Bacaan Doa Selamat Ulang Tahun: Arab, Latin dan Artinya (Lengkap)

Kelahiran dan kesempatan hidup yang sudah Anda dapatkan dalam bentuk nikmat dari Allah yang harus disyukuri. Untuk itu, ada beberapa doa ulang tahun.

Ulang tahun merupakan salah satu momen spesial dalam hidup setiap orang. Ulang tahun dirayakan setiap satu tahun sekali pada hari kelahiran. Saat merayakan ulang tahun, biasanya akan diadakan pesta ataupun acara syukuran. Tidak lupa dengan mengucapkan doa selamat ulang tahun.

Dalam acara syukuran perayaan ulang tahun tersebut, pastinya ada kerabat, sahabat, dan orang terkasih yang diundang agar turut memberikan doa terbaiknya. Oleh karena itu, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan ketika sedang berulang tahun.

Bacaan Doa Selamat Ulang Tahun Ini Agar Umur Semakin Berkah

Hari kelahiran atau hari ulang tahun adalah bentuk peringatan yang sudah seharusnya Anda syukuri atas kenikmatan hanya dari Allah SWT. Dalam agama Islam sendiri sebenarnya tidak ada suatu perayaan khusus dalam menyambut hari kelahiran.

Hanya saja, kelahiran dan kesempatan hidup yang sudah Anda dapatkan dalam bentuk nikmat dari Allah yang harus Anda syukuri. Untuk itu, ada beberapa doa ulang tahun dalam Islam yang bisa Anda ucapkan ketika merayakan ulang tahun.

Doa yang dipanjatkan ini menjadi salah satu cara untuk bersyukur kepada Allah. Berikut beberapa doa yang dianjurkan.

1. Doa Ulang Tahun Agar Diri Sendiri Selamat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Latin:

Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatangQoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba’dal mauut.

Artinya:

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.

Momen ulang tahun adalah suatu momen di mana seseorang berharap jika dengan bertambahnya usia, maka ia senantiasa diberikan keselamatan serta kesejahteraan hidup oleh Allah SWT.

Ulang tahun juga dapat menjadi suatu momen yang mengingatkan bahwasanya usia hidup seseorang di dunia ini telah berkurang. Maka dari itu, dianjurkan seseorang memohon keselamatan melalui bacaan doa yang dipanjatkan.

2. Doa Ulang Tahun Agar Diri Sendiri Sejahtera

وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا

Latin: 

Was-salāmu 'alayya yauma wulittu wa yauma amụtu wa yauma ub'aṡu ḥayyā

Artinya:

Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.

Doa ulang tahun untuk diri sendiri ini berasal dari Qur’an Surah Maryam ayat ke 33. Doa tersebut bisa Anda panjatkan ketika sedang merayakan syukuran ulang tahun. Dengan memanjatkan doa tersebut, diharapkan Anda dapat memperoleh kesejahteraan dari Allah SWT.

Dengan mengucapkan doa tersebut, insyaallah akan diberikan keberkahan, keselamatan serta kesejahteraan. Anda juga bisa memberikan doa ini sebagai hadiah ulang tahun teman atau kerabat.

3. Doa Ulang Tahun Agar Diri Sendiri Panjang Umur

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya:

Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

Salah satu dari beberapa doa yang dipanjatkan ketika ulang tahun ada satu doa yang paling sering diucapkan, yaitu doa agar umurnya dipanjangkan.

Berdoa memohon agar dipanjangkan umurnya di hari kelahiran memang sudah umum terjadi. Hanya saja, sebaiknya doa selamat ulang tahun yang kita panjatkan ditambahkan dengan permohonan keberkahan dalam usia yang panjang tersebut.

4. Doa Ulang Tahun Agar Diberikan Kemuliaan

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Artinya:

Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Doa ulang tahun singkat tersebut bisa Anda ucapkan di hari ulang tahun. Dengan merayakan momen spesial peringatan hari kelahiran, itu memberikan tanda bahwasanya semakin seseorang menuju lebih tua ataupun dewasa.

Maka dari itu, banyak orang yang sedang merayakan ulang tahun, mereka sering meminta kemuliaan dalam hidup seperti mendapatkan keluarga yang bahagia dan harmonis, masa depan yang cerah, dan lain sebagainya.

5. Doa Ulang Tahun Agar Diberikan Rezeki

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

Memohon doa agar diluaskan rezekinya sudah pasti dilakukan. Baik itu ulang tahun diri sendiri, anak, kerabat, dan teman sekalipun. Jika anak Anda sedang berulang tahun berikan doa berkah ulang tahun buat anak agar rezekinya selalu dilancarkan.

Untuk mendapatkan rezeki yang cukup untuk kebutuhan hidup memang harus dilakukan usaha yang tidak mudah. Namun, usaha juga harus diimbangi dengan doa agar diberikan kelancaran dan diluaskan pintu rezekinya.

Baca juga:

Cara Merayakan Ulang Tahun dalam Islam

Dalam Islam sendiri sebenarnya tidak ada yang namanya perayaan ulang tahun dengan sebuah pesta karena dianggap tidak terlalu bermanfaat. Pesta juga akan membuat perayaan ulang tahun jadi berlebihan.

Oleh karena itu, agama Islam menganjurkan pemeluknya untuk melakukan beberapa hal yang baik ketika hendak memperingati hari kelahiran, diantaranya:

1. Menjadikan Momen Ulang Tahun Untuk Introspeksi Diri

Ketika memasuki usia yang baru, sudah sepatutnya Anda menyadari bahwa jatah usia yang sudah Allah berikan akan semakin berkurang. Anda bisa mengingat kembali perbuatan-perbuatan buruk ataupun dosa apa saja yang sudah dilakukan.

Momentum ini sangat pas dijadikan sebagai waktu untuk introspeksi diri. Perbaiki diri di usia yang baru ini dengan semakin meningkatkan keimanan, ibadah, serta memperbanyak perbuatan-perbuatan baik.

2. Tidak Berpesta Secara Berlebihan

Berlebih-lebihan dalam hal apapun memanglah tidak baik, termasuk pesta perayaan ulang tahun. Dalam Islam tidak diajarkan untuk berdoa di depan kue kemudian meniup lilin seperti orang-orang nasrani.

Mengadakan pesta semacam itu sudah pasti akan menghambur-hamburkan harta dalam perbuatan yang manfaatnya kurang. Lebih baik dan akan lebih berguna apabila uang tersebut digunakan untuk menyantuni anak yatim ataupun bersedekah kepada yang kurang mampu.

3. Meminta Ampunan Allah

Allah SWT sangat suka dengan hambanya yang selalu memohon ampunan. Memang, untuk meminta ampunan dari Allah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Meminta ampunan tidak hanya di hari ulang tahun saja.

Namun, sebaiknya momen ulang tahun ini dijadikan untuk meminta ampunan atas dosa-dosa di usia sebelumnya. Mohonlah ampunan dengan memperbanyak istighfar agar di usia yang sekarang, Allah jauhkan dari hal-hal buruk.

4. Mengingat Kematian

Momen ulang tahun sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai pengingat kematian. Hal ini dikarenakan dengan bertambahnya usia, itu berarti jatah usia seseorang di dunia akan berkurang.

Setiap orang pasti akan menghadapi kematian meskipun tidak ada yang tahu kapan dan di mana ia akan mati. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan amalan-amalan yang baik sebagai bekal untuk kematian yang tidak bisa Anda prediksi.

5. Meningkatkan Keimanan

Ketika memasuki usia baru yang jauh lebih matang dari sebelumnya, momen tersebut bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kadar keimanan. Anda bisa mulai dari memperbaiki ibadah wajib seperti salat serta melakukan amalan sunnah.

Jika keimanan sudah mencapai taraf yang cukup tinggi, maka Anda akan merasakan manisnya hidup dan hati yang selalu tenang dan damai. Menjalankan setiap perintah dari Allah SWT pun akan semakin giat.

6. Meluangkan Waktu dan Meminta Doa dari Keluarga

Merayakan hari kelahiran bisa Anda manfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta dengan melakukan kegiatan yang positif seperti mengajak keluarga berwisata ataupun dengan makan bersama agar hubungan kekeluargaan semakin dekat.

Selain itu, Anda juga bisa meminta doa dari setiap anggota keluarga. Mintalah untuk dipanjatkan doa yang baik agar Anda selalu mendapatkan lindungan, keberkahan, serta ridha dari Allah atas usia yang baru saja bertambah.

Demikian beberapa doa selamat ulang tahun yang bisa Anda panjatkan ketika sedang merayakan syukuran hari kelahiran. Bertambahnya usia merupakan sebuah anugerah di mana Allah SWT masih memberikan nikmat kesehatan dan hidup di dunia ini.

Untuk itu, sudah sepantasnya perayaan ulang tahun dilakukan dengan cara yang baik dengan mengucapkan doa-doa yang dianjurkan. Hindari merayakan ulang tahun dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak baik.

Posting Komentar