Segitiga Porselen Laboratorium, Pengertian Sampai Cara Penggunaan

Pengertian Segitiga Porselen Laboratorium, Sesuai dengan nama dari peralatan ini, peralatan ini memiliki bentuk segitiga dan terbuat dari porselen.

Ketika melakukan pembakaran bunsen atau sedang memasang suatu zat di lab, Anda pasti membutuhkan perangkat untuk menyanggahnya. Peralatan untuk menyanggahnya ini disebut dengan segitiga porselen laboratorium digunakan agar peralatan pembakaran di lab bisa berjalan stabil. 

Peralatan ini digunakan secara spesifik untuk pembakaran secara langsung di atas api. Perannya sangat besar untuk menjaga keamanan proses pembakaran. Penggunaannya baru efektif jika dikombinasikan dengan peralatan lain misalnya dengan tripod stand atau cincin pembakar. 

Pengertian Segitiga Porselen Laboratorium

Sesuai dengan nama dari peralatan ini, peralatan ini memiliki bentuk segitiga dan terbuat dari porselen. Namun, ada juga beberapa jenis peralatan ini yang tidak terbuat dari porselen. Melainkan bahan kawat atau mungkin bahan tahan panas lainnya. 

Jadi, selain disebut sebagai segitiga porselen, alat ini juga seringkali disebut sebagai segitiga kawat. Ukurannya kecil dan merupakan perangkat yang penggunaannya harus dikombinasikan dengan perangkat lain. Perangkat yang paling sering dikombinasikan adalah tripod stand dan cincin pembakar. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, alat ini digunakan untuk pembakaran bunsen. Secara spesifik, pembakaran yang dilakukan secara langsung di atas api. Jadi, alat ini dipasangkan pada kaki tiga atau tripod stand. Kemudian, di bagian atasnya diletakkan bahan yang akan dibakar. 

Karena bentuk segitiga di tengahnya berlubang, api bisa bereaksi langsung dengan zat yang ada di atasnya. Namun, zat yang dibakar tetap seimbang di atas kaki tiga. Pemasangan harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan permukaan yang rata untuk meletakkan zat. 

Fungsi Segitiga Porselen di Laboratorium 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, alat ini memiliki fungsi yang spesifik yaitu untuk membantu proses pembakaran atau pemanasan zat. Sebenarnya dari sisi ini, alat ini memiliki banyak kesamaan dengan kawat kasa. Tujuan utamanya adalah memberi tumpangan pada wadah dan gelas kimia. 

Namun, berbeda dengan kawat kasa yang bisa digunakan untuk pembakaran tidak langsung atau pembakaran melalui perantara tertentu. Segitiga porselen ini digunakan untuk pembakaran langsung, karena bagian tengah segitiga yang berlubang. 

Alat ini tidak hanya digunakan di laboratorium kimia saja, namun juga bisa digunakan pada lab rumpun ilmu lain. Misalnya saja, laboratorium biologi dan juga laboratorium farmasi. Perlu diakui, bahwa seiring dengan berjalannya waktu semakin jarang orang menggunakan alat ini. 

Karena posisi dari alat ini sudah tergeser dengan alat yang lebih canggih. Namun, masih banyak yang menggunakan segitiga porselen untuk pembakaran langsung yang lebih sempurna. 

Baca juga:

Cara Penggunaan Segitiga Porselen

Walaupun terkesan sebagai peralatan yang kuno dan sederhana, selain itu banyak juga alat yang lebih canggih dan bisa menggantikan fungsi dari alat ini. Namun, dari segi penggunaan sendiri segitiga porselen sebenarnya cukup praktis. 

Kombinasi alatnya pun tidak terlalu banyak dan mudah ditemukan. Berikut adalah cara penggunaan dari segitiga porselen ini. 

  • Jepit cincin pada dudukan terlebih dahulu sebelum menggunakan alat segitiga porselen. 
  • Kemudian, tempatkan segitiga porselen di atas cincin yang sudah dipasang. 
  • Jika yang digunakan adalah peralatan tripod, kaitkan tiga sisi segitiga ke kaki tripod. 
  • Letakkan wadah yang menjadi media membakar di tengah bentuk segitiga. 
  • Anda bisa mengisi wadah dengan zat setelah wadah diletakkan atau sebelum diletakkan. 
  • Setelah itu pembakaran bisa mulai dilakukan. 

Segitiga porselen laboratorium memang sudah semakin jarang ditemukan di berbagai lab. Terutama, lab yang semakin modern dan canggih. Namun, penggunaannya sendiri masih terbilang banyak terutama untuk mendapatkan pembakaran langsung dengan hasil yang lebih spesifik.

Posting Komentar