Doa Untuk Bayi Baru Lahir: Arab, Latin dan Artinya (Lengkap)

Doa Untuk Bayi Baru Lahir Agar Mendapat Perlindungan. Umumnya, ketika memberi ucapan selamat kepada keluarga yang tengah kedatangan buah hati baru

Memiliki bayi dalam kehidupan merupakan suatu anugerah besar yang diberikan Tuhan kepada para orang tua yang telah diberi amanah untuk menjaga. Maka dari itu, mengucapkan doa untuk bayi baru lahir sangat dianjurkan dengan harapan supaya bayi tersebut dapat tumbuh baik.

Apalagi, doa sendiri termasuk perbuatan yang mulia. Berdoa berarti Anda memohon sesuatu yang baik atau bermanfaat dan memohon agar tercegah dari suatu keburukan. Jadi, teruntuk bayi yang baru lahir ke dunia, lebih baik disambut dengan doa-doa yang baik.

Ucapan Untuk Bayi Baru Lahir

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, anak merupakan anugerah dari Tuhan yang perlu orang tua rawat dan jaga. Kehadiran bayi di tengah-tengah keluarga tentunya membawakan sebuah rasa kebahagiaan dan haru yang tak terkira.

Itulah mengapa Anda dapat memberi ucapan pada bayi baru lahir dalam rangka memberi selamat kepada orang tua si bayi dan bayi itu sendiri. Apalagi, khusus untuk ibu yang telah mengandung selama kurang lebih 9 bulan pastinya sangat menantikan momen kelahiran buah hati tercinta.

Momen kelahiran bayi biasanya menjadi momen kumpul keluarga besar. Banyak tetangga maupun kerabat dekat yang datang menjenguk untuk sekadar memberi ucapan selamat atau doa untuk setiap bayi baru lahir.

Hal semacam itu sudah menjadi seperti sebuah tradisi dalam masyarakat. Nah, apa saja ucapan untuk bayi baru lahir dalam islam? Simak pembahasannya berikut ini.

Ucapan Kelahiran Untuk Bayi Perempuan

Apabila tetangga atau kerabat Anda melahirkan seorang bayi perempuan, maka bisa mengucapkan ucapan khusus untuk menyambut bayi perempuan tersebut. Berikut ini beberapa contoh ucapan yang bisa Anda katakan kepada bayi baru lahir yang mempunyai jenis kelamin perempuan.

Selamat atas kelahiran putri kalian yang cantik dan menggemaskan ini. Semoga saat dia tumbuh nantinya bisa menjadi anak yang berbakti pada orang tuanya.

Akhirnya keinginan kalian terkabulkan dengan kehadiran bayi perempuan lucu ini Selamat ya atas kelahiran si kecil.

Bidadari kecil akhirnya lahir ke dunia. Semoga sewaktu besar nanti dia bisa tumbuh menjadi gadis yang baik dan penuh semangat.

Selamat lahir ke dunia, bayi kecil. Semoga kehadiranmu menjadi sumber kebahagiaan bagi keluargamu.

Selamat kalian sudah resmi menjadi ayah dan ibu. Semoga putri kecil kalian bisa tumbuh sehat dan ceria.

Ucapan Kelahiran Untuk Bayi Laki-Laki

Berikutnya, tidak hanya bayi perempuan saja yang diberi ucapan. Kini bayi laki-laki juga mendapatkan hal serupa. Ucapan dan doa untuk bayi yang baru lahir bisa Anda sesuaikan dengan jenis kelamin bayi. Setelah itu, bisa ditambah dengan harapan atau doa kedepannya.

Selamat atas kelahiran putra pertama kalian. Semoga saat besar nanti dia bisa menjadi sosok yang kuat dan sehat.

Anggota keluarga baru kalian akhirnya bertambah. Selamat sudah mendapatkan bayi laki-laki seperti yang sudah diidamkan.

Bayi laki-laki kalian tampak sangat menggemaskan. Semoga dia bisa tumbuh menjadi anak yang saleh, cerdas, dan berbakti pada orang tua.

Selamat sudah lahir ke dunia, bayi mungil. Semoga kelak kamu bisa menjadi laki-laki yang bertanggung jawab nantinya.

Ucapan Kelahiran Untuk Bayi dalam Islam

Seorang bayi yang lahir dari keluarga beragama islam, Anda bisa memberikan kata-kata menyentuh hati. Berikut beberapa contoh ucapan kelahiran untuk bayi dengan kata-kata bernuansa alami:

Alhamdulillah anak kalian telah lahir dengan selamat dan sehat. Semoga kelak dia bisa menjadi anak yang saleh dan berbakti.

Selamat atas kelahiran bayi kalian. Semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan-Nya.

Akhirnya kalian berdua resmi menjadi orang tua. Semoga dengan kehadiran bayi ini bisa menambah kebahagiaan keluarga.

Semoga dengan lahirnya anak kalian, Allah SWT makin memudahkan segala urusannya.

Selamat akhirnya bayi yang kalian nanti-nanti lahir juga. Semoga anak itu bisa menjadi anak yang sehat, kuat, dan saleh.

Itu adalah beberapa contoh ucapan doa untuk bayi baru lahir yang bisa Anda jadikan referensi. Pastikan ucapan yang hendak Anda sampaikan kepada orang tua yang sedang berbahagia dengan kelahiran anaknya, merupakan doa yang baik.

Doa Untuk Bayi Baru Lahir yang Bisa Jadi Referensi

Umumnya, ketika memberi ucapan selamat kepada keluarga yang tengah kedatangan buah hati baru, perlu diselipi dengan doa. Nah, banyak doa yang bisa Anda doakan agar kelak bayi tersebut bisa tumbuh menjadi seseorang yang sehat, baik, kuat, sukses, dan doa baik lainnya.

Doa Untuk Bayi Baru Lahir Agar Mendapat Perlindungan

Dalam kehidupan, seseorang pasti akan menjumpai hambatan, rintangan, dan marabahaya. Tentu saja kemunculan hal-hal tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu. Itulah mengapa memberikan doa kepada bayi yang baru lahir agar diberi perlindungan oleh Allah SWT sangat dianjurkan.

إِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

īnwī auʿīḏuhā bika waḏurwīwatahā mina al-šwaīْṭāni al-rwaǧīmi

Artinya: Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk. Q.S. Ali Imran (3: 36)

Baca juga: 

Doa Pembawa hal baik dan pembuka pintu rezeki

Salah satu doa yang bisa Anda bacakan ke bayi yang baru lahir adalah surat Al-Fatihah. Surat ini diyakini dapat menjadi doa pembuka rezeki serta mendatangkan hal baik dalam kehidupan.

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيم صِرَٰطَٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ 

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." (QS Al Fatihah: 1-7)

Doa agar bayi menjadi anak yang berbakti

Berikutnya, terdapat lantunan doa yang mengharapkan agar kelak bayi yang baru lahir tersebut bisa menjadi anak yang berbakti. Jadi, jika Anda sedang menjenguk tetangga atau saudara yang baru lahiran maka bisa mengucapkan doa berikut.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Artinya:

"Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rezeki atas kebaikan-Nya."

Anjuran Ketika Anak Dilahirkan dalam Islam

Setelah menyimak beberapa contoh doa untuk bayi baru lahir di atas, mungkin sebagian bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika menjenguk tetangga atau kerabat yang lahiran. Nah, selanjutnya akan dilanjut dengan pembahasan anjuran islam ketika anak lahir.

Ketika seorang bayi lahir, terdapat beberapa hal yang dianjurkan dilakukan oleh para orang tua. Setiap orang tua pastinya mendambakan anak mereka tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, kuat, shalih atau shalihah, dan lain sebagainya.

Islam mempunyai beberapa tradisi saat menyambut kedatangan bayi baik itu laki-laki atau perempuan. Berikut beberapa tradisi dalam agama islam yang perlu Anda ketahui:

Mengumandangkan Adzan

Seorang ayah ketika bayinya baru lahir, maka hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengumandangkan adzan di telinga kanan serta mengucapkan iqamah di telinga kiri. Sebagian ulama mengatakan bahwa hukum mengumandangkan adzan tersebut adalah sunnah.

Rahasia adzan menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah meliputi :

  • Adzan dikumandangkan dengan tujuan untuk menyerukan dakwah sebelum bisikan setan mendahului
  • Dapat mengusir setan yang telah menanti bayi lahir
  • Mengumandangkan adzan berkenaan dengan ajaran tauhid

Memberi bayi nama bermakna baik

Banyak yang mengatakan nama adalah doa. Maka dari itu, lebih baik memberi nama pada anak Anda kelak nanti dengan nama yang memiliki makna baik atau bagus. Sebisa mungkin hindari memberi nama buruk pada anak.

Menggelar Aqiqah

Aqiqah bisa dilakukan pada hari ketujuh kelahiran atau kelipatannya. Sebagian ulama menuturkan jumlah kambing yang disembelih ialah 2 ekor untuk anak laki-laki dan 1 ekor untuk anak perempuan. Nantinya, daging tersebut dimasak lalu dibagi-bagikan ke lingkungan sekitar.

Sebenarnya, masih banyak tradisi dalam islam ketika menyambut kedatangan bayi perempuan atau laki-laki. Anda bisa menanyakan hal tersebut dengan lebih detail ke ahlinya atau membaca buku yang relevan.

Demikian pembahasan mengenai ucapan doa untuk bayi baru lahir yang bisa Anda cermati. Dengan adanya beberapa contoh referensi ucapan dan doa di atas, Anda bisa membuatnya sebagai panduan ketika kebingungan.

Posting Komentar