Mean, Median, Modus Adalah: Pengertian, Rumus dan Contoh Soal

Pembahasan mengenai mean median modus yang dapat Anda pelajari. Pelajari materi tersebut dengan sungguh-sungguh dan berlatihlah banyak soal agar terbi

Saat duduk di bangku sekolah, Anda tentunya tidak asing dengan pelajaran matematika. Penghitungan matematika dilakukan mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Nah, salah satu materi dalam matematika yang kali ini akan dibahas adalah mengenai mean median modus.

Dalam ilmu matematika, terdapat materi statistik yang berfokus dalam pengolahan atau pengumpulan data. Modus, median, dan mean termasuk dalam materi statistik. Bagi Anda yang lupa atau sedang mencari kembali rumus modus, median, dan mean maka bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Statistik Adalah

Sebelum masuk ke dalam pembahasan lebih lanjut mengenai modus, median, dan mean, Anda perlu mengetahui apa itu statistik sebagai pengantar. Pengertian statistik merupakan data-data yang dikumpulkan, diolah, kemudian disajikan dalam bentuk grafik, tabel, ataupun diagram.

Dewasa ini, statistik sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang. Sebab dari hasil penghitungan statistik, orang-orang dapat mengetahui sebuah informasi atau kesimpulan dari data yang diperoleh.

Contoh bidang yang menggunakan statistik adalah pemerintahan, bisnis, manufaktur, kesehatan, dan lain sebagainya. Setelah Anda mengetahui pengertian dari statistik secara umum, berikutnya akan dipaparkan penjelasan mengenai tujuan statistik.

  • Memudahkan proses analisis data supaya bisa mengetahui nilai dari suatu objek.
  • Mendapatkan gambaran masalah dari suatu populasi.
  • Sebagai dasar dalam pengambilan keputusan
  • Menjelaskan data terkait populasi tertentu

Hubungannya dengan mean, median, dan modus yaitu Anda mempelajari rumus statistik ketiga hal tersebut untuk mengetahui karakteristik sebuah data. Jadi, setelah karakteristik data diketahui, Anda dapat mengambil kesimpulan dari data-data yang telah dikumpulkan.

Pengertian Mean Median Modus

Agar lebih memahami dan mendalami materi, Anda perlu mengulik satu per satu definisi mulai dari mean hingga modus. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui masing-masing fungsi dan pengertian mean, median, modus dan contohnya sehingga kedepannya bisa meminimalisir salah interpretasi.

Mean Adalah

Pertama-tama, yang akan dibahas terlebih dahulu adalah mean. Jika Anda asing dengan istilah mean, mungkin Anda lebih akrab dengan sebutan rata-rata. Sebutan lain dari mean adalah rata-rata sehingga seperti namanya, materi ini akan menghitung nilai rata-rata dari suatu data.

Data yang dapat dihitung nilai mean atau rata-ratanya yaitu data tunggal dan data tunggal berkelompok (berfrekuensi). Tahukah Anda apakah perbedaan antara data tunggal dengan data tunggal berkelompok?

Data tunggal memiliki arti ketika Anda sedang memperoleh atau mengumpulkan data apa adanya entah itu acak atau berurutan dan tidak mengelompokkannya ke dalam tabel frekuensi. Supaya Anda lebih paham, berikut akan disajikan contoh data tunggal.

Nilai ujian fisika kelas 12 IPA 1

D A T A
3 9 4 8 6 5
6 8 9 5 7 3
4 7 8 6 6 5
8 9 6 5 7 5

Setelah melihat data di atas, itulah yang disebut dengan data tunggal. Angka 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9 di atas disebut dengan datum. Dapat dikatakan bahwa datum merupakan masing-masing angka yang terdapat dalam suatu data.

Jadi untuk memperoleh nilai mean atau rata-rata, Anda perlu membagi terlebih dahulu semua nilai atau datum-nya dengan banyaknya jumlah data. Tetapi, pasti kurang efektif rasanya apabila tetap mempertahankan penghitungan dengan cara tersebut ketika jumlah datanya makin banyak.

Solusinya Anda bisa mengelompokkan data-data tersebut ke dalam tabel frekuensi atau yang bisa disebut sebagai data tunggal berkelompok. Contohnya adalah sebagai berikut.

Nilai 3 4 5 6 7 8 9
Frekuensi 2 2 5 5 3 4 3

Median Adalah

Pembahasan berikutnya yaitu mengenai median. Median atau yang juga bisa disebut sebagai nilai tengah mempunyai makna datum yang letaknya berada di tengah suatu data. Untuk mencari nilai median dari data tertentu, syaratnya ialah data tersebut telah diurutkan.

Apa yang dimaksud dengan data yang telah diurutkan? Jadi, data tersebut telah diurutkan mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Baru kemudian, Anda bisa mencari nilai median atau nilai tengah data tersebut sambil memperhatikan jumlah data baik itu ganjil maupun genap.

Anda perlu memperhatikan jumlah data entah itu ganjil atau genap, karena penghitungan median akan berbeda tergantung ganjil genapnya suatu data. Ketika Anda menjumpai data yang berjumlah ganjil, maka mediannya adalah angka tengah dari kumpulan data tersebut.

Sementara bila yang sedang Anda kerjakan adalah soal median yang berjumlah data genap, maka angka yang berada di tengah akan terdapat sebanyak dua. Jadi, untuk mengetahui nilai mediannya, Anda perlu menggunakan rumus yang berbeda.

Modus Adalah

Mean, median, dan modus mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Pada topik pembahasan kali ini, modus merupakan nilai yang sering muncul dalam suatu data kelompok.

Jadi, ketika dihadapkan pada sajian nilai-nilai data, Anda bisa mencari angka yang sering muncul dan itulah modus.

Anda bisa langsung mengetahui modus dengan melihat nilai atau datum yang mempunyai frekuensi muncul paling sering atau tinggi. Apalagi, jika data tersebut Anda dapatkan dari data tunggal berkelompok atau data yang dikelompokkan ke dalam tabel.

Baca juga:

Rumus Perhitungan Mean, Median, dan Modus Berikut Contoh Soal

Agar pemahaman Anda semakin matang, Anda bisa mempelajari rumus mean, median, modus untuk dipraktikkan ke dalam soal-soal matematika yang membahas materi tersebut. Dengan mengetahui rumusnya, Anda akan belajar cara untuk menyelesaikan soal mean, median, modus.

Rumus Mean atau Rata-rata

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mean merupakan nilai rata-rata dari sekumpulan data. Nah, bagaimana cara menghitungnya? Simak caranya berikut ini.

x = total jumlah data / banyaknya data

Misalnya terdapat soal mean tentang data nilai ujian dari kelas 10 IPS 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berapa rata-rata nilai Bahasa Indonesia dalam kelas 10 IPS 1?

Nilai 6 7 8 9
Frekuensi 2 3 2 1

Penyelesaiannya adalah:

x= (6 x 2) + (7 x 3) + (8 x 2) + (9 x 1) : 2 + 3 + 2 + 1

x = 12 + 21 + 16 + 9 : 8 

x = 48 : 8

x = 6

Jadi, rata-rata nilai ujian kelas 10 IPS 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 6.

Rumus Median

Berikutnya ada rumus median yang perlu Anda ketahui bila ingin menemukan nilai tengah dari sekumpulan data yang ada. Seperti yang sudah disinggung tadi, untuk data yang berjumlah ganjil bisa langsung diambil angka tengahnya.

Sedangkan untuk data yang berjumlah genap maka bisa menggunakan rumus yang akan disampaikan di bawah ini.

Contoh soal:

Rumus Modus

Untuk mengetahui nilai modus atau angka yang sering keluar maka bisa melihat dari sajian data yang diberikan. Misalnya seperti : 7, 5, 7, 3, 2, 3, 7, 9, 8, 7, 2

Dari data di atas modusnya adalah 7 karena angka 7 yang paling banyak keluar dari pada angka lainnya.

Itulah pembahasan mengenai mean median modus yang dapat Anda pelajari. Pelajari materi tersebut dengan sungguh-sungguh dan berlatihlah banyak soal agar terbiasa.

Posting Komentar