Bacaan Doa Agar Hujan Reda: Arab, Latin dan Artinya (Lengkap)

Bacaan Doa Saat Hujan Termasuk Doa Agar Hujan reda. Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, hujan merupakan nikmat dari Allah SWT.

Hujan adalah berkah yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Apalagi, untuk sebagian daerah yang mengalami kekeringan tentunya sangat membutuhkan hujan. Namun, bila hujan terus menerus turun hingga mengkhawatirkan, Anda bisa memanjatkan doa agar hujan reda kepada Allah SWT.

Allah SWT yang mengatur turun dan berhentinya hujan. Itulah mengapa saat ingin hujan berhenti turun, Anda bisa mencoba untuk memanjatkan doa hanya kepada-Nya. Memang hujan membawa berkah bagi manusia, tapi jika hujan terus menerus maka bisa memunculkan sebuah musibah.

Manfaat Turun Hujan

Sebelum masuk ke dalam pembahasan doa agar hujan reda, mungkin Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu apa saja manfaat turun hujan. Berikut beberapa manfaat turun hujan :

  • Saat hujan turun, seseorang yang berada di kawasan kekeringan akan merasa sangat terbantu.
  • Tanaman dan hewan akan mendapatkan air.
  • Sumber-sumber air bisa kembali terisi berkat hujan.
  • Menyuburkan tanaman dan menghilangkan polusi.
  • Ketersediaan air terjamin.
  • Dan masih banyak manfaat lainnya.

Selain manfaat-manfaat yang disebutkan di atas, terdapat beberapa kerugian yang dapat muncul akibat hujan turun terus menerus tanpa henti, misalnya seperti bencana banjir atau longsor. Ketika hujan dirasa mulai berpotensi membahayakan, maka Anda bisa memanjatkan doa kepada Allah.

Bacaan Doa Saat Hujan Termasuk Doa Agar Hujan reda

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, hujan merupakan nikmat dari Allah SWT yang patut manusia syukuri. Akan tetapi, bila hujan yang diturunkan dirasa berlebihan hingga muncul kekhawatiran dapat menimbulkan bencana seperti longsor atau banjir, maka bisa berdoa.

Anda bisa memanjatkan doa agar hujan berhenti kepada Allah SWT yang menurunkan hujan. Sebab, hanya Allah saja yang bisa menurunkan dan menghentikan hujan. Terlebih lagi, jika Anda tinggal di kawasan area yang rawan banjir tentu merasa was-was ketika hujan lebat turun.

Terkadang, hujan yang turun dapat membuat manusia merasa takut. Misalnya hujan yang disertai angin lebat hingga membuat pohon bergoyang kesana- kemari atau hujan yang disertai petir yang membuat orang-orang takut dengan suaranya.

Oleh karena itu, Anda boleh memanjatkan doa hujan reda ketika dirasa hujan tersebut mengkhawatirkan atau Anda ingin melanjutkan aktivitas dengan tujuan baik di luar ruangan. Selain itu, waktu hujan sendiri termasuk waktu yang baik untuk mengucapkan doa.

Contohnya, Anda ingin pergi pengajian tetapi di luar masih hujan deras atau Anda mengadakan arisan di dalam rumah dan hujan sedang lebat hingga takutnya tidak ada tamu yang datang.

Maka dari itu, mintalah kepada Allah dengan cara memanjatkan doa agar hujan reda. Berikut macam-macam doa yang bisa diucapkan ketika hujan turun:

Doa ketika hujan turun

Hujan merupakan anugerah dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada para manusia. Banyak lahan kekeringan dan makhluk hidup lain seperti tanaman dan hewan yang membutuhkan air. Itulah mengapa saat hujan turun, Anda bisa memanjatkan doa sebagai berikut.

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Latin: “Allahumma shayyiban nafi’an."

Artinya:

Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.

Doa ketika turun hujan lebat

Anda tentunya memiliki suatu jadwal kegiatan atau aktivitas yang perlu dilakukan. Dan, aktivitas-aktivitas tersebut biasanya terjadi di luar maupun dalam ruangan. Nah, saat sedang hujan deras, Anda bisa memanjatkan doa agar hujan tersebut membawa kebaikan.

Karena hujan yang terlalu lebat bisa cukup mengkhawatirkan sebab selain menghambat kegiatan ada kemungkinan timbul bencana yang tidak diinginkan. Apalagi, jika posisinya Anda tinggal di kawasan rawan banjir atau longsor.

Oleh karena itu, Anda bisa memohon doa agar hujan tersebut membawa kebaikan seperti di bawah ini.

اللهم حوالينا ولا علينا اللهم على الأكام والظراب وبطون الأودية ومنابت الشجر

Latin: "Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari."

Artinya:

Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan di dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Doa ketika hujan turun disertai angin kencang

Selanjutnya, doa yang bisa Anda panjatkan yaitu ketika hujan tersebut turun disertai angin kencang yang mampu merobohkan beberapa pohon. Tentunya sebagai manusia biasa, wajar untuk merasa ketakutan ketika hujan disertai angin kencang merobohkan pepohonan.

Dalam keadaan takut seperti itu, Anda bisa memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan-Nya. Berikut contoh doa ketika hujan turun disertai angin kencang.

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Latin: "Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wabuthunil awdiyati wamanaabitisy syajari."

Artinya:

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang berada di dalamnya, serta kebaikan yang Engkau sertakan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, serta kejahatan yang Engkau kirimkan bersamanya. (HR Muslim).

Baca juga:

Doa ketika hujan turun dengan suara petir menggelegar

Selanjutnya, terdapat doa ketika hujan turun dengan suara petir menggelegar. Umumnya, orang merasa takut mendengar suara petir yang keras. Itulah mengapa saat mengalami situasi di mana hujan turun sambil disertai petir, maka Anda bisa memanjatkan doa.

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

"Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih."

Artinya:

Maha Suci Allah SWT dengan memuji-Nya, bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya. (HR Malik)

Doa ini lebih memiliki makna untuk menjunjung Allah SWT. Sebab, petir yang diturunkan dapat menjadi sebuah tanda bahwa seluruh makhluk di bumi ini takut kepada Allah SWT. Jadi, ketika Anda menjumpai kilatan cahaya di langit atau suara petir maka bisa mengucapkan doa tersebut.

Doa Setelah Hujan Berhenti

Sebaliknya diawali dengan doa sebaiknya di akhiri dengan doa juga, berikut adalah doa setelah hujan berhenti / reda.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ 

Latin: “Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.”

Artinya: 

“Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya.”

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Agar Doa Dikabulkan

Manusia setiap harinya memanjatkan doa kepada Allah SWT. Setelah mengetahui beberapa macam doa yang dapat diucapkan ketika hujan turun di atas, mungkin Anda ingin tahu bagaimana cara doa agar hujan reda dan lain sebagainya dapat dikabulkan oleh Allah.

Urusan terkabul atau tidaknya doa itu hanya Allah SWT yang tahu. Tugas kita sebagai hamba adalah beribadah dan memanjatkan doa untuk meminta segala pertolongan kepada-Nya. Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda coba supaya doa dikabulkan oleh Allah SWT.

1. Mengingat Allah dalam setiap keadaan

Manusia terkadang hanya mengingat Allah ketika mereka berada dalam keterpurukan atau musibah. Sedangkan ketika mereka berada dalam kesenangan, mereka lupa bersyukur kepada Allah yang telah memberikan nikmat bahagia tersebut.

Nah, seharusnya manusia selalu mengingat Allah dalam setiap keadaan baik itu susah maupun senang. Berikut ini terdapat hadis dari HR. Tirmidzi tentang mengingat Allah.

“Kenalilah (ingatlah) Allah di waktu senang pasti Allah akan mengingatmu di waktu sempit.” (HR. Tirmidzi).

2. Berdoa di waktu yang mustajab

Anda bisa berdoa kapanpun kepada Allah SWT, baik dalam keadaan senang maupun sedih. Namun, terdapat beberapa waktu mustajab yang menjadikan doa-doa di kala tersebut cepat untuk Allah SWT kabulkan. Apa saja waktu yang mustajab untuk berdoa? Simak pembahasannya di bawah ini.

  • Sepertiga malam terakhir
  • Pada hari Jumat
  • Saat hujan turun
  • Ketika malam lailatul qadar
  • Saat berbuka puasa

3. Di antara adzan dan iqamah

Sebenarnya, masih banyak waktu mustajab yang bisa Anda gunakan untuk berdoa. Di atas tadi hanya sebagian saja yang disebutkan. Akan tetapi, bila berada dalam waktu-waktu tersebut, Anda dianjurkan untuk memanjatkan doa.

4. Berdoa dengan memperhatikan adab

Allah SWT memiliki kasih sayang yang sangat luas bagi hambanya. Saat sedang memanjatkan doa, alangkah lebih baiknya Anda memperhatikan adab berdoa. Adab berdoa ini sebagian sudah diatur dalam al-quran. Berikut contoh adab ketika berdoa:

  • Berdoalah dengan hati yang khusyu (Al-Anbiya : 90)
  • Berdoalah menggunakan suara yang lembut (Al-A’raf : 55)
  • Berdoalah dengan khauf dan raja’ atau takut tidak diperkenankan namun berharap dikabulkan (Al Anbiya : 90)

Demikian pembahasan mengenai doa agar hujan reda mulai dari manfaat hujan, dampak hujan terus menerus, macam-macam doa ketika hujan turun, hingga hal-hal yang bisa Anda lakukan agar doa Anda dapat segera Allah SWT kabulkan.

Posting Komentar