Doa Bercermin (Arab, Latin, dan Artinya) Agar Cantik dan Ganteng Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Bercermin adalah "Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii" yang artinya Ya allah, sebagaiman Engkau telah membaguskan penciptaanku, maka baguskanlah pula akhlakku. Untuk kajian lengkap Doa ini, silahkan baca selengkapnya artikel ini.


    Bercermin merupakan kegiatan yang sering dilakukan untuk melihat kekurangan - kekurangan yang ada pada penampilan kita. Dalam definisi tersebut, bercermin lebih menitik tekankan pada fisik seseorang saja dan bercermin merupakan hal yang bersifat biasa, dan kita sering melakukan hal tersebut. 

    Yang paling sering melakukan kegiatan tersebut (bercermin) adalah kaum wanita. Hal tersbut dikarenakan kaum wanita memang suka untuk merias diri dan tampil cantik didepan teman - temannya. apabila didepan calon pasangannya, subhanallah, gak boleh ada cacat goresan diwajah pokoknya. 

    Namun tidak hanya wanita saja yang bercermin, kaum pria pun juga suka bercermin walaupun tidak se ekstream kaum wanita. Namun memang pada dasarnya kaum wanita dan pria juga sama - sama ingin mengoreksi kekurang yang ada pada dirinya. Dengan bercerminlah mereka akan mengetahuinya dan berusaha untuk terus memperbaiki sehingga tampak lebih cantik dan ganteng.

    Tampil Ganteng dan Cantik dari Luar dan Dalam

    Alangkah lebih baik lagi jika tampil cantik dan ganteng itu tidak hanya dari luar saja, namun juga tampil cantik dan ganteng dari dalam, inner beuaty-nya lebih dapet. dan insyallah teman atau calo pasanganmu tidak akan pernah kecewa saat memilih kamu sebagai teman atau sebagai pasangan. Beecchh percaya dah sama aiiiing.

    Cantik dan ganteng dari luar dapat diperbaiki dengan make up dan berias diri. Kalau cantik dan ganteng dari dalem, atau yang kaum milenial sebut "inner beauty", yang tentunya dapat diperbaiki dengan mengaji dan memohon kepada allah agar diperbaiki akhlaknya. 

    Kita telah diajarkan oleh rosulullah saw untuk berdoa pada saat bercermin, pada saat itu kita dapat memohon kepada allah agar diberikan kecantikan dan kegantengan dari luar juga dari dalam. Adapun doa bercermin adalah sebagai berikut.

    Doa Bercermin


    اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

    Doa Bercermin Latin

    “Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii”

    Arti Doa Bercermin

    “Ya allah, sebagaiman Engkau telah membaguskan penciptaanku, maka baguskanlah pula akhlakku”, 


    Manfaat Membaca Doa Bercermin

    Dibalik sebuah perintah atau anjuran untuk berbuat baik (beribadah misalnya) pasti di dalamnya terdapat hikmah manfaat yang tidak terduga atau bahkan itu tidak kita sadari sama sekali. Beberapa hikmah dan manfaat yang sering diperoleh saat mengamalkan doa bercermin adalah sebagai berikut:

    1. Meningkatkan Rasa Syukur

    Pada saat bercermin dan membaca doa bercermin, dengan sadar kita akan melihat detail - detail kesempurnaan jasmani yang telah allah karuniakan kepada kita. Memiliki bagian tubuh yang lengkap dengan ragam fungsi yang sangat , dan sangat patut untuk selalu kita syukuri.

    Lihatlah bayanganmu di cermin, sadarlah bahwa kamu adalah ciptaan allah yang sempurna, kesempurnaanmu saat ini adalah hak miliki allah dan atas kehendaknya yang telah allah karuniakan kepada kamu. Oleh karena itu, ucapkan lah alhamdulillah tsumma alhamdulillah.

    2. Menurunkan Rasa Ego dan Sombong

    Saat kita diberikan lebih dari yang lain, baik dari segi wajah, bentuk tubuh, bentuk mata, dan lain sebagainya, tolong janganlah sedikit dihatimu kamu merasa bahwa "aku lebih cantik darinya", "alhamdlulillah aku diberi tubuh lebih indah dari pada mbak y....i yang gembrot", " Besaran   . . . . .ku dari pada mbak ri..... ", dan lain sebagainya.

    Prasaan yang demikian adalah rasa ego dan sombong dalam diri yang harus dihapuskan. Kalau seperti itu kamu hanya cantik dari luar, dan tidak dari dalam. Oleh karena itu, dengan membaca doa bercermin ini, insyallah akhlak kita juga diperbaiki secantik penampilan kita.

    3. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

    Sudah menjadi suatu hal yang umum dan difahami oleh seluruh umat islam, bahwa saat kita berdoa memohon sesuatu kepada allah, secara otomatis keimanan dan ketaqwaan kita akan meningkat. Begitu juga saat kita membaca doa bercermin ini. 

    Namun, ini hanya berlaku untuk permohonan atau perbuatan baik saja, jika itu adalah perbuatan atau permohonan jahat, bukan allah yang akan mendengar melaikan setan yang mendengarkannya.

    4. Lebih Semangat untuk Memperbaiki Diri

    Pada dasarnya bercermin memiliki dua makna intropeksi diri secara fisik (penampilan) dan intropeksi diri secara kepribadian. Pada saat kita bercermin, baik itu fisik maupun kepribadian, kita akan mengetahui kekurangan dan kelebihan. 

    Dan pada saat itu rasa ingin memperbaiki kekurangan - kekurangan dalam diri akan terus meningkat. Semakin kita sering bercermin, akan semakin banyak kesalahan dan kekurangan yang kita ketahui.

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan doa bercermin sesuai sunnah agar lebih cantik dan ganteng dari luar dan dalam. Semoga amal ibadah kalian semua diterima disisi allah, dan semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

    Anda mungkin menyukai postingan ini