8+ Contoh Surat Undangan Resmi Terbaru (Rapat, Kegiatan, dan Acara) - Kudupinter

8+ Contoh Surat Undangan Resmi Terbaru (Rapat, Kegiatan, dan Acara)

Daftar Isi [Tutup]
    Surat undangan sangat dibutuhkan dalam berbagai instansi maupun organisasi untuk mendukung kesuksesan suatu kegiatan, baik itu internal maupun eksternal. Sifat surat undangan dalam instansi maupun organisasi adalah resmi dan penting untuk diperhatikan oleh semua pihak yang terkait.


    Sehingga bahasa dan tujuan yang di tuliskan adalah bahasa formal dan dengan tujuan untuk kepentingan bersama.

    Yang membedakan antaran surat undangan resmi dan surat undangan tidak resmi adalah terletak pada struktur surat dan keperluannya. Untuk surat undangan resmi memiliki struktur surat yang jelas dan surat undangan tidak resmi tidak memiliki struktur surat yang baku.

    Contoh Surat Undangan Resmi Terbaru


    Sedangkan berdasarkan keperluannya, surat undangan resmi ditujukan untuk keperluan organisasi, instansi, atau kelompok, dan surat undangan tidak resmi sering digunakan untuk keperluan pribadi.

    Struktur Surat Undangan Resmi

    Dalam menyusun surat undagan resmi, terdapat beberapa bagian yang penting adanya dan tersusun secara sistematis. Ketidakadaan salah satu komponen dalam surat tersebut akan berdampak pada penolakan surat karena dianggap tidak resmi. Adapun komponen dan susunan surat undangan resmi adalah sebagai berikut:

    1. Kop Surat 

    Kop surat digunakan sebagai identitas resmi suatu instansi lembaga atau organisasi pengirim surat. Dalam kop surat umumnya tertulis nama lembaga instansi atau organisasi beserta logonya, alamat lengka dan kontak person yang dapat dihubungi. Dengan begitu, penerima undangan akan dapat dengan mudah mengetahui asal dari mana surat tersebut dikirim.

    2. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

    Sering dilupakan dan sering berakibat fatal yang berujung pada penolakan surat. Oleh karena itu, dalam membuat surat jangan lupa untuk membubuhinya dengan tempat dan tanggal pembuatan surat (misal : jember, 13 September 2020) pada bagian kanan atas setelah kop surat.

    3. Nama Terang dan Pihak yang dituju

    Pada bagian ini, cantumkan nama lengkap beserta alamat yang dituju. Hal ini penting di perhatikan untuk menghindari terjadinya salah kirim surat kealamat lain. Tulis saja seperti Kepada YTH Bapak/ibu Pimpinan Kantor X Di Tempat.

    4. Isi dan Maksud Tujuan Surat

    Isi bagian keempat ini dengan maksud dan tujuan anda dalam menulis surat. Karena ini adalah surat undangan resmi maka sampaikanlah maksud anda untuk mengundang pihak terkait untuk hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan atau acara yang dimaksud.

    5. Waktu dan Tempat 

    Setelah Memberikan maksud dan tujuan surat, berikan profil singkat terkait dengan acara tersebut. Dalam memberikan profil acara tidak lepas dengan Waktu acara (jam dan tanggal) dan lokasi tempat acara (tuliskan alamat lengkap, bisa sertakan barcode sehingga mudah untuk mengakses via google maps). Dengan begitu, tamu undangan akan dapat mengagendakan waktu untuk menghadiri undangan tersebut.

    6. Lampiran - Lampiran 

    Ini adalah bagian opsional jika dalam acara yang diadakan oleh instansi atau organisasi memerlukan penyampaian informasi lebih kompleks kepada para tamu undangan. Informasi tersebut seperti agenda acara, daftar prihal yang perlu dibawah oleh tamu undangan, brosur, dan lain sebagainya.

    7. Tanda Tangan dan Stempel 

    Tanda tangan dan stample digunakan untuk menunjukkan bahwa surat undangan tersebut adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh sebuah instansi atau organisasi. Yang bertanda tangan adalah pihak yang penting dalam instansi atau organisasi tersebut, seperti ketua dan sekertaris. Sedangkan stample sendiri adalah cap logo resmi yang dimiliki instansi, perusahaan atau organisasi.

    Kumpulan Contoh Surat Undangan Resmi

    Supaya kamu tidak kesulitan dan lebih mudah dalam membuat surat undangan resmi ini, berikut kami sertakan beberapa contoh surat undangan resmi yang baik dan yang pernah digunakan oleh lembaga, instansi, sekolah dan organisasi yang sering kita jumpai. dan berikut adalah contoh - contohnya:

    1. Contoh Surat Undangan Resmi Lembaga

    Contoh Surat Undangan Resmi Lembaga


    2. Contoh Surat Undangan Resmi Sekolah

    Contoh Surat Undangan Resmi Sekolah

    3. Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan

    Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan


    4. Contoh Surat Undangan Resmi OSIS

    Contoh Surat Undangan Resmi OSIS


    5. Contoh Surat Undangan Resmi Karang Taruna

    Contoh Surat Undangan Resmi Karang Taruna


    6. Contoh Surat Undangan Resmi Desa

    Contoh Surat Undangan Resmi Desa


    7. Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Ekstra Kampus

    Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Ekstra Kampus


    8. Contoh Surat Undangan Resmi Bahasa Inggris

    Contoh Surat Undangan Resmi Bahasa Inggris


    Demikian ulasan artikel tentang contoh surat undangan resmi yang dapat saya buat. Semoga dapat anda jadikan refrensi dalam membuat surat undangan resemi di instansi anda. Apabila ada salah kata dan salah dalam penyampaian, saya mohon maaf yang sebesar - besarnya. Terima kasih terlah berkunjung. Salam sukses.
    Tinggalkan Komentar