Rumus Keliling Segitiga Umum, Sama Kaki, Sama Sisi dan Siku-Siku

Rumus keliling segitiga didefinisikan sebagai panjang total dari batasnya. Segitiga merupakan poligon bersisi tiga dan dapat dikelompokkan.

Rumus keliling segitiga cukup mudah untuk Anda mengerti. Segitiga adalah beberapa bentuk paling sederhana yang ada, tapi, ini tidak berarti bahwa bangun datar satu ini tidak penting. Justru, segitiga menyimpan beberapa keistimewaan yang tidak semua dimiliki oleh banyak bangun.

Keistimewaan Bangun Segitiga

Segitiga adalah poligon tiga sisi dan hadir dalam berbagai rasa dan jenis. Beberapa berkaitan dengan panjang sisi segitiga. Jenisnya pun beragam dan cukup variatif.

1. Banyak Jenisnya

Ada segitiga sama sisi, yang mana semua sisi (dan semua sudut) berukuran sama. Ada juga segitiga sama kaki, yang mana dua sisi (dan dua sudut) berukuran sama.

Namun, ada juga skalene, yakni di mana tidak ada sisi (atau sudut) yang sama. Sudut di dalam segitiga juga penting. Jumlah sudut selalu 180 derajat.

Anda dapat memiliki segitiga lancip, di mana semua sudut dari segitiga tersebut kurang dari 90 derajat. Ada juga segitiga tumpul, di mana salah satu sudut dari segitiga tersebut lebih besar dari 90 derajat.

Selain itu, tentu saja Anda bisa mendapatkan segitiga siku-siku. Segitiga yang menjadi salah satu bentuk matematika paling berpengaruh, yang menginspirasi teorema dan trigonometri Pythagoras.

2. Fundamental

Segitiga tidak hanya signifikan secara matematis, tetapi juga mendasar bagi cara seseorang membangun lingkungan, baik fisik maupun virtual. Segitiga istimewa karena sangat kuat. Dari semua bentuk dua dimensi, dapat dibuat penyangga lurus dari logam, hanya segitiga yang kaku.

Semua bentuk lain dari bangun datar dapat diubah bentuknya dengan dorongan sederhana jika bentuknya berengsel di sudut-sudutnya. Misalnya, persegi panjang dapat didorong ke dalam hingga berubah menjadi jajaran genjang.

Namun, itu bukan segitiga terpercaya. Tidak dapat menjelaskan penggunaannya di mana-mana dalam konstruksi, dari tiang hingga penyangga.

3. Poligon Tersimpel

Segitiga juga istimewa karena merupakan poligon paling sederhana. Pendekatan umum untuk masalah geometris yang rumit, seperti menganalisis permukaan yang kompleks, adalah dengan memperkirakannya dengan jaring segitiga.

Pendekatan ini juga digunakan di dunia nyata untuk mencapai beberapa bentuk eksotis yang sekarang dapat dilihat dalam arsitektur modern. Contohnya ada pada bentuk lengkung 30 St Mary's Axe, alias Gherkin, atau kanopi di atas halaman di British Museum.

Mengerti Rumus Keliling Segitiga

Rumus untuk mencari keliling segitiga didefinisikan sebagai panjang total dari batasnya. Segitiga merupakan poligon bersisi tiga dan dapat dikelompokkan menjadi beberapa tipe menurut ukuran sudut dan sisinya.

Keliling segitiga berarti jumlah ketiga sisinya. Keliling dikenal juga dengan perimeter. Perimeter adalah gabungan dari dua kata Yunani: “peri” yang berarti sekitar dan “metron” yang berarti ukuran.

Jarak total di sekitar bentuk 2D apapun didefinisikan sebagai kelilingnya. Karena perimeter memberikan panjang batas suatu bentuk, itu dinyatakan dalam satuan linier.

Contoh nyata dari implementasi rumus keliling segitiga: Bayangkan bahwa Anda perlu memagari taman berbentuk segitiga. Nah, untuk mengetahui dimensi pagar tersebut, Anda tambahkan panjang ketiga sisi taman. Pagar inilah yang ditetapkan sebagai keliling segitiga.

Baca juga:

Rumus Keliling pada Segitiga

Untuk menghitung keliling segitiga, Anda cukup menjumlahkan panjang sisi-sisi yang diberikan. Rumus dasar yang digunakan untuk menghitung keliling segitiga adalah keliling sama dengan jumlah ketiga sisinya. Mari memahami rumus ini dengan berbagai jenis segitiga.

1. Keliling Segitiga Umum

Keliling segitiga umum dapat dihitung dengan mencari jumlah semua sisi yang tidak sama panjang. Rumus keliling dari segitiga adalah Keliling = a + b + c, di mana "a", "b", dan "c" adalah tiga sisi yang berbeda.

2. Keliling Segitiga Sama Kaki

Ketika dalam suatu segitiga terdapat dua sisi berukuran sama, maka itulah segitiga sama kaki. Keliling segitiga sama kaki dapat dihitung dengan mencari jumlah sisi yang sama dan tidak sama panjang. Rumus keliling segitiga sama kaki adalah: Keliling segitiga sama kaki = 2a + b satuan.

di mana,

a = sisi-sisi yang sama panjang

b = sisi ketiga

3. Keliling Segitiga Sama Sisi

Segitiga sama sisi memiliki semua sisi yang berukuran sama besar. Kalkulasi keliling segitiga sama sisi adalah:

Keliling segitiga sama sisi = (3 × a) satuan.

'a' merupakan panjang masing-masing sisi segitiga.

4. Keliling Segitiga Siku-Siku

Segitiga yang salah satu sudutnya 90° disebut segitiga siku-siku atau segitiga siku-siku. Rumus untuk menghitung keliling segitiga siku-siku adalah Keliling segitiga siku-siku, P = a + b + c satuan.

Karena ini adalah segitiga siku-siku, Anda dapat menggunakan teorema Pythagoras jika salah satu sisi segitiga ini tidak diketahui. Teorema Pythagoras menyatakan bahwa kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat kedua sisi lainnya.

a = tegak lurus

b = Basis

c = Hipotenusa segitiga siku-siku

Oleh karena itu, menurut teorema Pythagoras, c 2 = a 2 + b 2. Dalam hal ini, keliling segitiga siku-siku juga dapat ditulis sebagai: P = a + b + (a 2 + b 2). Ini karena c 2 = a 2 + b 2, oleh karena itu, c = (a 2 + b 2).

5. Keliling Segitiga Siku-Siku Sama Kaki

Segitiga siku-siku dengan dua sisi yang sama dan dua sudut yang sama disebut segitiga siku-siku sama kaki. Total kelilingnya bisa ditelusuri dengan menjumlahkan keseluruhan sisinya.

Rumus untuk menghitung keliling segitiga siku-siku sama kaki adalah P = 2l + h. Di mana l adalah panjang dua kaki atau sisi segitiga yang sama, dan h adalah sisi miring.

Hal lain yang menarik untuk dicatat di sini adalah bahwa dengan menggunakan teorema Pythagoras, Anda tahu, h = (l 2 + l 2) = 2 × l atau, l = h/√2 satuan. Oleh karena itu, keliling segitiga siku-siku sama kaki juga dapat ditulis sebagai: P = 2l + (√2)l = (2 + 2)l satuan.

Juga, P = 2(h/√2) + h = (√2 × h) + h satuan.

Contoh Soal Rumus Keliling Segitiga

Langkah-langkah berikut ini bisa jadi alternatif dalam mencari keliling segitiga:

  • Langkah 1: Catat pengukuran semua sisi segitiga dan periksa apakah semua sisi harus memiliki satuan yang sama.
  • Langkah 2: Hitung jumlah semua sisi.
  • Langkah 3: Berikan jawaban beserta unitnya.

Mari lihat cara mencari keliling segitiga menggunakan contoh.

Contoh 1: 

Hitunglah keliling ABC yang memiliki dimensi sebagai berikut: AB = 6 inci, BC = 8 inci, AC = 10 inci.

  • Langkah 1: Cek apakah tiga sisi segitiga sudah diketahui dari awal atau belum.
  • Misalnya saja, sisi AB memiliki panjang 6 inci. Lalu, sisi lainnya, sisi BC memiliki panjang 8 inci. Kemudian, sisi terakhir, sisi AC diketahui mempunyai panjang 10 inci.
  • Langkah 2: Gunakan rumus yang sesuai dan tambahkan sisi-sisinya untuk mendapatkan keliling. Karena ini adalah segitiga siku-siku, gunakan rumus, Keliling = a + b + c. Tuliskan keliling beserta satuannya. Maka, hasil dari kalkulasi keliling segitiga ABC = 6 + 8 + 10 = 24 inc.

Dari banyaknya macam dan langkah-langkah menghitung yang ada, rumus segitiga sangat relatif. Bergantung pada jenis, sudut, dan panjang masing-masing sisinya. Itulah mengapa butuh ketelitian menemukan rumus keliling segitiga yang pas.

Posting Komentar