Rumus Keliling Segitiga Sama Kaki Lengkap dengan Contohnya

Rumus Keliling Segitiga Sama Kaki. Setiap bangun datar yang memiliki sisi pasti bisa Anda ketahui kelilingnya.

Salah satu jenis segitiga yang lazim Anda temukan yaitu segitiga sama kaki. Sama seperti segitiga lainnya, segitiga sama kaki bisa Anda ketahui jumlah kelilingnya. Tidak sulit, untuk mendapatkan keliling tersebut Anda hanya perlu menerapkan rumus keliling segitiga sama kaki.

Sebenarnya, rumus keliling bangun datar termasuk segitiga merupakan rumus matematika dasar dan cenderung cukup mudah. Sayangnya, karena lebih banyak dipelajari saat di bangku Sekolah Dasar, tidak jarang Anda melupakan rumus satu ini padahal sangat penting bagi kehidupan.

Mengenal Segitiga

Anda pasti sering melihat benda datar yang memiliki tiga buah sisi. Jika iya, maka benda tersebut merupakan benda dengan bentuk segitiga. Karena sesuai dengan namanya, segitiga memiliki ciri khas yaitu tersusun dari tiga buah sisi sebagai rangka bangunan tersebut.

Uniknya, ketiga sisi pada segitiga tersebut akan saling bersentuhan satu sama lain pada bagian ujungnya. Kondisi tersebut juga menyebabkan terbentuknya tiga buah titik sudut pada setiap bangun datar segitiga.

Ciri khas lain yang wajib Anda ketahui dari segitiga yaitu fakta bahwa ketiga sudut bangun datar tersebut jika dijumlahkan, maka akan menghasilkan angka 180o. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis segitiga termasuk segitiga sama kaki.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa segitiga terbagi ke dalam beberapa jenis. Jenis-jenis segitiga tersebut bisa Anda bedakan melalui panjang sisinya dan juga melalui besar sudutnya.

Berdasarkan panjang setiap sisinya, segitiga dibagi menjadi segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan segitiga sembarang. Sedangkan jika berdasarkan sudutnya, segitiga terbagi menjadi segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku-siku.

Segitiga Sama Kaki

Jika Anda memperhatikan, sebelumnya telah disinggung bahwa segitiga terbagi ke dalam beberapa jenis jika dilihat dari panjang sisi serta besar sudutnya. Salah satu jenis segitiga yang perlu Anda ketahui yaitu segitiga sama kaki.

Segitiga sama kaki adalah salah satu jenis segitiga yang bisa Anda bedakan dengan cara melihat panjang sisinya. Karena sesuai dengan namanya, segitiga yang satu ini memiliki dua buah kaki yang sama panjang ukurannya.

Bukan hanya dua sisi bagian kakinya saja yang sama panjang, tapi segitiga sama kaki juga memiliki dua buah titik sudut berukuran sama besar.

Dari gambar di atas, bisa Anda lihat bahwa segitiga sama kaki tersusun dari dua buah segitiga siku-siku yang saling kongruen. Dua segitiga siku-siku tersebut seolah-olah cerminan satu sama lain sehingga kedua sisi yang sama panjang saling menghimpit.

Selain itu, segitiga yang satu ini juga memiliki ciri khas lain yang bisa membedakannya dengan jenis segitiga lain. Berikut ini sifat-sifat segitiga sama kaki yang perlu Anda ketahui:

  1. Memiliki dua buah sisi yang ukuran panjangnya sama;
  2. Dua sudut berhadapan dengan kedua sisi segitiga yang sama panjang memiliki ukuran sama besar;
  3. Memiliki satu sumbu simetri;
  4. Bisa menempati bingkainya dalam dua cara.
Baca juga:

Rumus Keliling Segitiga Sama Kaki

Setiap bangun datar yang memiliki sisi pasti bisa Anda ketahui kelilingnya. Untuk mengetahui keliling bangun datar tersebut, Anda harus memahami terlebih dahulu rumus kelilingnya. Termasuk saat Anda hendak mencari jumlah keliling segitiga.

Rumus keliling setiap bangun datar tentunya berbeda karena bisa Anda lihat bentuk masing-masing bangun datar juga tidak sama. Rumus-rumus tersebut juga pastinya sudah Anda pelajari secara rinci saat mengikuti mata pelajaran matematika di sekolah.

Untuk mengetahui keliling segitiga sendiri tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengetahui panjang dari setiap sisi segitiga yang ingin Anda ketahui kelilingnya. Untuk lebih jelasnya, berikut rumus keliling segitiga secara umum:

K = sisi + sisi + sisi

Dengan mengetahui rumus tersebut, Anda tidak akan kesulitan saat menemukan soal terkait keliling segitiga sama kaki. Karena, Anda hanya tinggal memasukkan angka dalam soal sesuai dengan rumus keliling tersebut.

Sebetulnya, rumus di atas bukanlah rumus khusus untuk menghitung keliling segitiga sama kaki saja. Namun, rumus tersebut juga tentu bisa Anda gunakan untuk menghitung keliling dari segitiga jenis lainnya seperti segitiga sembarang, segitiga sama sisi, hingga segitiga siku-siku.

Adapun rumus keliling yang hanya bisa digunakan segitiga sama kaki yaitu K = 2a + b. Huruf a dalam rumus tersebut berarti sisi yang sama dalam segitiga atau kaki, sedangkan huruf b berarti alas.

Contoh Soal Keliling Segitiga Sama Kaki

Agar lebih paham terkait rumus keliling yang telah dipaparkan di atas, ada baiknya Anda melihat beberapa contoh soal. Contoh soal sendiri akan membantu Anda mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan rumus dengan benar dan sesuai.

Agar kedepannya bisa lebih percaya diri saat menghitung keliling segitiga, berikut beberapa contoh soal perhitungan keliling segitiga sama kaki lengkap dengan cara penyelesaiannya:

1. Terdapat sebuah bangun datar segitiga sama kaki dengan panjang kaki 10 cm sedangkan alasnya sepanjang 8 cm. Hitunglah keliling dari segitiga sama kaki tersebut!

Diketahui: a (sisi) = 10 cm; b (alas) = 8 cm.

Ditanyakan: Keliling (K)

Rumus keliling: K = 2a + b

Penyelesaian:

K = 2a + b

K = 2(10) + 8

K = 20 + 8

K = 28

Jadi, keliling segitiga sama kaki tersebut yaitu 28 cm.

2. Saat pulang sekolah, Rima menemukan rumah dengan atap berbentuk segitiga sama kaki di bagian depannya. Menurut informasi, segitiga pada atap tersebut memiliki panjang sisi 60 cm sedangkan alasnya sepanjang 40 cm. Dengan mempraktikkan rumus keliling segitiga yang baru ia pelajari di sekolah, berapakah keliling segitiga sama kaki yang Rima lihat tersebut?

Diketahui: a (sisi) = 60 cm; b (alas) = 40 cm.

Ditanyakan: Keliling (K)

Rumus keliling: K = 2a + b

Penyelesaian:

K = 2a + b

K = 2(60) + 40

K = 120 + 40

K = 180

Jadi, keliling segitiga sama kaki tersebut yaitu 180 cm.

3. Dalam sebuah kesempatan, seorang guru matematika menyatakan bahwa dirinya memiliki sebuah bangun datar berbentuk segitiga sama kaki yang memiliki keliling 16 cm. Jika panjang alas dari segitiga tersebut 4 cm, maka berapa panjang masing-masing sisinya?

Sebelumnya perlu Anda ketahui, untuk menyelesaikan soal seperti ini, Anda tetap bisa menggunakan rumus keliling segitiga. Pasalnya, dalam soal sudah jelas diketahui keliling dari segitiga tersebut.

Diketahui: b (alas) = 4 cm; K = 16 cm.

Ditanyakan: Panjang sisi segitiga (a)

Rumus keliling: K = 2a +b

Penyelesaian:

K = 2a + b

16 = 2a + 4

16 - 4 = 2a

12 = 2a

122 = a

6 = a

a = 6

Jadi, panjang masing-masing sisi dari segitiga sama kaki tersebut yaitu 6 cm.

Rumus di atas bisa Anda gunakan juga jika soal menanyakan panjang alas yang sebelumnya telah diketahui keliling dan panjang sisinya.

Bagaimana, rumus keliling segitiga sama kaki ternyata mudah bukan? Tentu saja, karena rumus tersebut cukup sederhana dan mudah untuk Anda pahami. Terlebih jika Anda telah membaca seluruh contoh soal, maka perhitungan keliling segitiga tidak akan lagi menjadi masalah.

Agar Anda lebih lancar dalam menghitung keliling segitiga sama kaki, maka Anda bisa mengaplikasikan rumus tersebut dalam soal lain sebagai latihan.

Posting Komentar