8+ Contoh SURAT IZIN SAKIT Sekolah, Kuliah, & Kerja yang Baik dan Benar - Kudupinter

Minggu, 22 Maret 2020

8+ Contoh SURAT IZIN SAKIT Sekolah, Kuliah, & Kerja yang Baik dan Benar

Daftar Isi Artikel [Tutup]
    Contoh Surat Izin Sakit - Saat kamu mengalami kondisi tubuh sedang tidak sehat namun pada waktu tersebut kamu memiliki kewajiban untuk melakukan suatu pekerjaan, entah itu sekolah, kuliah, atau bekerja, pilihlah untuk beristirahat hingga kondisi tubuh kembali sehat. Karena sehat adalah segala - galanya. Disaat beristirahat juga kamu harus mengirimkan surat izin sakit kepada pihak instansi terkait agar mereka tau asalan mengapa kamu tidak masuk.

    Surat izin sakit merupakan salah satu media formal yang digunakan dalam penyampaian alasan dan permohonan izin untuk kamu tidak masuk sekolah, kuliah, atau kerja. Dengan surat tersebut, kamu dapat menyampaikan kepada instansi terkait bahwa kamu sedang sakit dan berhalangan hadir dalam kegiatan wajibnya. dengan begitu, mereka pasti akan memberikan toleransi atas ketidak hadiranmu.

    Cara Menulis Surat Izin Sakit yang Benar

    Surat Izin Sakit

    Membuat surat izin sakit untuk mendapatkan dispensasi tidaklah susah, hanya perlu satu lembar saja dengan beberapa alasan logis kamu pun bisa membuatnya. Jika memang kondisimu tidak memungkinkan, mintalah teman atau kerabat dekat untuk membuatkannya dan mengirimkannya ke instansi terkait. bagaimana cara menulisnya ? berikut saya akan berikan tips dan tutorial cara membuat surat izin sakit:
    1. Tuliskan Tempat dan tanggal pembuatan surat
    2. Tuliskan tujuan surat yang meliputi nama dan gelar kepada siapa surat tersebut ditujukan.
    3. Salam pembuka, umumnya yang biasa digunakan adalah “Dengan hormat”
    4. Tuliskan bagian pembuka. bagian ini umumnya berisikan pembukaan atau sapaan kepada yang dituju. Susunlah kalimat dengan efektif dan efisien
    5. Tuliskan Isi surat. dalam bagian ini jelaskan identitas kamu dan alasan pasti mengapa dibuatnya surat tersebut.
    6. Tuliskan bagian Penutup. Pada bagian ini kamu bisa mengucapkan permohonanmaaf dan ucapan terimakasih kepada si penerima surat atas perhatian dan dispensasi yang diberikan.
    7. Sertakan tanda tangan dari pihak yang meminta izin atau orang tua, kerabat, yang bertindak sebagai pemohon izin (penulis surat)
    8. Dalam menulis surat tersebut kamu bisa memohon teman atau saudara untuk membuatkannya dan mengirimkannya. Ingat ! sehat adalah prioritas utama, jadi beristirahatlah dan tunggu hingga kondisi membaik baru bisa beraktifitas kembali.

    Kumpulan Contoh Surat Izin Sakit Untuk Berbagai Keperluan

    Kumpulan Contoh Surat Izin Sakit Untuk Berbagai Keperluan

    Tutorial dan tips dalam membuat surat izin sakit sudah dituliskan diatas, untuk lebih jelas bagaimana membuat surat izin sakit tersebut, saya menyertakan beberapa contoh surat izin sakit untuk berbagai macam keperluan dan berbagai macam tujuan instansi yang dapat anda gunakan sebagai refrensi. Nah, berikut adalah beberapa contoh surat izin sakitnya:

    1.  Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SD

    Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SD

    Saat anak mudah terserang sakit dan wajah tubuh sering gak fit, itu berarti pertanda anak anda butuh beristirahat. Dia mungkin kelelahan karena terlalu banyak aktifitas disekolahan dan dirumah. Oleh karena itu istirahatkan dia beberapa hari dan kirim sudat izin sakit kepada sekolahan sd atau mi nya .

    Membuat surat izin sekolah sd itu tidak susah kok, tidak memerlukan bahasa yang formal banget. Cukup gunakan bahasa sebisamu, berikan identitas, dan berikan alasan singkat tentang kondisi anak mu. Untuk lebih mudahnya, berikut adalah contoh surat izin skolah sd yang bisa kamu jadikan refrensi.

    Surat Izin Sakit Sekolah SD
    Jember, 15 Maret 2020
    Kepada Yth.
    Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 2
    SDN 01 Jatimulyo,
    Jember

    Dengan hormat,

    Bersama surat ini saya kabarkan bahwa putra saya yang bernama:
    Nama              : Agus Bagustian
    Kelas               : 3 B
    Alamat            : Jl, KH Sayuti No.01, Jatimulyo, Jenggawah, Jember

    Tidak dapat mengikuti kegiatan belajar, hal tersebut dikarenakan sedang sakit. Oleh karena itu mohon kiranya dapat dimengerti dan dimaklumi.

    Demikian surat izin sakit ini saya buat, untuk perhatian serta kemakluman Bapak/Ibu wali murid saya ucapkan terima kasih banyak.

    Hormat saya
    Wali Murid,


    Wilda Fitriani

    2. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP

    Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP
    SMP merupakan jenjang pendidikan menengah dengan level yang lebih tinggi dari pada tingkat dasar (SD), level yang lebih tinggi tersebut di ikuti dengan semakin banyak jumlah mata pelajaran yang diampuh dan jumlah kegiatan belajar disekolahnya. Tidak jarang mereka pulang lewat tengah hari mendekati sore dengan wajah lesu dan lelah.

    Tidak jarang juga mereka yang jatuh sakit karena kelelahan. Pada saat itu, kamu bisa mengizinkannya untuk tidak masuk sekolah dengan menggunakan surat izin sakit sekolah smp ini. Bagaimana surat izin sekolah smp itu ? berikut adalah contohnya

    Surat Izin Sakit Sekolah SMP
    Jember, 15 Maret 2020

    Kepada Yth
    Bapak/Ibu Guru
    SMP Negeri 2 Jember
    Ditempat

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

    Bersamaan dengan hadirnya surat ini, saya wali murid memberi kabar bahwa putri saya yang bernama:
    Nama  : Diliyana Yusuf
    Kelas   : VII A Unggulan
    Alamat : Jl. Kalimantan 4 No.5 Sumbersai Jember

    Bahwa putri saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya di sekolah. Hal tersebut dikarenakan putri saya sedang sakit hepatitis dan harus dirawat dirumah sakit. Sehingga mohon kiranya Bapak/Ibu guru dapat mengerti dan dimaklumi serta diberikan izin.

    Demikian surat izin sakit yang saya buat, untuk perhatian serta kemakluman Bapak/Ibu wali murid sekalian, saya ucapkan terima kasih banyak.

    Hormat saya

    Siti Murina(Wali Murid)

    3. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMA

    Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMA
    Penyakit memang menyerang siapa saja dan tak pandang bulu, baik itu tua maupun muda, kaya mauapun miskin, laki - laki mauapun perempuan, pasti pernah mengalami yang namanya terserang penyakit. Tapi bagaimana pada saat disekolahmu lagi banyak - banyaknya PR dan praktik ? Amppun dah, pasti tambah sakit hahaha.

    Sudah, kalau udah gitu jangan terlalu dipaksakan, istirahatlah dan buat surat izin sakit ke sekolah sma mu. membuatnya juga tidak susah kok, namun memang tidak semudah surat izin sakit anak sd. kalau udah sma kamu juga harus melampirkan bukti sakit dari dokter. Nah bagaimana suratnya ? berikut adalah contohnya.

    Surat Izin Sakit Sekolah SMA
    Jember, 15 Maret 2020


    Kepada Yth
    Bapak/Ibu Guru
    SMA Negeri 1 Jember
    Di tempat

    Dengan hormat,
    Bersamaan dengan surat ini, saya wali murid dari siswa yang bernama:

    Nama    : Muhammad Agung Wicaksana
    Kelas     : X C
    Alamat  : Jl. Kalimantan 7 No.15 Sumbersai Jember

    Memberitahukan bahwa putra saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya di sekolah. Hal tersebut dikarenakan dia sedang sakit dalam dan diharuskan beristirahat dibawah pengawasan orang tua. Berkaitan dengan hal tersebut, saya juga melampirkan surat keterangan dari dokter yang menyatakan putra saya benar - benar sedang dalam kondisi sakit.

    Demikian surat izin sakit yang saya buat, Oleh karena itu mohon kiranya Bapak/Ibu guru dapat mengerti dan dimaklumi serta dapat diberikan izin kepada anak saya. Atas perhatiaannya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,


    Rocky Garug (Wali Murid)

    4. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMK

    Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMK

    Sekolah menengah kejuruan atau smk memang sering memberikan tugas kepada setiap siswa untuk melakukan kegiatan praktek kerja diluar kelas. Selain itu, kegiatan tersebut juga kerap membuat para siswa lelah. Namun, tujuannya baik, yaitu meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan minta dan bakatnya.

    Namun, saat kondisi tubuh tidak sehat, jangan dipaksakan dan beritirahatlah. Ingat !, angan - angan boleh tinggi, tapi tubuh itu perlu istirahat. Buatlah surat izin sakit dan lalu istirahat . Bagaimana contoh suratnya ? berikut adalah contohnya.

    Surat Izin Sakit Sekolah SMK
    Jember, 15 Maret 2020
    Kepada Yth
    Bapak/Ibu Guru
    SMK Negri 3 Jember
    Di tempat

    Dengan hormat,
    Bersama datangnya surat ini, saya sebagai wali murid dari siswa yang bernama :
    Nama     : Akromul Mawahib
    Kelas     : XI TKJ 2
    Alamat  : Jl. Koptu Belian No.02, Antirogo, Sumbersari, Jember

    Memberitahukan bahwa putra saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya. Hal tersebut dikarenakan dia sedang sakit demam tinggi dan diharuskan beristirahat dibawah pengawasan orang tuan.

    Berkaitan dengan hal tersbut, saya juga melampirkan surat keterangan dari dokter yang menyatakan putra saya benar - benar sedang dalam kondisi sakit dan perlu perawatan intensif. Saya sebagai wali murid memohon kiranya Bapak/Ibu guru dapat mengerti dan dimaklumi serta dapat diberikan izin kepada anak saya.

    Demikian surat izin sakit ini  saya buat, untuk perhatian serta kemakluman Bapak/Ibu wali saya ucapkan terima kasih banyak.

    Hormat saya,


    Doni Wiyoaji (Wali Murid)

    5. Contoh Surat Izin Sakit Kuliah

    Contoh Surat Izin Sakit Kuliah
    Jam kuliah yang padat dan tugas yang numpuk sering berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh kita, saat kamu lupa untuk menjaganya. Jangan suka memaksakan mengerjakan tugas yang berlebihan. Jadilah orang yang pintar dalam manajemen waktu dan pekerjaan. Yaps , betul "Kerja Cerdas" menjadi salah satu kunci utama dalam kesuksesan dengan selalu memperhatikan kesehatan.

    Banyangkan saat sakit sudah menyerang, tidak akan ada satu tugas kuliah pun yang dapat kamu kerjakan karena kondisi tubuhmu yang tidak sehat. Namun jangan disesali, yang berlalu biarlah berlalu dan sekarang waktunya kamu beristirahat dan buatlah surat izin tidak masuk kuliah. seperti apa contohnya ? berikut adalah contoh surat izin kuliah yang dapat kamu gunakan.

    Surat Izin Sakit Kuliah
    Jember, 20 Maret 2020

    Yth Kepada
    Kepala Akademik
    Fakultas Pertanian Universitas Jember
    Ditempat

    Dengan hormat,
    Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya :

    Nama     : Muhammad Royan Hadaf
    NIM       : 181520201009
    Program Studi  : Agribisnis
    Fakultas           : Pertanian
    Alamat            : Jl. Kalimantan X No. 08, Tegal Boto, Sumbersari, Jember

    Tidak bisa mengikuti kegiatan aktif kuliah selama 3 hari terhitung mulai hari ini Jum'at tanggal 23 maret sampai 26 maret 2020. Hal tersebut dikarenakan saya terserang penyakit demam berdarah. Berkenan dengan hal itu, saya juga melampirkan surat keterangan dokter yang menunjukkan bahwa saya benar - benar sakit dan harus mendapatkan perawatan intensif dirumah sakit.

    Saya memohon kepada pihak akademik fakultas pertanian universitas jember untuk memberikan izin untuk tidak mengikuti kegiatan aktif kuliah.

    Demikian surat izin sakit ini  saya buat, untuk perhatian serta kemakluman Bapak/Ibu wali saya ucapkan terima kasih banyak.

    Hormat saya,

    Muhammad Royan Hadaf (Yang Bersangkutan Sendiri)

    6. Contoh Surat Izin Sakit Kerja

    Contoh Surat Izin Sakit Kerja

    Bekerja adalah suatu hal yang wajib bagi kamu yang sudah berumah tangga dan sedang meniti karirmu yang sesuai bidangmu. Hasil kerja yang baik cenderung di dukung dengan kerja kerasmu selama ini. Namun, perlu kamu fahami juga bahwa kerja kerasmu juga akan berpengaruh negatif terhadap kondisi kesehatan tubuhmu. Alih alih malah bukan hasil baik yang diperoleh melainkan kondisi tubuh yang tidak sehat jadinya. 

    Oleh karena itu, dalam bekerja jangan lupa untuk mengukur kemampuan dan kondisi tubuhmu. Penting untuk itu dilakukan. Karena sehat adalah yang utama, apalah artinya hasil kerja bagus namun kamu sakit dan tidak bisa menikmatinya. Apabila kamu saat ini memang sedang sakit, beritirahatlah yang cukup dan jangan memaksakan diri. Buatlah surat izin sakit kerjamu. bagaimana contohnya ? berikut adalah contoh surat izin sakit yang dapat kamu gunakan.

    Surat Izin Sakit Kerja
    Jember, 19 Maret 2020

    Yang terhormat,
    Kepala Dinas Badapan Pertanahan Nasional
    Kabupetan Jember
    Ditempat

    Dengan surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

    Nama : Wahyudi Muhammad
    NIP     : 19990677 199305 4 006
    Pangkat : Pembina II / a
    Jabatan : Staff Bidang Tata Usaha
    Alamat : Jatimulyo, Jenggawah, Jember

    Memberitahukan bahwa saya tidak dapat masuk kerja dan mengerjakan tugas kerja seperti biasanya. Terhitung mulai hari Senin, 19 Maret 2020 sampai pada kamis Kamis, 22 Maret 2020 dikarenakan sakit hepatitis A dan diharuskan untuk mendapatkan perawatan intensif dirumah sakit. Berkenan dengan hal tersebut, saya juga melampirkan surat keterangan dokter yang menunjukkan bahwa saya benar - benar sakit dan harus mendapatkan perawatan intensif dirumah sakit.

    Saya bermaksud memohon kesediaannya bapak / ibu sekalian memberikan izin tidak masuk kerja kepada saya sesuai waktu dan hari yang disebutkan di atas.

    Demikian surat ini saya buat sesuai bukti dan benar adanya. Untuk perhatian serta ke makluman Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih banyak.

    Hormat saya,


    Wahyudi Muhammad (Yang Bersangkutan Sendiri)

    7. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

    Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

    Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja
    Jember, 25 Maret 2020

    Yth Kepada,
    Kepala Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)
    PT. Kudupinter Media Jaya
    Jl. Koptu Berlian No.08 Jember
    Ditempat

    Dengan hormat,

    Yang bertanda tangan di bawah ini :
    Nama Lengkap   : Siti Fatmawati
    Alamat                : Jl. Mastrip 04 No.89, Sumbersari, Jember
    Jabatan                : Staff Akutansi Publik

    Memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal 25-28 maret 2020. Hal tersebut dikarenakan kondisi badan yang kurang baik (sakit). Kemudian, saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas untuk tiga hari kedepan.

    Saya akan menyusulkan surat keterangan sakit dari dokter atau hasil pemeriksaan dokter dan saya sampaikan ketika masuk kembali ke kantor atau akan saya kirimkan melalui email.

    Demikian surat permohonan izin sakit tidak masuk kerja yang saya sampaikan, mohon maaf bila ada kekurangan atau ketidaktepatan dalam bertutur kata, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,

    Siti Fatmawati

    8. Contoh Surat Izin Sakit Dari Dokter

    Contoh Surat Izin Sakit Dari Dokter

    Surat Izin Sakit Dari Dokter

    DR. Ahmad Maulidi
    SIP:123/NH/UUD/89634823746
    Praktek: Jl. Mastrip II No.17 Jember

    Menerangkan Bahwa :
    Nama     : Akromul Mawahib
    Umur     : 23 Tahun
    Pekerjaan   : Manajer Pemasaran
    Alamat     : Jl. Koptu Berlian No 08, Jember

    Setelah dilakukan pemeriksaan, identitas diatas dinyatakan SEHAT / SAKIT *) dan memerlukan istirahat selama  3 Hari, sejak tanggal  25/03/2020  s/d 28/03/2020.

    Demikian surat keterangan ini di buat dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

    *) Coret yang tidak perlu

    Jember  .25 Maret 2020
    Dokter yang Memeriksa



    Dr. Ahmad Maulidi
    NIP.32693256923856238

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan contoh surat izin sakit yang kami buat khusus untuk anda para pembaca sekalian. Untuk selebihnya anda bisa improvisasi sendiri dengan gaya bahasa anda. Mohon maaf apa bila ada salah dan terima kasih telah berkunjung.

    Tinggalkan Komentar


    EmoticonEmoticon