Doa Khatam Al-Qur’an Arab, Latin Lengkap dan Artinya, Raih Rahmat Allah!

Seseorang yang telah membaca dari Al-Fatihah hingga An-Nas, maka hal itu disebut sebagai khatam Al-Qur'an dan ada doa khatam Al-Qur’an yang dianjurkan

Membaca kitab suci Al-Qur'an merupakan perintah Allah SWT. Al-Qur'an berisi 30 juz dan 114 surah. Seseorang yang telah membaca dari Al-Fatihah hingga An-Nas, maka hal itu disebut sebagai khatam Al-Qur'an dan ada doa khatam Al-Qur’an yang dianjurkan untuk Anda baca.

Khatam menurut KBBI adalah tamat atau selesai. Namun, dalam hal Al-Qur’an tidak ada habisnya, artinya setelah khatam mengulang kembali ke Juz 1. Sebelum itu, hendaknya membaca doa khatam terlebih dahulu, karena dalam bacaan khatam Qur’an ada permohonan rahmat atas Al-Qur'an.

Doa Khatam Al-Qur’an Arab, Latin dan Artinya

Sebenarnya, Nabi tidak mengajarkan atau menyampaikan secara khusus bagaimana doa khatam Qur’an. Namun membaca doanya bukan berarti salah atau berdosa, karena doa khatam Qur’an berarti membaca kalamullah yang mana itu hal baik, terdapat berkah, dan membawa ketenangan.

Biasanya, doa saat khatam Al-Qur'an ada pada tiap akhir kitab Al-Qur'an. Anda bisa membacanya lalu melanjutkan hingga lima ayat pertama surat Al-Baqarah. Namun jika tidak ada, Anda bisa membaca doa berikut ini, boleh yang pendek maupun yang panjang.

Doa Khatam Qur’an Pendek, Arab, dan Artinya

Bacaan ini biasanya tidak dibaca ketika khatam saja, tetapi juga dianjurkan dibaca tiap selesai membaca Al-Qur’an. Tidak butuh waktu lama untuk membacanya, dan artinya sendiri memiliki maksud agar diberikan rahmat dan kasih sayang Allah SWT.

Arab:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنَا بِالقُرْءَان وَاجْعَلْهُ لَنَا إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًا وَرَحْمَة اللَّهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نَسِينَا وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ ءَانَآءَ الَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Latin:

Allahummar hamna bil Quran waj’alhu lana imaamau wa nuurau wa hudaw wa rahmah Allahumma dzakkirna minhu maa nasiina Wa ’allimna minhumaa jahiilna Warzuqna tilaawatahu aana al laili wa athrofan nahar waj’alhu lana hujjatal yaaa rabbal ‘alamiin.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an, dan jadikanlah ia sebagai imam cahaya, petunjuk dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah terhadap apa pun yang aku lupa darinya, ajarkanlah apa-apa yang tidak kuketahui darinya, karuniakanlah rezeki (berupa kemampuan) untuk membacanya sepanjang siang dan malam, dan jadikanlah ia sebagai hujjah (penjelas) begitu wahai Tuhan Pemelihara Alam”

Ada adab ketika Anda khatam Al-Qur'an, yaitu tidak selesai di surah An-Nas. Setelah membaca doa khatam Qur’an, lanjutkan dengan surah Al-Fatihah, kemudian baca Al-Baqarah ayat satu sampai lima.

Khatam bukan berarti berhenti membaca Al-Qur’an, tetapi itu sebuah proses menuju proses selanjutnya.

Hadis riwayat Tirmidzi menyampaikan sebaik-baiknya amal menurut Allah adalah amal yang begitu selesai (sampai di tujuan) segera bergerak dari awal Al-Qur'an hingga selesai, dan setiap kali selesai dia memulai lagi.

Baca juga:

Doa Khatam Qur’an Panjang dan Artinya

Doa berikut ini mengandung doa kebaikan dunia dan akhirat yang sering dibaca Rasulullah. Membaca doa khatam Qur’an yang panjang, pertama baca terlebih dahulu bacaan doa khatam Qur’an pendek yang telah dijelaskan sebelumnya, lalu langsung lanjutkan dengan bacaan berikut ini.

Latin:

Allahumma ashlih li dini alladzi huwa ishmatu amri, wa ashlih li dun-yaya al lati fiha ma’asyi, wa ashlih li akhirati al lati ilaiha ma’adi, waj’al al hayata ziyadatan li fi kulli khairin, waj’al al mauta rahatan li min kulli syarr. 

Allahummaj-`al khaira `umri akhi-rahu wa khaira `amali khawatimahu wa khaira ayyami yauma alqaka fih. Allahumma inni as’aluka `isyatan haniyyah wa mitatan sawiyyah wa maraddan ghaira makhziyyin wa la fadhih.

Allahumma inni as’aluka khairal-mas’alah wa khairad-du`a’ wa khairannajah wa khairal-`amal wa khairatstsawab wa khairal-hayah wa khairal-mamat, wa tsabbitni wa tsaqqil ma-wazini wa haqqiq imani warfa `darajati wa taqabbal shalati waghfirkhathi’ati, wa as’alukal-`ula minal jannah.

Allahumma inni as’aluka mujibati rahmatika wa `aza’ima maghfiratika was-salamata min kulli itsmin walghanimata min kulli birrin wal-fauza bil jannati wan-najata minan-nar. Allahumma ahsin `aqibatana fil-umuri kulliha wa ajirna min khiz-yiddunya wa `adzabil-akhirah.

Allahummaqsim lana min khasyyatika ma tahulu bihi bainana wa baina ma `shiyatika wa min tha`atika ma tuballighuna biha jannataka wa minal-yaqini ma tuhawwinu bihi `alaina masha’ibad-dunya, wa matti`na bi’asma `ina wa absharina wa quwwatina ma ahyaitana waj-`alhul-waritsa minna, waj-’al tsa’rana `ala man zhalamana wanshurna `ala man `adana wa la taj-’al mushibatana fi dinina wa la taj`alid-dunya akbara hammina wa la mablagha `ilmina wa la tusallith `alaina man la yarhamuna.

Allahumma la tada ` lana dzanban illa ghafartahu wa la hamman illa farrajtahu wa la dainan illa qadhai-ahu wa la hajatan min hawa’ijiddunya wal-akhirati illa qadhaitaha, ya arhamar-rahimin. Rabbana atina fiddunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan wa qina `adzaban-nar. Wa shallallahu `ala nabiyyina Muhammadin wa `ala alihi wa ash-habihilakhyari wa sallama tasliman katsira.

Artinya: 

“Ya Allah, perbaikilah untukku agamaku, yang merupakan pemelihara urusanku, perbaikilah duniaku yang di dalamnya terdapat penghidupanku, perbaikilah untukku akhiratku yang merupakan tempat kembaliku, jadikanlah kehidupan sebagai tambahan bagiku dalam setiap kebaikan, dan jadikanlah kematian sebagai istirahat bagiku dari setiap kejahatan.

Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah pada akhirnya, sebaik-baik perbuatanku pada penutupnya, dan sebaik-baik hariku adalah hari di mana aku menjumpai-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku bermohon kepada-Mu kehidupan yang menyenangkan, kematian yang benar, serta kepulangan yang tidak membawa aib dan nama buruk.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu permohonan terbaik, doa terbaik, keberhasilan terbaik, perbuatan terbaik, ganjaran terbaik, kehidupan terbaik, dan kematian terbaik. Tetapkanlah dan beratkanlah timbangan baikku, sahkanlah keimananku, naikkanlah derajatku, terimalah shalatku, ampunilah aku atas kesalahan-kesalahanku, dan aku memohon kepada-Mu surga yang tinggi.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu hal-hal yang dapat menyebabkan rahmat-Mu, ampunan-ampunan-Mu, keselamatan dari segala dosa, keberuntungan dari segala kebaikan, keberhasilan dengan mendapatkan surga, dan keselamatan dari siksa neraka. Ya Allah, baguskanlah akhir semua urusanku dan selamatkanlah kami dari kehinaan dunia dan siksa akhirat.

Ya Allah, berilah untuk kami rasa takut kepada-Mu yang dengannya Engkau menghalangi kami dengan perbuatan maksiat terhadap-Mu, dan berilah ketaatan kepada-Mu yang membawa kami kepada surga-Mu, dan keyakinan yang membuat Engkau menjadikan musibah dunia terasa remeh bagi kami. 

Dan berilah kepada kami kenikmatan dengan pendengaran-pendengaran kami, penglihatan-penglihatan kami, dan kekuatan kami, selama Engkau masih menghidupkan kami, dan jadikanlah ia sebagai waris dari kami, berilah balasan terhadap orang yang menzalimi kami, dan tolonglah kami atas orang yang memusuhi kami. 

Janganlah Engkau menjadikan musibah kami terdapat dalam urusan agama kami, jangan pula Engkau menjadikan dunia sebagai cita-cita kami yang terbesar, dan jangan pula sebagai puncak ilmu kami, dan janganlah Engkau menguasakan kami pada orang yang tidak sayang kepada kami.

Ya Allah, janganlah Engkau biarkan kami memiliki dosa melainkan Engkau hapuskan, jangan biarkan kami memiliki kesulitan melainkan Engkau bukakan, dan jangan pula biarkan kami mempunyai hutang melainkan Engkau lunaskan, wahai Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih. Ya Allah, berilah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di negeri akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan kesejahteraan-Nya kepada Nabi kita Muhammad SAW, juga kepada keluarga dan para sahabatnya”

Keutamaan Baca Doa Khatam Qur'an

Al-Qur'an merupakan kitab yang dibawa pada Nabi Muhammad SAW. KItab ini disebut sebagai kitab penyempurna kitab-kitab sebelumnya, Al-Qur’an memuat ajaran-ajaran Allah SWT, oleh karena itu menjadi salah satu pedoman dalam agama islam. Pedoman lain adalah Hadis, Qiyas dan Ijma’.

Hidup di dunia membutuhkan pegangan, banyaknya permasalahan atau nikmat duniawi terkadang membuat lupa pada tujuan hidup manusia sebenarnya. Oleh karena itu jadikan Al-Qur’an sebagai pegangan agar tidak tersesat, termasuk sampai membaca doa saat khatam Al-Qur’an.

1. Khatam Al-Qur'an, Banyak Rahmat Diturunkan

Seperti dengan arti doanya, doa yang dibaca ketika khatam Al-Qur’an berisi permohonan rahmat Allah. Biasanya ketika khatam, dilakukan pembacaan doa bersama-sama. Karena menurut para Mujahid, ketika itu banyak rahmat yang Allah turunkan.

Beberapa daerah mungkin memiliki tradisi ketika khatam Al-Qur’an dengan cara berkumpul, lalu berdoa bersama. Hal tersebut memang dianjurkan, karena disitu banyak rahmat dan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa, sehingga hajat-hajat terkabul.

Hadis riwayat Ad-Darimi dengan sanadnya dari Humaid Al-A'raj, menyebutkan ketika khatam Al-Qur'an, kemudian mengucapkan doa pada Allah, maka diamini oleh empat ribu malaikat. Oleh karena itu, jangan lupa membaca doa, minta keinginan Anda baik dunia dan akhirat.

Namun, Perlu Anda ketahui, hal tersebut bukanlah suatu kewajiban dalam agama Islam. Apabila Anda ingin membaca doa khatam Qur’an sendiri pun sangat diperbolehkan. Tentunya yang penting adalah tetap berdoa, dan tidak berhenti membaca Al-Qur’an.

2. Doa Khatam Qur'an Memperbaiki Diri

Memperbaiki diri dalam hal ini termasuk hal dunia maupun akhirat. Seperti agama, kemampuan membaca Al-Qur’an sepanjang siang dan malam, pengetahuan, pengamalan, memperbaiki kehidupan yang mana mampu menjalankan segala kebaikan dan menghindari keburukan.

Di antara sahabat Rasulullah SAW, ada yang sepuluh hari sekali, ada yang khatam setiap tiga hari, bahkan ada pula yang setiap malam khatam Al-Qur’an. Sedangkan Rasulullah khatam setiap minggu sekali, dimulai hari Sabtu lalu khatam pada hari Jumat.

Ada standar minimal terkait khatam Al-Qur'an, H.R Ahmad menyampaikan hendaknya umat muslim bisa khatam sebulan sekali. Membaca Al-Qur’an akan mengangkat derajat suatu kaum. Jadi, perbaiki diri dengan membaca Al-Qur’an, bacalah Al-Qur’an setiap hari, meskipun hanya satu ayat.

3. Doa Khatam Qur’an Meminta Umur yang Berkah

Umur yang baik bukanlah umur yang panjang, tetapi umur yang berkah, artinya selama umur itu, diisi dengan amal baik, melakukan sesuatu yang bermanfaat, melaksanakan perintah Allah dan tidak melakukan apa yang dilarang.

Begitu pula arti dalam doa khatam, yang berisi permohonan umur yang terbaik, Tidak ada yang tahu kapan manusia meninggal, sehingga berdoa agar ditutup dengan amal baik, dan sebaik-baiknya hari adalah ketika bertemu Allah SWT.

4. Kebaikan Dunia dan Akhirat

Berdasarkan doa khatam Al-Qur’an, doa tersebut memiliki arti yang sangat terpuji. Dalam setiap kalimat dari doa khatam tersebut ternyata berisi kebaikan-kebaikan di dunia dan akhirat.

Kebaikan-kebaikan tersebut yaitu seperti permohonan rahmat, keselamatan dunia akhirat, mohon ampunan, menguatkan iman, pahala dan tentunya surga.

5. Khatam Al-Qur’an, Memohon Ampunan Allah

Manusia itu tempatnya dosa, banyak dosa yang terkadang tidak disadari, yang disengaja maupun tidak disengaja. Jika Anda khatam Al-Qur'an, menurut hadis riwayat Ad-Dailami pada saat itu ada enam puluh ribu malaikat yang memohon ampun.

Khatam Al-Qur'an mungkin terasa berat, karena banyaknya lembar Al-Qur'an yang lebih dari lima ratus lembar seolah sangat banyak. Anda bisa membaca perlahan tapi istiqomah, misal 2 lembar setiap selesai sholat, atau 1 juz sehari.

Bagaimana jika belum lancar membaca Al-Qur’an? Menurut HR. Muslim Rasululah SAW bersabda “Orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala”.

Dua pahala yang disebutkan dalam hadis itu adalah pahala mau membaca dan pahala kesulitan membaca.

Jika belum bisa baca arabnya, coba baca dengan latinnya. Sebaiknya pelajari cara membaca Al-Qur’an dengan benar, sehingga tau mana yang harus dibaca panjang, dua atau tiga harakat, jelas, samar, atau berdengung, lalu biasakan membaca tiap ayat dengan tajwid yang tepat.

Pahala membaca Al-Qur'an dihitung dari setiap hurufnya, bahkan jika Anda tidak mengerti artinya pun tetap diberikan pahala.

Orang yang mendengarkan orang lain membaca Al-Qur’an juga akan mendapat pahala. Dengarkan dan resapi bacaan Al-Qur'an, insyaallah Anda dapatkan berkah dan rahmat.

Bayangkan berapa banyak pahala yang Anda dapat jika mahir dan mampu khatam Al-Qur'an? Tentu sesungguhnya semua itu dilakukan untuk mencari ridho Allah SWT. Al-Qur'an yang kita baca setiap hari menjadi tabungan amal, yang kelak di hari akhir akan menolong kita.

Baca doa khatam Al-Qur’an, boleh dibaca sendiri, jika mau dan sanggup kumpulkan orang dan baca doa bersama-sama, serta sampaikanlah hajat-hajat yang belum terpenuhi, karena ketika itu banyak rahmat yang Allah turunkan, dan malaikat ikut mengaminkan doa Anda.

Posting Komentar