12+ Resep Cara Membuat Puding Coklat, Susu, Lumut (Lembut, Mudah dan Murah)

Kumpulan Resep Cara Membuat Puding Coklat, Susu, Lumut, Busa, Karamel, dan Buah yang Sederhana, Mudah dan Murah
Resep Puding - Hidangan yang disajikan bersama keluarga serasa tidak lengkap jika tidak ada hidangan penutupnya. Salah satu jenis hidangan penutup yang sehat dan banyak diminati oleh berbagai macam kalangan adalah pudding. Dalam sebuah definisi, puding disebut sebagai hidangan penutup (dessert) yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang, dan rasanyapun tidak selalu manis. Bahkan diluar negri terdapat beberapa jenis puding yang menggunakan bahan - bahan olahan daging. Namun di indonesia, puding lebih identik dengan cita rasa manis dan bertekstur lembut.

Rasa manis puding berasal dari bahan - bahan yang digunakan seperti baku susu, yogurt, tepung tapioka, tepung maizena, dan telur. Lalu dikreasikan dengan menggunakan tambahan rasa - rasa seperti rasa strawberry, cokelat, vanila, karamel, dan bahkan di kombinasikan buah-buahan yang segar. Rasanya tidak perlu diragukan lagi, kalau sampai saya tidak di kasih, malah saya rebut. heheh. Tidak hanya itu, manfaatnyapun banyak, salah satunya adalah untuk memperlancarkan pencernaan.

Oleh karena itu, sayangilah keluargamu dengan cara menyajikan makanan penutup yang sehat seperti puding ini. Kamu dapat membutanya sendiri dirumah dengan mengikut berbagai resep puding yang bahannya murah meriah serta mudah dibuat sendiri.

Aneka Resep Puding Susu yang Enak dan Mudah di Buat

Puding susu merupakan salah satua jenis puding yang sangat di gemari oleh anak - anak maupu kalangan dewasa. Memiliki cita rasa lezat khas rasa susu yang menyadikannya sebagai salah satu hidangan penutup yang sering dibuat oleh para ibu rumah tangga. Pembuatan puding susu pun juga mudah, hal inilah yang menjadi alasan mengapa puding susu sangat di gemari oleh masyarakat. Berikut adalah aneka ragam resep puding susu yang bisa kamu sajikan dirumah. 

1.  Resep Cara Membuat Puding Susu lapis Coklat


Puding susu lapis coklat adalah salah satu cemilan simpel yang pas dibuat dirumah walaupun kamu lagi malas. Karena memang mudah banget dalam pembuatannya. Untuk bahan putih dan coklat puding ini, selain menggunakan susu uht juga bisa kenggunakan susu kental manis yang di encerkan terlebih dahulu, atau susu bubuk yang perlu dilarutkan kedalam air. Namun, perlu di sesuaikan takarannya. Berikut adalah resep puding susu coklat sederhana.

Bahan-Bahan Puding Susu Lapis Coklat

Pertama kamu harus mempersiapkan bahan - bahan putih dan coklat puding susu yang dapat diperoleh di toko-toko terdekat. Bahan tersebut meliputi:
  • 1/2 sachet bubuk agar-agar putih
  • 2 sdm munjung gula (sesuai selera)
  • 450 ml susu cair full cream
  • 2 sdm bubuk coklat
  • 1300 ml susu cair coklat
  • 1 sachet bubuk agar-agar coklat
  • 8 sdm munjung gula pasir (sesuai selera)
  • 1/2 sachet bubuk agar-agar putih (sisa bahan putih)

Cara membuat Puding Susu Lapis Coklat

  1. Membuat bahan putih puding terlebih dahulu  dengan cara mencampurkan semua bahan putih puding yang terdiri dari 450 ml susu cair full cream 1/2 sachet bubuk agar-agar putih 2 sdm gula  hingga larut dengan air. Rebus menggunakan pancir hingga mendidih. Dinginkan dan tuang ke dalam cetakan puding ukuran +- 20cm. Kemudian Tunggu 15 menit
  2. Membuat bahan coklat puding susu dengan cara mencampur semua bahan yang meliputi 1300 ml susu cair coklat 1 sachet bubuk agar-agar coklat 1/2 sachet bubuk agar-agar putih (sisa bahan putih) 2 sdm bubuk coklat 8 sdm, dalam panci hingga larut semua. Kemudian masak hingga mendidih. Tunggu hingga uap hilang. 
  3. Saring dan Tuang sedikit demi sedikit menggunakan  irus atau sejenis diatas puding putih yang telah mulai sedikit mengeras bagian atasnya. Kemudian sisanya dapat anda tuangkan kedalam cetakan yang lebih kecil seperti cup jellu. Dinginkan lalu masukkan kedalam kullkas
  4. Potong kecil kecil dengan menggunakan pisau, sajikan menggunakan piring saji. Puding susu lapis coklat pun siap untuk santap bersama keluarga. 

2. Resep Cara Membuat Puding Susu Sederhana


Puding yang lezat dan cepat untuk di sajikan saat dibutuhkan dengan bahan - baha sederhana adalah puding susu ini. Saat kenyang setelah menyantap hidangan utama, tentu paling enak dilanjutkan dengan hidangan puding ini. Berikut adalah resep puding susu yang paling mudah untuk di buat:

Bahan-Bahan Puding Susu Sederhana

Pertama kamu harus mempersiapkan bahan - bahan puding susu yang dapat diperoleh di toko-toko terdekat. Bahan tersebut meliputi:
  • 400 ml susu cair (full cream lebih bagus)
  • 2 butir putih telur
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam haluspenutup atau biasa dikenal dengan dessert.

Cara membuat Puding Susu Sederhana

  1. Buat bahan putih susu dengan cara mengambil putih telur, gula dan garam. Kemudian Kocok lepas sampai semua bahan tercampur dengan sempurna. Tuangkan kedalam cetakan kecil dan rapih
  2. Panaskan panci kukus dan kemudian kukus puding yang ada dalam cetakan selama +- 10 menit.
  3. Dinginkan dan puding siap disajikan bersama dengan keluarga tercinta.

3. Resep Cara Membuat Puding Susu Buah


Saat keluarga pengen yang seger - seger dan lembut, puding susu buah salah satu makanan yang cocok dihidangkan. Selain lezat dan nikmat, puding ini mudah untuk dibuat dengan bahan - bahan yang hemat. Berikut adalah resep puding susu buah

Bahan-Bahan Puding Susu Buah

Sebelum membuatnya, kamu harus mempersiapkan bahan - bahan puding buah yang dapat dengan mudah. Bahannya adalah sebagai berikut :
  • 1 kaleng SKM putih
  • 200 gr gula pasir
  • 1 bungkus Agar-agar plain
  • 1200 ml air matang
  • Garam Secukupnya
  • Sirup orange (Sesuai selera)
  • Potongan buah aplle, strawberry,  jeruk, dan kiwi (Sesuai selera)

Cara membuat Puding Susu Buah

  1. Mencampur bahan - bahan yang sudah disiapkan seperti SKM, air, agar-agar, gula pasir, dan garam. Kemudian aduk hingga merata, lalu rebus menggunakan pancidengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan hilangkan uap panasnya.
  2. Tuangkan puding kedalam cetakan kotak sedang diamkan beberapa saat sampai setengah mengeras.
  3. Masukkan potongan buah aplle, strawberry,  jeruk, dan kiwi (Sesuai selera) kedalam cetakan berisi puding tadi.
  4. Siram puding buah dengan sirup secara merata dan rapi. Saatnya memasukkanya ke dalam kulkas dan tunggu sejenak hingga dingin.
  5. Iris atau potong rapi puding susu buah dengan menggunakan pisau. lalu sajikan dengan menggunakan piring saji yang cantik. Puding pun siap untuk di santab bersama keluarga tercinta.

4. Resep Cara Membuat Puding Susu Nutrijel


Siapa yang tidak kenal dengan nutrijel ? Rasa kenyal dan lezat, pas untuk hidangan penutup. Nutrijell adalah bubuk dalam kemasan untuk membuat jeli, agar-agar atau pun puding susu yang mudah untuk di beli di toko deket rumahmu. Nah, untuk resep cara memuat puding susu nutrijel adalah sebagai berikut:

Bahan-Bahan Puding Susu Nutrijel

Sebelum membuatnya, kamu harus mempersiapkan bahan - bahan puding susu nutrijel yang dapat dengan mudah. Bahannya adalah sebagai berikut :
  • 1 bks puding susu nutrijel 
  • 2 sachet susu bubuk dancow fullcream (bisa susuk bubuk yang lain)
  • 10 sdm gula pasir
  • 2 liter air
  • Potongan buah aplle, strawberry, dll (Sesuai selera)

Cara membuat Puding Susu Nutrijel

  1. Panaskan 2 liter air dengan menggunakan panci dan api yang kecil. Tunggu hingga mendidih.
  2. Masukkan semua bahan yang telah di persiapkan seperti 1 bks puding susu nutrijel 2 sachet susu bubuk dancow fullcream (bisa susuk bubuk yang lain) 10 sdm gula pasir, kedalam pancir berisi air yang sudah mendidih. Aduk rata.
  3. Matikan kompor dan aduk terus hingga uap panas pun hilang
  4. Masukkan kedalam cetakan cantik dan tunggu hingga dingin dan tekstur mengenyal
  5. Sajikan dengan menggunakan piring saji dan taburi dengan potongan buah agar tampil lebih elegan.

Aneka Resep Puding Coklat yang Enak dan Mudah di Buat

Siapa yang tidak suka coklat ? kalau kamu tidak suka berarti perlu membaca resep yang satu ini. Coklat merupakan salah satu ingredients favorit dalam pembuatan kue. Coklat sendiri cukup populer dan digemari oleh banyak kalangan. Coklat sendiri akan lebih sedap saat dikombinasikan dengan puding sebagai hidangan penutup. Kamu dapat mengkreasikannya menjadi berbagai macam puding dengan aneka rasa. Berikut saya sajikan beberapa resep puding coklat yang enak dan mudah kamu buat di rumah.

1.  Resep Cara Membuat Puding Coklat Susu


Puding coklat akan menjadi hidangan penutup yang paling disukai oleh si buah hati. Karena memang coklat dan susu adalah rasa - rasa yang paling didemenin oleh para buah hati. Eits, jangan salah, tidak hanya kalangan anak - anak saja lo yang menyukainya. Bapak - bapak atau bahkan mertuamu juga menyukainya lo. Jangan salah, karena puding coklat susu ini selain enak dan lezat, juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan lo. Nah, berikut adalah resep yang sederhana dalam membuat puding coklat susu.

Bahan-Bahan Puding Coklat Susu

Pertama kamu harus mempersiapkan bahan - bahan puding coklat susu terlebih dahulu seperti di bawah ini:
  • 2 gelas Air
  • 4 sdm Gula
  • 2 sdm Tepung maizena
  • 1 sachet nutrijel coklat
  • 5 sdm Susu kental manis

Cara membuat Puding Coklat Susu

  1. Panaskan 2 gelas air menggunakan panci dengan api yang sedang
  2. Masukkan dan campurkan semua bahan puding coklat susu yang sudah kamu persiapkan kedalam panci yang bersisi air yang sudah mendidih. Lalu aduk  merata hinggatidak ada yang menggumpal
  3. Angkat dan dinginkan puding hingga uap panasnya hilang. 
  4. Masukkan puding kedalam sebuah cetakan sedang seperti baskom atau sejenisnya. Lalu Masukkan kedalam kulkas. 
  5. Lepaskan puding dari cetakan dan potong kecil - kecil sesuai keinginan dan rapikan. 
  6. Siram puding yang telah di potong dan ditata rapi dengan susu kental manis. Sajikan sebagai hidangan penutup atau makanan ringan.

2. Resep Cara Membuat Puding Coklat Oreo


Siapa sangka jika puding akan memberikan cita rasa yang lezat saat dikreasikan dengan oreo yang notabennya adalah makanan ringan berupa buskuit lapis susu. Sayang sekali saat oreo yang dibeli tidak termakan sepenuhnya. Namun, akan berbeda jika oreo tersebut di kreasikan dengan puding, dijamin tidak ada yang tersisa, karena semua akan senang. Berikut adalah resep membuat puding coklat oreo yang paling mudah.

Bahan-Bahan Puding Coklat Oreo

Kamu harus mempersiapkan bahan - bahan puding coklat susu terlebih dahulu seperti di bawah ini:
  • 1 bungkus agar-agar plain coklat
  • 100 gr gula pasir
  • 400 ml air putih
  • 2 SDM coklat bubuk
  • 500 ml susu plain coklat
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 900 ml air
  • 1 Bks Oreo vanilla @65gr
  • ± 2 sdm fiber Creme
  • 100 gr gula pasir

Cara membuat Puding Coklat Oreo

  1. Panaskan 400 ml air menggunakan panci dengan api yang sedang. Buat puding coklat dengan cara memasukkan 1 bungkus agar-agar plain, 2 SDM coklat bubuk, 500 ml susu plain, 100 gr gula pasir, dan aduk menggunakan wisk agar tidak ada coklat bubuk yg menggumpal hingga mendidih. 
  2. Isikan 1/4 cetakan dengan pudding coklat, tunggu hingga memadat. Kemudian tusuk² permukaan puding dengan garpu. 
  3. Buat puding putih oreo dengan cara memasukkan  semua bahan puding Oreo (Kecuali oreo) kedalam panci baru berisi air 900ml yang telah mendidih. Aduk merata hingga mendidih.
  4. Buat patahan keping Oreo dan letak kan semuanya diatas poding coklat yang ada di cetakan dengan rapi. 
  5. Tuang pudding putih 3/4 bagian cetakan. tunggu hingga puding mendingin dan teksturnya memadat. Setelah set, tusuk² lagi permukaan nya menggunakan garpu
  6. Panaskan kembali sisa pudding coklat (point 1) hingga kembali mencair. Kemudian tuang pada cetakan pudding hingga penuh. Tunggu hingga teksturny memadat
  7. Potong kecil - kecil dan sajikan menggunakan piring saji sebagai hidangan penutup.

3. Resep Cara Membuat Puding Coklat Roti Tawar


Berbicara puding, memang tak ada matinya ya sobat. Banyak hal yang bisa dikreasikan kedalam resep puding yang sering membuat kita nelen ludah dalam-dalam. Rasanya yang lembut tidak jarang membuat orang menjadi ketagihan dan ingin memakannya kembali. Salah satu kreasi puding yang gak kalah enaknya adalah puding coklat roti tawar ini. Berikut adalah resep puding coklat roti tawar yang mudah untuk di buat.

Bahan-Bahan Puding Coklat Roti Tawar

Pertama kamu harus mempersiapkan bahan - bahan puding coklat roti tawar yang dapat diperoleh di toko-toko terdekat. Bahan tersebut meliputi:
  • 1 bungkus Agar-agar plain @7 gram 
  • 2 butir Telur 
  • 2 sdm Coklat bubuk  (pilih kualitas bagus lalu larutkan dengan sedikit air panas)
  • 6 sdm Gula pasir
  • 240 mili liter atau 1 cup Susu cair
  • 1 sdm  Margarin (lelehkan) 
  • 480 ml atau 2 cup Air
  • 5 lembar roti tawar beserta kulitnya 

Cara membuat Puding Coklat Roti Tawar

  1. Haluskan roti tawar bersama susu cair, telur dan margarin yang sudah dilelehkan dengan menggunakan blender kemudian sisihkan.
  2. Panaskan panci berisi air dengan api sedang hingga mendidih, kemudian masukkan agar-agar bubuk dan gula pasir.
  3. Tuangkan campuran roti yang sudah halus tadi, dan kemudia aduk rata dan masak hingga mendidih.
  4. Persiapkan cetakan dengan ukuran 25 cm x 10 cm x 4cm (atau sesuai selera)
  5. Kemudian ambil 1/3 larutan agar-agar, campur dengan larutan coklat, aduk rata. tuang agar-agar putih sedikit, lalu bergantian tuang agar-agar berwarna coklat. lakukan terus hingga semua adonan agar-agar habis. dinginkan hingga set dan mengeras.
  6. Masukkan puding kedalam kulkas, dan tunggu hingga adonan mendingin
  7. Potong kecil - kecil dan rapi. Segera sajikan di kala puding dingin. Hmmbbbb. yummiii

4. Resep Cara Membuat Puding Coklat Nutrijel


Dalam membuat puding coklat yang lezat, selain menggunakan bubuk agar agar, kita juga bisa mengkreasikannya dengan menggunakan nutrijel lho. Sama - sama mudah dalam memperolehnay, namun nutrijel memiliki tekstur yang lebih kenal daripada agar agar biasa, dan puding coklat nutrijel ini tentu lebih menarik. Secara sederhana, berikut adalah resep membuat puding coklat nutrijel:

Bahan-Bahan Puding Coklat Nutrijel

Sebelum membuatnya, kamu harus mempersiapkan bahan - bahan puding coklat nutrijel yang dapat dengan mudah diperoleh di toko - toko terdekat. Bahannya adalah sebagai berikut :
  • 1 bks nutrijell coklat
  • 1 sachet susu coklat
  • 10 sdm gula pasir, sesuai selera
  • 4 gls air
  • 1 bks chocolatos

Cara membuat Puding Coklat Nutrijel

  1. Panaskan 4 gelas air dengan menggunakan panci hingga mendidih. kemudian masukkan semua bahan seperti nutrijell, chocolatos,susu coklat dan gula pasir. Aduk sampai merata
  2. Matikan kompor dan tunggu hingga uap panasnya hilang.
  3. Persiapkan beberapa cetakan cup yang cantik agar puding coklat tampil lebih elegan dan menggugah selera
  4. Tuangkan puding yang telah hilang uap panasnya kedalam cup - cup tersebut. (Jangan sampai terlalu dingin dan menggumpal)
  5. Masukkan kedalam lemari pendingin dan segera sajikan sebagai hidangan penutup bersama keluarga tercinta.

Aneka Resep Puding Lumut yang Enak dan Mudah di Buat

Salah satu jenis puding yang tak kalah enak dalah puding lumut. Belakangan ini, puding lumut menjadi salah satu jenis puding yang trend di masyarakat. Selain proses pembuatannya yang mudah, puding lumut ini juga cantik dan lezat sehingga banyak orang yang mencari resep puding ini. Salah satu ciri yang menarik dari puding lumut ini adalah terdapat lapisan puding yang tampak seperti lumut yang berwarna hijau. Warna hijau tersebut berasal dari kreasi bahan panda dan santan. Nah, untuk membuat puding lumut, anda bisa mengikuti resep di bawah ini:

1.  Resep Cara Membuat Puding Lumut Mentega


Puding lumut mentega merupakan puding yg sempet booming beberapa waktu yg lalu dan kini kamu bisa cobain bikin sendiri sekarang dirumah. Selain cara membuatnya yang mudah, tampilannya yang menarik, juga rasanya yang lezat. Bikin ketagihan di gigitan pertama. Nah, Resep dan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Bahan-Bahan Puding Lumut Mentega

Sebelum membuatnya, kamu harus mempersiapkan bahan - bahan puding lumut mentega. Bahannya adalah sebagai berikut :
Bahan puding lumut:
  • 125 gram santan instan
  • 1,5 sdm esens pandan/100 ml jus pandan dari 10 lembar daun pandan diblender
  • 1,5 sdm esens vanilla
  • 1/4 sdm garam
  • 550 ml air
  • 150 gram gula pasir
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
Bahan puding mentega:
  • 550 ml air
  • 100 gram mentega, lelehkan
  • 4 smd gula pasir atau sesuai selera
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 1/2 kaleng kental manis putih
  • 3 kuning telur ayam
  • 1 sdm esens vanilla

Cara Membuat Puding Lumut Mentega

  1. Buat puding lumut dengan cara mencampur semua bahan puding lumut seperti diatas.  Kemudian disaring agar tidak ada yang menggumpal. Masak dengan panci kecil dan api sedang. Tunggu hingga lapisan lumut terbentuk, lalu aduk sekali saja agar tidak terlalu hancur. Pengadukan dilakukan sekali dengan alasan untuk membuat lumut yang lebih besar. Tunggu hingga lumut agak mengental dan tuangkan ke dalam cetakan
  2. Sambil menunggu puding lumut berubah tekstur menjadi padat di cetakan, kamu bisa membuat puding mentega dengan cara mengkocok kuning telur, mentega yang sudah dilelehkan, esens vanilla, dan kental manis sampai tercampur rata. Sisihkan.
  3. Campur agar-agar, gula pasir, dan air. Kemudian masak di atas kompor hingga mendidih. Setelah itu matikan api.
  4. Ambil setengah bagian agar-agar yang sudah dimasak tadi, kemudian tuangkan pada kocokan kuning telur. Setelah itu masukkan seluruhnya ke agar-agar dan aduk. Tunggu hingga puding lumut mentega menjadi set.


2. Resep Cara Membuat Puding Lumut Gula Merah


Gula merah adalah gula yang terbuat dari cairan nira atau legen, umumnya berwarna kekuningan atau kecoklatan. Cirikhas rasanya yang ngangenin, menjadikankannya dapat dikreasikan dengan puding lumut yang baru - baru ini lagi populer dan umum disebut dengan Puding Lumut Gula Merah. Hmb, bagaimana ya rasanya. Berikut adalah resep cara membuat puding lumut gula merah khas blog kudupinter.com :

Bahan-Bahan Puding Lumut Gula Merah

Sebenarnya bahan dan caranya hampir mirip dengan puding lumut pada umumnya, namun disini ada penambahan gula merah yang membedakan rasanya dengan puding yang lain. Berikut adalah resep bahan puding lumut:
  • 130 gr gula merah sisir
  • 2 tetes essens pandan
  • 1 kotak santan kara kecil
  • 1 bks agar2 plain
  • 30 gr gula pasir
  • 625 ml air
  • 1 butir telur

Cara Membuat Puding Lumut Gula Merah

  1. Campurkan bahan yang sudah dipersiapkan seperti gula merah,gula pasir, dan air. Kemudian aduk sampai rata dan gula larut. Siapkan wadah yang berbeda, lalu saring.
  2. Ambil, pecah dan kocok telur sampai putih dan kuning telurnya tercampur sempurna, tambahkan essen pandan, dan Santan. Kemudian diaduk hingga rata. Selanjutnya, masukan air gula, agar - agar, dan aduk kembali hingga rata.
  3. Masukkan kedalam panci sedang dan panaskan menggunakan api sedang. Terus di aduk biasa sampe mendidih. 
  4. Kecilkan api (jangan di matikan), jangan diaduk dan tunggu hingga membentuk lumut dan air kembali bening lagi.
  5. Matikan kompor, tuang  puding lumut gula kecetakan. hilangkan uap panas dan masukkan kedalam kulkas.
  6. Puding lumut pun siap dinikmati bersama keluarga. Selamat mencobaa


3. Resep Cara Membuat Puding Lumut Susu


Salah satu jenis dessert yang cara pembuatannya praktis adalah puding lumut susu ini. Sekilas, puding ini terlihat berwarna hijau. Akan tetapi warna hijaunya tidaklah merata dan terlihat menyerupai lumut. Dilapis puding susu, menjadikanny sebagai hidangan penutup yang favorit dikeluarga anda. Berikut adalah resep puding lumut susu yang sederhana dan mudah untuk di buat.

Bahan-Bahan Puding Lumut Susu

Sebenarnya bahan dan caranya hampir mirip dengan puding lumut pada umumnya, namun disini ada penambahan lapisan puding susunyayang membedakan rasanya dengan puding yang lain. Berikut adalah resep bahan puding lumut susu:

Bahan Puding Lumut
  • 1 bungkus Agar-agar putih
  • 100 ml Jus pandan (20 helai daun pandan diblender dengan 100ml air, saring dan peras airnya) 
  • 1/4 sdt Garam
  • 100 gram Gula pasir 
  • 1 butir Telur, kocok lepas
  • 125 ml Santan kental (1/2 butir kelapa)
  • 625 ml Air putih
Bahan Puding Susu
  • 1 bungkus Agar-agar putih
  • 100 gram Gula pasir
  • 1/4 sdt Garam 
  • 800 mlSusu cair tawar

Cara Membuat Puding Lumut Susu

  1. Buat puding lumut terlebih dahulu dengan cara mencampur semua bahan utama puding lumut di atas dalam panci dengan api yang sedang. Aduk terus perlahan karena adonan ini mudah gosong.
  2. Tunggu hingga mendidih lalu kecilkan api (jangan di matikan) dan biarkan mendidih sebentar hingga terbentuk 'lumut' dengan sendirinya. Kemudian matikan api dan tunggu uap panas hilang. Tuang dalam cetakan cantik dan biarkan mendingin.
  3. Selanjutanya membuat puding susu dengan cara mencampur semua bahan pudding susu dalam panci dengan api yang sedang, terus diaduk perlahan hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih matikan api, tuang pudding susu di atas lapisan pudding lumut yang sudah agak menggumpal tadi.
  5. Tunggu hingga dingin dan uap panas hilang lalu  simpan dalam kulkas.
  6. Keluarkan dari cetakan, potong kecil - kecil dan pudingpun siap untuk disajikan.


4. Resep Cara Membuat Puding Lumut Coklat


Salah satu jenis puding lumut yang juga banyak diminati oleh banyak kalangan adalah puding lumut coklat. Hal tersebut dikarenakan Coklat mengandung anti-depresan, yaitu zat yang mampu mengurangi rasa depresi dalam tubuh. Coklat sebagai makanan yang membuat mood bagus mampu membantu tubuh untuk menghadapi stres yang cukup berlebihan dalam pikiran. dan Tak heran jika, puding lumut lebih diminati saat dikreasikan dengan coklat ini. Nah, berikut adalah resep puding lumut coklat yang mudah untuk dibuat.

Bahan-Bahan Puding Lumut Coklat

Bahan Lapisan Lumut
  • 1 bungkus agar agar
  • 2 bungkus santan ukuran 65 ml
  • 1/2 sdt garam
  • 170 gr gula pasir
  • 10 lembar Daun pandan di buat menjadi 100 ml jus pandan
  • 2 butir telur kocok lepas
  • 1/4 sdt essence pandan
  • 550 ml air
  • 1/2 sdt vanilla
  • 1/2 sdt santan essence
  • 100 ml susu uht
Bahan Lapisan Coklat :
  • 320 gr gula pasir
  • 1000 ml uht coklat (frisian flag)
  • 1 butir kuning telur kocok lepas
  • 400 ml skm coklat (frisian flag)
  • 700 ml air
  • 3 sdm serbuk coklat (van houten)
  • 200 mg dcc (coklat batang: collata)
  • 2 bungkus agar agar coklat
  • 1 bungkus Myvla

Cara Membuat Puding Lumut Coklat

  1. Buah puding lumut terlebih dahulu dengan cara memasukkan semua bahan puding lumut ke dalam wadah, aduk hingga rata, saring supaya tdk bergelindir. Kemudian masak dengan menggunakan panci dengan api sedang, aduk aduk Sampai mendidih, lalu matikan Api.
  2. Buat puding coklat dengan cara semua bahan puding coklat ke dalam panci, aduk Sampai mendidih, lalu kecilkan api (jangan dimatikan).
  3. Kemudian ambil dan masukkan adonan puding lumut k edalam cetakan, tunggu hingga menggumpal dan dingin. Kemudian masukkan lapisan puding coklat diatasnyapakai sendok sayur. (jumlah lapisan bisa dikreasikan sendiri)
Note: Adonan bisa di panaskan lagi apabila sdh menggumpal, tunggu Sampai uap hilang apabila mau melapisi Lapisan di bawahnya

Demikian adalah beberapa macam kreasi resep puding yang dapat dicoba di rumah. Cukup mudah dibuat bukan?  Bahan-bahan untuk membuat puding-puding ini juga murah dan mudah dicari. Selamat membuat dan selamat menyajikan

Mahasiswa Universitas Jember Fakultas Pertanian Unej. Happy Bloggering, Travelling, and Cooking

8 komentar

  1. lama nggak bikin puding sendiri,palingan cuman yg puding susu aja. Dalam sekejap langsung abis hahaha
    1. Uush ush usshh. . lain kali aku perlu coba juga deh puding buatanmu kak hehe
  2. Haduh ini klo adminnya bisa bikin beneran nih resep, bakal jd idaman lelaki nih...
    1. Heheheh kuy maen kerumah. . Stock ready mah kalo puding aja. . Hehhe
  3. pajangan gambar kuenya bikin jadi kepingin, puding lumut susu dan puding lumut gula..
    1. Buat aja dirumah kak . .mudah kok . . Moga berhasil
  4. tengok resepnya satu2, tp pingin cobanya semua.....
    krn semua nampak sedap..
    hehehe...
  5. waaahhh, resep pudingnya sepertinya enak semuaaa.