6 Doa Untuk Suamiku yang Sedang Bekerja Agar Lancar dan Selamat

Terdapat beberapa pilihan doa yang bisa Anda amalkan ketika suami sedang mencari nafkah. Inilah 6 Doa Untuk Suamiku Yang Sedang Bekerja

Sebagai seorang kepala keluarga, suami mempunyai kewajiban dalam memenuhi setiap kebutuhan keluarga dan menyenangkan istri serta anaknya. Untuk itu, selalu berikan doa untuk suamiku yang sedang bekerja agar suami Anda bisa menafkahi keluarga tercinta.

Sebagai seorang istri, Anda mungkin sering merasa cemas dan khawatir ketika suami pergi mencari nafkah jauh dari tempat tinggal atau bahkan di luar kota. Jadi, hanya doalah yang bisa Anda berikan agar semua pekerjaannya lancar dan suami selalu diberikan keselamatan saat bekerja.

Kenapa Istri Harus Memberikan Doa Untuk Suamiku yang Sedang Bekerja?

Memenuhi setiap hak maupun kewajiban antara suami dan istri akan mmebuat kehidupan rumah tangga menjadi terasa lebih harmonis, bahagia, dan tentunya mendapatkan keberkahan tersendiri. Keberkahan dalam rumah tangga akan semakin bertambah apabila disertai dengan doa.

Contohnya ketika seorang istri mendoakan suaminya yang sedang mencari nafkah. Hal ini karena doa untuk suami yang dipanjatkan oleh seorang istri dapat menemani setiap langkah suami meskipun sang istri di rumah.

Sebagai seorang istri, Anda dianjurkan untuk selalu mendoakan suami agar selalu diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT dalam hal apapun, salah satunya pekerjaannya.

Keadaan suami baik dalam bentuk fisik, psikis, atau keimanan, harus menjadi perhatian besar Anda selaku istri yang shalihah. Posisi suami yang berperan sebagai kepala keluarga sekaligus imam, tentu harus dalam kondisi yang baik.

Hal tersebut dapat Anda wujudkan melalui doa kepada Allah SWT. Sebagai pasangan dalam banyak hal, mendoakan suami akan membuat Anda juga merasakan manfaat dan berkahnya. Mendoakan suami berarti sama dengan Anda sedang mendoakan diri sendiri.

Dengan rutin memanjatkan doa untuk suami yang sedang bekerja jauh, Anda sebagai istri sudah melaksanakan tugas dengan sangat baik. Bahkan, Anda sudah menjadi perhiasan yang sebaik-baiknya bagi suami Anda. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah berikut ini:

“Dunia merupakan perhiasan (kesenangan), dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah perempuan (istri) yang shalehah.” (HR. Muslim, Ahmad, Nasa’i, Ibnu Majah).

Keutamaan Mendoakan Suami

Seorang istri yang mendoakan suaminya adalah kewajiban dalam kehidupan pernikahan. Apalagi, seorang suami sedang berjuang mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya.

Anda mungkin sering mendengar bahwa kesuksesan suami berkat doa dari istrinya. Hal itu benar adanya.

Doa untuk suamiku yang sedang bekerja adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan suami baik dalam segi keuangan maupun perjalanan karir sang suami. Selain itu, Anda perlu mengetahui keutamaan lain dari mendoakan suami, diantaranya yaitu:

1. Mendapatkan Rahmat dari Allah SWT

Doa seorang istri memiliki kekuatan yang sangat luar biasa. Bahkan, doa dari seorang istri yang ditujukan kepada suaminya, mampu membuka rahmat Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam QS. Al-Mu’min ayat 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya:

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

2. Jalan Kesuksesan Suami 

Doa berkah rezeki untuk suami dari seorang istri dapat menjadi perantara bagi kesuksesan seorang suami. Ketika suami sedang mengalami kesulitan mengenai karirnya, maka doa istri sangat penting untuk membangkitkan semangat suami.

3. Penyemangat Suami

Seorang suami akan merasa semakin semangat ketika istrinya mendoakannya. Apalagi ketika sedang bekerja mencari nafkah untuk keluarga. Untuk itu, selalu doakanlah suami Anda agar ia selalu semangat dalam bekerja.

4. Memudahkan Suami

Doa seorang istri bisa memberikan kemudahan bagi suami, termasuk ketika suami sedang bekerja mencari nafkah. Oleh karenanya, mendoakan suami sangat penting bagi kelancaran perjalanannya. Doa yang selalu dipanjatkan akan mendapatkan pahala yang berlimpah. 

5. Terbukanya Pintu Berkah

Percaya atau tidak, namun doa dari seorang istri bisa membukakan pintu keberkahan untuk suaminya. Hal ini dikarenakan doa istri akan senantiasa mendapatkan perlindungan serta kasih sayang Allah. Doa istri bahkan bisa menjadi pintu keberkahan keduanya.

Baca juga:

Inilah 6 Doa Untuk Suamiku Yang Sedang Bekerja

Terdapat beberapa pilihan doa yang bisa Anda amalkan ketika suami sedang mencari nafkah. Anda bisa mengamalkan doa-doa berikut ini ketika selesai shalat wajib dan shalat sunnah.

1. Doa Dimudahkan Rezeki Ketika Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّ

Artinya:

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Mu, tiada daya dan upaya melainkan Engkau.

Doa tersebut dari Anas bin Malik. Apabila seseorang keluar dari rumah kemudian mengucapkan doa tersebut, maka akan diberikan petunjuk dan dicukupkan rezekinya.

2. Doa Dapat Rezeki yang Halal

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya engkau berkuasa atas segala sesuatu.

Rasulullah SAW. selalu memanjatkan doa berikut setelah selesai melaksanakan shalat subuh. Anda bisa mengamalkan doa ini setiap pagi ketika suami hendak berangkat bekerja. Insya Allah suami akan memperoleh rezeki yang baik dan halal.

3. Doa Diberikan Kesehatan Ketika Sedang Bekerja

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ جَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya:

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat karunia-Mu, dari perubahan kesehatan yang diberikan oleh-Mu, dan dari semua kemurkaan-Mu.

Doa untuk suami yang perlu dipanjatkan tidak hanya tentang pekerjaan, namun Anda sebagai seorang istri juga bisa mendoakan suami agar senantiasa sehat jasmani maupun rohani. Dengan demikian, suami Anda dapat lebih giat dalam bekerja dari sebelumnya.

4. Doa Agar Naik Jabatan yang Baik

اَللهُمَّ اِنِّيْ ضَعِيْفٌ فَقَوِّنِيْ وَاِنِّيْ ذَلِيْلٌ فَأَعِزَّنِيْ وَاِنِّيْ فَقِيْرٌ فَأَغْنِنِيْ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku ini lemah maka kuatkanlah aku, dan aku ini hina maka muliakanlah aku, dan aku fakir maka kayakanlah aku, wahai Dzat yang Maha Pengasih.

Anda bisa mengamalkan doa ini jika ingin suami Anda naik jabatan atau naik pangkat. Insyaallah, Allah akan memudahkan keinginan tersebut.

5. Doa Agar Dihindarkan Dari Harta yang Haram

اَللَّهُمَّ ياَ غَنِىُّ ياَحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ يَافَعَّالُ لِمَا يُرِ يْدُ اَغْنِنِىْ بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ

وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Artinya:

Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karunia-Mu.

Doa untuk pekerjaan suami yang halal akan membuat kehidupan menjadi lebih dipenuhi dengan keberkahan. Anda bisa mendoakan suami Anda agar terhindar dari rezeki yang haram agar rumah tangga dan keluarga selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

6. Doa Agar Dijauhkan Dari Kesulitan

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي. 

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku.

Anda bisa mengamalkan doa tersebut agar suami Anda terhindar dari segala kesulitan ketika sedang bekerja. Amalkan doa tersebut setiap hari sebelum suami berangkat bekerja, maka insya Allah suami Anda akan terhindar dari kesulitan.

Adab Berdoa Kepada Allah Ketika Mendoakan Suami

Sebelum memanjatkan doa kepada Allah, ada baiknya Anda perlu mengetahui adab berdoa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut adab dalam berdoa yang harus Anda perhatikan:

1. Berdoa sambil memuji Allah SWT

Doa merupakan bentuk permintaan seseorang kepada Allah. Oleh karena itu, saat kita meminta sesuatu kepada Allah alangkah baiknya dilakukan dengan kalimat-kalimat pujian yang ditujukkan kepada Allah.

2. Doa pada saat waktu mustajab

Agar doa cepat dikabulkan oleh Allah SWT, maka Anda perlu memperhatikan waktu-waktu yang paling mustajab untuk melafalkan doa. Di antara waktu mustajab untuk berdoa adalah setelah selesai shalat wajib, hari jumat, antara adzan dan iqamah, dan lainnya.

3. Doa menghadap ke kiblat

Ketika sedang memanjatkan doa, sebaiknya Anda menghadapkan diri ke arah kiblat dengan mengangkat dan menengadahkan kedua tangan dan mengusapkan kedua tangan ke wajah setelah selesai berdoa seperti ajaran Rasulullah SAW.

4. Lemah lembut ketika berdoa

Allah menginginkan hambanya agar senantiasa memanjatkan doa dengan lemah lembut atau dengan volume suara yang sedang, tidak begitu keras dan tidak juga begitu pelan.

5. Bersungguh-sungguh dalam berdoa

Selain dengan suara yang lemah lembut, Allah juga suka dengan hambanya yang ketika memanjatkan doa dilakukan dengan bersungguh-sungguh. Walaupun Anda mungkin tahu jika doa tidak selalu langsung dikabulkan, namun hamba Allah tetap bersungguh-sungguh.

Demikianlah daftar 6 doa untuk suamiku yang sedang bekerja. Anda bisa mengamalkan doa-doa tersebut untuk menitipkan suami Anda pada Allah karena hanya Allah lah sebaik-baiknya tempat menitipkan segala hal.

Dengan mengamalkan doa tersebut, diharapkan Allah SWT akan selalu menjaga, melindungi, serta membimbing suami Anda ketika sedang bekerja jauh dari rumah.

Posting Komentar