Cerita Rakyat Adalah Seni, Sejarah, dan Studi Abadi

Apa itu Cerita Rakyat? Cerita rakyat adalah lore (cerita, adat istiadat, kepercayaan) sekelompok orang yang diturunkan secara turun-temurun,

Cerita rakyat adalah lore (cerita, adat istiadat, kepercayaan) sekelompok orang yang diturunkan secara turun-temurun, biasanya dari mulut ke mulut. Secara tradisional, cerita rakyat mengacu pada orasi narasi dalam bentuk cerita.

Cerita Rakyat Adalah Ekspresi Kreatif

Cerita rakyat kontemporer mencakup banyak bentuk ekspresi kreatif seperti seni rakyat, lagu dan tarian rakyat, legenda, mitos, sajak anak-anak, dan peribahasa. Folklor berfungsi untuk mengajarkan dan melestarikan budaya masyarakat atau rakyat yang dibicarakannya.

Sebagai kumpulan narasi tentang budaya dan orang-orang dari mana narasi berasal, cerita rakyat merupakan sesuatu yang unik. Ia memiliki peran penting dalam mewariskan tradisi kelompok budaya.

Seorang folklorist mempelajari konsep cerita rakyat (folkloristics) secara holistis. Ini juga termasuk bagaimana kelompok budaya menciptakan lore dan bagaimana lore itu mengiterasi adat dan kepercayaan kelompok tersebut.

Folkloristik berfokus pada:

  • Tradisi lisan (misalnya lagu, puisi, sejarah lisan).
  • Latihan/ Pertunjukan (misalnya tari, perayaan hari raya, tradisi keagamaan).
  • Artefak (misalnya fashion, foodways, dan instrumen).
  • Festival adalah cerita rakyat performatif dan kostum adalah artefak cerita rakyat.

Contoh Cerita Rakyat

"I've Been Working on the Railroad" adalah lagu rakyat Amerika yang sering digunakan untuk mengajarkan musik dan rima pada anak-anak usia dini.

Meskipun lagu tersebut dianggap sebagai lagu rakyat Amerika klasik yang menggambarkan budaya kelas pekerja Amerika, sejarahnya justru lebih kompleks.

Lagu Rakyat

Lagu tersebut berakar pada budaya penyanyi Blackface. Yakni, bentuk hiburan yang dipopulerkan secara luas di awal 1800-an yang dilakukan oleh pemain kulit putih. Tujuannya untuk meniru dan menciptakan karakterisasi orang Afrika yang diperbudak.

Tujuan cerita rakyat adalah sebagai cermin pada kondisi sosial suatu masyarakat. Dalam bentuk aslinya, Levee Song, 1894, lagu tersebut ditulis dalam dialek penyanyi Afrika - Amerika. Ciri khasnya dengan intro yang tidak lagi dinyanyikan serta syair kedua yang berbeda.

Bagian "Someone's in the Kitchen with Dinah" memiliki melodi yang berbeda dan merupakan bagian dari lagu lama yang diserap oleh "I've Been Working on the Railroad". "Dinah" adalah nama umum untuk wanita budak atau wanita keturunan Afrika - Amerika.

Pada 1950-an, hiburan Black minstrel tidak lagi diterima secara sosial. Jadi, lagu rakyat populer ini diadaptasi menjadi lebih cocok untuk masyarakat Amerika modern. Serta ditulis ulang dalam dialek bahasa Inggris-Amerika "standar" dengan menghilangkan hinaan rasial dan referensi budaya tertentu.

Meskipun lagu tersebut masih mengandung nada rasial mencerminkan sejarah sosial dan budaya Amerika yang kontroversial, nyatanya ia tetap eksis. Lagu ini tetap menjadi lagu rakyat klasik anak-anak Amerika.

Tarian Rakyat

"The Hora" adalah tarian rakyat yang meriah yang sering diadakan pada upacara pernikahan Yahudi. Selama resepsi pernikahan, para tamu bergandengan tangan dan menari di sekitar pengantin. Secara tradisional, diangkat di kursi atau di atas selembar kain di tengah lingkaran.

Pasangan itu juga dapat memegang ujung sehelai kain atau sapu tangan yang melambangkan persatuan mereka. Tarian ini bukti bahwa cerita rakyat merupakan akar yang global. “The Hora” sendiri berasal dari Rumania, Israel, dan beberapa tradisi budaya Eropa Timur lainnya.

Para tamu merayakan pengantin baru sambil secara metaforis memperkuat gagasan komunitas dan kebersamaan. Sementara itu, tarian menunjukkan kebahagiaan dan menghormati persatuan pasangan.

Ada banyak versi tarian yang dipraktikkan di seluruh Eropa dan di seluruh komunitas Yahudi global. Tarian ini biasanya diiringi oleh lagu rakyat terkenal, Hava Nagila.

Secara keseluruhan, banyaknya variasi cerita rakyat sebagai bukti kekayaan seni berupa musik, langkah tarian, dan makna tertentu di balik ritual tersebut. Namun, semua itu tergantung pada keyakinan tertentu dari mereka yang melakukannya.

Baca juga:

Sejarah Studi Cerita Rakyat

Hampir tidak ada konsensus di antara para folkloris tentang bagaimana mendefinisikan cerita rakyat atau bagaimana menjelaskan masalah dengan arti dan fungsinya. Ketertarikan pada cerita rakyat muncul terutama dari nasionalisme Romantis pada awal abad kesembilan belas.

Segmentasi Masyarakat Petani

Para intelektual, amatir, dan seniman yang antusias mulai mengumpulkan berbagai bahan cerita rakyat untuk dapat mempelajari berbagai aspek 'rakyat' dan kehidupan rakyat.

Pada masa awal ini, folklor dipandang sebagai 'the lore' – bahan-bahan folklor – dari 'the folk' – orang-orang yang memanfaatkan bahan-bahan tersebut.

Para penemu cerita rakyat mengidentifikasi 'rakyat' sebagai masyarakat tani atau kelompok pedesaan. Menganggap mereka sebagai pembawa utama tradisi-tradisi yang berbeda yang perlahan-lahan mati karena urbanisasi dan industrialisasi selama transisi ke modernitas.

Nostalgia borjuis karena 'surga yang hilang' memotivasi upaya untuk memeriksa dan melestarikan berbagai aspek kehidupan rakyat. Di beberapa negara, meningkatnya minat dalam studi cerita rakyat juga dimotivasi oleh Era Pencerahan abad ke-delapan belas.

Dalam perspektif ini, rakyat dan tradisi mereka dianggap primitif dan oleh karena itu harus dipelajari untuk diubah. Cerita rakyat awal berfokus terutama pada tradisi lisan, seperti balada, cerita rakyat, epos, dan saga, dan bagaimana ini ditransmisikan dalam komunitas pedesaan.

Bias Nasional

Selama tahun 1960-an, terjadi pergeseran paradigma dalam teori dan metode kajian cerita rakyat. Folklorists menjadi sadar akan kelas, gender, dan bias nasional yang tertanam dalam konsep cerita rakyat yang lama.

Selain itu, bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang mendekati cerita rakyat sebagai artefak otentik dan ahistoris. Aliran penelitian baru justru menunjukkan bahwa cerita rakyat selalu terletak dalam ruang dan waktu tertentu.

Studi cerita rakyat baru-baru ini cenderung melihat cerita rakyat sebagai sesuatu hal yang berpusat pada proses, peka konteks, dan berorientasi pada kinerja.

Menurut konsepsi kontemporer yang berpengaruh dari cerita rakyat, 'folk' mengacu pada setiap kelompok orang yang berbagi beberapa alasan yang sama.

Misalnya, seperti pekerjaan, bahasa, agama, atau etnis. Kebanyakan orang adalah anggota dari beberapa dan bukan hanya satu kelompok rakyat.

Studi cerita rakyat (alt. folkloristics) sebagai disiplin ilmu terus berjuang untuk tempatnya di dunia akademik, di mana ia jarang mencapai status otonom. Di sebagian besar negara, cerita rakyat dipelajari dalam bidang etnologi yang berdekatan, antropologi, studi budaya, sastra, atau sejarah.

Klaim Cerita Rakyat Kontemporer

Bahan cerita rakyat yaitu melalui kerja lapangan, observasi partisipan, dan wawancara. Berbagai jenis sumber sekunder, seperti bahan arsip, buku harian, otobiografi, surat, dan fotografi, berfungsi sebagai sumber imajinasi folkloric yang sangat baik.

Ketersediaan sumber, bagaimanapun, bervariasi baik secara geografis dan kronologis. Karena 'budaya rakyat' telah lama dianggap sebagai status rendah dan bertentangan dengan 'budaya tinggi', catatan tentangnya kadang-kadang hanya ada jika dipilih dan disaring oleh yang terakhir.

Ketika folkloristik sebagai upaya ilmiah muncul di Barat, itu terutama berorientasi pada pendokumentasian cerita rakyat Barat. Mengumpulkan cerita rakyat dari belahan dunia lain dilakukan sesekali oleh misionaris, pelancong, dan antropolog.

Biar bagaimanapun, cerita rakyat akan tetap hidup selama peradaban manusia itu masih ada. Semodern apapun masa depan nanti, cerita rakyat adalah cerminan zaman yang konkret.

Posting Komentar