Doa Menghilangkan Jerawat dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan jerawat. Salah satu ikhtiar untuk mengatasinya adalah dengan memanjatkan doa menghilangkan jerawat.

Jerawat merupakan salah satu masalah pada wajah yang sangat mengganggu keberadaannya. Oleh sebab itulah, banyak orang yang mencari berbagai cara agar bisa menghilangkan jerawat. Salah satu bentuk ikhtiar untuk mengatasinya adalah dengan memanjatkan doa menghilangkan jerawat.

Dengan memohon doa untuk menghilangkan jerawat, Anda berharap penuh kepada Allah SWT dapat menyembuhkannya. Selain itu, dengan doa ini Anda juga akan lebih dekat kepada Allah karena bergantung kepadanya untuk berbagai hal termasuk menghilangkan jerawat.

Doa Menghilangkan Jerawat

Sebagai informasi, arti jerawat menurut islam sama seperti ujian yang datang dari Allah SWT dalam bentuk penyakit. Di dalam agama islam, penyakit apa pun yang tidak kunjung sembuh perlu dibarengi dengan membaca doa ataupun dzikir hanya kepada Allah SWT.

Dengan begitu, penyakit apapun termasuk datangnya jerawat bisa hilang lebih mudah atas izin Allah SWT. Jerawat ini sudah ada sejak zaman nabi Muhammad SAW tepatnya menimpa istri Rasulullah SAW.

Karena itulah, nabi Muhammad SAW memberikan solusi untuk mengatasi jerawat dengan mengajarkan doa agar bisa menghilangkan jerawat. Imam Nawawi di dalam Kitab Al Adzkar pernah menceritakan sebuah kisah nabi Muhammad SAW.

Kemudian nabi Muhammad SAW menemui salah satu istrinya yang tengah mempunyai masalah berupa jerawat. Setelah itu, nabi Muhammad SAW mengobati jerawat itu dengan mengajarkan cara mengamalkan doa menghilangkan jerawat.

Nabi Muhammad SAW bertanya kepada istrinya apakah memiliki minyak wangi dzarirah. Kemudian nabi berkata untuk membubuhkan minyak wangi itu di jerawat sang istri, kemudian membaca doa untuk menghilangkan jerawat berikut ini:

“اَللّٰهُمَّ مُطْفِىءَالْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرِالصَّغِيْرِ اَطْفِىَٔهَاعَنِّيْ”

Artinya: "Ya Allah dzat yang memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku," (HR. An Nasa'i).

Memang nabi Muhammad SAW tidak menyebut bentuk jerawat pada wajah secara spesifik. Walaupun begitu, banyak orang yang meyakini bahwa bahan alami berupa minyak wangi dzarirah bisa mengobati seluruh jenis jerawat atas izin Allah.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menerapkan cara menghilangkan jerawat dalam islam dengan memanjatkan doa lain yang nabi Muhammad SAW ajarkan. Ada sebuah hadist yang meriwayatkan nabi Muhammad saat melihat salah satu istrinya memiliki penyakit kulit sejenis jerawat di jarinya.

Kemudian nabi Muhammad berkata apakah ia mempunyai dzarirah seperti balsem. Setelah itu, Rasulullah mengoleskan balsam tersebut di atas jerawat sambil meminta istrinya untuk membaca doa:

Allâhumma mushagghiral kabîr wa mukabbiras shaghîr, shaghir mâ bî.” 

Artinya: Ya Allah yang mengecilkan sesuatu yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah penyakit yang ada padaku.”

Atas izin Allah, sesudah itu, sembuhlah penyakit jerawat yang tengah istrinya itu derita.

Baca juga:

Tips Menghilangkan Jerawat dalam Waktu Cepat

Selain berikhtiar dengan memanjatkan doa menghilangkan jerawat, Anda juga bisa berusaha untuk menghilangkan jerawat agar mendapat hasil semaksimal mungkin. Terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menghilangkan jerawat dengan cepat yaitu:

1. Menggunakan Lidah Buaya

Bukan rahasia umum lagi bahwa lidah buaya sering orang gunakan sebagai bahan utama dalam produk perawatan kulit. Ini karena lidah buaya mempunyai banyak manfaat yang terbukti berkhasiat di dalamnya. Salah satu khasiat alami dari lidah buaya adalah mampu mengatasi jerawat.

Kandungan di dalam lidah buaya secara efektif melawan bakteri penyebab munculnya jerawat, mengurangi peradangan jerawat, hingga masalah kulit lainnya. Karena itulah, Anda bisa memanfaatkan bahan alami berupa lidah buaya agar bisa menghilangkan jerawat dalam waktu yang cepat.

Untuk merasakan manfaat dari lidah buaya dalam mengatasi masalah jerawat, caranya sangat sederhana. Anda bisa menggunakannya dengan mengoleskan gel lidah buaya secara langsung sebanyak 1-2 kali satu hari. Oleskan gel lidah buaya ke area kulit berjerawat maupun ke seluruh wajah.

2. Mengompres Menggunakan Es Batu

Cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda terapkan berikutnya yaitu menggunakan bahan alami berupa es batu. Cara tersebut sudah lama orang pakai untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, sampai rasa nyeri karena jerawat.

Langkah untuk menghilangkan jerawat menggunakan es batu sangatlah sederhana. Sebab Anda hanya perlu menggunakan kain untuk membungkus es batu. Setelah itu, tempelkan es batu di dalam kain tersebut ke area kulit berjerawat selama 20 sampai 30 detik.

Kemudian berikan jeda waktu selama 1 menit sebelum Anda menempelkan es batu kembali. Harap ulangi cara itu sampai beberapa kali dalam satu hari hingga bengkak pada masalah jerawat bisa mereda. Kendati demikian, Anda tetap perlu menjaga kebersihan kulit agar jerawat tidak muncul lagi.

3. Menggunakan Obat Jerawat Oles

Ada sejumlah produk obat jerawat oles yang bisa Anda beli tanpa menggunakan resep dari dokter. Produk obat jerawat tersebut dapat Anda gunakan agar bisa menghilangkan jerawat dalam waktu yang cepat. Biasanya obat jerawat oles ini mempunyai kandungan asam salisilat dan benzoil peroksida.

Sebagai informasi, benzoil peroksida dapat mengurangi jerawat yang meradang serta melawan bakteri yang merupakan penyebab kemunculan jerawat. Sedangkan kandungan di dalam asam salisilat dapat menghilangkan jerawat dengan mengurangi kelebihan minyak di bagian pori-pori wajah.

Untuk menggunakan obat jerawat oles agar bisa mengatasi wajah berjerawat sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan langsung obat jerawat oles tersebut ke bagian jerawat saja sesudah wajah dibersihkan sampai bersih.

4. Mengompres Menggunakan Teh Hijau

Tidak hanya bermanfaat saat Anda meminumnya langsung, banyak orang yang percaya teh hijau juga dapat membantu menghilangkan jerawat dengan lebih cepat. Ini karena teh hijau mempunyai kandungan yang kaya antioksidan serta dapat mengurangi produksi minyak berlebih.

Bahkan kandungan di dalam teh hijau juga mampu melawan bakteri yang menjadi pemicu kemunculan jerawat. Agar bisa mendapatkan manfaat teh hijau itu, Anda bisa mengkompres seduhan teh hijau ke wajah berjerawat seraya membaca doa menghilangkan jerawat.

Anda perlu konsistensi dalam mengompres wajah menggunakan teh hijau saat berupaya mengobati jerawat. Dengan begitu, masalah jerawat pada wajah bisa teratasi lebih cepat tanpa memakan waktu lama.

5. Menggunakan Tea Tree Oil

Jika Anda tidak ingin menggunakan bahan-bahan di atas, maka bisa mencoba memakai bahan alami yang sangat terkenal mampu menghilangkan jerawat dengan tepat dan cepat yaitu tea tree oil. Namun perlu Anda ketahui jika salah menggunakannya maka bisa menimbulkan efek samping.

Karena itulah, Anda bisa menggunakan tea tree oil untuk mengatasi jerawat dengan mencampurkannya dengan minyak alami atau carrier oil. Contoh minyak alami tersebut yaitu minyak zaitun maupun minyak kelapa sebelum menggunakannya ke wajah berjerawat secara langsung.

Kemudian campurkan secara merata semua bahannya ke dalam sebuah wadah untuk dicelupkan kapas ke dalamnya. Lalu silahkan oleskan bahan itu ke area jerawat meradang.

6. Memakai Masker Belerang

Seraya memanjatkan doa menghilangkan jerawat, Anda juga bisa mempercepat pengobatan jerawat dengan usaha berupa menggunakan masker belerang. Memang belerang mempunyai bau yang sangat menyengat apalagi jika menggunakannya di wajah.

Namun masker belerang atau sulfur sudah lama terkenal menjadi salah satu metode untuk membersihkan pori-pori serta sumbatan minyak maupun kotoran berlebih. Agar bisa merasakan manfaatnya, silahkan oleskan masker belerang ke area kulit berjerawat ataupun ke seluruh wajah.

Supaya terhindar dari masalah pada wajah lainnya, harap Anda baca petunjuk lebih lanjut pada kemasan masker belerang tersebut.

Itulah beberapa doa menghilangkan jerawat yang bisa Anda panjatkan demi mengatasi masalah kulit tersebut. Iringi doa dengan berbagai usaha di atas agar masalah jerawat Anda bisa teratasi lebih mudah tanpa menimbulkan masalah lagi.

Posting Komentar