Doa Puasa Nisfu Syakban: Arab, Latin dan Artinya

Berikut adalah Doa Puasa Nisfu Syakban: Arab, Latin dan Artinya yang dijalankan di bulan Syakban yang perlu Anda ketahui dan hafalkan:

Bagi umat muslim yang ingin melakukan ibadah sunnah puasa nisfu Syakban, tentu saja harus menghafal dan mengetahui doa puasa nisfu Syakban ini terlebih dahulu. Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, ibadah puasa nisfu Syakban ini merupakan sebuah ibadah sunnah.

Sesuai dengan namanya, puasa ini dilakukan di bulan Syaban tepatnya pada malam yang ke-15 dalam penanggalan hijriah. Banyak disebutkan dalam hadist dan Al Quran bahwa dengan melakukan ibadah yang satu ini, maka setiap umat Islam bisa mendapatkan pengampunan dari Allah SWT.

Mengenal ibadah Puasa Nisfu Syakban

Walaupun ibadah ini memiliki keutamaan yang cukup besar, bisa dibilang doa puasa di bulan Syakban dan ibadahnya sendiri kurang populer untuk kalangan umat Islam di Indonesia. Maksudnya, masih ada sebagian yang belum mengetahui ibadah ini.

Mungkin salah satunya adalah Anda yang mungkin tidak pernah melakukan ibadah sunnah satu ini. Karena itu, berikut akan dijelaskan mengenai ibadah puasa sunnah nisfu Syakban dan mengenal ibadah puasa sunnah satu ini.

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, puasa nisfu Syakban adalah puasa yang dilakukan menjelang bulan Syakban pada penanggalan hijriah. Momen yang paling tepat untuk melakukan ibadah puasa sunnah ini adalah pada malam yang ke-15.

Dalam penanggalan masehi, malam ke-15 dalam bulan Syakban ini jatuh pada waktu dan hari yang berbeda-beda. Pada tahun 2022 ini, puasa Syakban jatuh pada tanggal 18 Maret 2022 pada hari Jumat.

Pada hari itu, umat Islam bisa memperingati bulan tersebut dengan melakukan ibadah puasa sunnah. Kemudian, dibarengi dengan ibadah shalat tasbih pada malam hari. Rangkaian ibadah ini memang sunnah hukumnya. 

Namun, jika dilakukan Anda bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar. Karena Bulan Syakban termasuk bulan yang penuh dengan keberkahan.

Baca juga:

Doa Puasa Nisfu Syakban yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang telah Anda ketahui, seseorang yang ingin melaksanakan ibadah puasa sunnah ini. Perlu untuk menghafal niat puasa nisfu Syakban terlebih dahulu. Tentu saja, doa untuk puasa ini berbeda dengan doa untuk puasa yang lainnya. Baik puasa wajib maupun puasa sunnah lainnya.

Karena ada kemungkinan umat Islam kurang familiar dengan ibadah puasa sunnah ini, berikut adalah doa puasa di bulan Syakban yang perlu Anda ketahui dan hafalkan:

Arab:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Latin:

Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya'baana wa ballignaa ramadhona

Arti dari doa puasa nisfu Syakban: 

Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syakban. Dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Untuk waktu membaca niatnya sendiri sebenarnya sama dengan puasa lain. Niat puasa ini dibacakan pada saat sahur atau mungkin sehari sebelum memulai berpuasa. Sama seperti ibadah puasa yang lainnya, lebih baik puasa sunnah ini diawali juga dengan sahur dan niat.

Keutamaan Ibadah Puasa Nisfu Syakban

Sebagai ibadah sunnah, tentu saja umat Islam yang melakukan puasa nisfu Syakban akan mendapatkan pahala. Selain itu, ada berbagai keutamaan yang akan seluruh umat Islam dapatkan termasuk Anda jika melakukan ibadah puasa sunnah satu ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai keutamaan yang akan didapatkan oleh seseorang yang melakukan ibadah puasa sunnah satu ini. Berikut juga manfaatnya dalam melakukan ibadah ini.

1. Mendapatkan Pengampunan Atas Dosa-Dosa

Tujuan utama melakukan ibadah puasa dan menghafalkan doa puasa nisfu Syakban ini adalah untuk bertaubat. Jadi, memang keutamaan utama dari ibadah ini untuk menghapuskan dosa yang sudah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, sebagai momen perenungan bagi Anda dan umat Islam yang melakukan ibadah ini. Kemudian, memohon pengampunan atas dosa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT.

Bulan Syakban bisa menjadi momen yang tepat untuk melakukan ibadah tobat. Namun, pertaubatan sebenarnya tidak harus dilakukan pada bulan Syakban saja. Anda tentu saja bisa bertaubat kapan saja dikala hati Anda menginginkannya.

Namun, memang pada bulan Syakban dengan ibadah bulan puasa dan salat tasbihnya ini bisa menjadi momen yang tepat untuk memohon pengampuan. Karena janji Allah SWT yang diberikan pada umat Islam yang melakukan ibadahnya.

2. Mendekatkan Diri pada Allah dengan Lebih Intens

Dalam ibadah ini, diharapkan agar Anda dan umat Islam yang melakukan ibadah ini bisa lebih dekat dan berserah diri kepada Allah SWT dengan lebih intens. Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain berpuasa ibadah di bulan ini dilanjutkan dengan salat tasbih.

Dengan berpuasa di siang hari dan kemudian shalat tasbih pada malam hari diharapkan umat Islam mendekatkan diri pada Allah SWT dengan lebih intens lagi. Sekaligus merenungi perbuatan dan dosa yang sudah dilakukan selama ini sehingga dapat lebih menguatkan iman.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Berpuasa

Bukan rahasia lagi bahwa puasa tidak hanya sekadar ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Ibadah puasa ini juga memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi kesehatan.

Tidak hanya puasa wajib saja yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, puasa sunnah juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan bagi tubuh. Malahan, melakukan puasa sunnah di antara jadwal makan yang normal sangat disarankan untuk menjaga kesehatan.

Karena dengan melakukan puasa sunnah, organ pencernaan memiliki waktu untuk beristirahat dari jadwal makan biasanya. Hal ini juga memberikan kesempatan pada organ pencernaan agar dapat mengolah makanan dengan lebih baik agar tubuh menjadi lebih sehat.

4. Sebagai Tanda Syukur Telah Diberikan Kehidupan

Berpuasa merupakan tanda syukur umat Islam terhadap rezeki yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Dengan berpuasa, Anda bisa merasakan rasanya menjadi orang yang kekurangan dan seringkali merasa kelaparan. Padahal, biasanya Anda berkecukupan dengan makanan.

Melakukan ibadah puasa menunjukan bahwa Anda bersyukur dengan rezeki yang Allah SWT berikan. Tidak hanya puasa wajib selama bulan Ramadhan saja, namun juga puasa sunnah termasuk di antaranya adalah puasa Nisfu Syakan yang dilakukan pada bulan Syakban.

5. Sebagai Harapan agar dapat Bertemu dengan Bulan Ramadhan

Tergambar pada doa puasa di bulan Syakban yang dijelaskan sebelumnya, bahwa ibadah puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Syakban ini menunjukan rasa syukur telah bertemu dengan Bulan Syaban.

Selain itu, merupakan harapan untuk dapat bertemu lagi dengan bulan Ramadhan. Seperti yang Anda ketahui, bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Dengan melakukan ibadan puasa sunnah di Bulan Syakban ini. 

Maka, Anda menunjukkan rasa syukur Anda pada Bulan Ramadhan yang sudah dilalui sebelumnya. Kemudian, meminta kesehatan dan waktu untuk menyambut Bulan Ramadhan yang selanjutnya. 

Berkah tersebut salah satunya adalah rezeki yang besar bagi umat Islam yang dapat bertemu lagi dengan bulan Ramadhan.

Melakukan ibadah puasa di bulan Syakban bisa menjadi salah satu doa dan harapan. Agar Anda bisa kembali bertemu dengan bulan Ramadhan di tahun tersebut. Karena itu, perlu Anda panjatkan doa pada Allah SWT.

Itulah doa puasa nisfu Syakban yang perlu diketahui bagi Anda dan umat Islam yang ingin melakukan ibadah puasa nisfu Syakban. Berikut juga dengan keutamaan dari ibadah ini, untuk menguatkan iman tidak adalah salahnya untuk melakukan ibadah puasa sunnah satu ini.

Posting Komentar