7+ Resep Cara Membuat Nasi Bakar Sederhana, Gurih, Enak, dan Mudah Untuk Jualan

Daftar Isi [Tutup]
    Resep Nasi Bakar - Saat kamu sudah mulai bosan dengan memakan nasi yang dimasak gitu - gitu aja, mungkin kamu perlu mencoba berbagai macam olahan nasi yang akan memanjakan lidahmu. Olahan nasi gak hanya berupa nasi goreng aja lo, tapi juga olahan nasi ada yang berupa nasi yang di bakar juga. Pernah coba apa belum ? Kamu harus nyoba makanan yang satu ini.

    Nasi bakar merupakan olahan nasi bumbu yang tambahi dengan beberapa lauk pauk dan di bungkus menggunakan daun pisang lalu di kunci menggunakan lidi, kemudian di bakar menggunakan api arang hingga matang dan keluar aroma sedapnya. Aroma sedap itu keluar dari daun pisang yang di bakar. Tidak heran jika banyak masyarakat yang demen banget menyantap makanan ini dalam kondisi apapun dan kapanpun.

    Kumpulan Resep Nasi Bakar Sederhana Bisa Untuk Jualan

    Rasanya yang enak dan gurih menjadikan sebuah alasan tepat mengapa masyarakat begitu mengidolakannya sampai - sampai menjadikan makanan ini sebagai salah satu menu favorit makan siang. Kepopularannya dimasyarakat dapat kamu jadikan peluang dalam berwirausaha dengan cara menjualnya. Sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan banyak dengan masakan yang kamu buat sendiri.

    Nah pada kesempatan kali ini, saya gak cuma cerita dan ngiming - ngimingin kamu saja. Saya akan berbagi beberapa resep dan cara membuat nasi bakar dengan berbagai macam kreasi lauk pauk dan kreatifitas dalam memasaknya. Tentunya resep yang kami sajikan ini adalah resep sederhana tapi memiliki rasa yang enak dan gurih ala restoran ternama. Berikut adalah resepnya:

    1.  Nasi Bakar Ayam

    Gambar Nasi Bakar Ayam

    Gorangan atau olahan ayam memang cocok untuk disajikan kedalam segala macam hidangan termasuk nasi bakar ini. Hmbbb, aroma dan rasa daging gurihnya sangat cocok di santab bersama nasi bakar saat lagi lapar. Di taburi dengan parutan kelapa goreng (kerawu / serundeng) akan lebih memanjakan lidah. Hidangkan bersama keluarga saat makan malam dan saya jamin mereka akan lebih sayang kepada kamu. Bagaimana cara membuatnya ? berikut adalah resep dan caranya:

    Resep Nasi Bakar Ayam

    Pertama kamu harus memper siapkan beberapa bumbu dan bahan sederhana untuk membuat nasi bakar ayam ini yang mudah untuk diperoleh ditoko - toko kelontong dekat rumahmu:
    Bumbu - Bumbu:
    • 4 siung bawang merah, iris halus
    • 2 batang serai, ambil putihnya dan geprek
    • 1 sdt penyedap rasa
    • 1 sdt gula pasir
    • 2 lembar daun salam
    • 2 sdm teri (opsional aja)
    • 2 buah cabe merah (gak perlu kalau gak suka pedas)
    Bahan - Bahan :
    • 300 gr beras pulen
    • Daun pisang untuk membungkus
    • 2 sdm minyak goreng
    • ½ liter air santan dari 1 butir kelapa
    • Bawang goreng secukupnya
    • Irisan timun
    • Serundeng atau Kerawu (baca : cara membuat kerawu)
    • Ayam goreng
    • Kerupuk (Bebas dan Sesuai Selera)

    Cara Membuat Nasi Bakar Ayam

    1. Tumis bawang merah, cabe merah menggunakan wajan hingga keluar aroma sedap. Lalu masukkan air santan, serta bahan lain seperti daun salam, penyedap rasa, teri medan, dan gula pasir. Kemudian aduk – aduk semua bahan hingga mendidih. 
    2. Masukan beras kedalam wajan tersebut, tutup wajan, gunakan api kecil, dan tunggu hingg kurang lebih 30 menit sampai nasinya matang.
    3. Matikan api lalu diamkan kurang lebih 10 menit. Bungkus nasi dengan menggunakan daun pisang seperti bentuk lontong.
    4. Bakar nasi bungkus daun pisang tersebut sampai matang. Lalu matikan
    5. Letakkan nasi bakar diatas piring, buka daun pisang nasi bakarnya, sajikan bersama bahan pelengkap lain seperti timur krupuk dan ayam goreng.
    6. Taburi nasi bakar serta bahan pelengkap menggunakan kerawu atau serundeng. Segera sajikan selagi hangat 

    2. Resep Nasi Bakar Ayam Pedas

    Gambar Nasi Bakar Ayam Pedas

    Ayam pedas memang sudah menjadi salah satu makan yang paling hits dikalangan masyakat, kalangan muda hingga tua. Rasanya hidup ini tidak lengkap kalau tidak makan - makanan pedas, apalagi ayam pedas. Memang ayam pedas cocok untuk di sajikan dengan berbagai olahan makanan termasuk nasi bakar ini. Gurihnya daging ayam, pedasnya sambal, sedapnya nasi bakar, ngebuat bibir doweh kepedesan dan kepala gatal - gatal, jadi pengen lag, lagi dan jadi nagih. Selain itu ngebuatnya juga mudah sehingga enak untuk di makan sendiri dan dijual. Berikut adalah resepnya

    Resep Nasi Bakar Ayam Pedas

    Persiapkan beberapa bumbu dan bahan untuk membuat nasi bakar ayam pedas yang bisa kamu beli ditoko - toko dekat rumahmu. Gak susah dan gak mahal kok
    Bumbu - Bumbu
    • 6 siung bawang putih diiris tipis
    • 5 buah cabe keriting
    • 2 batang daun bawang diiris serong
    • 1 batang serai
    • 2 lembar daun salam
    • 2 sdt kecap manis
    • 2 sdm minyak untuk menumis.
    • Garam secukupnya
    • Kaldu bubuk secukupnya
    Bahan - Bahan
    • 300 gram beras
    • 500 ml santan 
    • 250 gram ayam suwir
    • Daun pisang untuk membungkus yang sudah dibersihkan dan dipanaskan
    • Tusuk gigi untuk mengunci
    • 2 lembar daun seladah
    • 1 buah mentimun
    • 1 lembar kol
    • Sambal Pedas

    Cara Membuat Nasi Bakar Ayam Pedas

    1. Hidupkan rice cooker, masukan beras, santan, serai, daun salam, garam, dan kaldu bubuk. Kemudian aduk rata dan tunggu hingga matang. Kurang lebih 30 Menit. Kemudian angkat dan dinginkan 10 menit.
    2. Tumis irisan bawang putih, irisan cabe keriting, dan irisan daun bawang, dengan menggunakan wajan penggorengan hinga tercium aroma harum dan wangi. Lalu masukan ayam yang sudah disuwir tipis - tipis, garam, kaldu bubuk, merica, dan kecap manis kedalam wajan berisi tumisan. Kemudian aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna. Angkat dan tiriskan.
    3. Tempatkan nasi diatas daun pisang, taburkan ayam suwir kecap diatasnya, gulung seperti halnya membuat nasi timbel, dengan dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi kedua ujungnya.
    4. Bakar nasi yang sudah dibungkus tersbeut diatas bara api. Sesekali membalikannya hingga sedikit gosong, kemudian angkat dari pembakaran.
    5. Sajikan dengan menggunakan piring saji, tambahkan beberapa bahan lainnya seperti alapan seperti kol, mentimun, daun seladah, dan daun kemangi segar, tidak lupa persiapkan juga sambalnya.
    6. Sajikan kepada keluarga serta kerabat dekat saat perut lapar.

    3. Resep Nasi Bakar Ayam Suwir

    Gambar Nasi Bakar Ayam Suwir

    Yang demen sama makan-makanan ayam suwar suwir, tidak ada salahnya kamu mencoba kreasi nasi bakar ayam suwir yang satu ini. Balutan nasi bumbu yang mengelili lembut dan gurihnya daging ayam yang telah di iris tipis - tipis, memanjakan lidah seseorang yang memakannya. Rasanya kurang lebih asam, manis, kecut, gurih, dan wangi yang semakin meningkatkan selera makanmu. Nah bagaimana cara membuatnya ? berikut adalah resepnya.

    Resep Nasi Bakar Ayam Suwir

    Resep ini dibuat untuk 4 porsi piring, untuk kurang lebihnya kamu bisa menyesuaikan. Nah untuk bumbu dan bahan resepnya adalah sebagai berikut:
    Bumbu - Bumbu:
    • 2 siung Bawang putih
    • 5 siung Bawang merah 
    • 2 buah Cabe merah besar, buang isi 
    • 1 ruas jari Jahe
    • 1 ruas jari Kunyit, bakar
    • 2 buah Kemiri, sangrai
    • 2 lembar Daun jeruk nipis
    • 1 buah Serai, geprak
    • 1 ruas Jempol lengkuas, geprak
    • 1 lembar Daun salam 
    Bahan - Bahan
    • Dada ayam, rebus lalu suwir - 1 buah
    • Santan kental - 100 ml
    • Nasi putih - 4 centong
    • Daun kemangi - secukupnya
    • Daun salam - 4 lembar
    • Penyedap rasa - secukupnya
    • Gula - secukupnya
    • Garam - secukupnya
    • Daun pisang, untuk membungkus - secukupnya

    Cara Membuat Nasi Bakar Ayam Suwir

    1. Panaskan minyak goreng menggunakan wajan dan tumis bumbu halus dan bumbu lainnya seperti Bawang merah, Bawang putih, Cabe merah besar, Kemiri, Kunyit, bakar, dan Jahe sampai tercium aroma wangi
    2. Masukkan ayam suwir kedalam tumisan, aduk rata, Kemudian masukkan juga santan kental. Aduk kembali hingga tercampur secara sempurna
    3. Tambahkan beberapa bumbu sedap seperti gula, garam dan bumbu penyedap. Lalu rasakan rasa nya. Masak dan tunggu hingga santan menyusut dan bumbu meresap, kemudian tiriskan.
    4. Siapkan daun, letakkan 1 lembar daun salam dan 1 centong nasi. Tambahkan kemangi diatasnya. Tambahkan juga ayam suwir diatasnya, bungkus dan sematkan daun.
    5. Bakar bungkusan nasi diatas bara api/ teflon sampai daun mengering dan harum. Sesekali membalikannya hingga sedikit gosong, kemudian angkat dari pembakaran.
    6. Sajikan dengan menggunakan piring saji selagi hangat


    4. Nasi Bakar Ayam Kemangi

    Gambar Nasi Bakar Ayam Kemangi

    Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa disantap sebagai lalapan yang di sandingkan dengan sambal.  Harumnya daun kemangi khas dan kuat serta lembut dengan sentuhan aroma limau. Umumnya, daun kemangi sering digunakan sebagai salah satu bumbu bagi pepes. Namun, karena kreatifnya ibu ibu indonesia dalam mengolah makanan, menjadikan kemangi sangat cocok disantab bareng dengan nasi bakar ayam. Wadidaaw, kombinasi aroma daun pisang dikombinasikan dengan sedapnya daun kemangi, addu duu, enak banget pasti rasanya. Bagaimana cara membuatnya ? berikut adalah resep dan caranya.

    Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi

    Bumbu - Bumbu :
    • 8 siung Bawang merah 
    • 4 siung Bawang putih 
    • 5 buah Rawit merah 
    • 10 buah Cabe merah kriting 
    • 1 ruas Jahe 
    • 1 ruas Kunyit 
    • 1 sendok makan Gula merah sisir 
    • 2 sendok makan Air asam jawa 
    • 1/2 sendok teh Merica bubuk 
    Bahan - Bahan :
    • 4 cup Beras , cuci bersih
    • Garam secukupnya
    • 2 lembar Daun salam 
    • 65 mili liter Santan instan 
    • 1 batang Serai, ambil bagian putihnya lalu geprek
    • 250 gram Fillet ayam , cuci bersih
    • 1 ikat Daun kemangi 
    • 2 lembar Daun salam 
    • 3 lembar Daun jeruk 
    • 150 mili liter Air 
    • Kaldu bubuk secukupnya
    • Garam secukupnya
    • Daun pisang secukupnya
    • Lidi atau tusuk gigi
    • Minyak goreng secukupnya

    Cara Membuat Nasi Bakar Ayam Kemangi

    1. Pertama rebus ayam dengan daun salam hingga masak, lalu tiriskan dan suwar - suwir kecil - kecil.
    2. Masak nasi dengan rice cooker serta masukkan semua bahan kedalamnya, tunggu hingga masak kurang lebih 30 menit.
    3. Tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk serta serai hingga keluar aroma sedap harum. Masukan ayam yang sudah di suwar suwir kedalam tumusan, kemudia aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Tambahkan sedikit air biarkan agak mendidih. Beri garam dan kaldu bubu, aduk rata.
    4. Masak sampai kuah agak menyusut, menjelang matang masukan daun kemangi kemudian aduk sebentar.
    5. Letakkan nasi di atas daun, lalu tata rapi tumisan ayam kemangi diatasnya, lalu bungkus dan dikunci dengan lidi di dua sisinya.
    6. Bakar nasi yang sudah di bungkus sampai daun pisang menjadi kecoklatan atau kering.
    7. Sajikan dengan tambahan lauk sesuai selera. dan perhatikan betapa bahagianya mereka saat menyantap masakan nasi bakar yang anda buat dengan penuh cinta.


    5. Nasi Bakar Ikan Teri

    Gambar Nasi Bakar Ikan Teri

    Ikan bilis atau yang umum dikenal dengan sebuatn ikan teri merupakan sejenis ikan kecil yang sering dijadikan sebagai lauk - pauk dalam menyantab hidangan rumah. Rasanya yang gurih dan asin sering membuat para penikmat ketagihan dalam menyantapnya.  dan saat ikan teri ini dikreasikan dengan nasi bakar, maka sudah pasti rasanya akan menjadi lebih nikmat dan gurih. Nah, bagaimana resep dan cara membuatnya ? berikut adalah penjelasan singkatnya

    Resep Nasi Bakar Ikan Teri

    Bumbu - Bumbu
    Pertama kamu harus mempersiapkan beberapa bahan dan bumbu untuk membuat nasi bakar ikan teri ini yang mudah untuk kamu dapatkan di toko klontong terdekat.
    • 10 siung bawang merah
    • 5 siung bawang putih
    • 7 daun salam
    • 2 ruas sereh (memarkan)
    • 3 buah cabe merah (iris)
    • 4 buah cabe merah keriting
    • 4 buah cabe rawit merah
    • 1 sereh
    Bahan - Bahan 
    • 3 mug beras, cuci bersih
    • 2 bks santan kara (65 gr)
    • 4 Mug air
    • Garam secukupnya
    • 250 gr teri jengki atau teri medan
    • 3 ikat kemangi
    • 3 daun jeruk
    • Tusuk gigi secukupnya
    • Daun pisang secukupnya

    Cara Membuat Nasi Bakar Ikan Teri

    1. Masak nasi dengan menggunakan rice cooker serta masukkan beberapa bahan seperti 3 mug beras, cuci bersih, 2 bks santan kara (65 gr), 4 mug air, 3 daun salam, 2 ruas sereh (memarkan), 3 buah cabe merah (iris), dan masak hingga matang.
    2. Tumis 250 gr ikan teri (cuci ikan teri agar tidak terlalu asin), 3 ikat kemangi, 4 buah cabe merah keriting, 4 buah cabe rawit merah, 3 buah bawang putih, 6 buah bawang merah, 2 daun salam, 1 sereh, dan 3 daun jeruk. Aduk rata semua bumbu hingga keluar aroma harum dan sedap.
    3. Letakkan nasi yang sudah matang diatas daun pisang, tata tumisan ikan teri dan daun kemangi diatas nasi, kemudian bungkus menggunakan daun pisang seperti membuat lontong, dan kunci kedua ujung menggunakan tusuk gigi atau lidi.  
    4. Bakar atau Panggang nasi bungkus daun pisang tersebut menggunakan api atau penggangan. Tunggu hingga matang. Sesekali perlu di balik akan matang sempurna.
    5. Sajikan dengan sambal terasi, lalapan, tahu dan tempe. dan segera santap nasi bakar ikan teri kereasimu dengan orang - orang yang kamu sayangi.


    6. Nasi Bakar Ikan Ikan Tongkol

    Gambar Nasi Bakar Ikan Ikan Tongkol

    Ikan tongkol merupakan sejenis ikan laut tangkap ukuran sedang yang menjadi salah satu lauk idola dimasyarakat indonesia. Rasanya pun mirip dengan ikan tuna dan cakalang yang lembut, dan sangat lezat untuk memanjakan lidah. Dan masyarakat indonesia kerap menggunakan ikan tongkol sebagai kreasi dalam membuat nasi bakar. dan hasilnya sangat sulit untuk diprediksi, sangat , sangat, dan sangat lezat. Untuk resep cara mengolahkan kamu bisa melihatnya di bawah ini.

    Resep Nasi Bakar Tongkol

    Bumbu - Bumbu:
    • 1 ruas jari kunyit, potong-potong
    • ½ ruas jari jahe, potong-potong
    • 6 siung bawang merah, potong-potong
    • 4 siung bawang putih, potong-potong
    • 4 buah cabai merah keriting (sesuai selera), buang biji dan potong-potong
    Bahan - Bahan
    • 4 gelas beras, cuci
    • 1 ikan tongkol asap, lumuri air jeruk nipis selama 10 menit, suwir-suwir
    • 1 lembar daun salam
    • ¾ panci sedang air, didihkan
    • 2 lembar daun salam
    • 1 batang serai, keprek, ikat simpul
    • 1 lembar daun pandan, ikat simpul
    • 1 buah jeruk nipis, peras
    • 1 genggam daun kemangi
    • 1 buah tomat, potong-potong
    • 1 daun bawang, potong-potong
    • 1 panci kecil santan
    • Minyak goreng
    • Garam secukupnya
    • Daun pisang lebar
    • Lidi

    Cara Membuat Nasi Bakar Tongkol

    1. Rebus santan menggunakan api kecil, tambahkan sedikit garam lalau aduk  -aduk sampai benar-benar kental. Angkat dan Sisihkan.
    2. Mask beras menggunakan rice cooker, tambahkan daun salam, serai, dan daun pandan (yang sudah disimpul) serta bubuhi garam sesuai selera. tunggu dan aduk hingga air terserap habis. Sisihkan.
    3. Tumis bumbu - bumbu halus menggunakan wajan penggoreng hingga tercium aroma harum, kemdian masukkan daun salam dan daging tongkol suwir, tambahkan garam, tomat dan potongan daun bawang, lalu aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Teruk masak hingga sedikit mengering. Masukkan daun kemangi, aduk kembali, lalu Angkat.
    4. Taruh nasi di atas daun pisang, bentuk memanjang. Masukkan isi di bagian tengah. Padatkan kedua sisinya, bungkus dengan menyematkan lidi pada kedua ujungnya.
    5. Bakar atau Panggang nasi bungkus daun pisang tersebut menggunakan api atau penggangan. Tunggu hingga matang. Sesekali perlu di balik akan matang sempurna.
    6. Sajikan dengan sambal terasi, lalapan, tahu dan tempe. Selamat menikmati


    7. Nasi Bakar Ati Ampela

    Gambar Nasi Bakar Ati Empela

    Salah satu jenis bagian tubuh ayam yang menjadi favorit adalah ati empela. Memiliki sensasi kenyal dan gurih saat digigit, menjadikan alasan tersendiri mengapa sebagai dari kamu sangat demen memakanya, Apa lagi saat dikreasikan dengan nasi bakar. Kombinasi rasa kenyal gurih dengan rasa sedapnya nasi bakar bakalan bikin kamu ketagihan. Nah bagaimana resepnya ? berikut adalah resep dan cara membuat nasi bakar ati empela.

    Resep Nasi Bakar Ati Ampela

    Sebelum kamu membuatnya, kamu harus memperhatikan dan mempersiapkan beberapa bahan serta bumbu dibawah ini. Mudah banget dan gak ribet. Coba deh buat.
    Bumbu - Bumbu
    • 1 siung bawang putih dicincang halus
    • 2 siung bawang merah dicincang halus
    • 3 sdm saus cabai dan tomat (sesuai selera)
    • 3 tangkai daun bwang diiris halus
    • 1 satu sendok merica bubuk (sesuai selera)
    • 3 sdm kecap manis (sesuai selera)
    • 1 sdt garam (sesuai selera)
    • Msg (sesuai selera)
    Bahan - Bahan
    • 1 piring nasi putih (untuk 2 porsi)
    • 100 gr ati ampela yang sudah dipotong dadu
    • 1 butir telur ayam
    • Minyak untuk menggoreng
    • Daun untuk membungkus
    • 4 buah tusuk gigi atau lidi
    • Kerupuk Secukupnya

    Cara Membuat Nasi Bakar Ati Ampela

    1. Tumis bawang merah dan bawang putih menggunakan wajan, tunggu hingga wangi, lalu masukan telur, tunggu hingga menjadi setengah matang.
    2. Tambahkan daun bawang, tunggu dan aduk sejenak, lalu tambahkan ati ampela, aduk rata dan tunggu hingga ati empela benar benar masak.
    3. Masukan nasi putih, aduk rata, Tambahkan garam, msg, merica, dan kecap, saus sesuai selera, aduk rata, angkat dan tiriskan.
    4. Kemudian bungkus dengan menggunakan daun yang sudah diolesi minyak, lalu tutup dengan tusukan gigi di kedua ujungnya,
    5. Bakar nasi selama 15 menit dengan suhu sedang,
    6. Nasi bakar ati ampela siap disajikan dengan lauk pauk lainnya. dan perhatikan betapa bahagianya mereka saat menyantap masakanmu.

    Demikian ulasan artikel saya tentang resep dan cara membuat nasi bakar yang dapat anda manfaatkan untuk membuatnya dirumah bersama keluarga dan kerabat dekat anda. Semoga berhasil dan semoga masakan yang anda buat adalah masakan yang paling enaak. Terima kasih telah berkunjung.

    1. Untung bacanya pas malem nih, klo siang bisa ganggu puasanya donk...😅 hikz...
      • Hahahaah . . Sabar sabar . Tunggu malem . . Baru di lanjutin deh .