Doa setelah Membaca Surah Al-Waqiah Arab, Latin dan Artinya

Doa setelah membaca surah al-waqiah berikut ini dikutip dari kitab Abwabul Farj, berikut lafadznya,

Surah Al-Waqiah adalah surah ke-56 pada juz 27. Surah 96 ayat ini turun di Makkah sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah, sehingga disebut surah Makkiyah. Bagi Anda yang sedang membaca surah ini, alangkah baiknya juga membaca doa setelah membaca surah Al-Waqiah.

Nabi mengatakan, membaca Al-Waqiah setelah asar atau setelah magrib juga mampu membuka pintu rezeki. Namun, baik pula baik jika Anda membacanya kapanpun, daripada tidak sama sekali, lalu baca doa setelah selesai membaca surah Al-Waqiah sebagai penyempurna

Doa Setelah Membaca Surah Al-Waqiah, Arab, Latin, dan Artinya

Doa setelah membaca surah al-waqiah berikut ini dikutip dari kitab Abwabul Farj, berikut lafadznya,

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Latin:

Allohumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-‘i.

Allohumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin (3x) wa shollallohu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya: 

"Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang.

Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan".

Baca juga:

Ketahui Dulu Kandungan Al-Waqiah

Surah Al-Waqiah sendiri membahas tentang kerasulan Nabi, Al-qur’an, dan kiamat merupakan hari penuh dengan banyak kejadian dahsyat. Ketika kiamat, manusia akan dibagi menjadi golongan kanan, kiri, dan orang yang telah mendapat rahmat Allah lebih dulu.

Golongan kanan dan golongan yang mendapat rahmat Allah adalah golongan yang akan berada di sisi Allah SWT di surga. Tentu, di surga akan mendapatkan kenikmatan yang luar biasa. Sedangkan golongan kiri adalah orang yang masuk neraka, mendapat siksa yang sangat pedih.

Allah memiliki kekuasaan atas yang terjadi di alam semesta, ditunjukkan pada ayat 63 - 64, Allah membahas tanaman yang tumbuh.

Menurut Fakhrudin al-Razi dalam Tafsir Mafatihul Ghaib, menafsirkan bahwa tanaman padi dan air sebagai bahan pokok makanan manusia, sehingga bertahan hidup.

Intinya, Allah punya kuasa atas menghidupkan dan mematikan manusia, dan tumbuhan atau makanan sebagai kebutuhan pokok manusia.

Meskipun manusia yang menanam, tapi apakah manusia yang juga menumbuhkannya? Allah yang membuat tanaman tumbuh, dan Allah yang menentukan hasil akhirnya.

Anjuran Doa setelah Membaca Surah Al-Waqiah

Hendaknya mengucapkan doa setiap selesai membaca surah Al-Waqiah, karena ketika itu, diucapkan kalimat-kalimat mulia, permohonan atas rezeki, kemudahan, dan keselamatan. Lalu, kapan waktu yang tepat membaca surah Al-Waqiah?

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran atau kemelaratan selamanya.” HR. Imam Baihaqi. fakir adalah dibawah miskin, artinya orang sengsara, tidak memiliki harta, bahkan tenaga untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Menurut Imam Syafi’i fakir punya usaha atau harta kurang dari seperdua kecukupannya. Selain itu, hadis shahih Sa’d Al-Mufti “Barang siapa membaca surah Al-Waqiah setiap malam, maka orang itu akan dijauhkan dari kefakiran selamanya”.

Ada berbagai pendapat tentang waktu yang tepat membaca surah ini. Menurut M. Ulin Nuha dalam Intisari Kitab Mujarobat (2021), Al-Waqiah dibaca setelah asar sebanyak 14 kali untuk mengabulkan hajat. Bisa juga setelah isya dan subuh tiga kali untuk mendapat rezeki dari segala arah.

Keutamaan Membaca Al-Waqiah dan Doa Setelahnya

Memahami arti dari Al-Waqiah, bisa jadi pengingat untuk manusia, karena sesungguhnya nikmat surga dan siksa neraka nyata adanya, rezeki pun datangnya dari Allah.

Manusia hanya perlu berusaha, doa, dan syukur, sehingga mendapat banyak keutamaan Allah SWT. Berikut keutamaan Al-Waqiah.

1. Allah Limpahkan Rezeki

Dari awal terjemahan, doa Al-Waqiah meminta pada Allah SWT untuk menjaga dengan kekayaan dan dijauhkan dari kemiskinan. Rezeki manusia sudah diatur Allah dan tidak akan tertukar. Hamba Allah senantiasa berdoa

HR. Abu Ubaid, Al-Harits, Abu Ya’la, Ibnu Murdawaih, dan al-Baihaqi juga menyampaikan bahwa Al-Waqiah adalah surat kaya, maka manusia dianjurkan membaca, serta mengajarkan pada anak-anak. Begitu pula Rasulullah SAW menyampaikan untuk diajarkan pada para istri.

2. Allah Jauhkan dari Kemiskinan

Hadis yang diriwayatkan Al-baihaqi Dari Ibnu Mas’ud, Nabi SAW bersabda tidak akan miskin orang yang membaca Al-Waqiah setiap malam.

Namun, silsilah hadis ada seseorang yang tidak jelas, sehingga dianggap lemah. Tetapi, Al-Waqiah juga dikatakan sebagai surah kekayaan oleh Rasulullah SAW.

Jadi, tak ada ruginya jika rutin membaca. Doa ini memang dianjurkan untuk menjauhkan dari kemiskinan. Namun, bukan berarti manusia hanya berharap kekayaan dengan membaca sajai. Hendaknya juga berikhtiar, bergerak menjemput rezeki, mencari rezeki yang halal dan berkah. 

3. Allah kabulkan hajat

Anda punya hajat atau keinginan yang ingin terwujud? Coba baca Al-Waqiah. Sebenarnya banyak doa, surat dari Al-Qur’an, atau amalan ibadah lain yang bisa mengabulkan hajat, seperti khatam Al-Qur’an, membaca sholawat, dan lain sebagainya.

Al-Waqiah pun begitu, membaca Al-Waqiah setelah asar sebanyak empat belas kali, serta membaca sebanyak 41 kali dalam suatu majelis merupakan waktu yang mustajab. Oleh karena itu, Anda ketika itu, Anda bisa berdoa khusyuk pada Allah SWT dan meminta atas hajat yang belum terkabul.

4. Membaca Al-Waqiah, Bukti Rindu Surga

Secara tidak langsung, dengan membaca Al-Waqiah menunjukkan seseorang merindukan surga, hal ini mengacu dari Imam Ja’Far Ash-Shadiq dalam Tsawabul A’mal, bahwa bagi yang merindukan surga dan sifatnya maka hendaknya membaca surah Al-Waqiah.

Membaca AL-Waqiah dengan istiqomah dan ikhlas, dengan izin Allah, nanti di akhirat akan mendapat surga, dan Allah jauhkan dari api neraka. Sesungguhnya pengadilan paling adil adalah pengadilan Allah, manusia hanya bisa berusaha melakukan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

5. Pengingat Kiamat

Ayat satu hingga sepuluh sudah membahas tentang kiamat yang tidak bisa disangkal oleh siapapun. Orang yang ingkar dari Allah, maka derajatnya rendah, dan yang beriman pada Allah, maka ditinggikan derajatnya.

Dahsyatnya kiamat, tak seorang pun mampu menghadapi hari akhir. Pada hari itu, bumi akan diguncangkan, gunung-gunung luluh lantak. Pada saat itu manusia ada tiga golongan, golongan yang telah mendapat rahmat lebih dulu, golongan kanan, dan golongan kiri.

Berdasarkan hal tersebut, manusia bisa mempersiapkan diri, jangan sampai termasuk dalam golongan kiri, karena golongan tersebut termasuk orang yang karena ingkar, sengsara, dan mendapat siksaan neraka yang kekal, kecuali Allah menghendaki sesuatu.

6. Membaca Al-Waqiah dengan Doanya untuk Ketenangan Hati

Al-Qur’an itu membawa ketenangan dan ketenteraman untuk siapa yang membacanya. Menurut M. Ulin Nuha (2021), baca Al-Waqiah, maka dengan izin Allah bisa melihat rahasia yang membuat senang. Jika orang sakit dibacakan surah ini, maka akan segera sembuh.

Selain itu, Akan dimudahkan sakaratul mautnya jika dibacakan di depan orang yang akan meninggal. Namun, semuanya kembali pada ketentuan Allah, seperti yang tertera di surah Al-Waqiah. Manusia hanya menanam, Allah yang menumbuhkan.

Rutin membaca Al-Qur’an membuat hati tenang, juga sebagai bentuk pendekatan diri pada Allah SWT. Setiap ayat Al-Quran ada fadhilah atau keutamaannya, termasuk ayat Surah Al-Waqiah. Namun, semua itu bisa terwujud dengan izin Allah, disertai usaha, dan senantiasa mengamalkannya.

Jadi, Al-Waqiah memiliki keutamaan dihindarkan dari kefakiran, mengabulkan hajat, pengingat hari akhir, termasuk ditunjukkan surga dan neraka, serta limpahan rezeki dari segala arah.

Jadi, rezeki bukan selalu dalam bentuk materi, tetapi bisa nikmat sehat, bahagia, datangnya pertolongan, dan lain-lain.

Doa setelah membaca surah Al-Waqiah merupakan bentuk ikhtiar dan perilaku mulia. Membacanya mampu mendatangkan ridha Allah SWT, dan tentunya mendapat pahala.

Bagi Anda yang merasa kesusahan, khususnya rezeki, baca dengan ikhlas dan istiqomah surah Al-Waqiah dan doa setelahnya. 

Posting Komentar