posting Komentar